Silakan saksikan video pembelajaran pada link berikut ini : http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/mengaktifkan-siswa-dalam-percobaan-fotosintesis-pada-tumbuhan-hijau
Didalam ruangan laboratorium IPA suatu SMP tampak beberapa kelompok siswa sedang melakukan percobaan, sebagian kelompok tampak tidak serius dalam melakukan percobaan, mereka saling mengobrol dan tertawa, sebagian siswa hanya menonton temannya yang sedang bekerja melakukan percobaan. Bagaimana Seorang guru dapat mengaktifkan siswanya? Agar selama kegiatan praktikum berjalan dengan baik dan semua aktif, Guru tersebut membagi kelompok berdasarkan pemerataan kemampuan siswanya serta dengan distribusi kelompok yang merata. Kemudian guru membagikan LKS untuk tiap kelompok dan pemerataan tugas yang diberikan untuk tiap individu, sehingga kegiatan percobaan berlangsung dengan tenang karena semua siswa terlibat aktif. Tampak guru juga aktif dalam membimbing siswa.
Ditulis oleh: Tri Wahyuningsih
Setelah menyaksikan video pembelajaran tersebut dan mencermati sinopsisnya, silakan Anda memberikan tanggapan dengan cara menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Tanggapan Forum Diskusi :
Judul Vidio 2 “Mengaktifkan Siswa dalam Percobaan Fotosintesis pada Tumbuhan Hijau”
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan Judul Vidio 2 “Mengaktifkan Siswa dalam Percobaan Fotosintesis pada Tumbuhan Hijau”
Meningkatkan tingkat efektifitas siswa dalam praktikum guru perlu (1) guru perlu mengatur jumlah kelompok sesuai dengan tugas yang diberikan, (2) guru perlu membagi anggota kelompok secara heterogen (pemerataan tingkat kemampuan, pemerataan laki dan perempuan), (3) guru perlu menyediakan LKS yang jelas (kejelasan prosedur atau langkah-langkah penelitian, kejelasan tugas penelitian), sehingga siswa dapat membagi tugas yang merata kepada semua anggota kelompok yang mengakibatkan siswa terlibat secara keseluruhan dalam proses praktikum, (4) perhatian dan bimbingan guru kepada masing-masing kelompok juga sangat di butuhkan dalam meningkatkan ketertiban dan keaktifan proses praktikum.
Kelemahan Judul Vidio 2 “Mengaktifkan Siswa dalam Percobaan Fotosintesis pada Tumbuhan Hijau”
Penyebab siswa tidak aktif dalam melakukan percobaan adalah (1) jumlah kelompok yang terlalu banyak, (2) LKS tidak jelas yang mengakibatkan siswa bingung apa dan dari mana merekan akan bekerja, (3) guru kurang perhatian (belum memberikan bimbingan) kepada siswa saat siswa melakukan percobaan.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah mengalami seperti dalam tayangan vidio 2 tersebut, pada saat itu saya menyampaikan materi pembelajaran IPA tentang percobaan mencangkok. Proses pembelajaran yang saya lakukan tidak sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang tepat sehingga mengakibatkan proses pembelajaran tidak berjalan baik dan siswa menjadi kurang aktif dalam percobaan.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Langkah-langkah Pembelajaran yang saya terapakan untuk mengepektifkan siswa dalam percobaan fotosintesis pada tumbuhan hijau adalah sebagi berikut :
• Guru membuka pelajaran
• Guru menyampaikan apersepsi pembelajaran untuk merangsang pengatahuan siswa
• Guru menyampaikan tujuan dan manfaat dari pempelajaran ini
• Guru menyampaikan materi ajar secara ringkas dan tepat
• Guru membentuk kelompok secara heterogen dan jangan terlalu banyak
• Guru membagikan LKS sebagai panduan siswa dalam melakukan percobaan fotosintesis pada tumbuhan hijau
• Guru menjelaskan tata cara dan prosedur dalam mengerjakan LKS
• Guru perlu memberikan bimbingan dan memperhatikan keterlibatan siswa secara utuh dalam percobaan tersebut.
• Guru membuka tanya jawab tentang hasil percobaan yang baru dilakukan
• Guru memberikan penguatan dengan menyimpulkan materi yang baru di pelajari.
• Guru menutup pelajaran
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
• Menurut Sutikno (2014:51), praktikum merupakan kegiatan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa melakukan percobaan untuk membuktikan sendiri hipotesis atau konsep yang telah dipelajari dengan mengamati proses dan hasil percobaan
• Menurut Amien (1988:39), praktikum ialah kegiatan di laboratorium yang dilaksanakan oleh praktikan dengan atau tanpa bimbingan dosen/asisten.
