Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda†menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.
Ditulis oleh: –
Melalui video yang disampaikan guru mengajar berat benda menggunakan metode belajar konstektual. Silakan diskusikan permasalahan di bawah ini.
- Menurut Saudara adakah kelemahan dan kelebihan dengan pengajaran berat benda yang diberikan oleh guru dalam video tersebut? Berikan penjelasannya!
- Bagaimana solusi yang dapat Saudara berikan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang dilakukan guru dalam video tersebut?
- Jika Saudara diminta untuk mengajar berat benda dengan metode konstektual,bagaimana cara Saudara menjelaskan berat benda kepada siswa?
- Buatlah skenario secara ringkas cara Saudara mengajarkan berat benda?


setelah saya amati video mengajar berat benda tadi,
guru sudah dapat mengetahui karakter setiap siswa. dimana pembelajaran yang menyenangkan dilakukan dengan benda yang dapat ditangkap dan dimengerti oleh siswa.

Setelah saya amati video mengajar berat benda tadi.,guru sudah dapat mengetahui karakter setiap siswa. Dimana pembelajaran yang menyenangkan dilakukan dengan benda yang dapat ditangkap dan dimengerti oleh siswa..

menurut saya proses pembelajaran yang telah dilakukan sudah cukup baik dalam pembelajaran mengenai berat benda dikelas 1 SD penggunaan media nyata dalam pembelajaran akan lebih mempermudah pemahaman anak dalam memahami mengenai materi berat benda akan lebih bermakna saat anak juga ikut mempraktekan secara langsung ikut menimbang benda-benda yang ada disekitarnya

Berarti guru sudah mulai paham mengenai karakteristik siswanya masing masing
Dari video pembelajaran yang saya lihat, Guru sangat menguasai jalannya pelajaran, dan siswa juga sangat kooperatif dalam mengikuti pelajaran tersebut. Jika pembelajaran di tambah dengan permainan dan nyanyian mungkin akan lebih menarik lagi.
Nama : Taufik Mulyono
NIM : 857558918
Judul Video : Mengajar Berat Benda
Menurut pendapat saya, dalam pembelajaran tersebut sudah cukup baik, murid sudah antusias dalam kegiatan belajarnya, hanya saja media pembelajaranya kueang lengkap, akan lebih baik jika pengukuranya menggunakan alat peraga timbangan, sehingga murid bisa tahu berat suatu benda.
NAMA : NOVI LISTIAWATI
NIM : 856942051
POKJAR : SEKAMPUNG
Judul Video : Mengajar Berat Benda.
Kelebihan : Terlihat dalam video pembelajaran tersebut, guru maupun murid bersemangat dan menyenangkan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, murid-murid aktif dan ada umpan balik antara guru dan murid sehingga tujuan pembelajaran mudah tercapai.
Kekurangan : Pengukuran berat dan ringan yang disampaikan oleh guru kepada murid belum jelas ukurannya, hanya memperkirakan mana yg lebih berat dan mana yg lebih ringan.
Sifat Unik : Dalam proses kegiatan belajar mengajar, guru menjadikan benda-benda dan murid-murid di kelas yang mudah difahami dan dimengerti tentang perbandingan mana yang lebih berat dan mana yang lebih ringan.
Saran : Guru supaya menggunakan media berupa alat peraga timbangan, sehingga lebih jelas pengukuran berat dan ringan.
Guru sudah sangat baik dalam menyampaikan pelajaran dan mengelola kelas namun sebaiknya guru menggunakan media nyata dalam pembelajaran agar mudah untuk dipahami anak dalam mempelajari materi berat benda
Nama:Evi Wulan Sari
Nim : 855739493
Setelan melihat video pembelajaran tersebut,guru sudah sangat baik dalam menyampaikan pembelajaran dan mengelola kelas.salah satunya dengan memberikan apresiasidan semangat sebelum memulai pembelajaran.
Namun guru dalam penjelasannya tentang mengajar berat benda, ada banyak kekurangan dalam kegiatan belajar mengajar. Tidak adanya kegiatan memberi salam dan berdoa pada saat sebelum memulai pembelajaran, justru guru tersebut langsung melakukan pembahasan materi pembelajaran tentang ” berat benda ” . dalam penyampaiannya guru langsung meminta siswa menyebutkan nama2 benda, tanpa menggunakan alat peraga seperti gambar2 benda agar siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru.
Setelah saya mengamati tentang video mengajar berat benda.
1.siswa lebih mudah menangkap dan memahami pelajaran yang diberikan guru dengan memberikan contoh yang lebih mudah di pahami siswa
2.guru sudah dapat memahami sifat karakter siswa yang lebih cenderung menggunakan benda sebagai contoh pendalaman pelajaran.
3.guru sudah mengelola pelajaran dengan baik sehingga siswa aktif menjawab pertanyaan yg diberikan guru