Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, kemudian, diakhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita tentang kejujuran tersebut, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada anak didiknya
Ditulis oleh: Dra. Sukiniarti, M. Pd
Nah, setelah melihat video dan membaca sinopsis di atas, marilah teman-teman mendiskusikan bersama pertanyaan berikut terkait dengan tayangan video tersebut.
1. Menurut Anda tuliskan apakah kekurangan dan kelebihan dari video tersebut untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini?
2. Menurut Anda, jika Anda menjadi gurunya, bagaimana cara untuk memperbaiki kekurangan dari video tersebut untuk Anda laksanakan di kelas Anda? Mengapa cara tersebut yang Anda sarankan dipilih? Jelaskan alasannya secara singkat dan jelas!
3. Jelaskan, berdasarkan pengalaman Anda, apakah menggunakan buku cerita merupakan cara yang efektif bagi guru untuk mengarahkan anak didik untuk jujur? Langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan guru agar dapat menanamkan kejujuran kepada anak didik PAUDnya melalui penggunaan buku cerita?
4. Menurut Anda bagaimana cara memilih buku cerita yang paling baik untuk menanamkan kejujuran kepada anak usia dini? Apakah alasan dari jawaban anda? Jelaskan pendapat Anda dengan contoh.
5. Jelaskan bagaimana kegiatan belajar dengan menggunakan buku cerita yang pernah atau akan Anda lakukan untuk menanamkan kejujuran pada anak didik Anda yang berusia dini.
Terima kasih atas jawaban dan partisipasi Anda dalam forum diskusi ini. Selamat mengerjakan!


1. kelebihannya, guru paham akan isi buku yang di bacakanya, dia juga menggunakan intonasi suara dari karakter yang ditampilkan dari buku tersebut.
2. tidak dilihatkan kegiatan berdoa bersama sebelum belajar dan guru pendamping hanya diam saja tidak aktif dalam mengarahkan anak anak yang tidak fokus pada guru yang didepan.
3.langkah-langkahnya dengan memperlihatkan gambar yang mencerminkan kejujuran dan ketidak jujuran, jadi anak akan tau mana yang baik dan tidak
4. Memilih Buku cerita yang terdapat gambar yang menarik dan kisah ceritanya berisi nilai -nilai kejujuran.
5. Kegiatan yang pernah kami lakukan adalah, bercerita dengan buku cerita bergambar kadang dengan selebaran bergambar, dengan nada dan intonasi bicara sesuai karakter dari tokohnya.

Lilyn 837340211
1. kelebihannya, guru paham akan isi buku yang di bacakanya, dia juga menggunakan intonasi suara dari karakter yang ditampilkan dari buku tersebut.
2. tidak dilihatkan kegiatan berdoa bersama sebelum belajar dan guru pendamping hanya diam saja tidak aktif dalam mengarahkan anak anak yang tidak fokus pada guru yang didepan.
3.langkah-langkahnya dengan memperlihatkan gambar yang mencerminkan kejujuran dan ketidak jujuran, jadi anak akan tau mana yang baik dan tidak
4. Memilih Buku cerita yang terdapat gambar yang menarik dan kisah ceritanya berisi nilai -nilai kejujuran.
5. Kegiatan yang pernah kami lakukan adalah, bercerita dengan buku cerita bergambar kadang dengan selebaran bergambar, dengan nada dan intonasi bicara sesuai karakter dari tokohnya.

Lilyn837340211 komentar saya mengenai video tersebut
Dalam video tersebut dapat dilihat bahwa guru yang membacakan cerita, paham benar isi buku ceritanya dan dia dengan baik menggunakan intonasi bicara sesuai karakter tokoh di cerita tersebut.
Tetapi dalam video tersebut tidak diperlihatkan pembukaan pengenalan judul buku. Dan juga guru pendamping hanya diam saja tidak aktif saat terlihat ada anak didik yang tidak fokus kepada guru didepan
Dengan memperlihatkan contoh dan gambar yang berwarna menarik yang mencerminkan kejujuran.
Kita bisa memilih media buku cerita bergambar dengan nilai-nilai kejujuran
Dan kegiatan yang pernah kami lakukan sama seperti divideo tersebut, tetapi kadang dengan lembaran kertas yang berisi gambar, dan membawakan cerita dengan intonasi bahasa sesuai karakter gambar yang ada.

