Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, kemudian, diakhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita tentang kejujuran tersebut, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada anak didiknya
Ditulis oleh: Dra. Sukiniarti, M. Pd
Nah, setelah melihat video dan membaca sinopsis di atas, marilah teman-teman mendiskusikan bersama pertanyaan berikut terkait dengan tayangan video tersebut.
1. Menurut Anda tuliskan apakah kekurangan dan kelebihan dari video tersebut untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini?
2. Menurut Anda, jika Anda menjadi gurunya, bagaimana cara untuk memperbaiki kekurangan dari video tersebut untuk Anda laksanakan di kelas Anda? Mengapa cara tersebut yang Anda sarankan dipilih? Jelaskan alasannya secara singkat dan jelas!
3. Jelaskan, berdasarkan pengalaman Anda, apakah menggunakan buku cerita merupakan cara yang efektif bagi guru untuk mengarahkan anak didik untuk jujur? Langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan guru agar dapat menanamkan kejujuran kepada anak didik PAUDnya melalui penggunaan buku cerita?
4. Menurut Anda bagaimana cara memilih buku cerita yang paling baik untuk menanamkan kejujuran kepada anak usia dini? Apakah alasan dari jawaban anda? Jelaskan pendapat Anda dengan contoh.
5. Jelaskan bagaimana kegiatan belajar dengan menggunakan buku cerita yang pernah atau akan Anda lakukan untuk menanamkan kejujuran pada anak didik Anda yang berusia dini.
Terima kasih atas jawaban dan partisipasi Anda dalam forum diskusi ini. Selamat mengerjakan!


1. kelebihannya, guru paham akan isi buku yang di bacakanya, dia juga menggunakan intonasi suara dari karakter yang ditampilkan dari buku tersebut.
2. tidak dilihatkan kegiatan berdoa bersama sebelum belajar dan guru pendamping hanya diam saja tidak aktif dalam mengarahkan anak anak yang tidak fokus pada guru yang didepan.
3.langkah-langkahnya dengan memperlihatkan gambar yang mencerminkan kejujuran dan ketidak jujuran, jadi anak akan tau mana yang baik dan tidak
4. Memilih Buku cerita yang terdapat gambar yang menarik dan kisah ceritanya berisi nilai -nilai kejujuran.
5. Kegiatan yang pernah kami lakukan adalah, bercerita dengan buku cerita bergambar kadang dengan selebaran bergambar, dengan nada dan intonasi bicara sesuai karakter dari tokohnya.

Lilyn 837340211
1. kelebihannya, guru paham akan isi buku yang di bacakanya, dia juga menggunakan intonasi suara dari karakter yang ditampilkan dari buku tersebut.
2. tidak dilihatkan kegiatan berdoa bersama sebelum belajar dan guru pendamping hanya diam saja tidak aktif dalam mengarahkan anak anak yang tidak fokus pada guru yang didepan.
3.langkah-langkahnya dengan memperlihatkan gambar yang mencerminkan kejujuran dan ketidak jujuran, jadi anak akan tau mana yang baik dan tidak
4. Memilih Buku cerita yang terdapat gambar yang menarik dan kisah ceritanya berisi nilai -nilai kejujuran.
5. Kegiatan yang pernah kami lakukan adalah, bercerita dengan buku cerita bergambar kadang dengan selebaran bergambar, dengan nada dan intonasi bicara sesuai karakter dari tokohnya.

Lilyn837340211 komentar saya mengenai video tersebut
Dalam video tersebut dapat dilihat bahwa guru yang membacakan cerita, paham benar isi buku ceritanya dan dia dengan baik menggunakan intonasi bicara sesuai karakter tokoh di cerita tersebut.
Tetapi dalam video tersebut tidak diperlihatkan pembukaan pengenalan judul buku. Dan juga guru pendamping hanya diam saja tidak aktif saat terlihat ada anak didik yang tidak fokus kepada guru didepan
Dengan memperlihatkan contoh dan gambar yang berwarna menarik yang mencerminkan kejujuran.
Kita bisa memilih media buku cerita bergambar dengan nilai-nilai kejujuran
Dan kegiatan yang pernah kami lakukan sama seperti divideo tersebut, tetapi kadang dengan lembaran kertas yang berisi gambar, dan membawakan cerita dengan intonasi bahasa sesuai karakter gambar yang ada.

