2

Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini menggambarkan bagaimana guru membelajarkan siswa untuk mengenal bangun-bangun geometri melalui kegiatan mendeskripsikan benda-benda disekitar mereka. Di awal kegiatan, siswa diajak mengeksplorasi ciri-ciri benda dan dibimbing mendeskripsikannya dengan bahasa yang baik dan benar. Selanjutnya siswa mendemonstrasikan kemampuan mendeskripsikan benda. Akhir kegiatan sebagai penguatan, siswa ditugaskan untuk mendeskripsikan benda-benda yang ada di rumah mereka.

Ditulis oleh: –

Siswa mungkin sudah mengenal benda-benda disekitar mereka. Namun tidak banyak yang bisa mendeskripsikan dengan Bahasa yang baik dan tepat.

  1. Bagaimana saudara guru membuat inovasi pembelajaran mendeskripsikan benda?
  2. Apa kendala yang saudara hadapi dalam pembelajaran mendeskripsikan benda?
Answered question

NAMA : FITRIA AFIDA ACHMAD
NIM : 837517996
PGSD 6B
UPBJJ UT MALANG POKJAR KEDIRI

1 Inovasi pembelajaran yang saya lakukan : Hal yang terpenting adalah siswa memahami tentang mendiskripsikan benda dan dapat melakukannya, oleh sebab itu kita harus menjelaskan tujuan secara tepat dan dimengerti siswa, langkah kedua, ciptakan kebermaknaan pada siswa yaitu gunakan media sesuai dengan lingkungan siswa. misalkan disekolah mendeskripsikan buku, pensil, penggaris dll, dirumah mendeskripsikan meja, kursi, almari, tv dll dan setiap siswa juga harus dapat menggunakan media tersebut (memegang/menyentuh/mempraktikannya) untuk dideskripsikannya sendiri.

Memberikan soal-soal latihan yang menarik menggunakan gambar-gambar dan pilihan kata yang mendukung pemikiran siswa.

2. Kendala terdapat pada siswa yang memiliki tingkat percaya diri yang kurang, sehingga dia paham mendeskripsikan benda tetapi tidak dapat menjelaskan dengan cukup baik.

NUR MERIANA EFENDY
837381407

Geometri sebagai media pembelajaran matematika kreatif adalah menyediakan contoh kreativitas dalam pembelajaran geometri sehingga geometri yang dikenal dalam pelajaran tidak hanya bentuk baku geometri klasik seperti segitiga, lingkaran. Siswa diperkenalkan cara menginovasi bentuk geometri yang ada di sekitar lingkungannya,dan menjelaskan kegunaan dari benda geometri tersebut. Sehingga siswa dengan mudah menyebutkan bentuk geometri yang ada di sekitarnya.
siswa sudah bisa memahami apa yang sudah di jelaskan ibu guru,dan bisa menyebutkan contoh lain dari bentuk geometri.

Nama : NUR ALANGA
Nim : 826029922
Upbjj kendari pokjar unaaha.

1. Menurut saya pentinfnya guru dalan mendeskripsikan benda dalam kelas adalah daat meningkatkan tingkat beroikir siswa kelas 1 yang pasa umumnya masih nbelajar pada tajap awak yaitu tahap visualisasi dengan ini dapat mengasah pengetahuan siswa dalam belajar geometri, serta mendeskripsikan benda disekolitar mereka dgn bahasa yg baik dan benar serta mudah dimengerti dan dipahami. Dari kegiatan guru tersebut,menurut saya sudah baik dengan mendemontrasikan benda benda dikelas dengan tepat kepada siswa sehingga siswa bisa memahami dengan penjelasan guru, dengan cara mengeksplorasi ciri ciri benda dengan membimbingnya dengan bahasa yang baik. Serta menugaskan siswa dalam mendeskripsikan benda-benda yang ada dirumah mereka.

Yahrotul Aliyah

NIM 857668867

Visualisasi bangun geometri melalui benda benda representatif di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Siswa juga belajar bahasa yang baik dan benar.

1. Inovasi yang saya lakukan dalam mendeskripsikan benda di kelas satu saya membawa benda yang menarik untuk contoh supaya anak menjadi tertarik di mana nanti siswa bisa mengamati dan memegang sehingga siswa dapat mendeskripsikan benda tersebut.

2. Kendala yang saya hadapi siswa masih belum mampu mengungkapkan dengan bahasa yang baik dan benar.

1. inovasi dalam mendeskripsikan suatu benda yaitu alat peraga/ media yang di gunakan guru alangkah baiknya menggunakan media yang umum bagi siswa.
Agar siswa tidak kesulitan dalam mendeskripsikan suatu benda

2. Kesulitan dalam pembelajaran mendeskripsikan suatu benda yaitu siswa tidak berani mendeskripsikan suatu benda di depan kelas, kerap sekali siswa kurang percaya diri maupun takut salah untuk mendeskripsikan suatu benda .