jawaban saya
Sri Meutia Dewi / 670034587 / PSGPM_Pariaman / 2020
Shaliha merasa bersalah karna telah memecahkan gelas, tp di awal shaliha merasa ragu utk berkata jujur saat ibunya bertanya dan berusaha untuk menutupi kesalahannya…
Tetapi saat si ibu mengulangi pertanyaannya, shaliha barulah berani utk berkata jujur & ibunya pun memberikan suport atas keberanian shaliha utk sikap jujur & mau mengakui kesalahnnya… Shalihapun merasa senang & meminta maaf. Faktor keluarga & lingkungan sangat mempengaruhi perkembangan moral anak.
1. Kelebihannya guru sudah dapat menguasai isi buku cerita ” aku anak jujur” dengan intonasi suara setiap karakter tokoh yang berbeda dengan ekspresi wajah yg ceria sehingga anak antusias mendengarkan cerita guru
2.Kelemahanya media / buku cerita terlalu kecil sehingga anak berusaha mendekati guru dan posisi duduk guru harus lebih tinggi sehingga anak mudah melihat isi gambar buku cerita tersebut.
3. Langkah langkah yang dilakukan guru untuk menanamkan sikap kejujuran selain menceritakan buku cerita, menanamkan kejujuran melalui kegiatan yang nyata dengan bermain kitapun bisa menanamkan kejujuran pada anak contoh bermain drama memainkan peran tokoh2 didalam buku cerita itu sehingga pembelajaran tentang kejujuran lebih tepat sasaran
4.agar anak lebih tertarik lagi perlu adanya media tambahan sehinga anak lebih berminat mendengarkan certa guru.
5. Kami memakai buku cerita bergambar dan media tambahan seperti boneka jari, degan cara teknik bercerita yang baik sebelumnya kita harus menguasai isi cerita yang akan dibaca dengan intonasi dan ekspresi wajah yang ceria.

Fransiska Franciana
877877626
Setelah menonton Video yang tentang Menananmkan Kejujuran Melalui Cerita Moral, Saya berpendapat bahwa :
1. Menurut Anda tuliskan apakah kekurangan dan kelebihan dari video tersebut untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini?
*Kelebihan Video tersebut yaitu
-Pemberian salam oleh Guru Pembimbing
sebelum bercerita.
-Guru pembimbing menyampaikan apa
yang akan dipelajari bersama anak hari ini.
-Penguasaan isi cerita oleh Guru dan
Ekspresi yang sesuai dengan masing-
masing karakter dalam cerita.
-Penggunaan metode dan model
pembelajaran yang sesuai.
-Sebagian anak yang aktif dan serius
mendengarkan cerita dariGuru
*Kekurangannya :
-Media pembelajaran terlalu kecil dan
jumlah yang terbatas serta tidak sesuai
dengan jumlah anak.
-Terlalu cepat dalam bercerita
-Guru pendamping tidak mengulangi cerita
-sebagian anak tidak aktif dan tidak serius
dalam mendengarkan cerita dari guru
2. Menurut Anda, jika Anda menjadi gurunya, bagaimana cara untuk memperbaiki kekurangan dari video tersebut untuk Anda laksanakan di kelas Anda? Mengapa cara tersebut yang Anda sarankan dipilih? Jelaskan alasannya secara singkat dan jelas!
*Menurut saya, yang harus saya perbaiki sebagai seorang guru adalah penggunaan media pembelajaran yang harus sesuai, baik dengan jumlah anak maupun ukurannya..selain itu juga, saya harus mengulangi lagi cerita syang saya sudah ceritakan secara perlahan agar anak bisa lebih memahami…jika ada anak yang tidak aktif, maka saya memberikan tugas kepada Guru pendamping yang lain untuk memperhatikan dan menemani anak yang tidak serius
3. Jelaskan, berdasarkan pengalaman Anda, apakah menggunakan buku cerita merupakan cara yang efektif bagi guru untuk mengarahkan anak didik untuk jujur? Langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan guru agar dapat menanamkan kejujuran kepada anak didik PAUDnya melalui penggunaan buku cerita?
*Menurut saya penggunaan Media pembelajaran dan metode bercerita terhadap anak usia dini, secara tidak langsung anak sedang dilatih untuk berlaku jujur karena pada saat itu anak sedang mendengarkan cerita dan melihat langsung media yang menunjukan sikap kejujuran.
Yang paling efektif menurut saya adalah, menerapkan kejujuran melalui tindakan nyata oleh anak itu sendiri misalnya melalu bermain.
4. Menurut Anda bagaimana cara memilih buku cerita yang paling baik untuk menanamkan kejujuran kepada anak usia dini? Apakah alasan dari jawaban anda? Jelaskan pendapat Anda dengan contoh.
*Menurut saya, Buku cerita yang sesuai untuk menanamkan kejujuran pada anak adalah bahwa bukunya mengandung pesan moral yang baik, selain itu juga berisikan gambar-gambar yang mempermudah anak untuk mudah mengerti dan memahami maksud dari gambar dengan cerita yang diceritakan oleh Guru pembimbingnya.
5. Jelaskan bagaimana kegiatan belajar dengan menggunakan buku cerita yang pernah atau akan Anda lakukan untuk menanamkan kejujuran pada anak didik Anda yang berusia dini.
*Yang saya pernah lakukan adalah dengan menggunakan metode bercerita dan media ( Gambar ) yang sesuai dengan cerita yang saya ceritakan. Setelah melalui kegiatan mendengarkan cerita di lanjutkan dengan pertanyaan yang sesuai dengan isi cerita. Selain itu saya mencoba melatih kejujuran anak secara nyata melalui tindakan anak.
Terimakasih Sebelumnya…

