Silakan saksikan video pembelajaran pada link berikut ini : http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/mengaktifkan-siswa-dalam-percobaan-fotosintesis-pada-tumbuhan-hijau
Didalam ruangan laboratorium IPA suatu SMP tampak beberapa kelompok siswa sedang melakukan percobaan, sebagian kelompok tampak tidak serius dalam melakukan percobaan, mereka saling mengobrol dan tertawa, sebagian siswa hanya menonton temannya yang sedang bekerja melakukan percobaan. Bagaimana Seorang guru dapat mengaktifkan siswanya? Agar selama kegiatan praktikum berjalan dengan baik dan semua aktif, Guru tersebut membagi kelompok berdasarkan pemerataan kemampuan siswanya serta dengan distribusi kelompok yang merata. Kemudian guru membagikan LKS untuk tiap kelompok dan pemerataan tugas yang diberikan untuk tiap individu, sehingga kegiatan percobaan berlangsung dengan tenang karena semua siswa terlibat aktif. Tampak guru juga aktif dalam membimbing siswa.
Ditulis oleh: Tri Wahyuningsih
Setelah menyaksikan video pembelajaran tersebut dan mencermati sinopsisnya, silakan Anda memberikan tanggapan dengan cara menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Tanggapan Forum Diskusi :
Judul Vidio 2 “Mengaktifkan Siswa dalam Percobaan Fotosintesis pada Tumbuhan Hijau”
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan Judul Vidio 2 “Mengaktifkan Siswa dalam Percobaan Fotosintesis pada Tumbuhan Hijau”
Meningkatkan tingkat efektifitas siswa dalam praktikum guru perlu (1) guru perlu mengatur jumlah kelompok sesuai dengan tugas yang diberikan, (2) guru perlu membagi anggota kelompok secara heterogen (pemerataan tingkat kemampuan, pemerataan laki dan perempuan), (3) guru perlu menyediakan LKS yang jelas (kejelasan prosedur atau langkah-langkah penelitian, kejelasan tugas penelitian), sehingga siswa dapat membagi tugas yang merata kepada semua anggota kelompok yang mengakibatkan siswa terlibat secara keseluruhan dalam proses praktikum, (4) perhatian dan bimbingan guru kepada masing-masing kelompok juga sangat di butuhkan dalam meningkatkan ketertiban dan keaktifan proses praktikum.
Kelemahan Judul Vidio 2 “Mengaktifkan Siswa dalam Percobaan Fotosintesis pada Tumbuhan Hijau”
Penyebab siswa tidak aktif dalam melakukan percobaan adalah (1) jumlah kelompok yang terlalu banyak, (2) LKS tidak jelas yang mengakibatkan siswa bingung apa dan dari mana merekan akan bekerja, (3) guru kurang perhatian (belum memberikan bimbingan) kepada siswa saat siswa melakukan percobaan.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah mengalami seperti dalam tayangan vidio 2 tersebut, pada saat itu saya menyampaikan materi pembelajaran IPA tentang percobaan mencangkok. Proses pembelajaran yang saya lakukan tidak sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang tepat sehingga mengakibatkan proses pembelajaran tidak berjalan baik dan siswa menjadi kurang aktif dalam percobaan.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Langkah-langkah Pembelajaran yang saya terapakan untuk mengepektifkan siswa dalam percobaan fotosintesis pada tumbuhan hijau adalah sebagi berikut :
• Guru membuka pelajaran
• Guru menyampaikan apersepsi pembelajaran untuk merangsang pengatahuan siswa
• Guru menyampaikan tujuan dan manfaat dari pempelajaran ini
• Guru menyampaikan materi ajar secara ringkas dan tepat
• Guru membentuk kelompok secara heterogen dan jangan terlalu banyak
• Guru membagikan LKS sebagai panduan siswa dalam melakukan percobaan fotosintesis pada tumbuhan hijau
• Guru menjelaskan tata cara dan prosedur dalam mengerjakan LKS
• Guru perlu memberikan bimbingan dan memperhatikan keterlibatan siswa secara utuh dalam percobaan tersebut.
• Guru membuka tanya jawab tentang hasil percobaan yang baru dilakukan
• Guru memberikan penguatan dengan menyimpulkan materi yang baru di pelajari.
• Guru menutup pelajaran
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
• Menurut Sutikno (2014:51), praktikum merupakan kegiatan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa melakukan percobaan untuk membuktikan sendiri hipotesis atau konsep yang telah dipelajari dengan mengamati proses dan hasil percobaan
• Menurut Amien (1988:39), praktikum ialah kegiatan di laboratorium yang dilaksanakan oleh praktikan dengan atau tanpa bimbingan dosen/asisten.
5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
• Setuju dengan pendapat Bu Solip Yani bahwa guru mengawalai pembelajaran dengan baik hal ini terlihat jelas dalam tayangan solusi guru telah melakukan kegiatan yang tepat dalam mengawali proses pembelajaran guna mengepektifkan siswa dalam percobaan fotosintesis pada tumbuhan hijau.
