3
  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Answered question

Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda
temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah
perbaikan tersebut.
5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Jawab
1. Kelebihan Guru nya tidak perlu tatap muka cukup memberikan tugas atau memberikan diskusi,
kekurangan mahasiswa sulit mengerti karena tidak tatap muka secara langsung dan tidak bisa
saling Tanya jawab antar dosen dan mahasiswa, team itu lebih bagus dari pada hanya belajar
jarak jauh tanpa tatap muka
2. Ya tentu saya mengalami peristiwa ini karena saya kuliah di UT juga
3. Saya akan menggunakan aplikasi zoom atau ms team dan aplikasi tatap muka lain nya yang bisa
digunakan agar mahasiswa dan dosen bisa saling tatap muka
4. . Cara memperbaiki cara bicara menurut pakar yaitu
a. Menyesuaikan lawan bicara yaitu menempatkan diri saat berbicara dengan orang lain
b. Memperbaiki artikulasi kata – kata yang akan di sampaikan harus jelas dan mudah di
mengerti. jangan sampai lawan bicara tidak mengerti
5. sudah

1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Jawab:
Kelebihan:
Dalam tayangan dua, guru mampu mengajak siswa dalam mengapresiasi cerpen. Siswa langsung diberikan sebuah cerpen untuk dibaca secara pribadi.
Kelemahan:
Dalam tayangan pertama, guru terjebak dalam pembelajaran klasik dengan model ceramah. Guru hanya menjelaskan secara searah. Sehingga terkesan membosankan dan tidak membangkitkan minat belajar siswa.
2. Pernahkah anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman anda!
Jawab:
Pernah, pada saat saya menjadi seorang pendidik di tahun pertama mengajar. Pengalaman ini yang membuat saya selalu belajar untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif dengan metode pembelajaran yang menyenangkan.
3. Apabila anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang anda temukan pada video tersebut, silahkan tulis langkah-langkah dengan jelas!
Jawab:
Saya akan melakukan perbaikan dengan menggunakan metode demonstrasi dalam kelas. Dengan cara siswa diberikan kesempatan untuk bersentuhan langsung dengan materi yang dipelajari, kemudian mereka memperagakannya di depan kelas. Metode ini dapat menunjukkan bagaimana siswa melakukan sesuatu yang kemudian diamati dan dibahas di depan kelas.
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar minimal 2 yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut!
Jawab:
Menurut Muhibbin Syah, metode demonstrasi adalah metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan dan urutan melakukan kegiatan baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan.
Menurut Aminuddin Rasyad, metode demonstrasi adalah cara pembelajaran dengan meragakan, mempertunjukan atau memperlihatkan sesuatu dihadapan murid di dalam kelas atau di luar kelas.
5. Berikan tanggapan minimal 2 pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini!
Jawab:
Sudah memberikan tanggapan

1. Kelemahan video pembelajaran tersebut adalah pembelajaran yang pertama menunjukan seorang guru mengajar dengan model ceramah. Pada saat menjelaskan unsur instrinsik cerpen guru melakukan interaksi searah dengan siswanya, dimana guru tidak banyak melibatkan siswa aktif mengekplorasi pemahaman mereka terhadap materi yang sedang diajarkan misalnya dalam bentuk bertanya, berdiskusi, tetapi disini guru dengan gaya kakunya serius menjelaskan tentang definisi unsur intrinsik cerpen.

2. Kelebihan video ini terdapat pada pembelajaran yang kedua dimana materi yang diajarkan sesuai dengan metode yang dipilih sehingga siswa bersemangat, aktif dalam belajar dan guru dapat menstranfer ilmunya dengan baik. Guru sudah mampu mengajak siswa untuk aktif mengapresiasi cerpen. Pada pembelajaran tersebut memperlihatkan adanya proses interaksi dua arah antara guru dengan siswanya bersama-sama mendiskusikan mengenal unsur intrinsik teks cerpen. Adanya media pembelajaran yang dilibatkan oleh guru menjadikan siswa lebih bersemangat dan tertarik mengikuti proses KBM sehingga hasil belajar siswa pun maksimal.

3. Hal unik dalam video adalah dalam video ini ada dua cara pembelajaran yang berbeda dengan topik yang sama, dimana satu pembelajaran yang gagal dan satu pembelajaran yang berhasil.

4. Rencana perbaikan yang dapat dilakukan adalah dengan menentukan metode yang sesuai dan efektif dengan materi yang diajarkan agar proses pembelajaran akan berhasil dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.