5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
• Setuju dengan pendapat Bu Solip Yani bahwa guru mengawalai pembelajaran dengan baik hal ini terlihat jelas dalam tayangan solusi guru telah melakukan kegiatan yang tepat dalam mengawali proses pembelajaran guna mengepektifkan siswa dalam percobaan fotosintesis pada tumbuhan hijau.
• Setuju dengan pendapat Bu Nenin Maining Tiyas bahwa kelebihan guru memberi LKS sebagai petunjuk tugas pratikum hal ini terlihat jelas dalam tayangan solusi guru telah menjelaskan dan memaparkan bagaimana tata cara pengerjaan LKS yang di sediakan oleh guru, sehingga siswa tidak lagi bingung dalam mengerjakan tugas dalam LKS tersebut.

Saya setuju dengan langkah-langkah pembelajaran yang sudah dirancang oleh bapak pada upaya pengaktifan peserta didik
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini
Jawaban
- Kelebihan Praktikum
- Guru membangkitkan motivasi belajar dengan praktikum
- Guru mengembangkan ketrampilan-ketrampilan dasar eksperimen
- Guru telah melakukan kegiatan agar peserta didik menunjang materi pembelajaran
Kelemahan Praktikum
- Guru tidak memberi penjelasan terlebih dahulu tentang praktikum yang akan dilakukan pesdik
- Guru tidak mengatur jumlah kelompok yang terlalu banyak,
- guru kurang perhatian (belum memberikan bimbingan) kepada siswa saat siswa
melakukan percobaan
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Pernah, saat praktikum karena jumlah siswa dalam satu rombel begitu besar sehingga praktikum menjadi gaduh, maka perlu di pecah menjadi 2 sesi praktikum, serta penjelasan tentang praktikum terlebih dahulu kita sampaikan dan kalua perlu setiap siswa mesti mendapat LKS satu persatu agar siswa dapat melakukan kegiatan dengan baik dan benar.
- Guru membuka pelajaran (pendahuluan)
b. Guru menyampaikan motivasi untuk merangsang pengatahuan siswa
c. Guru menyampaikan tujuan dan manfaat praktikum ini
d. Guru menyampaikan materi ajar secara ringkas dan tepat
e. Guru membentuk kelompok secara heterogen dan jangan terlalu banyak
f. Guru membagikan LKS sebagai panduan siswa agar siswa tidak bingung dengan
kegiatan praktikum
- Teori tentang Praktikum
Menurut Agung W. Subiantoro
Berdasarkan terminologinya praktikum dapat diartikan sebagai suatu rangkaian kegiatan yang memungkinkan seseorang (siswa) menerapkan keterampilan atau mempraktikkan sesuatu. Dengan kata lain, di dalam kegiatan praktikum sangat dimungkinkan adanya penerapan beragam keterampilan proses sains sekaligus pengembangan sikap ilmiah yang mendukung proses perolehan pengetahuan (produk keilmuan) dalam diri siswa. Di sinilah tampak betapa praktikum memiliki kedudukan yang amat penting dalam pembelajaran IPA.
Widodo & Ramdhaningsih
Secara garis besar praktikum sering dikaitkan dengan beberapa tujuan:
- Untuk memotivasi siswa sebab kegiatan praktikum pada umumnya menarik bagi siswa
- Sehingga mereka lebih termotivasi untuk belajar sains;
3) Untuk mengajarkan keterampilan dasar ilmiah;
4) Untuk meningkatkan pemahaman konsep;
5) Untuk memahami dan menggunakan metode ilmiah; dan
6) Untuk mengembangkan sikap-sikap ilmiah
- Saya setuju dengan uraian tentang kelemahan-kelemahan dalam video praktek bu Disyam Fuzi serta Langkah-langkah pembelajaran yang harus dilakukan.
Saya setuju dengan Bu Sulastri tentang pengaktifan siswa dalam praktikum
- Pengaturan kelompok dengan jumlah siswa yang tidak terlalu banyak
- Pemerataan kemampuan siswa dalam setiap kelompok
- Penyiapan LKS yang dialamnya termuat langkah kerja sehingga memudahkan siswa
melakukan pekerjaannya
- Adanya pembagian tugas dyang jelas alam kelompok

RAJANG WALUYO SETYARTO
030910407
Nama Mahasiswa : Disyam Fuzi
No Mahasiswa : 017416064
Jawaban atas pertanyaan yang diberikan :
- Kelemahan pada video tersebut adalah
- Diawal pembelajaran guru tidak melaksanakan berdoa terlebih dahulu,sebagai tanda memulai suatu pembelajaran
- Guru tidak bertanya apakah ada siswa yang pada saat itu berhalangan atau tidak masuk di dalam pembelajaran beliay
- Guru tidak melakukan pertanyaan kepada siswa tentang pembelajaran sebelumnya, sekedar untuk mengetahui apakah siswa masih mengingat tentang materi yang sudah diberikan sebelumnya.
