Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, kemudian, diakhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita tentang kejujuran tersebut, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada anak didiknya
Ditulis oleh: Dra. Sukiniarti, M. Pd
Nah, setelah melihat video dan membaca sinopsis di atas, marilah teman-teman mendiskusikan bersama pertanyaan berikut terkait dengan tayangan video tersebut.
1. Menurut Anda tuliskan apakah kekurangan dan kelebihan dari video tersebut untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini?
2. Menurut Anda, jika Anda menjadi gurunya, bagaimana cara untuk memperbaiki kekurangan dari video tersebut untuk Anda laksanakan di kelas Anda? Mengapa cara tersebut yang Anda sarankan dipilih? Jelaskan alasannya secara singkat dan jelas!
3. Jelaskan, berdasarkan pengalaman Anda, apakah menggunakan buku cerita merupakan cara yang efektif bagi guru untuk mengarahkan anak didik untuk jujur? Langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan guru agar dapat menanamkan kejujuran kepada anak didik PAUDnya melalui penggunaan buku cerita?
4. Menurut Anda bagaimana cara memilih buku cerita yang paling baik untuk menanamkan kejujuran kepada anak usia dini? Apakah alasan dari jawaban anda? Jelaskan pendapat Anda dengan contoh.
5. Jelaskan bagaimana kegiatan belajar dengan menggunakan buku cerita yang pernah atau akan Anda lakukan untuk menanamkan kejujuran pada anak didik Anda yang berusia dini.
Terima kasih atas jawaban dan partisipasi Anda dalam forum diskusi ini. Selamat mengerjakan!


1. kelebihannya, guru paham akan isi buku yang di bacakanya, dia juga menggunakan intonasi suara dari karakter yang ditampilkan dari buku tersebut.
2. tidak dilihatkan kegiatan berdoa bersama sebelum belajar dan guru pendamping hanya diam saja tidak aktif dalam mengarahkan anak anak yang tidak fokus pada guru yang didepan.
3.langkah-langkahnya dengan memperlihatkan gambar yang mencerminkan kejujuran dan ketidak jujuran, jadi anak akan tau mana yang baik dan tidak
4. Memilih Buku cerita yang terdapat gambar yang menarik dan kisah ceritanya berisi nilai -nilai kejujuran.
5. Kegiatan yang pernah kami lakukan adalah, bercerita dengan buku cerita bergambar kadang dengan selebaran bergambar, dengan nada dan intonasi bicara sesuai karakter dari tokohnya.

Lilyn 837340211
1. kelebihannya, guru paham akan isi buku yang di bacakanya, dia juga menggunakan intonasi suara dari karakter yang ditampilkan dari buku tersebut.
2. tidak dilihatkan kegiatan berdoa bersama sebelum belajar dan guru pendamping hanya diam saja tidak aktif dalam mengarahkan anak anak yang tidak fokus pada guru yang didepan.
3.langkah-langkahnya dengan memperlihatkan gambar yang mencerminkan kejujuran dan ketidak jujuran, jadi anak akan tau mana yang baik dan tidak
4. Memilih Buku cerita yang terdapat gambar yang menarik dan kisah ceritanya berisi nilai -nilai kejujuran.
5. Kegiatan yang pernah kami lakukan adalah, bercerita dengan buku cerita bergambar kadang dengan selebaran bergambar, dengan nada dan intonasi bicara sesuai karakter dari tokohnya.

