Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, kemudian, diakhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita tentang kejujuran tersebut, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada anak didiknya
Ditulis oleh: Dra. Sukiniarti, M. Pd
Nah, setelah melihat video dan membaca sinopsis di atas, marilah teman-teman mendiskusikan bersama pertanyaan berikut terkait dengan tayangan video tersebut.
1. Menurut Anda tuliskan apakah kekurangan dan kelebihan dari video tersebut untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini?
2. Menurut Anda, jika Anda menjadi gurunya, bagaimana cara untuk memperbaiki kekurangan dari video tersebut untuk Anda laksanakan di kelas Anda? Mengapa cara tersebut yang Anda sarankan dipilih? Jelaskan alasannya secara singkat dan jelas!
3. Jelaskan, berdasarkan pengalaman Anda, apakah menggunakan buku cerita merupakan cara yang efektif bagi guru untuk mengarahkan anak didik untuk jujur? Langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan guru agar dapat menanamkan kejujuran kepada anak didik PAUDnya melalui penggunaan buku cerita?
4. Menurut Anda bagaimana cara memilih buku cerita yang paling baik untuk menanamkan kejujuran kepada anak usia dini? Apakah alasan dari jawaban anda? Jelaskan pendapat Anda dengan contoh.
5. Jelaskan bagaimana kegiatan belajar dengan menggunakan buku cerita yang pernah atau akan Anda lakukan untuk menanamkan kejujuran pada anak didik Anda yang berusia dini.
Terima kasih atas jawaban dan partisipasi Anda dalam forum diskusi ini. Selamat mengerjakan!


1. kelebihannya, guru paham akan isi buku yang di bacakanya, dia juga menggunakan intonasi suara dari karakter yang ditampilkan dari buku tersebut.
2. tidak dilihatkan kegiatan berdoa bersama sebelum belajar dan guru pendamping hanya diam saja tidak aktif dalam mengarahkan anak anak yang tidak fokus pada guru yang didepan.
3.langkah-langkahnya dengan memperlihatkan gambar yang mencerminkan kejujuran dan ketidak jujuran, jadi anak akan tau mana yang baik dan tidak
4. Memilih Buku cerita yang terdapat gambar yang menarik dan kisah ceritanya berisi nilai -nilai kejujuran.
5. Kegiatan yang pernah kami lakukan adalah, bercerita dengan buku cerita bergambar kadang dengan selebaran bergambar, dengan nada dan intonasi bicara sesuai karakter dari tokohnya.

Lilyn 837340211
1. kelebihannya, guru paham akan isi buku yang di bacakanya, dia juga menggunakan intonasi suara dari karakter yang ditampilkan dari buku tersebut.
2. tidak dilihatkan kegiatan berdoa bersama sebelum belajar dan guru pendamping hanya diam saja tidak aktif dalam mengarahkan anak anak yang tidak fokus pada guru yang didepan.
3.langkah-langkahnya dengan memperlihatkan gambar yang mencerminkan kejujuran dan ketidak jujuran, jadi anak akan tau mana yang baik dan tidak
4. Memilih Buku cerita yang terdapat gambar yang menarik dan kisah ceritanya berisi nilai -nilai kejujuran.
5. Kegiatan yang pernah kami lakukan adalah, bercerita dengan buku cerita bergambar kadang dengan selebaran bergambar, dengan nada dan intonasi bicara sesuai karakter dari tokohnya.

Lilyn837340211 komentar saya mengenai video tersebut
Dalam video tersebut dapat dilihat bahwa guru yang membacakan cerita, paham benar isi buku ceritanya dan dia dengan baik menggunakan intonasi bicara sesuai karakter tokoh di cerita tersebut.
Tetapi dalam video tersebut tidak diperlihatkan pembukaan pengenalan judul buku. Dan juga guru pendamping hanya diam saja tidak aktif saat terlihat ada anak didik yang tidak fokus kepada guru didepan
Dengan memperlihatkan contoh dan gambar yang berwarna menarik yang mencerminkan kejujuran.
Kita bisa memilih media buku cerita bergambar dengan nilai-nilai kejujuran
Dan kegiatan yang pernah kami lakukan sama seperti divideo tersebut, tetapi kadang dengan lembaran kertas yang berisi gambar, dan membawakan cerita dengan intonasi bahasa sesuai karakter gambar yang ada.