- Guru kurang siap dalam memberikan lembar kerja siswa yang lebih terarah,sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapat
- Guru tidak membagi siswa ke dalam kelompok yang lebih sedikit,sehingga dalam mereka mencari informasi dari materi lebih terarah
- Kelebihan pada video tersebut adalah :
- Guru mencoba untuk membawa siswa keluar kelas, sehingga siswa dapat belajara dengan leluasa dan menyatu dengan alam
- Tampak kreativitas siswa dalam proses pembelajaran
- Guru memandu dengan maksimal dalam proses pembelajaran,sehingga ini dapat meningkatkan semangat belajar siswa tersebut
- Pernah, sehingga ketika saya mengalami tersebut, segera saya mengevaluasi sistem strategi pembelajaran yang saya lakukan, dan mencari strategi pembelajaran yang tepat,sehingga materi yang saya berikan tersampaikan.
- Langkah langkah yang saya lakukan :
- Memperbaiki metode pembelaran dan stategi pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi.
- Mencari sumber sumber lain yang berkaiatan dengan materi yang saya sampaikan
- Diakhir pembelajaran saya melakukan evaluasi langsung dengan tujuan sampai sejauh mana materi yang saya berikan dapat dipahami oleh siswa saya
- 2 pakar pendapat yang saya ketahui :
- Menurut Sutikno ( 2014 hal 51),praktikum adalah:kegiatan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa melakukan percobaan untuk membuktikan sendiri hipotesis atau konsep yang telah dipelajari dengan mengamati sendiri proses dan hasil percobaan
- Menurut Teori Abdulrahman Ginting ( 2014 hal 42 ),metode pembelajarn dapat diartikan cara atau pola yang khas dalam memanfatkan berbagai prinsip dasar pendidikan serta berbagai teknik dan sumber daya terkait lainnya agar terjadi proses pembelajaran pada diri peserta didik.
- 2 pendapat teman dalam forum diskusi :
- Saya setuju dengan pendapat ibu Deswita sarumaha, karena dalam proses pembelajaran memang harus berdasarkan langkah langkah yang sebelumnya sudah kita buat agar proses pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan harapan kita
- Saya setuju dengan pendapat Ibu Sulastri dalam menentukan pembagian kelompok dalam menganalisis suatu kasus harus tepat dengan tujuan materi yang kita sampaikan dapat dipahami oleh siswa tersebut melalui kegiatan belajar berkelompok
Nama : Yati Yuliawati
NIM : 030993725
Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh““
Sebelumnya saya memohon maaf karena terlambat masuk kelas, karena kurang memahami tanggal berapa pembimbingan ini dimulai, untuk itu perkenankan permohonan maaf saya.
Setelah saya menyaksikan video pembelajaran dan mencermati sinopsisnya, saya memberikan tanggapan atas pertanyaan tersebut diatas dan berikut jawabannya:
- Kelebihan guru : Guru sudah mencoba memberikan pelajaran sesuai dengan materi yang diajarkan yaitu mengidentifikasi struktur dan fungsi tumbuhan dengan percobaan pada tumbuhan hijau. Kelemahannya : guru tidak memberikan persiapan untuk mengajar terlebih dahulu seperti salam,membaca doa, mengabsen siswa, memberikan tujuan pembelajaran dalam kompetensi dasarnya dan apa yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut, jumlah siswa terlalu banyak dan LKS yang tidak menjelaskan prosedur kerja dengan baik sehingga dari video tersebut terlihat asisten praktikum sedang membantu siswa untuk melaksanakan praktikum
- Saya pernah mengalami peristiwa semacam ini dikarenakan kekurangan alat laboratorium yang sangat terbatas, sehingga saya harus membagi menjadi beberapa shif untuk praktikumnya.
