0
  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Answered question

1. Kekurangan dalam video tersebut dalam pembelajaran awal guru belum melibatkan siswa sehingga siswa merasa bosan mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan, kelebihan terdapat pada pembelajaran selanjutnya yaitu guru memberikan materi dengan membawa media nyata serta mendemonstrasikannya dan memyanpaikan pertanyaan dan tanya jawab untuk memotivasi rasa ingin tau siswa sehingga siswa terlibat aktif dlm pembelajaran.
2. Pernah, tentang materi gaya saya membawa media
Dengan memanfaatkan alat peraga (plastisin) beberapa siswa diminta untuk mendemonstrasikan perubahan gaya baik akibat tekanan maupun dorongan sehingga berperan aktif dalam pembelajaran dikelas menjadi atraktif.
3. Langkah langkah perbaikan yang dilakukan dalam video tersebut yaitu di awal pertemuan guru memberikan motivasi kepada siswa, langkah selanjutnya guru mendemonstrasikan dan menyampaikan benerapa pertanyaan mengenai materi pembelajaran yang disampaikan saat itu diakhir pembelajaran guru bersama siswa melakukan tanya jawab sehingga dengan strategi tersebut siawa terlibat aktif dalam pembelajaran.
4. Strategi pembelajaran kooperatif berlandaskan pada teori belajar Vygotsky (1978, 1986) yang menekankan pada interaksi sosial sebagai sebuah mekanisme untuk mendukung perkembangan kognitif.