jawaban saya
1. Menurut Anda tuliskan apakah kekurangan dan kelebihan dari video tersebut untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini? jawab: kekurangan nya buku cerita yang digunakan kurang besar sehinga kurang jelas untuk anak melihat gambar dari buku cerita
sedangkan kelebihan vidio tersebut guru cukup menguasai materi ceria dan guru dapat membuka pertanyaan yang memancing anak untuk menceritakan kembali isi cerita dan menyimpulkan cerita yang didengarnya.
2. Menurut Anda, jika Anda menjadi gurunya, bagaimana cara untuk memperbaiki kekurangan dari video tersebut untuk Anda laksanakan di kelas Anda? Mengapa cara tersebut yang Anda sarankan dipilih? Jelaskan alasannya secara singkat dan jelas!
Jawab : mecari buku cerita yang lebih besar atau dengan menggunakan leptop dan infokus untuk memperbesar gambarnya, cara itu saya lakukan untuk menarik minat anak dan membuat anak fokus dalam mendengar dan melihat gambar yang diceritakan.
3. Jelaskan, berdasarkan pengalaman Anda, apakah menggunakan buku cerita merupakan cara yang efektif bagi guru untuk mengarahkan anak didik untuk jujur? Langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan guru agar dapat menanamkan kejujuran kepada anak didik PAUDnya melalui penggunaan buku cerita?
jawab : ya bercerita tentang tokoh-tokoh pahlawan dan mengandung unsur kejujuran dan moral sangat berpengaruh karena anak mendengar dan melihat gambar dalam bercerita. langkah -langkah yang dilakukan dengan memberi pengetahuan tentang kebaikan, merasakan ,mencintai kebaikan dan dan menceritakan kisah-kisah moral dapat menanamkan nilai moral pada anak.
4. Menurut Anda bagaimana cara memilih buku cerita yang paling baik untuk menanamkan kejujuran kepada anak usia dini? Apakah alasan dari jawaban anda? Jelaskan pendapat Anda dengan contoh.
jawab : memilih cerita yang mengandung kisah-kisah moral dan kejujuran
5. Jelaskan bagaimana kegiatan belajar dengan menggunakan buku cerita yang pernah atau akan Anda lakukan untuk menanamkan kejujuran pada anak didik Anda yang berusia dini.
jawab : membacan buku cerita bergambar yang berkaitan dengan kisah-kisah moral dan meberikan gambar yang besar agar kelihatan oleh anak, selain itu dapat juga dengan menggunakan berbagai media pendukung agar nak semakin fokus dan memahami isi cerita.

1. Kelebihan Guru sudah menguasai isi buku cerita sehingga penyampaiannya sangat jelas,intonasi dan karakter suara sangat menjiwai sesuai dengan karakter yang ada pada buku cerita.Kekuranagan dari video tersebut adalah alat pembelajaran edukatif bisa lebih bervariatif lagi seperti menggunakan boneka jari ataupun menggunakan boneka kayu ataupun menggunakan video ataupun alat yang lebih modern
2.saya akan menggunakan alat yang lebih bervariatif lagi supaya pembelajaran tidak monoton dan anak akan lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran.
3. Menggunakan buku cerita cukup termasuk cukup efektif karena alat yang mudah didapat. kita bisa membacakan buku-buku cerita dengan tema-tema kejujuran
4.mencari buku cerita yang bertemakan kejujuran dengan gambar-gambar yang menarik sehingga anak menjadi lebih tertarik untuk mendengarkan cerita yang kita sampaikan. Karena dengan memberikan buku cerita yang bergambar menarik anak akan lebih semangat untuk mendengarkan. contohnya adalah kita membacakan buku cerita tentang kejujuran ketika kita menemukan benda yang bukan milik kita maka kita harus mengembalikan kepada pemiliknya.
5. Yang pertama kita sebagai guru harus menguasai isi dari cerita yang akan kita sampaikan. Kemudian kita duduk membentuk lingkaran kemudian memulai membacakan cerita yang berisi tentang kejujuran kepada anak serta memberikan contoh-contoh konkret sehingga anak akan lebih mudah memahami apa yang kita sampaikan.
Nama : Unun Yuli Fitria
Nim : 858690456
Assalamu’alaikum Wr Wb
Ijin menanggapi diskusi kali ini.
1) -kekurangan video: tidak adanya proses awalan atau pun pembukaan dr guru, langung pada materi inti kegiatan bercerita. Dan hanya menggunakan sapaan serta bertanya bagaimana kabar anak-anak. Tidak ada kegiatan bernyanyi, bertepuk sesuai tema kejujuran. Dan guru pendamping belum peka terhadap, saat anak-anak tidak fokus pada cerita yang dibacakan. Mulai ngomong sendiri.
