23

Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.

Ditulis oleh: Rusdianto

Konsentrasi dalam belajar sebagai hal yang sangat penting dalam pembelajaran. Guru hendaknya selalu melatih kontsentrasi siswa di dalam kelas. Konsentrasi yang sudah ada pada siswa juga perlu untuk selalu dipertahankan.

  1. Apakah saudara pernah menghadapi siswa yang tidak konsentrasi dalam pembelajaran?
  2. Apa yang saudara lakukan jika hal demikian terjadi?
  3. Jika siswa sudah berkonsentrasi apa yang saudara lakukan untuk mempertahankan konsentrasi siswa tersebut?
Answered question

1. Pernah
2. Saya mencoba untuk mengajar menggunakan media seperti poster atau gambar agar anak2 tertarik dengan gambar tsb,
3. Melakukan kuis atau teka-teki sehingga anak2 antusias dan terburu-buru menjawab kuis secara berbarengan

1. Pernah, hal seperti itu saya jadikan bahan untuk menjadi lebih baik
2. Yang saya lakukan adalah mencoba untuk mendekati anak tersebut dan bertanya kepadanya apakah cara mengajat saya sulit untuk dia pahami atai mengapa konsentrasinya kurang.
3. Yang saya lakukan adalah mempertahankan hal tersebut dengan memberi pelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh mereka

1. Pernah
2. Jika hal demikian terjadi, saya akan menggunakan berbagai macam alat peraga yang unik dan menarik atau mengemas pembelajaran dengan tema/gambar tokoh kartun yang disukai anak-anak guna untuk menarik perhatiannya agar dapat focus.
3. Sesekali melemparkan pertanyaan-pertanyaan menarik dan mengajak bermain kuis.

1. Pernah.
2. Jika hal demikian terjadi saya akan menggunakan berbagai macam alat peraga yang unik dan menarik atau mengemas pembelajaran dengan tema/gambar tokoh kartun yang disukai anak-anak guna untuk menarik perhatiannya agar dapat focus.
3. Sesekali melemparkan pertanyaan-pertanyaan menarik dan mengajak bermain kuis.

ok bagus