Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, kemudian, diakhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita tentang kejujuran tersebut, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada anak didiknya
Ditulis oleh: Dra. Sukiniarti, M. Pd
Nah, setelah melihat video dan membaca sinopsis di atas, marilah teman-teman mendiskusikan bersama pertanyaan berikut terkait dengan tayangan video tersebut.
1. Menurut Anda tuliskan apakah kekurangan dan kelebihan dari video tersebut untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini?
2. Menurut Anda, jika Anda menjadi gurunya, bagaimana cara untuk memperbaiki kekurangan dari video tersebut untuk Anda laksanakan di kelas Anda? Mengapa cara tersebut yang Anda sarankan dipilih? Jelaskan alasannya secara singkat dan jelas!
3. Jelaskan, berdasarkan pengalaman Anda, apakah menggunakan buku cerita merupakan cara yang efektif bagi guru untuk mengarahkan anak didik untuk jujur? Langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan guru agar dapat menanamkan kejujuran kepada anak didik PAUDnya melalui penggunaan buku cerita?
4. Menurut Anda bagaimana cara memilih buku cerita yang paling baik untuk menanamkan kejujuran kepada anak usia dini? Apakah alasan dari jawaban anda? Jelaskan pendapat Anda dengan contoh.
5. Jelaskan bagaimana kegiatan belajar dengan menggunakan buku cerita yang pernah atau akan Anda lakukan untuk menanamkan kejujuran pada anak didik Anda yang berusia dini.
Terima kasih atas jawaban dan partisipasi Anda dalam forum diskusi ini. Selamat mengerjakan!


1. kelebihannya, guru paham akan isi buku yang di bacakanya, dia juga menggunakan intonasi suara dari karakter yang ditampilkan dari buku tersebut.
2. tidak dilihatkan kegiatan berdoa bersama sebelum belajar dan guru pendamping hanya diam saja tidak aktif dalam mengarahkan anak anak yang tidak fokus pada guru yang didepan.
3.langkah-langkahnya dengan memperlihatkan gambar yang mencerminkan kejujuran dan ketidak jujuran, jadi anak akan tau mana yang baik dan tidak
4. Memilih Buku cerita yang terdapat gambar yang menarik dan kisah ceritanya berisi nilai -nilai kejujuran.
5. Kegiatan yang pernah kami lakukan adalah, bercerita dengan buku cerita bergambar kadang dengan selebaran bergambar, dengan nada dan intonasi bicara sesuai karakter dari tokohnya.

Lilyn 837340211
1. kelebihannya, guru paham akan isi buku yang di bacakanya, dia juga menggunakan intonasi suara dari karakter yang ditampilkan dari buku tersebut.
2. tidak dilihatkan kegiatan berdoa bersama sebelum belajar dan guru pendamping hanya diam saja tidak aktif dalam mengarahkan anak anak yang tidak fokus pada guru yang didepan.
3.langkah-langkahnya dengan memperlihatkan gambar yang mencerminkan kejujuran dan ketidak jujuran, jadi anak akan tau mana yang baik dan tidak
4. Memilih Buku cerita yang terdapat gambar yang menarik dan kisah ceritanya berisi nilai -nilai kejujuran.
5. Kegiatan yang pernah kami lakukan adalah, bercerita dengan buku cerita bergambar kadang dengan selebaran bergambar, dengan nada dan intonasi bicara sesuai karakter dari tokohnya.

