Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda†menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.
Ditulis oleh: –
Melalui video yang disampaikan guru mengajar berat benda menggunakan metode belajar konstektual. Silakan diskusikan permasalahan di bawah ini.
- Menurut Saudara adakah kelemahan dan kelebihan dengan pengajaran berat benda yang diberikan oleh guru dalam video tersebut? Berikan penjelasannya!
- Bagaimana solusi yang dapat Saudara berikan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang dilakukan guru dalam video tersebut?
- Jika Saudara diminta untuk mengajar berat benda dengan metode konstektual,bagaimana cara Saudara menjelaskan berat benda kepada siswa?
- Buatlah skenario secara ringkas cara Saudara mengajarkan berat benda?


setelah saya amati video mengajar berat benda tadi,
guru sudah dapat mengetahui karakter setiap siswa. dimana pembelajaran yang menyenangkan dilakukan dengan benda yang dapat ditangkap dan dimengerti oleh siswa.

Setelah saya amati video mengajar berat benda tadi.,guru sudah dapat mengetahui karakter setiap siswa. Dimana pembelajaran yang menyenangkan dilakukan dengan benda yang dapat ditangkap dan dimengerti oleh siswa..

menurut saya proses pembelajaran yang telah dilakukan sudah cukup baik dalam pembelajaran mengenai berat benda dikelas 1 SD penggunaan media nyata dalam pembelajaran akan lebih mempermudah pemahaman anak dalam memahami mengenai materi berat benda akan lebih bermakna saat anak juga ikut mempraktekan secara langsung ikut menimbang benda-benda yang ada disekitarnya

Berarti guru sudah mulai paham mengenai karakteristik siswanya masing masing
Nama : Afsan Rinaldi
NIM : 837736632
UPBJJ : Bandar Lampung
- Menurut saya kelemahan dalam vidio tersebut yaitu
-guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan untuk membuka pembelajaran, anak tidak terlibat langsung untuk melakukan kegiatan menimbang benda-benda yang digunakan sebagai contoh.
-dalam video tersebut guru langsung mengajak siswa untuk membandingkan benda yang telah dibawa oleh guru.
Kelebihannya yaitu
-guru sudah menggunakan benda-benda di sekitar untuk contoh pendalaman pelajaran sehingga siswa lebih tertarik dan mudah mengerti.
-Guru melakukan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang ada. - Sebelum masuk ke kegiatan inti, sebaiknya guru melakukan kegiatan pendahuluan terlebih dahulu. Pada saat kegiatan inti anak disuruh mempraktikkan langsung menimbang benda-benda yang ada disekitarnya dan menyimpulkan hasilnya sendiri.
Guru juga memberikan contoh nyata kepada siswa dengan sangat jelas. - Terlebih dahulu saya menjelaskan perbandingan berat benda dengan menggunakan benda konkret yang ada di sekitar kelas, lalu menyuruh anak untuk terjun langsung mempresentasikannya di depan kelas.
- Kegiatan pendahuluan : Menyapa siswa, berdoa, mengecek kehadiran, menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan inti : Menganalisis benda-benda yang ada di sekitar kelas, menjelaskan perbandingan berat benda dengan menggunakan benda yang ada disekitar kelas, menugaskan anak untuk mempraktikkan secara langsung, menanyakan anak apakah sudah paham atau belum, mengerjakan LKPD.
Kegiatan penutup : refleksi pembelajaran saat itu, tindak lanjut pembelajaran berikutnya dan doa penutup.
Setelah saya mengamati tentang video mengajar berat benda.
1.siswa lebih mudah menangkap dan memahami pelajaran yang diberikan guru dengan memberikan contoh yang lebih mudah di pahami siswa
2.guru sudah dapat memahami sifat karakter siswa yang lebih cenderung menggunakan benda sebagai contoh pendalaman pelajaran.
3.guru sudah mengelola pelajaran dengan baik sehingga siswa aktif menjawab pertanyaan yg diberikan guru