Lilyn837340211 komentar saya mengenai video tersebut
Dalam video tersebut dapat dilihat bahwa guru yang membacakan cerita, paham benar isi buku ceritanya dan dia dengan baik menggunakan intonasi bicara sesuai karakter tokoh di cerita tersebut.
Tetapi dalam video tersebut tidak diperlihatkan pembukaan pengenalan judul buku. Dan juga guru pendamping hanya diam saja tidak aktif saat terlihat ada anak didik yang tidak fokus kepada guru didepan
Dengan memperlihatkan contoh dan gambar yang berwarna menarik yang mencerminkan kejujuran.
Kita bisa memilih media buku cerita bergambar dengan nilai-nilai kejujuran
Dan kegiatan yang pernah kami lakukan sama seperti divideo tersebut, tetapi kadang dengan lembaran kertas yang berisi gambar, dan membawakan cerita dengan intonasi bahasa sesuai karakter gambar yang ada.

jawaban saya
1. Kelebihan menurut video tersebut yaitu guru sudah memahami isi dari buku cerita tersebut sehingga bisa membawakan cerita dengan baik. Tetapi disisi lain guru belum bisa menguasai anak dengan baik. Masih banyak anak-anak yang tidak fokus pada saat cerita berlangsung, kemudian guru tidak memberi contoh-contoh yang lain yang lebih real dalam kehidupan nyata terutama dalam kehidupan anak.
2. Jika Aya sebagai guru dalam video tersebut saya akan: pertama ketika anak tidak fokus pada saat cerita berlangsung saya akan menghentikan cerita saya terlebih dahulu kemudian mengajak anak untuk fokus kembali dengan cara anak dipanggil dengan panggilan yang menarik misalnya dengan berperan sebagai salah satu tokoh cerita itu kemudian memanggilnya. Dan memberikan contoh-contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari anak.
3. Iya, dengan bercerita kita bisa mengajak anak-anak menanamkan kejujuran dengan contoh seperti apa yang diperankan tokoh pada cerita tersebut.
4. Dengan cara memilih cerita dengan gambar menarik, isi pesan moral yang baik, dan tentunya dengan tokoh-tokoh yang dekat dengan anak-anak
5. Bercerita dengan menggunakan buku cerita yang tokohnya menarik. Kemudian mempraktikkan apa yang dipraktikan tokoh dalam cerita tersebut dan juga dengan menggunakan suara yang tiap tokoh pastinya berbeda supaya nanak-anak tertarik untuk menyimaknya

1. Kekurangan dalam video tersebut adalah tidak menampilkan kegiatan saat berdoa.
Kelebihannya adalah strategi pembelajaran cukup baik.
2. Cara memperbaikinya menurut saya dengan cara mempraktikkan kegiatan mulai dari berdoa dan mempeekenalkan judul buku.
3. Iya hal yang pertama adalah memilih buku cerita yang bergambar dan menarik. Serta mengandung nilai – nilai kejujuran.
4.buku cerita yang terdapat gambar yang menarik yang di sukai anak ” dan mengandung nilai kejujuran .
5. Bercerita dengan intosi yang baik sesuai dengan buku cerita. Dan memilih buku cerita yang menarik perhatian anak – anak.

