11

Program ini menceritakan seorang guru PAUD dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran pada peserta didik melalui penggunaan karcis parkir. Dengan menggunakan karcis parkir guru akan mlebih mudah menertibkan siswa pada saat mengambil dan menyimpan mainannya. Melalui penggunaan karcis parkir, pembelajaran menjadi lebih fokus dan peserta didik menjadi lebih tertib, tidak ada yang saling berebut mainan yang bukan miliknya.

Ditulis oleh: Dr.Ir. Hastuti, M. Sc

Menanamkan Ketertiban dan Keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir

Setelah anda melihat tayangan video tentang “Menanamkan Ketertiban dan Keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir”

  1. Tentunya anda sebagai guru dalam melaksanakan pembelajaran mmempunyai pengalaman yang sama bagaimana menanamkan ketertiban dan keteraturan seperti yang ada dividio tadi. Coba anda  jelaskan pengalaman yang terjadi di sekolah anda?
  2. Berikan contoh cara yang mudah untuk menanamkan menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak ?
  3. Keterlibatan orang tua pentingkah dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan  pada anak?
  4. Berikan contoh kegiatan sederhana sehari hari pada anak tentang pembelajaran penanaman ketertiban dan keteraturan di sekolah ?

 

LINK VIDEO

Answered question

Setelah saya melihat tayangan tentang penanaman ketertiban anak terhadap peraturan trsbt, menurut saya penggunaan karcis parkir itu memang sangat efektif hal tersebut membuat anak lebih tenang dalam memperhatikan walaupun masih ada sedikit anak yang bermain sendiri, akan tetapi betul apa yang dikatakan oleh pakar dosen bahwa posisi guru tersebut lebih dominan. Alangkah baiknya guru hanya sebagai fasilitator dan mengarahkan saja, agar anak lebih mandiri dalam menentukan mana nomor yang sesuai dengan karcis parkirnya.
Tetapi saya berterimakasih dengan adanya vidio ini, karena hal ini sering saya alami sendiri. Semoga vidio ini bermanfaat bagi para guru PAUD.

Disiplin sejak usia dini memang harus dilatih, tanpa berlatih anak-anak tidak akan terbiasa dengan disiplin, termasuk Anak mau antri itu juga salah satu proses mendisiplinkan Anak sejak dini.

3.penting sekali karna peran keluarga adalah dasar utama pendidikan anak di sekolah apalagi anak masih usia dini peran orang tua sangatlah penting setelah itu bimbingan kita sebagae guru disekalah.

Sangat penting orang tua turut andil dlm mndidik anak ..

1. sebelum anak-anak masuk kelas sebaiknya anak-anak berbaris di halaman dan mengucap salam dan bersalaman kepada guru itu cara yang baik untuk menanamkan ketertiban dan kedisplinan
2. dalam setiap kegiatan misal, membuang sampah pada tempatnya,berdoa sebelum dan sesudah kegiatan, makan dan minum harus kita tanamkan ketertiban
3. keterlibatan orang tua itu sangat penting karna anak-anak lebih banyak berinteraksi dengan orang tua dari pada guru dan orang tua figur keluarga dan harus memberi contoh yang baik buat anak
4. selesai kegiatan anak-anak bisa merapikan /membereskan peralatanya misal ,pensil dan buku pada tempatnya