0
  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Answered question

1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan menurut saya pembelajaran tersusun rapi dari pendahuluan, inti dan penutup
Kelemahannya pembelajaran masih terlalu monoton dengan metode ceramah

2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah mengalami hal tersebut dikarenakan saya belum mempersiapkan materi yang saya ajarkan, sehingga pembelajaran saya seperti kaku karena terfokus hanya pada satu media yaitu buku.

3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Langkah yang akan saya lakukan untuk memperbaiki kelemahan saya yaitu :
a. Menerapkan pembelajaran bervariasi
b. Melibatkan siswa dalam pembelajaran
c. Kontekstual learning
d. Belajar sambil bermain
e. Mengajar menggunakan media yang menyenangkan

4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
a. Teori belajar behavioristik adalah sebuah teori yang menyatakan tentang perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman. Aliran ini menekankan pada terbentuknya perilaku yang tampak sebagai hasil belajar.
b. Menurut Thorndike, belajar adalah proses interaksi antara stimulus dan respon. Perubahan tingkah laku akibat kegiatan belajar tidak dapat diamati

Menurut saya Kelebihan Guru sudah menggunakan media yang menarik untuk berdiskusi dengan siswanya dalam mengapresiasi cerpen. Guru sudah membahas definisi unsur intrinsik.

1. Kelebihan:
a. Pendekatan, strategi, dan media yang digunakan sudah tepat.
b. proses pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik
c. Guru melakukan pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach)
d. Guru melakukan motode pembelajaran tanya jawab, latihan, dan penugasan.
e. Media yang digunakan media teks dan slide.
f. Model yang digunakan adalah Model Pembelajaran Berbasis Teks (Genre-based Aproach)
Kelemahan:
a. Tidak menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan secara langsung
b. Tidak memberikan informasi unsur-unsur intrinsic cerita pendek
b. Tidak memberikan penilaian terhadap hasil kerja siswa

2. Tidak pernah. Sekolah dimana saya mengajar memiliki peserta didik yang kognitifnyabisa dibilang biasa-biasa saja. Saat pembelajaran saya selalu memberikan materi. Media yang saya pakai buku teks atau slide. Berbeda dengan tayangan dalam video, walaupun tidak diberikan informasi, peserta didik dapat menjawab setiap pertanyaan dengan benar.
3. Langkah-langkah perbaikan
a. Guru menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
b. Guru memberikan informasi unsur-unsur intrinsik cerita pendek
c. Peserta didik dan Guru bertanya jawab tentang unsur-unsur intrinsik cerita pendek
d. Guru membagi kelompok belajar
e. Guru memberikan informasi teks bacaan yang akan dianalisis
f. Bersama kelompok, peserta didik berdiskusi tentang unsur intrinsik cerita pendek
g. Bersama kelompok, peserta didik mencoba menentukan unsur intrinsik cerita
h. Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas.
i. Kelompok lain menanggapi dan mengajukan pertanyaan terhadap hasil kerja temannya.
j. Guru memberikan penilaian
k. Guru memberikan penguatan terkait dengan materi yang telah dipelajari.
l. Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung
4. Teori atau pendapat pakar
a. Pembelajaran Jigsaw adalah tipe pembelajaran kooperatif yang dikembangkan oleh Elliot Aronson’s. Model pembelajaran ini didesain untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Siswa tidak hanya mempelajari materi yang diberikan, tetapi mereka juga harus siap memberikan dan mengajarkan materi tersebut kepada kelompoknya.Pada model pembelajaran jigsaw ini keaktifan siswa (student centered) sangan dibutuhkan, dengan dibentuknya kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan 3-5 orang yang terdiri dari kelompok asal dan kelompok ahli.
b. Teori Behavioristik merupakan teori dengan pandangan tetang belajar adalah perubahan dalam tingkah laku sebagai akibat dari interaksi antara stimulus dan respon. Atau dengan kata lain belajar adalah perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuannya untuk bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil interaksi antara stimulus dan respon