Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, kemudian, diakhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita tentang kejujuran tersebut, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada anak didiknya
Ditulis oleh: Dra. Sukiniarti, M. Pd
Nah, setelah melihat video dan membaca sinopsis di atas, marilah teman-teman mendiskusikan bersama pertanyaan berikut terkait dengan tayangan video tersebut.
1. Menurut Anda tuliskan apakah kekurangan dan kelebihan dari video tersebut untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini?
2. Menurut Anda, jika Anda menjadi gurunya, bagaimana cara untuk memperbaiki kekurangan dari video tersebut untuk Anda laksanakan di kelas Anda? Mengapa cara tersebut yang Anda sarankan dipilih? Jelaskan alasannya secara singkat dan jelas!
3. Jelaskan, berdasarkan pengalaman Anda, apakah menggunakan buku cerita merupakan cara yang efektif bagi guru untuk mengarahkan anak didik untuk jujur? Langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan guru agar dapat menanamkan kejujuran kepada anak didik PAUDnya melalui penggunaan buku cerita?
4. Menurut Anda bagaimana cara memilih buku cerita yang paling baik untuk menanamkan kejujuran kepada anak usia dini? Apakah alasan dari jawaban anda? Jelaskan pendapat Anda dengan contoh.
5. Jelaskan bagaimana kegiatan belajar dengan menggunakan buku cerita yang pernah atau akan Anda lakukan untuk menanamkan kejujuran pada anak didik Anda yang berusia dini.
Terima kasih atas jawaban dan partisipasi Anda dalam forum diskusi ini. Selamat mengerjakan!


1. kelebihannya, guru paham akan isi buku yang di bacakanya, dia juga menggunakan intonasi suara dari karakter yang ditampilkan dari buku tersebut.
2. tidak dilihatkan kegiatan berdoa bersama sebelum belajar dan guru pendamping hanya diam saja tidak aktif dalam mengarahkan anak anak yang tidak fokus pada guru yang didepan.
3.langkah-langkahnya dengan memperlihatkan gambar yang mencerminkan kejujuran dan ketidak jujuran, jadi anak akan tau mana yang baik dan tidak
4. Memilih Buku cerita yang terdapat gambar yang menarik dan kisah ceritanya berisi nilai -nilai kejujuran.
5. Kegiatan yang pernah kami lakukan adalah, bercerita dengan buku cerita bergambar kadang dengan selebaran bergambar, dengan nada dan intonasi bicara sesuai karakter dari tokohnya.

Lilyn 837340211
1. kelebihannya, guru paham akan isi buku yang di bacakanya, dia juga menggunakan intonasi suara dari karakter yang ditampilkan dari buku tersebut.
2. tidak dilihatkan kegiatan berdoa bersama sebelum belajar dan guru pendamping hanya diam saja tidak aktif dalam mengarahkan anak anak yang tidak fokus pada guru yang didepan.
3.langkah-langkahnya dengan memperlihatkan gambar yang mencerminkan kejujuran dan ketidak jujuran, jadi anak akan tau mana yang baik dan tidak
4. Memilih Buku cerita yang terdapat gambar yang menarik dan kisah ceritanya berisi nilai -nilai kejujuran.
5. Kegiatan yang pernah kami lakukan adalah, bercerita dengan buku cerita bergambar kadang dengan selebaran bergambar, dengan nada dan intonasi bicara sesuai karakter dari tokohnya.

Lilyn837340211 komentar saya mengenai video tersebut
Dalam video tersebut dapat dilihat bahwa guru yang membacakan cerita, paham benar isi buku ceritanya dan dia dengan baik menggunakan intonasi bicara sesuai karakter tokoh di cerita tersebut.
Tetapi dalam video tersebut tidak diperlihatkan pembukaan pengenalan judul buku. Dan juga guru pendamping hanya diam saja tidak aktif saat terlihat ada anak didik yang tidak fokus kepada guru didepan
Dengan memperlihatkan contoh dan gambar yang berwarna menarik yang mencerminkan kejujuran.
Kita bisa memilih media buku cerita bergambar dengan nilai-nilai kejujuran
Dan kegiatan yang pernah kami lakukan sama seperti divideo tersebut, tetapi kadang dengan lembaran kertas yang berisi gambar, dan membawakan cerita dengan intonasi bahasa sesuai karakter gambar yang ada.

jawaban saya
1. Menurut Anda tuliskan apakah kekurangan dan kelebihan dari video tersebut untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini?
gambar yang agak besar bisa dipakai, ekspresi guru dalam bercerita kurang, intonasi dalam bercerita lebih bagus lagi, jarak anak dengan buku gambar masih jauh.
