Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda†menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.
Ditulis oleh: –
Melalui video yang disampaikan guru mengajar berat benda menggunakan metode belajar konstektual. Silakan diskusikan permasalahan di bawah ini.
- Menurut Saudara adakah kelemahan dan kelebihan dengan pengajaran berat benda yang diberikan oleh guru dalam video tersebut? Berikan penjelasannya!
- Bagaimana solusi yang dapat Saudara berikan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang dilakukan guru dalam video tersebut?
- Jika Saudara diminta untuk mengajar berat benda dengan metode konstektual,bagaimana cara Saudara menjelaskan berat benda kepada siswa?
- Buatlah skenario secara ringkas cara Saudara mengajarkan berat benda?


setelah saya amati video mengajar berat benda tadi,
guru sudah dapat mengetahui karakter setiap siswa. dimana pembelajaran yang menyenangkan dilakukan dengan benda yang dapat ditangkap dan dimengerti oleh siswa.

Setelah saya amati video mengajar berat benda tadi.,guru sudah dapat mengetahui karakter setiap siswa. Dimana pembelajaran yang menyenangkan dilakukan dengan benda yang dapat ditangkap dan dimengerti oleh siswa..

menurut saya proses pembelajaran yang telah dilakukan sudah cukup baik dalam pembelajaran mengenai berat benda dikelas 1 SD penggunaan media nyata dalam pembelajaran akan lebih mempermudah pemahaman anak dalam memahami mengenai materi berat benda akan lebih bermakna saat anak juga ikut mempraktekan secara langsung ikut menimbang benda-benda yang ada disekitarnya

Berarti guru sudah mulai paham mengenai karakteristik siswanya masing masing
Nama : Nurreskiani
Nim : 838063523
UPBJJ : Majene
Menurut saya proses pembelajaran yang telah dilakukan dalam video tentang mengajar berat benda sudah cukup baik. Kelebihan guru dalam mengajar berat benda adalah menggunakan medka nyata dalam menerapakan konsep berat benda kepada siswa.
1. Siswa lebih mudah menangkap dan memahami penjelasan yang diberikan oleh guru dengan memberikan contoh yang lebih mudah.
2. Guru sudah dapat memahami sifat karakter siswa yang lebih cenderung menggunakan benda sebagai contoh pendalaman pelajaran.
Hanya saja masih terdapat kelemahan guru dalam mengajar berat benda tersebut karena pembelajaran hanya terpusat pada guru sangat kurang memberikan kesempatan pada siswa berpartisipasi secara total.
Solusi untuk mengatasi kelemahan tersbut adalah menggunakan metode dan strategi yang lebih bervariasi sehingga pembelajaran dapat terpusat kepada siswa.
Nama : Nurreskiani
Nim : 838063523
POKJAR : Majene
Menurut saya proses pembelajaran yang telah dilakukan dalam video tentang mengajar berat benda sudah cukup baik. Kelebihan guru dalam mengajar berat benda adalah menggunakan media nyata dalam menerapakan konsep berat benda kepada siswa.
1. Siswa lebih mudah menangkap dan memahami penjelasan yang diberikan oleh guru dengan memberikan contoh yang lebih mudah.
2. Guru sudah dapat memahami sifat karakter siswa yang lebih cenderung menggunakan benda sebagai contoh pendalaman pelajaran.
Hanya saja masih terdapat kelemahan guru dalam mengajar berat benda tersebut karena pembelajaran hanya terpusat pada guru sangat kurang memberikan kesempatan pada siswa berpartisipasi secara total.
Solusi untuk mengatasi kelemahan tersbut adalah menggunakan metode dan strategi yang lebih bervariasi sehingga pembelajaran dapat terpusat kepada siswa.
Nama : Nurreskiani
Nim : 838063523
POKJAR : Majene
Menurut saya proses pembelajaran yang telah dilakukan dalam video tentang mengajar berat benda sudah cukup baik. Kelebihan guru dalam mengajar berat benda adalah menggunakan medka nyata dalam menerapakan konsep berat benda kepada siswa.
1. Siswa lebih mudah menangkap dan memahami penjelasan yang diberikan oleh guru dengan memberikan contoh yang lebih mudah.
2. Guru sudah dapat memahami sifat karakter siswa yang lebih cenderung menggunakan benda sebagai contoh pendalaman pelajaran.
Hanya saja masih terdapat kelemahan guru dalam mengajar berat benda tersebut karena pembelajaran hanya terpusat pada guru sangat kurang memberikan kesempatan pada siswa berpartisipasi secara total.
Solusi untuk mengatasi kelemahan tersbut adalah menggunakan metode dan strategi yang lebih bervariasi sehingga pembelajaran dapat terpusat kepada siswa.
Sri Rahayu
Kelemahan dari cara penyampaian guru tersebut adalah guru tidak menggunakan alat peraga yang seharusnya seperti, timbangan/alat ukur.
kelebihannya dengan cara menggunakan peserta didik sebagai objek membuat siswa tertarik untuk memperhatikan gurunya.
Jika saya mengajar saya akan menggunakan alat peraga berpa mainan mereka sehari-hari dan untuk timbangan saya akan menggunakan gantungan baju yang selanjutnya digantung dengan plastik berisi mainan sebagai alat peraga untuk mengukur berat benda.
Nama : khoirun nisak
NIMÂ Â : 837537997
Pokjar: gondang wetan
Setelah mengamati video tersebut, menurut saya cara penyampaian sudah cukup jelas akan tetapi untuk pengertian materi serta pemahaman yang lebih dalam siswa perlu penjelasan yang detail ataupun alat-alat yang efektif untuk mengukur perbandingan berat suatu benda.

Siti Mufidatul Khasanah
836128418
Setelah mengamati video pembelajaran tersebut menurut saya pembelajaran yang dilakukan oleh Guru sesuai dengan keadaan siswa, contoh yang diberikan kepada siswa sangat memudahkan siswa dalam memahami apa yang telah dipelajari….
Untuk lebih meningkatkan pemahaman siswa Guru dapat menggunakan sarana berupa timbangan agar siswa lebih memahami pelajaran yang sedang diajarka guru
Sekian dan terima kasih….

Siti Mufidatul Khasanah
836128418
Setelah mengamati video pembelajaran tersebut menurut saya pembelajaran yang dilakukan oleh Guru sesuai dengan keadaan siswa, contoh yang diberikan kepada siswa sangat memudahkan siswa dalam memahami apa yang telah dipelajari….

Siti Mufidatul Khasanah
836128418
Setelah mengamati video pembelajaran tersebut menurut saya pembukaan dan contoh yang dilakukan oleh guru sudah cukup baik dalam menarik perhatian siswa
Siswa lebih mudah memahami apa yang diajarkan guru karena contoh yang diberikan guru sesuai dengan keadaan siswa kelas rendah….
Setelah saya mengamati tentang video mengajar berat benda.
1.siswa lebih mudah menangkap dan memahami pelajaran yang diberikan guru dengan memberikan contoh yang lebih mudah di pahami siswa
2.guru sudah dapat memahami sifat karakter siswa yang lebih cenderung menggunakan benda sebagai contoh pendalaman pelajaran.
3.guru sudah mengelola pelajaran dengan baik sehingga siswa aktif menjawab pertanyaan yg diberikan guru