- Langkah langkah yang seharusnya diperbaiki dari Pendahuluan : salam, membaca doa, mengabsesn siswa, memberikan KD,IPK, tujuan pembelajaran dan apa mamfaat belajar yang bisa dihasilkan. Kegiatan inti : 1. Membagi kelompok dengan jumlah anggota siswa antara 3-4 orang, 2. Memilih siswa berdasarkan kemampuan siswa, 3. Mendistribusikan kelompok dengan merata, 4. Membagikan LKS dan menjelaskan prosedur praktikum dengan baik, sehingga siswa dapat membagi tugas dalam kelompok secara merata dan semua terlibat dalam praktikum. Kegiatan Penutup : Berdiskusi di depan kelas dan mengambil kesimpulan
- a. Teori Djamarah dan Zain : “Mendefinisikan praktikum sebagai prosespembelajaran tenaga penddik dan peserta didik untuk dapat melakukan dan mengalami sendiri tentang matri yang dipelajari”. b Teori Winatapura : “Memberikan keterangan bahwa praktikum adalah cara penyajian yang disusun oleh peserta didik secara aktif untuk kemudan dapat mengalami dan membuktikan sendiri tantang apa yag telah dipelajari”
- Tanggapan terhadap teman lain: a. Ibu Sulastri : mhn maaf mungkin ibu menanggapi hanya dari video yang ditayangkan sehingga melum menjawab peertnyaan yang disampaikan oleh admin. b. Ibu anggun Islami : mhn maaf mungkin inu juga sama hanya menanggapi yang ada pada tayangan video jadi belum menjawab pertanyaan admin. untuk rekan rekan yang lain saya kira semua sudah bagus dan saya harus lebih banyak belajar dari rekan-rekan semua. Demikian tanggapan dari saya mohon maaf atas kekurangannya dan terima kasih. wassalam
Setelah menyaksikan video pembelajaran ke 2 (dua) tersebut dan mencermati saya memberikan tanggapan dengan cara menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.
Nama : DESMAWATI SARUMAHA
NIM : 030189997
PRODI : PENDIDIKAN BIOLOGI
- Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawab : sebagian kelompok tampak tidak serius dalam melakukan percobaan, mereka saling mengobrol dan tertawa, sebagian siswa hanya menonton temannya yang sedang bekerja melakukan percobaan
- Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab :
- Diawal pembelajaran guru tidak membiasakan untuk berdoa.
- Jumlah kelompok yang terlalu banyak,
- LKS tidak jelas yang mengakibatkan siswa bingung apa dan dari mana merekan akan bekerja,
- Guru kurang perhatian (belum memberikan bimbingan) kepada siswa saat siswa melakukan percobaan.
- Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab :
- Guru berusaha mencari solusi agar siswa bisa fokus dan mendengarkan penjelasan guru ketika guru menerangkan materi yang di sampaikan.
- Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Jawab :
- Guru cepat merespon kebutuhan siswa
- Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawab :
– Guru membuka pelajaran
– Guru menyampaikan apersepsi pembelajaran untuk merangsang pengatahuan siswa
– Guru menyampaikan tujuan dan manfaat dari pempelajaran ini
– Guru menyampaikan materi ajar secara ringkas dan tepat
– Guru membentuk kelompok secara heterogen dan jangan terlalu banyak
– Guru membagikan LKS sebagai panduan siswa dalam melakukan percobaan fotosintesis pada tumbuhan hijau
– Guru menjelaskan tata cara dan prosedur dalam mengerjakan LKS
– Guru perlu memberikan bimbingan dan memperhatikan keterlibatan siswa secara utuh dalam percobaan tersebut.
– Guru membuka tanya jawab tentang hasil percobaan yang baru dilakukan
– Guru memberikan penguatan dengan menyimpulkan materi yang baru di pelajari.
– Guru menutup pelajaran

Saya setuju dengan kegiatan pembelajaran praktikum ibu
1. Kelebihan video tersebut memberikan solusi bagi siswa agar lebih aktif dalam praktikum dengan membagi jumlah siswa dalam kelompok lebih sedikit dan memberikan masing masing LKS sehingga mereka bisa mengetahui tahap tahap praktikum.
Kelemahan pada kegiatan praktikum yaitu dituntut ketelitian, keuletan dan ketabahan dalam melaksanakan praktikum, memerlukan waktu lebih lama serta hasil yang diharapkan kadang tidak sesuai.
2. Saya pernah mengalami pada saat praktikum kimia, anak cenderung mengandalkan teman yang lebih pintar untuk melakukan serta menganalisis hasil praktikum, sedangkan yang lain hanya bermain.
3. Sebelum praktikum dimulai saya akan menjelaskan bagaimana cara kerja praktikum tersebut.
Kemudian saya akan membagikan lembar kerja siswa yang berisikan tahapan praktikum, serta perintah untuk menuliskan hasil dan kesimpulan dari praktikum secara individu. Kemudian saya akan melakukan penilaian siswa satu persatu untuk melihat keaktifan mereka dalam praktikum, agar kedepannya siswa yang tidak fokus bisa lebih diperhatikan.
4. Menurut Lazarowitz dan tamir (1994) pelaksanaan bahan praktikum sangat bergantung pada bahan bahan praktikum seperti petunjuk praktikum yang terdiri dari beberapa percobaan baik yang terintegrasi maupun yang tak terintegrasi dengan kegiatan non praktikum, lembar kerja per siswa dan buku teks memuat percobaan praktikum.
Menurut Djamarah dan zain metode praktikum menuntut siswa untuk lebih teliti, ulet dan tabah dalam melaksanakan praktikum, dan setiap percobaan tidak selalu sesuai dengan keinginan.