Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda†menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.
Ditulis oleh: –
Melalui video yang disampaikan guru mengajar berat benda menggunakan metode belajar konstektual. Silakan diskusikan permasalahan di bawah ini.
- Menurut Saudara adakah kelemahan dan kelebihan dengan pengajaran berat benda yang diberikan oleh guru dalam video tersebut? Berikan penjelasannya!
- Bagaimana solusi yang dapat Saudara berikan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang dilakukan guru dalam video tersebut?
- Jika Saudara diminta untuk mengajar berat benda dengan metode konstektual,bagaimana cara Saudara menjelaskan berat benda kepada siswa?
- Buatlah skenario secara ringkas cara Saudara mengajarkan berat benda?


setelah saya amati video mengajar berat benda tadi,
guru sudah dapat mengetahui karakter setiap siswa. dimana pembelajaran yang menyenangkan dilakukan dengan benda yang dapat ditangkap dan dimengerti oleh siswa.

Setelah saya amati video mengajar berat benda tadi.,guru sudah dapat mengetahui karakter setiap siswa. Dimana pembelajaran yang menyenangkan dilakukan dengan benda yang dapat ditangkap dan dimengerti oleh siswa..

menurut saya proses pembelajaran yang telah dilakukan sudah cukup baik dalam pembelajaran mengenai berat benda dikelas 1 SD penggunaan media nyata dalam pembelajaran akan lebih mempermudah pemahaman anak dalam memahami mengenai materi berat benda akan lebih bermakna saat anak juga ikut mempraktekan secara langsung ikut menimbang benda-benda yang ada disekitarnya

Berarti guru sudah mulai paham mengenai karakteristik siswanya masing masing
Nama : Rommy Okta Pratama
Judul Video : Mengajar Berat Benda.
Kelebihan
1.guru maupun murid bersemangat dan menyenangkan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar
2.murid-murid aktif dan ada umpan balik antara guru dan murid sehingga tujuan pembelajaran mudah tercapai.
Kekurangan :
1.Pengukuran berat dan ringan yang disampaikan oleh guru kepada murid belum jelas ukurannya, hanya memperkirakan mana yg lebih berat dan mana yg lebih ringan.
Sifat Unik : Dalam proses kegiatan belajar mengajar, guru menjadikan benda-benda dan murid-murid di kelas yang mudah difahami dan dimengerti tentang perbandingan mana yang lebih berat dan mana yang lebih ringan.
Saran : Guru supaya menggunakan media berupa alat peraga timbangan, sehingga lebih jelas pengukuran berat dan ringan.
Nama : Fitri Ayu Indriyani
NIM : 858778296
Menganalisis dari video yang berjudul ” Mengajar Berat Benda” terdapat beberapa kelemahan dan kelebihan diantaranya :
- kelemahan :
Kurangnya guru yang mengajar dalam memanfaatkan media pembelajarann yang ada di kelas. Mengajar di kelas rendah seharusnya juga menggunakan papan tulis sebagai media pembelajaran. Sedangkan dalam pembelajaran kali ini guru tidak memberikan beberapa contoh soal di papan tulis.
Dalam pembukaan pembelajaran guru tidak melakukan salam maupun berdoa terlebih dahulu. Guru juga tidak mengabsensi kehadiran siswa, maupun bertanya kabar siswa.
- kelebihan :
Guru mengajarkan berat dan ringan benda secara langsung menggunakan media yang ada disekitar sekolah sehingga siswa dapat memahaminya dengan cepat. Dalam hal ini guru juga mengajak siswa secara langsung dalam proses pembelajaran sehingga mereka mengikuti pembelajaran dengan semangat.Dari kegiatan tersebut dapat dilihat bahwa guru sangat menguasai materi yang disampaikan.
nama : siti nurbayani
nim : 857307319
menurut saya , guru sudah memahami karakter setiap siswa dan dapat menjelaskan konsep pembelajaran mengenai berat benda sehingga siswa dapat memahami, dengan media yang di berikan guru, akan memepermudah siswa menjadi lebih faham
Nama : Dinda Kaharani
Nim : 858777588
Setelah melakukan analisis video Mengajar Berat Benda ada beberapa kelemahan dan kelebihan yaitu,
1. Kelemahan pada video adalah guru membuka pembelajaran tanpa berdoa dan absensi. Guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan langsung masuk kepada materi, sehingga siswa yang belum membuka buku atau belum belajar akan sulit memahami materi. Saat penutup guru tidak menarik kesimpulan dan tidak memberikan salam.
2. Kelebihan pada video adalah guru mengajarkan materi berat benda dengan menggunakan alat peraga sehingga lebih mudah dipahami siswa. Guru juga aktif melakukan tanya jawab dan mengapresiasi jawaban anak yang benar dengan tepuk tangan.
- Bagaimana reaksi anak/ siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru
- Senang saat pembelajaran dilakukan
- Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran
- Guru harus menggunakan media pembelajaran yang mudah di mengerti oleh siswa, seperti timbangan.
- Tidak ada doa pembuka dan salam diawal pembelajaran
- Tidak ada pengecekan siswa diawal pembelajaran
- penyampaian tujuan pembelajaran tidak ada
- Tidak adanya kegiatan memotivasi anak
- Guru kurang menarik perhatian siswa
- Guru harus menggunakan model pembelajaran yang lebih bervariasi
- Guru kurang memperhatikan kegiatan siswa selama proses pembelajara
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
- Guru sudah baik dalam memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan
- Respon siswa sangat antusias terhadap materi pembelajaran yang disampaikan
- Peyampaian materi pembelaram disampaikan dengan intonasi suara yang lantang dan jelas sehingga mudah dipahami siswa.
- Metode yang digunakan sesuai dengan tingaktan kebutuhan kemampuan pemahaman anak.
- Menggunakan benda sekitar sebagai media belajar serta melbatkan peserta didik secara langsung.
- Hal-hal unik apa saja yang kamu temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran
- Guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan media yang ada sekitar .
- Melibatkan siswa sebagai media untuk benda berat dan benda ringan dengan acuan berat dan postur badan siswa, sehingga anak-anak bersemangat dan aktif dalam kegiatan belajar
5) Upaya apa saja yang diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya
- dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang harus dilakukan saat proses pembelajaran guru harus mengamati kegiatan yang dilakukan oleh siswa dan
- dalam proses pembelajaran guru harus mengevaluasi kesalahan siswa sehingga siswa dapat mengetahui kesalahan
Setelah saya mengamati tentang video mengajar berat benda.
1.siswa lebih mudah menangkap dan memahami pelajaran yang diberikan guru dengan memberikan contoh yang lebih mudah di pahami siswa
2.guru sudah dapat memahami sifat karakter siswa yang lebih cenderung menggunakan benda sebagai contoh pendalaman pelajaran.
3.guru sudah mengelola pelajaran dengan baik sehingga siswa aktif menjawab pertanyaan yg diberikan guru