Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda†menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.
Ditulis oleh: –
Melalui video yang disampaikan guru mengajar berat benda menggunakan metode belajar konstektual. Silakan diskusikan permasalahan di bawah ini.
- Menurut Saudara adakah kelemahan dan kelebihan dengan pengajaran berat benda yang diberikan oleh guru dalam video tersebut? Berikan penjelasannya!
- Bagaimana solusi yang dapat Saudara berikan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang dilakukan guru dalam video tersebut?
- Jika Saudara diminta untuk mengajar berat benda dengan metode konstektual,bagaimana cara Saudara menjelaskan berat benda kepada siswa?
- Buatlah skenario secara ringkas cara Saudara mengajarkan berat benda?


setelah saya amati video mengajar berat benda tadi,
guru sudah dapat mengetahui karakter setiap siswa. dimana pembelajaran yang menyenangkan dilakukan dengan benda yang dapat ditangkap dan dimengerti oleh siswa.

Setelah saya amati video mengajar berat benda tadi.,guru sudah dapat mengetahui karakter setiap siswa. Dimana pembelajaran yang menyenangkan dilakukan dengan benda yang dapat ditangkap dan dimengerti oleh siswa..

menurut saya proses pembelajaran yang telah dilakukan sudah cukup baik dalam pembelajaran mengenai berat benda dikelas 1 SD penggunaan media nyata dalam pembelajaran akan lebih mempermudah pemahaman anak dalam memahami mengenai materi berat benda akan lebih bermakna saat anak juga ikut mempraktekan secara langsung ikut menimbang benda-benda yang ada disekitarnya

Berarti guru sudah mulai paham mengenai karakteristik siswanya masing masing
Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
Perkenalkan saya Siti Arafatul Adha mahasiswi semester II PGSD.BI dari UPBJJ Surabaya Pokjar Bojonegoro.
Mohon izin menanggapi video ini yang membahas tentang berat benda:
Dari kegiatan pembuka guru tidak mengajak peserta didik untuk berdo’a Bersama, tidak melakukan absensi, juga tidak memberi motivasi. Namun pada kegiatan inti guru sudah bagus dalam menjelaskan materi, guru juga memberi kesempatan kepada pesesrta didik untuk bertanya lalu dijawab Bersama-sama supaya peserta didik yang lain juga ikut aktif berpartisispasi. Dalam menjelaskan guru juga sudah baik sangat mudah dipahami, kemudian guru memanfaatkan media yang ada di sekitar contohnya buku dan spidol untuk perbandingan kemudian di demonstrasikan Bersama-sama, akan tetapi guru seharusnya membawa alat ukur berupa timbangan atau sejenisnya agar bisa membandingkan. Disamping itu guru juga mengajak peserta didik untuk aktif berbicara shingga ada timbal balik antara guru dan peserta didik, metode yang di gunakan bervariasi. Akan tetapi pada akhir pembelajaran alangkah baiknya guru seharusnya menutup dengan do’a bersama.
Cukup sekian, mohon maaf apabila ada salah kata dalam pengetikan.
Terima kasih
Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
Menurut pengamatan saya, bahwa pembahasan materi IPA tentang berat benda dalam video tersebut sudah bagus. Pada kegiatan inti guru sudah benar dalam mengajarkan materi dan menjelaskan dengan tepat. Disini guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk ikut berinteraksi bersama- sama menjadikan pembelajaran yang menarik. Dengan demikian siswa menjadi semangat dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Penjelasan yang diberikan guru menjadi mudah dimengerti.
Menurut pengamatan saya, bahwa pembahasan materi IPA tentang berat benda dalam video tersebut sudah bagus. Pada kegiatan inti guru sudah benar dalam mengajarkan materi dan menjelaskan dengan tepat. Disini guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk ikut berinteraksi bersama- sama menjadikan pembelajaran yang menarik. Dengan demikian siswa menjadi semangat dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Penjelasan yang diberikan guru menjadi mudah dimengerti.
Pengamatan saya tentang vidio pembelajaran IPA materi mengukur berat. Pembelajaranya sangat tepat dalam pembelajaranya karena anak anak lebih muda paham dengan alat peraga yang ada di sekitar dan yang dapat di temukan setiap harinya. Saran saya sebaiknya guru memberikan tugas anak anak membawa buah atau apa aja yg dapat di ukur beratnya untuk di bawa ke sekolah dan di ukur bersama sama. Agar anak anak bisa mengimplementasikan berat bahan makanan yang ingin di beli di pasar dan ketemu sehari harinya jika berbelanja di mana saja.
Dari video ini membahas tentang materi IPA tentang berat benda, pada kegiatan pembuka guru tidak melakukan pendahuluan seperti doa bersama, mengecek kehadiran, apersepsi, memberi motivasi dll.
Untuk kegiatan inti guru sudah baik dalam mengajarkan atau memberikan penjelasan materinya. Disini guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk ikut berinteraksi bersama- sama menjadikan pembelajaran yang menarik dan juga siswa menjadi semangat dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Penjelasan yang diberikan guru juga sangat baik, dan mudah dimengerti. Guru juga sangat menguasai materi tersebut dengan memanfaatkan media disekitar ruang kelas yang mudah didapat seperti menggunakan buku dan pensil untuk perbandingan, ada spidol, dan mengajak siswa juga untuk maju kedepan mencontohkan perbandingan beratnya. Namun seharusnya pada saat membandingkan berat dari siswa seharusnya guru harus menyediakan alat ukur berat berupa timbangan, agar siswa juga bisa secara langsung dapat melihat angka berat dari kedua siswa serta dapat membandingkan berat dari kedua siswa tersebut. Pada video ini juga terlihat bahwa Guru juga tidak menggunakan metode ceramah saja atau satu arah. Divideo tersebut guru mengajak siswa untuk aktif berbicara, ada timbal balik antara guru dengan siswa, dan melibatkan siswanya untuk aktif dlm pembelajaran. dikegiatan akhir seharusnya guru mengakhiri dengan mengajak siswa untuk berdoa
Setelah saya mengamati tentang video mengajar berat benda.
1.siswa lebih mudah menangkap dan memahami pelajaran yang diberikan guru dengan memberikan contoh yang lebih mudah di pahami siswa
2.guru sudah dapat memahami sifat karakter siswa yang lebih cenderung menggunakan benda sebagai contoh pendalaman pelajaran.
3.guru sudah mengelola pelajaran dengan baik sehingga siswa aktif menjawab pertanyaan yg diberikan guru