1. kelebihan membacakan cerita pada anak adalah dapat merangsang kemampuan berbahasa anak,membentuk karakter anak usia dini .
kekurangannya: posisi duduk anak .
2. Menggunakan model tokoh dengan boneka tangan supaya menarik perhatian anak
3. iya,karena dengan membacakan cerita yang sesuai dengan nada,intonasi ,mimik ,eksoresi dan gerakan-gerakan tertentu dapat memfokuskan anak kepada kita.
4.Memilih buku yang ringan sesuai dengan perkembangan usia anak
5. pengalaman bercerita di sekolah yang pernah saya lakukan dengan menggunakan model tokoh dengan boneka tangan
- guru sudah menguasai isi buku yang diceritakan, mimik wajah dan intonasi suara juga sudah sesuai, akan tetapi guru terlalu terfokus kepada buku sehingga anak ada yang tidak memperhatikan, guru juga tidak melibatkan anak secara langsung.
- jika saya menjadi guru tersebut saya tidak hanya fokus kepada buku yang dibaca tetapi juga fokus kepada anak-anak jadi jika ada anak yang mulai tidak memperhatikan saya akan menegur dan mengalihkan perhatian anak kepada cerita dan bukunya. atau bisa ditambahkan bahasa sehari-hari yang menarik tetapi tetap tidak mengubah isi buku.
- buku bisa digunakan untuk menanamkan sikap jujur kepada anak. langkah yang bisa dilakukan untuk menanamkan sikap jujur dengan memberikan contoh pada kehidupan sehari-hari seperti yang diceritakan di dalam buku.
- kita dapat memilih buku dengan gambar yang menarik dan menceritakan kehidupan sehari-hari anak, atau tokoh yang disukai anak, sehingga akan mengingat cerita tersebut. anak dapat menirukannya dalam kehidupan sehari-hari. bahasa yang digunakan dalam buku menggunakan bahasa sederhana sehingga anak dapat memahami isi cerita.
- pengalaman bercerita dengan buku yang bergambar menarik, dan dengan ditambahkan bahasa sederhana sehari-hari yang biasa digunakan akan tetapi tidak mengubah isi cerita, anak dilibatkan dalam proses bercerita. setelah selesai anak diajak untuk bermain peran seperti didalam buku, terakhir bersama-sama tanya jawab menge nai pesan moral yang ada didalam buku.
1.Menurut saya vidio yang digunakan sudah bagus,didalam vidio guru juga sudah menyampaikan cerita pesan moral dengan cara guru menguasai cerita,guru mengajak anak untuk memperhatikan gambar sehingga bisa menumbuhkan minat anak untuk memperhatikan
Kekurangannya guru pendamping kurang aktif,seharusnya mengarahkan anak supaya fokus mendengarkan guru yang bercerita
2.Kalau saya sebagai guru yang bercerita,saya akan lebih aktih lagi dan menambahkan gerakan supaya anak bisa memperhatikan dan penguasaan cerita supaya pesan yang diampaikan dapat diterima oleh anak dengan baik,dan menyisipkan penekanan kepada anak untuk selalu bersikap jujur kepada siapa saja.
3.Dengan cara menggunakan buku cerita dalam menanamkan sikap moral kejujuran sangat membantu,dengan cara mencontohkan sikap perilaku jujur dan menjelaskan manfaat kejujuran bagi anak
4.Menurut saya dengan pemilihan buku cerita yang baik dan menarik dengan menggunakan buku yang brwarna bedsar dan bergambar agar dapat membantu anak mengekspresikan keindahan dengan menggunakan bahasa yang baik dan sederhana sesuai ilustrasi cerita yang menarik supaya dapat menumbuhkan minat anak
