Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, kemudian, diakhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita tentang kejujuran tersebut, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada anak didiknya
Ditulis oleh: Dra. Sukiniarti, M. Pd
Nah, setelah melihat video dan membaca sinopsis di atas, marilah teman-teman mendiskusikan bersama pertanyaan berikut terkait dengan tayangan video tersebut.
1. Menurut Anda tuliskan apakah kekurangan dan kelebihan dari video tersebut untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini?
2. Menurut Anda, jika Anda menjadi gurunya, bagaimana cara untuk memperbaiki kekurangan dari video tersebut untuk Anda laksanakan di kelas Anda? Mengapa cara tersebut yang Anda sarankan dipilih? Jelaskan alasannya secara singkat dan jelas!
3. Jelaskan, berdasarkan pengalaman Anda, apakah menggunakan buku cerita merupakan cara yang efektif bagi guru untuk mengarahkan anak didik untuk jujur? Langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan guru agar dapat menanamkan kejujuran kepada anak didik PAUDnya melalui penggunaan buku cerita?
4. Menurut Anda bagaimana cara memilih buku cerita yang paling baik untuk menanamkan kejujuran kepada anak usia dini? Apakah alasan dari jawaban anda? Jelaskan pendapat Anda dengan contoh.
5. Jelaskan bagaimana kegiatan belajar dengan menggunakan buku cerita yang pernah atau akan Anda lakukan untuk menanamkan kejujuran pada anak didik Anda yang berusia dini.
Terima kasih atas jawaban dan partisipasi Anda dalam forum diskusi ini. Selamat mengerjakan!


1. kelebihannya, guru paham akan isi buku yang di bacakanya, dia juga menggunakan intonasi suara dari karakter yang ditampilkan dari buku tersebut.
2. tidak dilihatkan kegiatan berdoa bersama sebelum belajar dan guru pendamping hanya diam saja tidak aktif dalam mengarahkan anak anak yang tidak fokus pada guru yang didepan.
3.langkah-langkahnya dengan memperlihatkan gambar yang mencerminkan kejujuran dan ketidak jujuran, jadi anak akan tau mana yang baik dan tidak
4. Memilih Buku cerita yang terdapat gambar yang menarik dan kisah ceritanya berisi nilai -nilai kejujuran.
5. Kegiatan yang pernah kami lakukan adalah, bercerita dengan buku cerita bergambar kadang dengan selebaran bergambar, dengan nada dan intonasi bicara sesuai karakter dari tokohnya.

Lilyn 837340211
1. kelebihannya, guru paham akan isi buku yang di bacakanya, dia juga menggunakan intonasi suara dari karakter yang ditampilkan dari buku tersebut.
2. tidak dilihatkan kegiatan berdoa bersama sebelum belajar dan guru pendamping hanya diam saja tidak aktif dalam mengarahkan anak anak yang tidak fokus pada guru yang didepan.
3.langkah-langkahnya dengan memperlihatkan gambar yang mencerminkan kejujuran dan ketidak jujuran, jadi anak akan tau mana yang baik dan tidak
4. Memilih Buku cerita yang terdapat gambar yang menarik dan kisah ceritanya berisi nilai -nilai kejujuran.
5. Kegiatan yang pernah kami lakukan adalah, bercerita dengan buku cerita bergambar kadang dengan selebaran bergambar, dengan nada dan intonasi bicara sesuai karakter dari tokohnya.

Lilyn837340211 komentar saya mengenai video tersebut
Dalam video tersebut dapat dilihat bahwa guru yang membacakan cerita, paham benar isi buku ceritanya dan dia dengan baik menggunakan intonasi bicara sesuai karakter tokoh di cerita tersebut.
Tetapi dalam video tersebut tidak diperlihatkan pembukaan pengenalan judul buku. Dan juga guru pendamping hanya diam saja tidak aktif saat terlihat ada anak didik yang tidak fokus kepada guru didepan
Dengan memperlihatkan contoh dan gambar yang berwarna menarik yang mencerminkan kejujuran.
Kita bisa memilih media buku cerita bergambar dengan nilai-nilai kejujuran
Dan kegiatan yang pernah kami lakukan sama seperti divideo tersebut, tetapi kadang dengan lembaran kertas yang berisi gambar, dan membawakan cerita dengan intonasi bahasa sesuai karakter gambar yang ada.