2. cara untuk memperbaiki kekurangan dari video tersebut untuk saya laksanakan di kelas
gunakan gambar yang lebih besar, dekatkan anak lebih dekat sedikit pada guru dan gambar agar anak lebih melihat dengan baik. intonasi suara anak, mama, kucing di buat lebih menarik lagi, mimik wajah menunjang ceritanya. supaya cerita itu lebih hidup dan lebih di tangkap anak.
3. Jelaskan, berdasarkan pengalaman Anda, apakah menggunakan buku cerita merupakan cara yang efektif bagi guru untuk mengarahkan anak didik untuk jujur? ya.
Langkah-langkah yang perlu dilakukan agar dapat menanamkan kejujuran kepada anak didik saya melalui penggunaan buku cerita?
- setiap minggu 1x kami selalu mengunakan buku cerita/ vidio untuk menanamkan nilai-nilai hidup( dimanan ada nilai kejujuran, ketaatan dll bagi anak- anak kami.
4. cara memilih buku cerita yang paling baik untuk menanamkan kejujuran kepada anak usia dini?
- buku yang menanamkan nilai – nilai kejujuran, gambar yang cukup besar, warna yang menarik, kalau gambar cukub besar, warna yang bagus/ menarik maka semakin menarik minat anak untu mendengar.
5. Jkegiatan belajar dengan menggunakan buku cerita yang pernah saya lakukan untuk menanamkan kejujuran pada anak didik Anda yang berusia dini.
saya pernah mengunakan buaya yang tak jujur , gambarnya cukub, warna yang menarik dan intonasi suara yang baik sehingga anak-anak serius, bahkan kalau ada teman yang menggangu di marahi karena mereka mau fokus, mereka dapat menjawab pertanyaan dengan tepat dan dapat memjawab pertanyaan penerapan dengan sangat baik.
- Kelebihan guru sudah dapat menguasai dengan jelas tentang buku cerita tersebut seperti intonasi suara sesuai tokoh dalam cerita tersebut. Kekurangan guru pendamping terlihat pasif belum bisa mengkondisikan anak yang tidak mendengarkan cerita tersebut
- Jika menjadi saya menjadi gurunya saya akan menggunakan media atau alat peraga seperti boneka atau boneka tangan.
- menurut saya kegiatan bercerita merupakan cara efektif untuk menanamkan kejujuran apabila isi cerita tersebut sesuai dengan nilai apa yang akan diterapkan kepada anak.
- Pilihlah buku yang berukuran besar dan terdapat gambar yang menarik
- Carilah buku yang isinya sesuai dengan nilai kejujuran
- Pengalaman ketika bercerita dengan anak-anak anak saya menggunakan media boneka jari sehingga anak lebih menarik untukm endengarkam dan penyampaian cerita dengan ekspresif serta intonasi yang sesuai karakter tokoh yanga ada dalam Cerita
- Kekurangan dari video tersebut adalah guru kurang melibatkan anak dalam kegiatan pembelajaran. Kelebihan dari video tersebut untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini adalah guru telah menguasai materi pembelajaran
- Jika saya menjadi gurunya, cara untuk memperbaiki kekurangan dari video tersebut untuk dilaksanakan di kelas adalah dengan mempelajari materi pembelajaran sehari sebelum di berikan oleh anak, dan sering melatih kemampuan kita dalam bercerita agar dapat tampil maksimal di hadapan anak.
- Penggunaan buku bergambar merupakan cara efektif sebagai media pembelajaran untuk menanamkan sikap jujur kepada anak, serta kita sebagai guru juga lebih baik membiasakan sikap jujur kepada anak,karna pada dasarnya anak usia dini
- Alangkah baiknya media buku yang digunakan lebih baik yang berwarna warni agar menarik ,gambar nya pun menarik , media bukunya yang agak besar, ceritanya tidak terlalu panjang agar anak tidak bosan.
- Sebelum bercerita mengajak anak untuk berdoa bersama lalu memberi kejutan kepada mereka dengan memberi tahu bahwa kita akan mendengarkan cerita, lalu gunakn buku cerita yang agak besar agar anak lebih leluasa melihatnya dari jauh, lalu buku cerita yang digunakan bergambar, berwana warni agar ketika anak baru melihat buku tersebut sudah merasa tertarik, kemudian disaat bercerita jangan lupa libatkan anak /mengajak anak Tanya jawab, setelah selesai bercerita beritau anak kesimpulan moral dari cerita tersebut
1. Kelebihan dari video tersebut yaitu guru sudah ekspresif dalam bercerita dan guru sudah menguasai ceritanya.kekurangannya guru tidak memberikan contoh bagaimana cara bersikap jujur.
2. Contohnya dengan mengajak anak bermain permen kejujuran, anak di perintahkan oleh guru untuk mengambil permen sesuai instruksi jika ada anak yang mengambil lebih dari instruksi,di situlah guru harus menjelaskan bahwa anak jujur itu harus mengambil sesua perintah.
3. Hanya menggunakan buku saja tidak efektif jika tidak di ikuti dengan kebiasaan2 setiap hari dalam mengaplikasikan sikap jujur.