5.Pengalaman saya dalam bercerita anak mendengarkan cerita yang dismpaikan dengan baik,memilih buku cerita yang menarik dan menampilkan cerita dengan menggunakan bahasa yang sederhana supaya bisa menarik minat anak,sehingga bisa menanamkan sikap jujur kepada siapa saja kalua dia berbuat salah dan meminta maaf
1. Dalam Vidio seorang guru sudah baik dalam menanamkan kejujuran kepada anak didiknya dengan melalui buku gambar cerita, guru sudah menguasai isi buku cerita dengan baik.
2. Seharusnya mimik muka guru harus sesuai cerita, guru juga kurang melibatkan siswa, kalau saya sebagai guru mimik dan gesturnya yang sesuai dengan cerita, kita juga bisa menggunakan APE tambahan seperti boneka tangan dan lain-lain, sehingga anak senang dan lebih memahami.
3. Setelah bercerita, saya juga akan memberikan kesan dan pesan tentang kejujuran, memberikan contoh kejujuran kepada anak dalam contoh kehidupan sehari-hari, kemudian saya akan memberikan tanya jawab.
4. Memilih buku cerita yang baik adalah buku yang menarik minat anak untuk mendengarkan ceritanya, kontennya juga yang tepat untuk anak, bukunya lebih banyak gambar dan warna yg menarik seperti buku gambar binatang atau kartun memiliki jalan cerita yang berisi pesan moral karena penting menanamkan kejujuran setiap tumbuh kembang anak.
5. Membacakan cerita moral dengan buku bergambar atau bisa juga mendongeng dalam menanamkan kejujuran, menurut saya itu yang efektif, karena anak lebih suka cerita atau dongeng, apalagi dilakukan dengan nada, intonasi, mimik muka dan gerakan-gerakan yang bisa fokus kepada kita, kita juga memilih cerita yang ringan sesuai dengan usia anak jangan sampai membuat takut anak.
1. Menurut saya kekurangan dari Vidio tersebut adalah tidak adanya pengenalan judul kepada anak, kurang melibatkan anak, dan kurangnya keterlibatan guru pendamping.
Dan kelebihan Vidio tersebut adalah guru sudah menguasai isi cerita dengan baik dan guru sudah menggunakan intonasi yang sesuai dengan karakter tokoh cerita yang ada.
2. Jika saya menjadi guru terlebih dahulu saya akan memperkenalkan judul, dan akan lebih melibatkan anak dan guru pendamping dalam bercerita.
Agar anak terlebih dahulu mengenal judul cerita dan anak lebih berkonsentrasi.
3. Menurut saya penggunaan buku cerita sudah efektif untuk menanamkan sifat kejujuran, karena isi buku sudah baik dan juga menggunakan gambar dan warna yang menarik.
Langkah langkah yang harus dilakukan guru seperti memilih buku dengan judul cerita dengan gambar yang menarik.
4. Cara memilih buku yang baik yaitu dengan cara memilih buku cerita yang sesuai dengan tema agar anak mudah memahami isi cerita . Alasannya adalah dengan memilih buku yang menarik anak mudah memahami isi cerita. Contohnya seperti memilih buku cerita kisah kisah nabi.
5. Kegiatan membacakan buku cerita kepada anak akan sangat menyenangkan kepada dengan menggunakan buku cerita yang berwarna dan bergambar serta menggunakan gerak dan intonasi suara yang menarik sesuai dengan isi cerita.