jawaban saya
1. kelebihannya:
a. guru dalam membawakan cerita sesuai tema dan juga menggunakan media pembelajaran berupa buku cerita bergambar yang mampu menarik perhatian dan antusias anak dalam mendengarkan isi cerita yang disampaikan.
b. Guru memahami isi dalam buku cerita yang di bacakannya, dia juga menggunakan intonasi suara dari karakter yang ditampilkan dari buku tersebut.
2. tidak dilihatkan kegiatan berdoa bersama sebelum belajar dan guru pendamping hanya diam saja tidak aktif dalam mengarahkan anak anak yang tidak fokus pada guru yang didepan.
3.langkah-langkahnya dengan memperlihatkan gambar yang mencerminkan kejujuran dan ketidak jujuran, jadi anak akan tau mana yang baik dan tidak
4. Memilih Buku cerita yang terdapat gambar yang menarik dan kisah ceritanya berisi nilai -nilai kejujuran.
5. Kegiatan yang pernah kami lakukan adalah, bercerita dengan buku cerita bergambar dan juga memberikan contoh perbuatan baik dengan praktek didepan anak langsung, misal menemukan uang dijalan lalu langsung praktek dengan anak, apa yang harus dilakukan dan harus bagaimana sikap kita ketika menemukan uang dijalan. jadi anak lebih tau dan langsung dapat dimengerti.
1. kelebihannya, guru paham akan isi buku yang di bacakanya, dia juga menggunakan intonasi suara dari karakter yang ditampilkan dari buku.
2. tidak dilihatkan kegiatan berdoa bersama sebelum belajar dan guru pendamping hanya diam saja tidak aktif dalam mengarahkan
anak anak yang tidak fokus pada guru yang didepan.
3.langkah-langkahnya dengan memperlihatkan gambar yang mencerminkan kejujuran dan tidak jujuran, jadi anak akan tau mana yang baik dan tidak
4. Memilih Buku cerita yang terdapat gambar yang menarik dan kisah ceritanya berisi nilai-nilai kejujuran.
5. Kegiatan yang pernah dilakukan adalah, bercerita dengan buku cerita bergambar dengan nada dan intonasi bicara sesuai karakter dari tokohnya.
- Kelebihan : buku yang dibacakan guru sesuai dengan tujuan yaitu mengenai kejujuran. Dalam video guru juga menguasai materi yang ada di buku untuk diceritakan. Kekurangan : dalam bercerita, media yang disediakan terlalu kecil sehingga anak harus mendekat untuk melihatnya, kurangnya ekspresi yang dimiliki guru saat bercerita.
- yang akan saya lakukan untuk memperbaiki kekurangan dari video tersebut, saya akan lebih berekspresi dalam bercerita dan menggunakan media tambahan. Alasannya agar anak tertarik dengan cerita yang dibacakan guru dan supaya anak tidak mudah bosan.
- Berdasarkan pengalaman saya, menggunakan buku cerita untuk mengarahkan anak didik untuk jujur lumayan efektif. Langkah-langkah yang dikukan agar dapat menanamkan kejujuran kepada anak didik melalui penggunaan buku cerita adalah lakukan dengan praktek langsung. Jika hanya melalui bercerita saja mungkin esoknya anak akan lupa tetapi jika dipraktekkan langsung tentang nilai kejujuran, anak akan selalu mengingatnya dan mencoba untuk mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.
- Pilih buku sesuai usia: meski guru bisa membacakan apa saja untuk anak, usahakan untuk memperhatikan usia anak sebelum memilih buku cerita. Sebab, beda usia beda pula perkembangan otaknya. Pilih carita sederhana dan mudah dipahami anak : contohnya seperti bercerita tentang keseharian anak seperti sekolah, berteman, dan bermain aneka hewan purba yang menarik dan lain-lain. Memiliki pesan moral : buku yang diceritakan harus memiliki pesan moral sesuai dengan tujuan pembelajaran yaitu tentang nilai kejujuran.
- Kegiatan bercerita yang saya lakukan untuk menanamkan kejujuran pada anak didik adalah mengatur posisi anak biasanya kita membuat lingkaran, memperlihatkan gambar kepada anak dari buku cerita yang saya bacakan, memperbanyak kontak mata kepada anak, dan membuat wajah lebih berekspresi ketika bercerita untuk membuat fokus anak terjaga hingga cerita selesai, membacakan cerita dengan intonasi yang baik, jelas, serta mempergunakan gestur tubuh bila perlu untuk menarik perhatian anak, setelah cerita sudah selesai dibacakan biasanya saya menyisipi pertanyaan-pertanyaan mudah untuk melatih dan memastikan bahwa anak telah memahami isi cerita dengan baik, selalu bersenang hati menjawab pertanyaan anak karena ini menandakan anak mengalami proses pembelajaran terhadap sesuatu yang baru.