jawaban saya
1.*Menurut saya kekurangan dari video tersebut guru kurang melibatkan anak dalam cerita, misal nya setelah menyampaikan cerita guru tanya jawab dengan anak mengenai tokoh dan setalah itu guru dapat menugaskan anak untuk berperan sebagai tokoh, terkadang apa yang dilihat, didengar, dan dilakukan arau praktek kan anak akan lebih melekat pada ingatan anak.
*kelebihan dari video tersebut guru menyampaikan cerita dengan buku gambar berseri yang tentu menarik minat anak
2.Jika saya yang menjadi guru nya saya akan melakukan cerita dengan media bantu boneka tangan setelah bercerita melalui buki gambar berseri. Karena menurut saya media belajar seperti boneka tangan menjadikan anak antusias dan dapat menyimak dengan gembira yang pada akhir nya apa yang guru sampaikan akan melekat pada ingatan anak.
3.Berdasarkan pengalaman saya dengan bercerita menggunakan media buku gambar anak anak merespon diawal cerita dan kurang bersemangat di pertengahan cerita. Karena kemungkinan anak jenuh dengan cara penyampaian atau dengan isi cerita. Jadi menurut saya kurang efektif karena kurang menarik minat anak dan monoton,jadi hendaknya kita lebih variatif dalam metode menyampaikan cerita kepada anak.
Langkah langkah yang perlu guru lakukan misal nya pertama anak diajak mendengarkan cerita bisa menggunakan media bantu misalnya bineka tangan, disisipkan dengan bernyanyi lagu tema kejujuran, setelah selesai cerita guru melakukan tanya jawab tentang isi cerita. Dan yang terakir untuk memantapkan anak dapat diajak untuk bermain peran tentang isi cerita yang ada didalam buku cerita.
4.Cara memilih buku cerita yang baik menurut saya yaitu memilih buku cerita seri bergambar yang berwarna warni sehingga anak tertartik dan memilih cerita yang tidak terlalu panjang jalan cerita nya.
Alasan nya agat anak tidak jenuh dan menarik minat anak
Contoh nya cerita anak dengan tema anak yang jujur. Misal cerita anak fabel budi pekerti, kisah seorang pengemis dan lain sebagainya.
5.Pertama saya akan meminta anak untuk duduk membuat lingakaran,kemudian saya ajak anak untuk bernyanyi tema kejujuran dan bertepuk tangan setelah itu saya menceritakan isi dari cerita tersebut dengan membaca buku beserta media bantu boneka tangan dan kemudian melakukan tanya jawab dengan anak. Yang terakir saya akan menawarkan kepada anak siapa yang bisa memerankan tokoh yang ada di dalam buku cerita. Tentu dengan bahasa anak.
Kesimpulan saya, dalam menyampaikan cerita kepada anak metode guru harus lebih variatif agar anak tidak jenuh dan lebih bersemangat,guru bercerita dengan bahasa sederhana yang dapat dimengerti oleh anak.

1.» Menurut saya kelebihannya yaitu guru dapat menerangkan makna kejujuran kepada anak melalui metode bercerita dan anak anak tertarik mendengarkan serta dapat menceritakan kembali.
» Kekurangannya yaitu guru tidak mengambil contoh yang kongkrit yang sering terjadi disekolah setiap hari.
2. Menurut saya memberikan contoh yang kongkrit masalah yang sering terjadi setiap harinya di kelas, agar anak dapat mempraktekkan nilai nilai kejujuran setiap hari di sekolah maupun di rumah.
3. Buku cerita bergambar sangat efektif sebagai media pembelajaran untuk menanamkan karakter kepada anak termasuk kejujuran, kita sebagai guru dapat memilih buku yang mempunyai gambar dan warna yang menarik agar anak tertarik untuk memperhatikan cerita dari guru.
Dan kita juga dapat memberikan contoh teladan bersikap jujur melalui gambar gambar atau media yang kita pilih sesuai dengan usia mereka.
4. Menurut saya, sebaiknya kita sebagai guru dengan penuh ekspresi sesuai dengan pemilihan buku bergambar yang menarik dan berwarna.
5. Kegiatan bercerita dengan metode gambar sering saya lakukan disekolah karena dengan metode tersebut mampu menarik perhatian anak anak di tambah lagi dengan kita gunakan cerita sesuai contoh dalam kehidupan sehari hari yang mereka alami setiap hari.
1. kelebihannya Guru sudah menguasai isi buku cerita yg berjudul “aku Anak jujurâ€. Dan dengan intonasi atau perubahan Suara untuk setiap karakter tokoh yang ada
2. Kekurangannya Guru pendamping diam saja dan mengarahkan beberapa anak yang tidak fokus untuk tetap mendengarkan guru yang sedang bercerita.
3. langkah-langkahnya yg diperlukan guru agar dapat menamkan kejujuran adalah setelah bercerita, lakukan dengan prkatek langsung, mungkin saat melihat sebuah alat tulis yang berserak bisa ditanyakan ke anak didik “siapakah yang bertanggung jawab atas alat tulis yang berserakan ini?”
4. Buku cerita yang terdapat gambar dengan nilai -nilai kejujuran.
5. Kami menggunakan Buku cerita bergambar jadi menarik perhatian anak didik, dengan cara bercerita dan bahasa yg menarik, dengan mimik wajah dan intonasi suara.
Terima Kasih, ini tanggapan Saya ðŸ™