Lilyn837340211 komentar saya mengenai video tersebut
Dalam video tersebut dapat dilihat bahwa guru yang membacakan cerita, paham benar isi buku ceritanya dan dia dengan baik menggunakan intonasi bicara sesuai karakter tokoh di cerita tersebut.
Tetapi dalam video tersebut tidak diperlihatkan pembukaan pengenalan judul buku. Dan juga guru pendamping hanya diam saja tidak aktif saat terlihat ada anak didik yang tidak fokus kepada guru didepan
Dengan memperlihatkan contoh dan gambar yang berwarna menarik yang mencerminkan kejujuran.
Kita bisa memilih media buku cerita bergambar dengan nilai-nilai kejujuran
Dan kegiatan yang pernah kami lakukan sama seperti divideo tersebut, tetapi kadang dengan lembaran kertas yang berisi gambar, dan membawakan cerita dengan intonasi bahasa sesuai karakter gambar yang ada.

jawaban saya
menurut pendapat saya pembelajaran yang ditayangkan lewat video tadi mencermin tentang nilai moral dan nilai kejujuran  yang diterapkan pada anak usia dini karena anak dengan mendengarkan cerita yang didengarnya akan menambah wawasan dan pengetahuan anak

Maaf ngeh bu, tapi menurut saya yg di komentari jenengan Betul sih anak bisa menambah wawasan tentang nilai kejujuran, tapi anak2 tidak dapat memahami apa itu arti kejujuran dan moral.
Sebagai peran guru , setidaknya sebelum memulai pelajaran terlebih dahulu untuk berdoa dan menjelaskan tentang nilai2 kejujuran dan moral pada anak. Agar anak dapat memahami apa sih arti dari nilai kejujuran dan moral ? Sehingga di akhir cerita dapat menimbulkan sebuah pertanyaan dari murid ataupun guru .
Anak2 kurang begitu mendengarkan, karena ada yg berbicara sendiri , sehingga pandangannya tdk fokus pada apa yg di ceritakan oleh guru,
Sebaiknya sebelum mengajak bercerita anak2 di perintahkan untuk duduk melingkar sehingga nntinya dapat fokus pada yg di ceritakan, dan untuk guru pendamping juga ikut serta dalam materi yg di berikan oleh guru, lebib aktif lagi dan kreatif untuk membacakan cerita, supaya tdk menimbulkan kejenuhan trhdp anak2 .
Untuk buku cerita sudah menarik , tapi lebih menariknya lagi kalau warna dari buku tsb lebih banyak gambar dan bisa menimbulkan lebih banyak warna lagi, dan peran guru juga harus lebih aktif dan lagi dalam membawakan cerita tsb.
Menurut pendapat saya melalui vidio yang saya lihat tadi dalam penanamkan kejujuran dalam pembelajaran, dengan metode bercerita yang dilakukan oleh guru didepan anak-anak sudah bagus dan sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Maaf Kak Yenti, saya menambahi.
Menurut saya kurang bagus.
Mengingat guru yang ada di vidio hanya mengedepankan buku cerita dan intonasi saja. Sedangkan pada penyampaian ekspresi, belum bagus. Ndak dapet feelnya.
Menurut, pendapat saya vidio tadi menanamkan nilai moral yang dapat bermanfaat bagi anak, yg mana nilai moral nya adalah kejujuran. Hikmah dari dari vidio tadi adalahnilai ajaran bahwa kita, harus memberikan contoh dalam perbuatan sehari- hari. Terhadap anak didik
(Alismayati)

kelebihannya Guru sudah menguasai isi buku cerita yg berjudul menanamkan nilai kejujuran anak PAUD. Dan dengan intonasi atau perubahan Suara untuk setiap karakter tokoh yang ada
2. Kekurangannya Guru pendamping diam saja dan mengarahkan beberapa anak yang tidak fokus untuk tetap mendengarkan guru yang sedang bercerita.
3. langkah-langkahnya yg diperlukan guru agar dapat menamkan kejujuran adalah setelah bercerita, lakukan dengan prkatek langsung, mungkin saat melihat sebuah alat tulis yang berserak bisa ditanyakan ke anak didik “siapakah yang bertanggung jawab atas alat tulis yang berserakan ini?”
4. Buku cerita yang terdapat gambar dengan nilai -nilai kejujuran.
5. Kami menggunakan Buku cerita bergambar jadi menarik perhatian anak didik, dengan cara bercerita dan bahasa yg menarik, dengan mimik wajah dan intonasi suara.
menurut pendapat saya dengan menanamkan sikap jujur kepada anak dapat menjadikan anak mempunyai moral dan akhlak yang baik sehingga apabila ia melakukan sesuatu baik atau buruk apabila ia ditanya maka ia akan menjawab dengan jujur