Sependapat dengan anda

1. Kekurangan: Media yang digunakan bisa ditambahkan,jangan hanya dengan buku cerita bergambar saja karena anak mudah bosan.
Kelebihan : Anak dapat menanamkan dan lah akan nilai kejujuran melalui metode bercerita.
2. Saya akan menggunakan media seperti boneka tangan untuk metode bercerita,agar lebih menarik perhatian dan fokus anak.
3. Menggunakan buku cerita sudah cukup efektif untuk dapat menyampaikan pesan moral nilai kejujuran pada anak.
Langkah yang dapat guru lakukan seperti menjelaskan pada anak untuk membiasakan bersikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, berikan pengetahuan bahwa Tuhan maha melihat (segala perbuatan manusia), dan beri pemahaman bahwa jujur itu nikmat.
4. Buku cerita harus memiliki konten yang sesuai umur, visual yang menarik dan berwarna-warni, dan yang terpenting adalah jalan ceritanya serta bagaimana guru menjadi story’ teller.
5. Pada kegiatan buku cerita, anak dapat menunjukkan reaksi imajinasi dan kreativitas nya seputar pembelajaran yang berlangsung dan juga mampu menggali imajinasi dan kreativitas melalu media buku cerita.
- menurut saya kekurangan video tersebut guru kurang melibatkan anak-anak, sedangkan kelebihannya guru sudah cukup jelas menerangkan cerita tersebut.
- cara memperbaiki kekurangan tersebut yaitu guru harus melibatkan anak-anak dan menanyakan beberapa pertanyaan kepada anak-anak mengenai cerita yang dibacakan
- berdasarkan pengalaman saya, bercerita mengguanakan buku bergambar anak akan tertarik diawal saja. langkah-langkah untuk menanamkan anak tentang kejujujran yaitu dimulai dari hal yang terkecil. misalnya menanyakan “tadi pagi sudah gosok gigi belum?”
- yaitu dengan cerita islami yang memuat materi pelajaran moral agama yang berisikan pesan-pesan kebaikan.
- dengan menceritakan cerita moral agama yang memiliki pesan-pesan kebaikan.
Kelemahannya : Pada saat guru sedang bercerita ekspresi guru kurang dan buku yang di pakai untuk bercerita kurang besar dan menarik.
kelebihannya : Dalam bercerita guru sudah menguasai isi cerita dalam buku cerita dalam penyampaian cerita intonasi / suara guru sudah bagus dan jelas guru sangat terampil dalam mengolah suara karakter dan menirukan suara keadaan isi cerita sehingga anak – anak tertarik dan fokus untuk mau mendengarkan.
saya akan lebih bersemangat lagi dalam menyampaikan isi buku agar peserta didik lebih tertarik untuk mendengarkan cerita. kemudian saya akan memakai buku cerita yang lebih besar agar semua peserta didik dapat melihat gambar dengan nyaman dan akan mengatur posisi duduk siswa supaya mereka dapat melihat lebih jelas lagi.
1. kelebihannya Guru sudah menguasai isi buku cerita yg berjudul “aku Anak jujurâ€. Dan dengan intonasi atau perubahan Suara untuk setiap karakter tokoh yang ada
2. Kekurangannya Guru pendamping diam saja dan mengarahkan beberapa anak yang tidak fokus untuk tetap mendengarkan guru yang sedang bercerita.
3. langkah-langkahnya yg diperlukan guru agar dapat menamkan kejujuran adalah setelah bercerita, lakukan dengan prkatek langsung, mungkin saat melihat sebuah alat tulis yang berserak bisa ditanyakan ke anak didik “siapakah yang bertanggung jawab atas alat tulis yang berserakan ini?”
4. Buku cerita yang terdapat gambar dengan nilai -nilai kejujuran.
5. Kami menggunakan Buku cerita bergambar jadi menarik perhatian anak didik, dengan cara bercerita dan bahasa yg menarik, dengan mimik wajah dan intonasi suara.
Terima Kasih, ini tanggapan Saya ðŸ™