Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda†menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.
Ditulis oleh: –
Melalui video yang disampaikan guru mengajar berat benda menggunakan metode belajar konstektual. Silakan diskusikan permasalahan di bawah ini.
- Menurut Saudara adakah kelemahan dan kelebihan dengan pengajaran berat benda yang diberikan oleh guru dalam video tersebut? Berikan penjelasannya!
- Bagaimana solusi yang dapat Saudara berikan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang dilakukan guru dalam video tersebut?
- Jika Saudara diminta untuk mengajar berat benda dengan metode konstektual,bagaimana cara Saudara menjelaskan berat benda kepada siswa?
- Buatlah skenario secara ringkas cara Saudara mengajarkan berat benda?


setelah saya amati video mengajar berat benda tadi,
guru sudah dapat mengetahui karakter setiap siswa. dimana pembelajaran yang menyenangkan dilakukan dengan benda yang dapat ditangkap dan dimengerti oleh siswa.

Setelah saya amati video mengajar berat benda tadi.,guru sudah dapat mengetahui karakter setiap siswa. Dimana pembelajaran yang menyenangkan dilakukan dengan benda yang dapat ditangkap dan dimengerti oleh siswa..

menurut saya proses pembelajaran yang telah dilakukan sudah cukup baik dalam pembelajaran mengenai berat benda dikelas 1 SD penggunaan media nyata dalam pembelajaran akan lebih mempermudah pemahaman anak dalam memahami mengenai materi berat benda akan lebih bermakna saat anak juga ikut mempraktekan secara langsung ikut menimbang benda-benda yang ada disekitarnya

Berarti guru sudah mulai paham mengenai karakteristik siswanya masing masing
Nama:AYusmi
- Menurut Saudara adakah kelemahan dan kelebihan dengan pengajaran berat benda yang diberikan oleh guru dalam video tersebut? Berikan penjelasannya!
Jawab: Guru hanya memberi salam pembuka dan langsung menyampaikan materi pembelajaran. Sebaiknya sebelum guru memulai kegiatan pembelajaran adalah berdoa terlebih dahulu, menanyakan kabar, melakukan absensi.
- Bagaimana solusi yang dapat Saudara berikan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang dilakukan guru dalam video tersebut?
Jawab: Guru sudah menggunakan media yang mudah dipahami oleh siswa kelas 1 SD. Cara penyampaian guru tersebut sudah sangat jelas dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa. Siswa juga berperan aktif dalam proses pembelajaran.
- Jika Saudara diminta untuk mengajar berat benda dengan metode konstektual,bagaimana cara Saudara menjelaskan berat benda kepada siswa?
Jawab : untuk mengajar berat benda saya akan membawa alat peraga yang ada disekitar dan juga saya akan membawa alat ukur tidak baku.
- Buatlah skenario secara ringkas cara Saudara mengajarkan berat benda?
Jawab:
Kegiatan pembuka: salam pembuka, berdoa, menanyakan kabar, absensi dan melakukan apersepsi. Apersepsi berupa menyanyi lagu tentang berat benda.
Kegiatan inti:menjelaskan pengertian berat, contoh dan alat ukurnya. menjelaskan perbedaan benda yang berat dan ringan.
mengajak siswa berperan aktif melakukan percobaan tentang berat benda dengan alat peraga berupa benda-benda di sekitar serta alat ukur yang tidak baku. Seluruh siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok membuat alat ukur tidak baku yaitu berupa gantungan baju yang di tiap bagian ujungnya diberi plastik. Setiap siswa dapat memasukkan benda di sekitarnya pada wadah plastik tersebut dan kemudian mengamatinya. Misal kantong plastik sebelah kiri diisi 5 penghapus, sedangkan sebelah kanan diisi 2 pensil. Semua siswa kemudian mencatat hasil pengamatannya. Dari hasil percobaan tersebut dapat diambil sebuah kesimpulan. Setiap kelompok dapat mempresentasikan hasil percobaanya. memberikan pujian kepada seluruh siswanya.
Kegiatan penutup: mengajak siswa menemukan kesimpulan dari materi yang dipelajari hari ini. Setelah itu, menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya. mengajak siswa berdoa dan memberi salam penutup.
Setelah saya mengamati tentang video mengajar berat benda.
1.siswa lebih mudah menangkap dan memahami pelajaran yang diberikan guru dengan memberikan contoh yang lebih mudah di pahami siswa
2.guru sudah dapat memahami sifat karakter siswa yang lebih cenderung menggunakan benda sebagai contoh pendalaman pelajaran.
3.guru sudah mengelola pelajaran dengan baik sehingga siswa aktif menjawab pertanyaan yg diberikan guru