-kelebihan video : guru yang bercerita sdh menguasai isi dari cerita yang disampaikan. Begitupula dalam intonasi membaca cerita serta ekspresi wajahnya yang menjiwai. Dan guru memberikan feed beck /umpan balik terhadap diskusi yang diberikan, yaitu bercerita ttg “aku anak jujur”.
2).Perbaikan pada rancangan pembelajaran, yang berkaitan dg pembukaan, doa serta menghidupkan suasana kelas di pagi hari. Dengan melakukan tepuk2, senam pagi serta bernyanyi bersama. Peran dari guru pendamping harus ditunjukkan, supaya kelas dpt terkondisi dengan baik. Saat guru seniornya bercerita, seharusnya guru pendamping.. Ikut terlibat deng anak2 menyimak cerita yang disampaikan guru senior. Agar suasana pembelajaran semakin optimal.
3).Yaa..efektif menggunakan buku cerita sebagai pembelajaran buat anak usia dini.
Menggunakan media buku cerita dapat menggali potensi anak didik, untuk semangat membaca walaupun msh usia dini,, paling tidak mereka suka dengan buku, itu merupakan point plus. Buku cerita yang diberikan yang ada kaitannya dg tokoh-tokoh yang menanamkan kejujuran, dpt praktek langsung, dn anak dapat melihat gambar 2 dalam buku cerita.
4.Cara memilih buku cerita yang berkaitan dg menanamkan nilai kejujuran, gambar dr buku cerita juga menarik perhatian anak. Mudah difahami oleh anak didik.
Alasannya:karena dg adanya gambar atau pun isi dr cerita, gambar yang besar maka akan menarik perhatian anak.
Contohnya: saat ada buku cerita anak yang berkaitan dengan kejujuran. Anak membuang sampah di loker meja, maka guru dpt menanyakan, siapa yang membuang sampah semnarsnhs
5) Dengan membacakan buku cerita, serta melakukan diskusi atau guru dpt berdiskusi respon balik dari hasil diskusi bercerita ttg nilai kejujuran. Lembaga sekolah menyediakan berbagai buku mulai dari seri penanaman akidah, buku cerita anak sholeh dan sebagainya. Serta berbagai media yang terdapat di sekitar lingkungan sekolah.
Terimakasih, Wasslamuakaikum wrwb.
Izin menanggapi video yag berjudul “Menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral” menurut saya :
- Kekurangan dari video ini adalah pada saat pembukaan pelajaran, terlihat guru belum mengajak anak untuk berdoa bersama sebelum memulai pelajaran, kemudian guru belum memberikan contoh langsung yang berbeda dengan cerita yang berbeda dengan tema kejujuran juga. Sedangkan kelebihan dari video ini adalah guru sangat menguasai cerita tentang kejujuran, mulai dari intonasinya hingga membuat suara perannya menjadi berbeda sehingga anak-anak ikut masuk ke dalam cerita tersebut.
- Bila saya menjadi gurunya, di kegiatan awal anak akan saya ajak untuk berdoa sebelum pelajaran di mulai, memberikan apersepsi dan motivasi baru saya berikan materinya mengenai bercerita. Selanjutnya anak-anak akan dilibatkan untuk bermain peran menjadi seorang anak yang jujur itu bagaimana sikapnya.
- Menurut saya penggunaan buku sebagai media/sumber bercerita sudah efektif. Karena guru bisa menceritakan lebih terstruktur alur ceritanya. Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menumbuhkan nilai kejujuran adalah dengan cara memberikan contoh-contoh di sekitar anak mengenai perilaku dan perbuatan jujur serta anak dilibatkan berperan dalam memberikan contoh nilai-nilai kejujuran.
- Cara memilih buku cerita tentang kejujuran adalah dengan mencari buku-buku cerita yang bertemakan kejujuran dan bergambar agar suasana dikelas pada saat guru bercerita lebih hidup. Langkah-langakah menanamkan kejujuran pada anak dengan memberikan contoh, misalnya apabila ada teman yang kehilangan pinsil dan salah satu dari anak-anak menemukannya agar pinsil temannya itu dikembalikan secara baik-baik.
- Biasanya disekolah saya menggunakan buku cerita yang menarik, mengajak anak duduk rapi, kemudian saya menceritakan isi dari buku tersebut dengan menjadi pelaku cerita dan menggunakan mimik wajah dan gerak serta suara yang berbeda sehingga anak-anak ikut larut dalam cerita tersebut.