Guru sudah memahami cerita yang di ceritakan kepada anak dan sudah ada buku cerita nya dan menampilkan gambar- gambar dalam cerita tersebut,namun dengan cerita aja tidak ada antraksi perkembangan imajinasi anak karena anak cuma mendengarkan cerita.
setelaah aya melihat vidio ini terlebih dahulu. kelebihan nya adalah anak bisa membedakan mana yang jujur dan tidak jujur dengan melihat vidio yang digunakan oleh guru dan penyampain guru dalam bercerita sudah baik, dengan secara lantang sesuai tokoh yang diceritakan.
saya pernah mengalami di sekolah saya, prilaku anak membeli sesuatu di kantin sekolah dengan mengambil barang yang diinginkan tampa memberikan uangnya.
kelebihan dari vidio tersebut guru sangat menguasai isi vidio tersebut atau menguasai isi cerita. terdapa media yang mendukung pembelajaran. kekurangannya adalah sebelum memulai cerita guru tidak melakukan kontrak waktu dengan anak anak mengenai peraturan dan kesepakatan bersama anak, dan guru pendamping kurang aktif dan tidak mengatur pada anak yg tidak mendengarkan guru bercerita.
5. pernah. karna disekolah kami kami menggunakan buku cerita yang menarik ataumedia yang menarik sehingga anak2 antusias

Nani Nirmala Nim 857083193
1. Kelebihan guru adalah menguasai isi cerita dan intonasi suara sdh ada
Kekurangannya blm ada aturan saat sebelum kegiatan di mulai
2. Saya akan membuat aturan bersama anak,yang bertujuan agar anak terbiasa disiplin dalam mengikuti aturan yang sudah di sepakati bersama.
3. Menggunakan buku cerita merupakan salah satu cara untuk menanamkan kejujuran pada anak,asalkan guru sudah menguasai materi,intonasi suara dan terdapat pesan2 yang berkaitan dengan kejujuran.
4.cara memilih buku cerita yang benar adalah
Yang sesuai dengan usia anak,cerita sesuai dengan pengembangan yang akan kita kembangkan,banyak gambar dan terdapat pesan moral (kejujuran) di dalam nya alasannya agar guru dapat menerapkan pesan cerita tersebut sesuai dengan perkembangan usia dan kebutuhan anak.
5. Di sekolah kami menggunakan media buku cerita bergambar,intonasi suara dan ekspresi wajah sesuai dengan karakter yang ada dalam cerita tersebut.
1.Kelebihannya guru akan paham isi buku yang berjudul \”aku anak jujur \”,dia juga menggunakan intonasi menggunakan suara dari karakter yang ditampilkan dari buku tersebut.
2.tidak diperlihatkan dalam kegiatan berdoa bersama sebelum berjalan nya belajar,guru pendampingpun hanya diam saja tidak atif dalam mengarahkan anak yang tidak fokus.
3.langkah langkah tersebut dengan memperlihatkan suatu gambar yang mencerminkan kejujuran dan tidak jujuran.
4.harus memilih buku cerita yang menarik terdapat banyak gambar dan kisah berisi nilai nilai kejujuran tersebut
5.pernah,kami memakai buku cerita yang lebih menarik