• Setuju dengan pendapat Bu Nenin Maining Tiyas bahwa kelebihan guru memberi LKS sebagai petunjuk tugas pratikum hal ini terlihat jelas dalam tayangan solusi guru telah menjelaskan dan memaparkan bagaimana tata cara pengerjaan LKS yang di sediakan oleh guru, sehingga siswa tidak lagi bingung dalam mengerjakan tugas dalam LKS tersebut.

Saya setuju dengan langkah-langkah pembelajaran yang sudah dirancang oleh bapak pada upaya pengaktifan peserta didik

Nama: Aris Setiawan
NIM: 042407959
UPBJJ: Pekanbaru
1. Kelebihan: guru sebelum praktikum dimulai guru memberikan LKS pada tiap kelompok sehingga mereka bisa mengetahui tahap tahap praktikum kemudian membagi tugas pada tiap anggota sehingga semua anggota lebih aktif dalam praktikum.
Kelemahan: biasanya kegiatan praktikum dituntut ketelitian, keuletan dan ketabahan dalam melaksanakan praktikum seperti harus mengulang tahapan untuk mendapat hasil yang diinginkan sehingga membutuhkan waktu lebih lama.
2. Saya pernah mengalami pada saat praktikum. Beberapa siswa cenderung mengandalkan teman yang lebih pintar untuk melakukan serta menganalisis hasil praktikum, sedangkan yang lain melakukan kegiatan diluar praktikum.
3. Sebelum praktikum dimulai saya membagikan lembar kerja siswa yang berisikan prosedur praktikum kemudian saya jelaskan langsung alat dan bahan sampai ke langkah kerja, serta perintah untuk menuliskan hasil dan kesimpulan dari praktikum secara individu. Kemudian saya akan melakukan penilaian siswa satu persatu untuk melihat keaktifan mereka dalam praktikum, agar kedepannya siswa yang tidak fokus bisa lebih diperhatikan.
4. Menurut Sutikno (2014:51), praktikum merupakan kegiatan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa melakukan percobaan untuk membuktikan sendiri hipotesis atau konsep yang telah dipelajari dengan mengamati proses dan hasil percobaan.
Menurut Lazarowitz dan tamir (1994) pelaksanaan bahan praktikum sangat bergantung pada bahan bahan praktikum seperti petunjuk praktikum yang terdiri dari beberapa percobaan baik yang terintegrasi maupun yang tak terintegrasi dengan kegiatan non praktikum, lembar kerja per siswa dan buku teks memuat percobaan praktikum.

Vidionya sangat bagus dan sangat membantu saya dalam melakukan proses pembelajaran,terimakasih 🙏
- Kelebihan dari video diatas adalah bahwa ibu guru sudah melakukan pembagian kelompok denganperbandingan yang sesuai, ibu guru juga tidak hanya mengintruksikan saja tetapi juga ikut terlibat dalam mengawasi dan ikut terlibat dlm praktikum. Kelemahannya ada beberapa siswa kurang antusias dalam melaksanakan praktikum dalam satu kelompok ( Bisa jadi kelompoknya bukan teman-teman dekatnya).
- Saya pernah mengalami ketika melakukan praktikum uji makanan, rasa ingin tahu anak-anak semua bahan makanan dicampur kemudian di tetesi dengan reagen-reagen yang ada.
- Sebelum praktikum saya akan menjelaskan tujuan dan pembagian kelompok tidak didasarkan suka atau tidak suka dengan anggota kelompoknya tetapi bisa saling kerjasama satu dengan yang lain utk mendapatkan hasil yang baik.
- Praktikum adalah pembelajaran yang dilakukan dengan hubungan interaksi melalui sebuah kegiatan mengamati dan memahami dunia alam yang diakukan oleh peserta didik, (Menurut Lunetta). Praktikum sebagai proses pembelajaran tenaga pendidik kepada peserta didik untuk dapat melakukan dan mengalami sendiri tentang materi yang dipelajari, (menurut Djamarah dan Zain)
Nama : Indah Tanti Wulandari
NIM : 043647275
Prodi : Pendidikan Biologi
Mata kuliah =PKM
Mengaktifkan siswa dalam Percobaan fotosintesis Pada tumbuhan hijau
Menurut pendapat saya dalam mengamati vidio tersebut, siswa terlihat semangat dan aktif dalam pratikum Namun ada beberapa kelebihan dan kekurangan pada vidio tersebut
Kelebihannya:
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok sehingga alat dan bahan pratikum bisa diminimalisir
- Siswa dapat mengamati langsung proses pratikum sehingga siswa dapat merasakan langsung dan memahami dengan mudah
- Siswa diberi LKS (lembar kerja siswa) agar dapat memahami dan menjawab permasalahan yang sudah dipraktekkan
- Guru Pembimbing pratikum sebaiknya lebih dari satu orang karena dapat membantu siswa dalam penggunaan alat pratikum
- Vidio yang ditayang kan sangat menarik banyak ragam yang ditampilkan
Kelemahan :
- Durasi vidio yang ditampilkan terlalu singkat
- Pelaksanaan pratikum Guru sudah memakai baju pelindung atau baju praktek namun siswa tidak memakai
- Seharusnya dalam pratikum menggunakan Sarung tangan untuk melindungi kulit dari terkontaminasi cairan atau bahan kimia
- Sebaiknya menggunakan masker, karena dikhawatirkan bahan kimia yang menyengat
- Terlihat dividio pembagian kelompok siswa terlalu banyak sehingga siswa berdkatan, dikhawatirkan pergerakan bisa menjatuhkan alat dan bahan pratikum
Nama : Khairan Nawali Rizki
Nim : 530087289
Mengaktifkan Siswa dalam Percobaan Fotosintesis pada Tumbuhan Hijau
Tanggapan : Video tersebut sudah baik sebagai video pembelajaran yang dapat memberikan pengetahuan baru bagi pendidik mengenai cara mengaktifkan siswa dalam percobaan khususnya percobaan fotosintesis pada tanaman hijau. Cara yang dilakukan yaitu : Dengan mengatur jumlah anggota kelompok, distribusi anggota kelompok yang merata, guru membagikan lks yang didalamnya terdapat prosedur praktikum.