1. Menurut saya, kekurangan dari video tersebut guru belum menggunakan alat yang dijadikan sebagai peraga ketika bercrita. Sedangkan kelebihan dari video tersebut anak sudah terkondisikan dengan baik sehingga fokus dan dapat menjawab pada saat sesi tanya jawab.
2. Jika saya menjadi guru tersebut, cara untuk memperbaiki kekurangan dari video adalah dengan cara menambahkan alat peraga yang berhubungan dengan cerita yang disampaikan seperti boneka orang dan kucing, atau gelas. Hal tersebut dapat memperjelas ilustrasi dari sebuah cerita karena terlihat dengan jelas subjek dan objek dalam cerita
3. Menggunakan buku cerita merupakan cara yang efektif bagi guru untuk mengarahkan anak didik untuk jujur. Anak diajak untuk mendengarkan sebuah cerita, memperagakan dengan cara yang sederhana, dan dilakukan secara berulang dan bertahap.
4. Cara memilih buku cerita yang paling baik untuk menanamkan kejujuran kepada anak usia dini adalah disesuaikan dengan usia anak. Disesuaikan juga dengan tema yang dekat dengan kehidupan anak sehari-hari. Dengan begitu anak akan lebih mudah menerima dan memahami.
5. Kegiatan belajar dengan menggunakan buku cerita yang pernah saya ajarkan tentang kejujuran pada anak adalah cerita dongeng jawa “Kancil Nyolong Timun”
Menurut saya:
- Kekuranganya adalah pada saat pembukaan pelajaran, terlihat guru belum mengajak anak untuk berdoa bersama sebelum memulai pelajaran, kemudian guru belum memberikan contoh langsung yang berbeda dengan cerita yang berbeda dengan tema kejujuran juga. Sedangkan kelebihan dari video ini adalah guru sangat menguasai cerita tentang kejujuran, mulai dari intonasinya hingga membuat suara perannya menjadi berbeda sehingga anak-anak ikut masuk ke dalam cerita tersebut.
- Jika saya yang mengajar, di kegiatan awal anak akan saya ajak untuk berdoa sebelum pelajaran di mulai, memberikan apersepsi dan motivasi baru saya berikan materinya mengenai bercerita. Selanjutnya anak-anak akan dilibatkan untuk bermain peran menjadi seorang anak yang jujur itu bagaimana sikapnya.
- Menurut saya penggunaan buku sebagai media/sumber bercerita sudah efektif. Karena guru bisa menceritakan lebih terstruktur alur ceritanya. Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menumbuhkan nilai kejujuran adalah dengan cara memberikan contoh-contoh di sekitar anak mengenai perilaku dan perbuatan jujur serta anak dilibatkan berperan dalam memberikan contoh nilai-nilai kejujuran.
- Cara memilih buku cerita tentang kejujuran adalah dengan mencari buku-buku cerita yang bertemakan kejujuran dan bergambar agar suasana dikelas pada saat guru bercerita lebih hidup. Langkah-langkah menanamkan kejujuran pada anak dengan memberikan contoh, misalnya apabila ada teman yang kehilangan pinsil dan salah satu dari anak-anak menemukannya agar pinsil temannya itu dikembalikan secara baik-baik. Mengusahakan ukuran buku yang digunakan cukup besar untuk bisa dilihat anak-anak dalam 1 kelompok.
- Biasanya disekolah saya menggunakan buku cerita yang menarik, mengajak anak duduk rapi, kemudian saya menceritakan isi dari buku tersebut dengan menjadi pelaku cerita dan menggunakan mimik wajah dan gerak serta suara yang berbeda sehingga anak-anak ikut larut dalam cerita tersebut.
1. kelebihannya Guru sudah menguasai isi buku cerita yg berjudul “aku Anak jujurâ€. Dan dengan intonasi atau perubahan Suara untuk setiap karakter tokoh yang ada
2. Kekurangannya Guru pendamping diam saja dan mengarahkan beberapa anak yang tidak fokus untuk tetap mendengarkan guru yang sedang bercerita.
3. langkah-langkahnya yg diperlukan guru agar dapat menamkan kejujuran adalah setelah bercerita, lakukan dengan prkatek langsung, mungkin saat melihat sebuah alat tulis yang berserak bisa ditanyakan ke anak didik “siapakah yang bertanggung jawab atas alat tulis yang berserakan ini?”
4. Buku cerita yang terdapat gambar dengan nilai -nilai kejujuran.
5. Kami menggunakan Buku cerita bergambar jadi menarik perhatian anak didik, dengan cara bercerita dan bahasa yg menarik, dengan mimik wajah dan intonasi suara.
Terima Kasih, ini tanggapan Saya ðŸ™