Nama : Masruroh
NIM : 857077523
1. Kekurangannya adalah :
• Guru kurang menguasai alur cerita, sehingga guru fokus pada buku cerita
• Posisi duduk guru dengan anak terlalu jauh sehingga anak tidak melihat gambar dari buku cerita sedangkan hal itu adalah sesuatu yang menarik bagi anak.
Kelebihannya adalah :
• Intonasi guru sudah baik
2. Cara memperbaiki kekurangan video tersebut antara lain :
• Guru harus menguasai alur cerita
• Posisi duduk guru dekat dengan anak
• Mengadakan pijakan-pijakan sebelum kegiatan bermain dimulai
• Membuat kebijakan bersama-sama guru dan anak
3. Hal yang perlu diperbaiki
• Mengadakan pijakan sebelum memulai bercerita
• Menguasai cerita
• Memberikan contoh kejujuran yang lain selain yang diceritakan
4. Cara memilih buku cerita yang paling baik :
• Memiliki buku cerita yang sesuai dengan perkembangan untuk usia anak
• Memberikan contoh sesuai yang ada dilingkungan
• Sering bercerita kisah-kisah yang berisi pesan moral dan melibatkan anak untuk melalui itu harus ditanamkan (kejujuran).
5. Memilih buku cerita yang mengandung tentang kejujuran menanamkan atau mengaplikasikannya sikap tersebut didalam kelas.
Nim : 857082059
1.menurut Anda tuliskan apakah kekurangan dan kelebihan dari video tersebut untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini?
Kelebihannya: guru menggunakan media (buku cerita) dalam bercerita sehingga anak tertarik untuk memperhatikan cerita tersebut. Guru juga sudah sangat bagus dengan menggunakan suara yang berbeda² disetiap karakter pada tokoh cerita tesebut.
Kekurangannya: sebelum bercerita guru tidak melibatkan anak dalam membuat kesepakatan aturan ketika kegiatan berlangsung dan media buku yang digunakan terlalu kecil. Sedangkan guru pendamping ny amasih kurang aktif dalam meng handel anka² dalam menertibkan mereka.
2. Menurut Anda, jika Anda menjadi gurunya, bagaimana cara untuk memperbaiki kekurangan dari video tersebut untuk Anda laksanakan di kelas Anda? Mengapa cara tersebut yang Anda sarankan dipilih? Jelaskan alasannya secara singkat dan jelas!
Sebaiknya sebelum memulai kegitan bercerita kita buat kesepakatan aturan dan memberi reward kepada anak yang patih dan disiplin. Media buku cerita yang digunakan usahakan berukuran besar dan kita bisa mengkombinasikan nya dengan boneka tangan sesuai karakter dalam buku tersebut
3. Jelaskan, berdasarkan pengalaman Anda, apakah menggunakan buku cerita merupakan cara yang efektif bagi guru untuk mengarahkan anak didik untuk jujur? Langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan guru agar dapat menanamkan kejujuran kepada anak didik PAUDnya melalui penggunaan buku cerita?
Sebarny asudah sangat efektif ketika kita menggunkaan media buku cerita untuk melatih anak dalam berprilaku jujur, asalkan kita sebagai guru dapat memilih cerita yang menarik dan dapat menyampaikan isi cerita atersebut dengan menari. Guru juga bisa memberikan teladan secara langsung dalam hal berprilaku jujur.
4. Menurut Anda bagaimana cara memilih buku cerita yang paling baik untuk menanamkan kejujuran kepada anak usia dini? Apakah alasan dari jawaban anda? Jelaskan pendapat Anda dengan contoh.
Pilihlah buku cerita yang menarik warnanya, bentuk nya dan gambarnya. Karena anka usia dini itu pada dasarnya sangat menyukai media bergambar.
5. Jelaskan bagaimana kegiatan belajar dengan menggunakan buku cerita yang pernah atau akan Anda lakukan untuk menanamkan kejujuran pada anak didik Anda yang berusia dini.?
Biasanya kami akan memilih buku cerita yang menarik , bisa dari cerita² binatang nabi dll biasanya anak² akan tertarik pada cerita yang menggunakan media secara konkrit.
1. kelebihannya Guru sudah menguasai isi buku cerita yg berjudul “aku Anak jujurâ€. Dan dengan intonasi atau perubahan Suara untuk setiap karakter tokoh yang ada
2. Kekurangannya Guru pendamping diam saja dan mengarahkan beberapa anak yang tidak fokus untuk tetap mendengarkan guru yang sedang bercerita.
3. langkah-langkahnya yg diperlukan guru agar dapat menamkan kejujuran adalah setelah bercerita, lakukan dengan prkatek langsung, mungkin saat melihat sebuah alat tulis yang berserak bisa ditanyakan ke anak didik “siapakah yang bertanggung jawab atas alat tulis yang berserakan ini?”
4. Buku cerita yang terdapat gambar dengan nilai -nilai kejujuran.
5. Kami menggunakan Buku cerita bergambar jadi menarik perhatian anak didik, dengan cara bercerita dan bahasa yg menarik, dengan mimik wajah dan intonasi suara.
Terima Kasih, ini tanggapan Saya ðŸ™