Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda†menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.
Ditulis oleh: –
Melalui video yang disampaikan guru mengajar berat benda menggunakan metode belajar konstektual. Silakan diskusikan permasalahan di bawah ini.
- Menurut Saudara adakah kelemahan dan kelebihan dengan pengajaran berat benda yang diberikan oleh guru dalam video tersebut? Berikan penjelasannya!
- Bagaimana solusi yang dapat Saudara berikan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang dilakukan guru dalam video tersebut?
- Jika Saudara diminta untuk mengajar berat benda dengan metode konstektual,bagaimana cara Saudara menjelaskan berat benda kepada siswa?
- Buatlah skenario secara ringkas cara Saudara mengajarkan berat benda?


setelah saya amati video mengajar berat benda tadi,
guru sudah dapat mengetahui karakter setiap siswa. dimana pembelajaran yang menyenangkan dilakukan dengan benda yang dapat ditangkap dan dimengerti oleh siswa.

Setelah saya amati video mengajar berat benda tadi.,guru sudah dapat mengetahui karakter setiap siswa. Dimana pembelajaran yang menyenangkan dilakukan dengan benda yang dapat ditangkap dan dimengerti oleh siswa..

menurut saya proses pembelajaran yang telah dilakukan sudah cukup baik dalam pembelajaran mengenai berat benda dikelas 1 SD penggunaan media nyata dalam pembelajaran akan lebih mempermudah pemahaman anak dalam memahami mengenai materi berat benda akan lebih bermakna saat anak juga ikut mempraktekan secara langsung ikut menimbang benda-benda yang ada disekitarnya

Berarti guru sudah mulai paham mengenai karakteristik siswanya masing masing
Nama : Dwi Ujiasih Astuti
NIM : 530062793
Mata Kuliah : MPDR 5101 Filsafat Pendidikan Dasar
Progam Pasca Sarjana Pendidikan Dasar
- Kelemahan:
a. Guru belum mengaktifkan semua siswa.
b. Apresiasi atau penguatan untuk anak yang sudah aktif belum ada.
c. Guru belum menyimpulkan materi pelajaran
Kelebihan
a. Guru sudah memanfaatkan lingkungan sekitar dalam dalam pembelajaran
b. Penanaman konsep berdasar pengalaman nyata siswa.
2. Solusi dari kelemahan:
a. Guru bisa membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil, dan tiap kelompok berdiskusi membandingkan berat benda di lingkungan sekitar.
b. Guru mengucapkn terimakasih atau kalimat pujian lain bagi siswa yang menjawab ataupun maju kedepan.
c. Guru mengajak siswa menyimpulkan materi bersama-sama diakhir pelajaran.
3. Mengajar berat benda dengan metode kontakstual bisa dilakukan dengan menentukan benda berat dan ringan yang ada di sekitar kita.
4. Skenario:
a. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil
b. Tiap kelompok mendapat lembar kerja untuk mengumpulkan benda-benda di sekitar siswa dan membandingkan beratnya.
c. Siswa dan guru bermain permainan kartu berat benda, guru menempelkan kartu benda, dan siswa menentukan lebih berat atau lebih ringannya.
d. Siswa dan guru bertanya jawab tentang berat benda
e. Siswa dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
f. Evaluasi
DUA
NAMA : NOVILIA TRI SETYAWATI
NIM : 837588235
Setelah saya melihat video tersebut, yang dapat saya ambil informasinya adalah :
1. kelebihannya : siswa dapat dengan mudah menerima informasi yang ada, dikarenakan gurunya menggunakan metode pembelajaran yang menarik. selain itu penyampaian materi yang menarik juga membuat siswa dapat dengan mudah menerima materi yang disampaikan.
Kelemahan : Guru hanya berpusat pada tanya jawab, Guru kurang aktif dan interaktif terhadap siswa yang kurang mampu
2. Seharusnya guru melakukan metode yang lain, diberi penjelasan secara umum mengenai berat benda, serta guru seharusnya melakukan pendekatan lebih terhadap setiap siswa, khususmya siswa yang kurang mampu.
3. Pembelajaran kontekstual bertujuan meningkatkan minat dan prestasi belajar serta membekali siswa dengan pengetahuan yang fleksibel, sehingga dapat diterapkan (dikirim) dari satu permasalahan ke permasalahan yang lain, dan dari satu konteks ke konteks yang lain. Pendekatan kontekstual ini juga menekankan pada daya pikir yang tinggi, transfer, mengumpulkan, menganalisa data, memecahkan masalah tertentu baik secara individu atau kelompok. cara pembelajaran yang akan saya berikan yaitu dengan memberikan contoh benda kemudian siswa akan saya suruh untuk menganalisis terlebih dahulu, kemudian saya akan memberikan tanya jawab terhadap siswa.
4. Saya akan memberikan dan menerangkan materi, memberikan contoh untuk dianalisis, melakukan tanya jawab, praktek dan penilaian di akhir pertemuan.