Guru bisa juga memberikan reward bagi anak yang bersikap jujur, contohnya dengan memberikan gambar bintang,gambar senyum,dll.
4. Memilih buku yang menarik dan sesuai dengan usia anak.contohnya seperti buku yang di pakai dalam video.
5.akan memilih buku cerita yang menarik,dan bahasanya mudah di mengerti
1. Menurut Anda tuliskan apakah kekurangan dan kelebihan dari video tersebut untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini?
- kekurangan = tidak adanya kegiatan pembuka pada video tersebut, seperti berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan dan penyampaian materi yang akan dilakukan pada pembelajaran. Juga penataan tempat duduk siswa yang kurang tepat sehingga ada beberapa siswa yang tidak bisa melihat dengan jelas gambar yang ada pada buku cerita tersebut dan dan guru pendamping hanya diam saja tidak ikut serta dalam mengarahkan atau mendampingi anak yang tidak bisa tertib pada saat mendengar kan cerita.
- Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru sangat memahami isi buku yang di bacakanya, dia juga menggunakan intonasi suara sesuai dengan karakter yang ditampilkan dari buku tersebut.
2. Menurut Anda, jika Anda menjadi gurunya, bagaimana cara untuk memperbaiki kekurangan dari video tersebut untuk Anda laksanakan di kelas Anda? Mengapa cara tersebut yang Anda sarankan dipilih? Jelaskan alasannya secara singkat dan jelas!
- Menurut saya, jika saya menjadi guru dalam video tersebut untuk memperbaiki kekurangannya yaitu sebelum pembelajaran alangkah baiknya berdoa terlebih dahulu agar anak mengenal nilai – nilai agama,dan Menekankan intonasi dan ekpresi (marah, sedih, senang) sesuai karakter masing-masing. alasannya supaya kegiatan belajar dalam kelas lebih aktif dan meningkatnya semangat belajar anak.
3. Jelaskan, berdasarkan pengalaman Anda, apakah menggunakan buku cerita merupakan cara yang efektif bagi guru untuk mengarahkan anak didik untuk jujur? Langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan guru agar dapat menanamkan kejujuran kepada anak didik PAUDnya melalui penggunaan buku cerita?
- Berdasarkan pengalaman saya menggunakan buku cerita atau metode bercerita sudah cukup efektif untuk mengarahkan anak didik dalam berbuat jujur. langkah-langkah yang dapat dilakukan guru dalam bercerita untuk menanamkan kejujuran adalah dengan memperlihatkan gambar atau video animasi yang mencerminkan kejujuran dan ketidak jujuran, jadi anak bisa paham dan tau mana perilaku yang baik dan tidak baik dan mana yang dapat dicontoh dan tidak dapat dicontoh.
4. Menurut Anda bagaimana cara memilih buku cerita yang paling baik untuk menanamkan kejujuran kepada anak usia dini? Apakah alasan dari jawaban anda? Jelaskan pendapat Anda dengan contoh?
- Buku cerita yang baik agar anak bisa dengan mudah memahami isi cerita yaitu buku cerita yang agak besar ukurannya dan terdapat gambar yang menarik ,jelas dan ceritanya berisikan nilai -nilai kejujuran.
5. Jelaskan bagaimana kegiatan belajar dengan menggunakan buku cerita yang pernah atau akan Anda lakukan untuk menanamkan kejujuran pada anak didik Anda yang berusia dini.
- Kegiatan yang pernah kami lakukan adalah, bercerita dengan buku cerita bergambar atau dengan selebaran bergambar, juga terkadang dengan menggunakan boneka jari agar anak anak lebih tertarik dengan isi cerita. Juga dengan nada dan intonasi bicara sesuai karakter dari tokoh pada buku cerita yang dibacakan.
1. kelebihannya Guru sudah menguasai isi buku cerita yg berjudul “aku Anak jujurâ€. Dan dengan intonasi atau perubahan Suara untuk setiap karakter tokoh yang ada
2. Kekurangannya Guru pendamping diam saja dan mengarahkan beberapa anak yang tidak fokus untuk tetap mendengarkan guru yang sedang bercerita.
3. langkah-langkahnya yg diperlukan guru agar dapat menamkan kejujuran adalah setelah bercerita, lakukan dengan prkatek langsung, mungkin saat melihat sebuah alat tulis yang berserak bisa ditanyakan ke anak didik “siapakah yang bertanggung jawab atas alat tulis yang berserakan ini?”
4. Buku cerita yang terdapat gambar dengan nilai -nilai kejujuran.
5. Kami menggunakan Buku cerita bergambar jadi menarik perhatian anak didik, dengan cara bercerita dan bahasa yg menarik, dengan mimik wajah dan intonasi suara.
Terima Kasih, ini tanggapan Saya ðŸ™