13

Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya….

Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi  dan menjelaskan materi secara detail. Dengan menerapkan metode  bermain peran tentang materi “Persiapan Kemerdekaan Indonesia”, siswa dapat mengambil hikmahnya serta berani mengemukakan pendapat dalam kegiatan diskusi.

Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!

Ditulis oleh: Dra. Siti Rahmi Yuliati, M.Pd.

Answered question

Vidio ini memperlihatkan suasana kelas dimana guru mengajar dengan tidak semangat, kreatif, dan suasana kelas yang tidak kondusif. Guru hanya mengandalkan buku siswa tanpa menjelaskan tujuan pembelajaran dan teknis dalam bermain peran.
seharusnya sebelum memulai pembelajaran guru membuat suasana kelas kondusif dulu dengan membangkitkan semangat belajar dan motivasi kepada siswa. Memberikan apersepsi yang baik dan mencitpakan pengelolaan kelas yang nyaman. Sehingga siswa menjadi betah dan bersemangat dalam belajar.

Guru seharusnya berjalan berkeliling melihat siswa melakukan tugas kelompok. Guru juga seharusnya memancing siswa dengan pertanyaan -pertanyaan untuk menggali kreatifitas siswa.

Pembelajaran masih bersifat teacher centre dan konvensional. Seharusnya guru bertindak sebagai fasilititor dalam menciptakan pembelajaran yang hangat. Guru harus memikirkan berbagai metode agar dapat mencapai semua kompetensi siswa yang berbeda-beda. Disinilah perlunya kejelian guru.
Pembelajaran yang masih bersifat kaku akan mematikan kreatifitas siswa, karena siswa merasa belajar itu wajib dan membosankan apabila guru tidak bisa membuat suasana kelas yang menyenangkan.
Disinilan peran guru untuk dapat menerapkan pembelajaran berdasarkan prinsip psikologis dan pedagogis.

Menurut saya Guru sebagai fasilitator siswa harusmemiliki sikap tegas, bukan berarti keras namun memiliki kharisma sehingga murid lebih segang. Menjadi guru yang menyenangkan. membuat dan menyepakati atura bersama. Menggunakan dan menerapkan model pembelajaran yang bervariasi.

Nama : Yuniara Imas Masitoh Dj
Nim : 837497862
Dari video diatas terlihat suasana kelas yang kurang kondusif, ada beberapa strategi dalam menciptakan kelas yang kondusif diantaranya 1. Ruang kelas belajar karena Ruang belajar merupakan sasaran utama dalam menciptakan suasana belajar dan mengajar yang menyenangkan 2. Dengan cara menerapkan metode atau model pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa dapat terlibat dalam proses pembelajaran sehingga tidak bosan dan bisa diminimalisir 3. Lingkungan fisik luar karena bagaimana pu juga lingkungan mempunyai andil besar dalam memajukan kualitas sekolah 4. Komunikasi dan hubungan sosial karena Pembelajaran di ruang kelas bersifat interen. Guru berwenang penuh dalam menjalankan bagaimana proses pembelajaran yang dijalankan.Semua itu didasarkan atas komunikasi yangbaik dan hubungan sosial yang harmonis antara guru dan siswa.Dengan melaksanakan strategi ini, akan terciptanya suasana yang kondusif bagi siswa didik kita.

Novia Faizzahtul H (857667897) Menurut Saya Pembelajaran Masih Kurang Kondusif dikarenakan pada saat diskusi siswa yang menjawab pertanyaan kemungkinan hanya siswa yang pintar di satu kelompok sedangkan siswa yang kurang pintar cenderung diam dan tidak tau apa2.
Solusinya Menurut Saya Yang Menjelaskan Setiap Kelompok Di Acak Saja. Supaya Sisw Lebih Aktif dan Yang Aktif Bukan Siswa Itu2 Saja.

Nama : Novia Faizzahtu Hikmah
NIM : 857667897

Menurut Saya Pembelajarannya Diskusi Kurang Kondusif Dimana Yang Aktif Kemungkinan Hanya Yang Pintar2 Saja, Yang Kurang Pintar Hanya Diam Dan Bersifat Monoton.
Solusinya Dalam Satu Kelompok Yang Menjawab Harus Secara Acak Sesuai Keinginan Guru Tidak Harus Yang Pintar Supaya Siswa Yang Kurang Pintar Bisa Ikut Serta Aktif Dalam Diskusi. Dan Yang Tidak Bisa Menjelaskan Disuruh menyanyi atau yang lain yang sifatnya inovatif atau kreatif. Mungkin Itu Saja Yang Bisa Saya Sampaikan Terima Kasih.