Saya yang sudah mengamati video ini.saya yakin siswa dapat memahami pelajaran IPA dengan baik.dan guru sudah memberikan baik rencana pembelajaran dan materi dengan tepat dan benar.
Menurut saya penggunaan media dalam vidio tersebut sudah menarik. Tinggal menambahkan sedikit percobaan tentang berat benda agar semua siswa mengerti.
Terimakasih
Menurut saya metode pembelajaran yang digunakan sudah sangat tepat untuk anak kelas 1SD , untuk solusinya alangkah lebih baik jika guru harus menyiapkan media/alat peraga yang sederhana namun menarik agar anak lebih mudah untuk memahaminya.
- Kelebihan dari cara guru tersebut menyampaikan materi mengenai Berat Benda yaitu guru tersebut menggunakan benda yang ada disekitar murid (buku, penggaris, dan lain-lain). Kelemahan dari cara guru tersebut menyampaikan materi mengenai Berat Benda yaitu guru tersebut tidak menggunakan alat bantu mengajar untuk menunjang pembelajaran (timbangan).
- Solusi yang dapat saya berikan untuk mengatasi kelemahan yang dilakukan guru pada vidio tersebut adalah dengan menggunakan timbangan sebagai alat bantu sehingga siswa dapat lebih memahami mengenai berat benda.
- Apabila saya diminta untuk mengajar berat benda dengan menggunakan metode kontekstual cara saya menjelaskan berat benda kepada siswa yaitu dengan meminta siswa membandingkan dua buah benda di depan kelas (contoh benda : sebuah batu dan sebuat buku).
- Skenario mengajar berat benda kepada siswa : Guru masuk kedalam kelas dan menyapa. Kemudian memberitahukan materi yang akan di bahas pada hari itu “Anak-anak sekarang kita akan mempelajari tentang berat benda. Semua benda yang ada disekitar kita memiliki berat. Ibu mau bertanya menurut kalian, mana yang lebih berat buku atau pengaris?” setelah siswa menjawab, kemudian Guru meminta setiap siswa satu per satu ke depan kelas untuk membandingkan dua buah benda yang telah disiapkan Guru dengan menggunakan timbangan. Di akhir pembelajaran, Guru menyimpulkan pembelajaran dan memberi tugas di rumah mengenai berat benda.

Setelah saya amati video mengajar berat benda tadi, guru sudah dapat mengetahui karakter setiap siswa, dimana Pembelajaran yang menyenangkan dilakukan dengan benda yang dapat ditangkap dan dimengerti . oleh siswa
Setelah saya mengamati tentang video mengajar berat benda.
1.siswa lebih mudah menangkap dan memahami pelajaran yang diberikan guru dengan memberikan contoh yang lebih mudah di pahami siswa
2.guru sudah dapat memahami sifat karakter siswa yang lebih cenderung menggunakan benda sebagai contoh pendalaman pelajaran.
3.guru sudah mengelola pelajaran dengan baik sehingga siswa aktif menjawab pertanyaan yg diberikan guru