Nama : Siti Musarofah
Nim : 837648441
Benar kata bunda suryanita bahwa penanaman moral yang baik terhadap AUD sangatlah penting. Dan dalam menanamkannya perlu dilatih setiap hari. Mungkin bisa diterapkan secara langsung, atau melalui cerita para nabi/orang lain, bernyanyi, dll. Dan kita sebagai guru juga perlu bekerjasama dengan orangtua dalam menerapkannya. Karena lingkungan di sekitar anak bisa berpengaruh dengan perilaku anak tersebut.
setelah memperhatiakan vidio yang ditampilkan, menurut saya, kegiatan membaca buku cerita moral untuk menanamkan nilai kejujujran tersebut sudah efektif. saya mengatakan metode ini efektif karena:
- guru sudah menguasai cerita sebelum ditampilkan kepada anak.
- buku cerita yang ditampilkan juga menarik karena menggunakan buku bergambar dan berwarna warni sehinga dapat menarik perhatian dan minat anak.
- isi buku cerita yang ditampilkan juga manarik.
- anak juga dapat merespon cerita dengan baik
- guru ada menyimpulkan isi cerita yang dibacakan
- pilihan buku cerita yang dibacakan sangat tepat untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak. karena kejujuran harus ditanamkan kepada anak sedini mungkin. agar kelak anak2 terbiasa jujur dalam kehidupanya sehari- hari.
- namun ada sedikit kekurangan pada kegiatan membancakan buku cerita tersebut yaitu guru tidak mengajak anak untuk berdoa terlebih dahulu, sebaiknya guru mengajak anak untuk berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan.
- kemudian guru pendamping sebaiknya mengawasi anak2 yang lain sementara guru membacakn buku cerita, agar semua anak terfokus pada cerita yang dibacakan guru. untuk lebih menarik lagi sebaiknya guru mengajak anak untuk bernyanyi tentang kejujuran.

Saya setuju dengan pendapat anda bahwa sebelum memulai bercerita seharusnya berdoa dulu, dan guru sudh menguasai isi cerita namun guru pendamping kurang membantu dalam proses bercerita.. misalnya seperti mengajak anak agar fokus mendengarkan cerita

Yups betul kak. Selain mengenalkan kejujuran, kita juga perlu menerapkan akhlak terpuji lainnya terhadap siswa. Dimulai dari hal kecil seperti membaca bismillah sebelum melakukan sesuatu.
1. kelebihannya Guru sudah menguasai isi buku cerita yg berjudul “aku Anak jujurâ€. Dan dengan intonasi atau perubahan Suara untuk setiap karakter tokoh yang ada
2. Kekurangannya Guru pendamping diam saja dan mengarahkan beberapa anak yang tidak fokus untuk tetap mendengarkan guru yang sedang bercerita.
3. langkah-langkahnya yg diperlukan guru agar dapat menamkan kejujuran adalah setelah bercerita, lakukan dengan prkatek langsung, mungkin saat melihat sebuah alat tulis yang berserak bisa ditanyakan ke anak didik “siapakah yang bertanggung jawab atas alat tulis yang berserakan ini?”
4. Buku cerita yang terdapat gambar dengan nilai -nilai kejujuran.
5. Kami menggunakan Buku cerita bergambar jadi menarik perhatian anak didik, dengan cara bercerita dan bahasa yg menarik, dengan mimik wajah dan intonasi suara.
Terima Kasih, ini tanggapan Saya ðŸ™