1. Menurut saya kekurangan dari Vidio tersebut adalah tidak adanya pengenalan judul kepada anak, kurang melibatkan anak, dan kurangnya keterlibatan guru pendamping. Dan kelebihan Vidio tersebut adalah guru sudah menguasai isi cerita dengan baik dan guru sudah menggunakan intonasi yang sesuai dengan karakter tokoh cerita yang ada.
2. Cara memperbaiki kekurangan dari video tersebut adalah ada baiknya guru memilih buku cerita bergambar dengan ukuran besar dan mengatur posisi duduk anak sehingga semua anak dapat melihat gambar pada buku dengan baik, tidak tertutup oleh teman ataupun badan dari ibu guru.
3. langkah-langkahnya dengan memperlihatkan gambar yang mencerminkan kejujuran dan ketidak jujuran, jadi anak akan tau mana yang baik dan tidak.
4. Menurut saya yaitu dengan cara memilih buku cerita yg gambarnya menarik dan berukuran besar serta berisi nilai nilai kejujuran, Alasanya karena anak cenderung suka dengan buku yg menarik.
5. Kami menggunakan Buku cerita bergambar jadi menarik perhatian anak didik, dengan cara bercerita dan bahasa yg menarik, dengan mimik wajah dan intonasi suara.

Siti Rufaida
858837146
15
Pokjar Ngunut
Menurut saya pembelajaran dengan bercerita dan didalamnya menyisipkan tentang kejujuran seperti yang ada pada video itu sangat penting dilakukan oleh seorang guru. Karena
1. akan lebih mengena kepada peserta didik kita, tentunya harus didukung dengan media yang menarik, dan guru yang juga harus pandai dalam bercerita sehingga anak akan tertarik untuk mendengarkan cerita kita.
2. Karena dengan menanamkan kejujuran sejak kecil anak akan mengerti betapa pentingnya bersikap jujur dan akan enggan untuk berkata tidak jujur.
3. Mengahadapi anak yg berkata tidak jujur atau takut untuk berkata jujur seperti pada video tersebut harus dengan lembut dan tidak boleh menghakimi karena kita harus membuat anak merasa aman dan nyaman bukan takut.
Kejujuran merupakan salah satu hal yang penting yang harus ditanamkan sejak dini. Apalagi di era sekarang ini banyak anak yang mulai tidak jujur dengan orang2 disekitarnya. Hal itu disebabkan oleh banyak hal seperti karena anak takut dengan orang tua apabila berkata jujur, mungkin juga karena takut akan dimarahi atau akan mendapatkan hukuman. Terimakasih

Menurut saya vidio yang digunakan sudah bagus,
Kelebihan :
1. Strategi yang digunakan guru sudah baik, di dalam vidio guru juga sudah menyampaikan cerita pesan moral , guru menguasai cerita,guru mengajak anak untuk memperhatikan gambar sehingga bisa menumbuhkan minat anak untuk memperhatikan.
Guru sudah menggunakan buku cerita yang sesuai yaitu buku cerita bergambar dan berwarna.
Kekurangannya: Anak belum dilibatkan dalam cerita itu supaya pembelajaran tentang kejujuran lebih tepat sasaran, guru pendamping kurang aktif,seharusnya mengarahkan anak supaya fokus mendengarkan guru yang bercerita
2.Kalau saya sebagai guru yang bercerita,saya akan lebih aktif lagi dan menambahkan gerakan supaya anak bisa memperhatikan dan penguasaan cerita supaya pesan yang diampaikan dapat diterima oleh anak dengan baik,dan menyisipkan penekanan kepada anak untuk selalu bersikap jujur kepada siapa saja.
3.Dengan cara menggunakan buku cerita dalam menanamkan sikap moral kejujuran sangat membantu,dengan cara mencontohkan sikap perilaku jujur dan menjelaskan manfaat kejujuran bagi anak
4.Menurut saya dengan pemilihan buku cerita yang baik dan menarik dengan menggunakan buku cerita agar dapat membantu anak mengekspresikan keindahan dengan menggunakan bahasa yang baik dan sederhana sesuai ilustrasi cerita yang menarik supaya dapat menumbuhkan minat anak
5.Pengalaman saya dalam bercerita anak mendengarkan cerita yang dismpaikan dengan baik,memilih buku cerita yang menarik dan menampilkan cerita dengan menggunakan bahasa yang sederhana supaya bisa menarik minat anak,sehingga bisa menanamkan sikap jujur kepada siapa saja kalau dia berbuat salah segera meminta maaf dan juga tidak mengambil yang bukan haknya ( harus ijin dulu )
1. kelebihannya Guru sudah menguasai isi buku cerita yg berjudul “aku Anak jujurâ€. Dan dengan intonasi atau perubahan Suara untuk setiap karakter tokoh yang ada
2. Kekurangannya Guru pendamping diam saja dan mengarahkan beberapa anak yang tidak fokus untuk tetap mendengarkan guru yang sedang bercerita.
3. langkah-langkahnya yg diperlukan guru agar dapat menamkan kejujuran adalah setelah bercerita, lakukan dengan prkatek langsung, mungkin saat melihat sebuah alat tulis yang berserak bisa ditanyakan ke anak didik “siapakah yang bertanggung jawab atas alat tulis yang berserakan ini?”
4. Buku cerita yang terdapat gambar dengan nilai -nilai kejujuran.
5. Kami menggunakan Buku cerita bergambar jadi menarik perhatian anak didik, dengan cara bercerita dan bahasa yg menarik, dengan mimik wajah dan intonasi suara.
Terima Kasih, ini tanggapan Saya ðŸ™