Saran : Selain cara diatas agar dapat mengaktifkan siswa dalam percobaan Fotosintesis pada Tumbuhan Hijau maka guru dapat meminta setiap anggota kelompok untuk menjelaskan hasil temuannya pada percobaan fotosintesis tersebut.
Kelebihan video
- Pada video dijelaskan bahwa sebelum melakukan melakukan pratikum haruslah membagi siswa sesuai dengan jumlah siswa
- Membagi siswa berdasarkan tingkat kemampuan secara adil agar didalam satu kelompok terdapat interaksi yang baik
- Dan memberi panduan pelaksanaan pratikum dengan pemberian LKPD pada masing-masing siswa
- Guru memberi arahan jalannya pratikum untuk mendapatkan hasil yang diinginkan
Kelemahan video
- Dalam kegiatan pratikum guru haruslah memberi waktu pada setiap kelompok dalam mendapatkan hasil pratikum yang baik.
- Kegiatan pratikum dibutuhkan ketelitian dan kehati-hatian dalam menggunakan alat-alat pratikum. Guru harus mempunyai pendamping saat melakukan pratikum jika jumlah siswa banyak
Berdasarkan tayangan video tersebut, untuk mengaktifkan siswa dalam percobaan fotosintesis pada tumbuhan hijau ada beberapa masukan diantaranya:
- Sebelum memulai praktikum, guru menjelaskan secara rinci tujuan dari parktikum, langkah-langkah kerja yang akan dilakukan dan keselamatan kerja pada saat melalukan percbaan.
- Dalam pembentukan kelompok diharuskan membagi siswa secara heterogen, supaya dalam menganalisis hasil percobaan siswa dapat berkontribusi secara penuh dan dapat saling melengkapi dan berbagi kecakapan dalam mengerjakan tugas.
- Guru memandu secara penuh terhadap jalannya praktikum, dengan berkeliling melihat prosedur kerja yang dilakukan oleh siswa, hal ini bertujuan untuk memantau kinerja masing-masing anggota kelompok dengan teliti dan cermat.
- Guru memberikan penguatan terhadap hasil praktikum siswa, dengan meminta siswa untuk mempersentasikan hasil dari praktikum yang telah dilakukan.
1. Kelebihan video tersebut memberikan solusi bagi siswa agar lebih aktif dalam praktikum dengan membagi jumlah siswa dalam kelompok lebih sedikit dan memberikan masing masing LKS sehingga mereka bisa mengetahui tahap tahap praktikum.
Kelemahan pada kegiatan praktikum yaitu dituntut ketelitian, keuletan dan ketabahan dalam melaksanakan praktikum, memerlukan waktu lebih lama serta hasil yang diharapkan kadang tidak sesuai.
2. Saya pernah mengalami pada saat praktikum kimia, anak cenderung mengandalkan teman yang lebih pintar untuk melakukan serta menganalisis hasil praktikum, sedangkan yang lain hanya bermain.
3. Sebelum praktikum dimulai saya akan menjelaskan bagaimana cara kerja praktikum tersebut.
Kemudian saya akan membagikan lembar kerja siswa yang berisikan tahapan praktikum, serta perintah untuk menuliskan hasil dan kesimpulan dari praktikum secara individu. Kemudian saya akan melakukan penilaian siswa satu persatu untuk melihat keaktifan mereka dalam praktikum, agar kedepannya siswa yang tidak fokus bisa lebih diperhatikan.
4. Menurut Lazarowitz dan tamir (1994) pelaksanaan bahan praktikum sangat bergantung pada bahan bahan praktikum seperti petunjuk praktikum yang terdiri dari beberapa percobaan baik yang terintegrasi maupun yang tak terintegrasi dengan kegiatan non praktikum, lembar kerja per siswa dan buku teks memuat percobaan praktikum.
Menurut Djamarah dan zain metode praktikum menuntut siswa untuk lebih teliti, ulet dan tabah dalam melaksanakan praktikum, dan setiap percobaan tidak selalu sesuai dengan keinginan.