- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.

- Kelebihannya :
Dalam menyampaikan materi yang diajarkan dalam pembelajaran , guru sudah baik, dengan menggunakan media yang sesuai dan memberikan contoh-contoh yang mudah dipahami.
Dalam hal ini guru menyampaikan materi kepada para peserta didik tentang bagaimana cara berkerjasama secara berkelompok sehingga peserta didik dapat berdiskusi dan bekerja sama satu sama lain dengan baik sehingga mereka dapat mudah menyelesaikan tugas yang diberikan dengan benar.
Guru selalu mendampingi siswa selama melakukan proses belajar mengajar agar siswa tidak bercanda dan serius mengerjakan tugasnya.
Kelemahannya :
Guru:
Guru menyampaikan materinya terlihat tidak sebaiknya dalam kegiatan membuka pelajaran dengan memberikan sebuah apresiasi agar peserta didik dapat memahami materi dengan mudah.
- Pernah,saya pernah mengalami hal tersebut keluar kelas pada saat jam pelajaran berlangsung karena ada keperluan yang mendadak untuk pergi kekantor karena ada panggilan dari kepala Sekolah. tetapi sangat tidak efektif karna dapat membuat peserta didik ribut bila dalam pembelajaran tidak diawasi .
3.Langkah langkah yang sebaiknya di ambil oleh guru jika dalam pembelajaran peserta didik tidak efektif dalam proses belajar yaitu dengan hal:
memberikan tugas dulu kepada siswa yang membuat siswa sibuk dengan tugasnya, agar tidak ricuh saat ditinggal.Namun alangkah aiknya jika guru tidak keluar dari kelas barang sesaatpun ketika sedang pembelajaran.
4.Metode pembelajaran yang dapat dilakukan untuk kegiatan ini adalah menggunakan metode Problem Based Learniang (PBL) yang dikenalkan oleh( Duch, 1995) atau pembelajaran berbasis masalasah (PBM) adalah metode pengajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata sehingga konteks untuk para peserta didik belajar berfikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah dan memperoleh pengetahuan .
Finkle dan Trop (1995) menyatakan bahwa PBM merupakan pengebangan kurikulum dan sistem pembelajaran yang mengembangkan secara simultan strategi pemecahan masalah dan dasar-dasar pengetahuan dan keterampilan dengan menempatkan para peserta didik dalam peran aktif sebagai pemecahan masalah sehari-hari yang tidak terstruktur dengan baik
Nama: KISTIANA
NIM:031354637
Komentar
1.kelebihan
Guru memberikan penjelasan kepada siswa tentang menulis puisi dan memakai alat peraga berupa lukisan.guru mengajarkan kerja sama yang bagus dan melakukan pendampingan agar siswa serius mengerjakan tugas.
Kelemahan
Guru tidak memakai pembukaan pada saat pembelajaran, dan seharusnya guru mengajak siswa keluar ruangan untuk melihat alam sekitar .
2. Pernah , saya pernah mengajak siswa keluar ruangan untuk mengamati alam sekitar tetapi setelah pengamatan selesai ada siswa yang minta menulis puisi di luar kelas,ada juga siswa yang minta menulis didalam kelas,dan waktu pembelajaran agak berkurang karena hal itu.
3.langkah untuk perbaikan
Guru harus mampu melihat kondisi kelas,dan memperbaiki pengelolaan kelas.
4. Setiap kelompok mempresentasikan hasil belajar nya didepan kelas.serta guru memberikan motivasi kepada siswa agar siswa dapat serius belajar.
5. Finkle dan Trop menyatakan bahwa PBM merupakan pengembangan kurikulum dan sistem pembelajaran dan strategi pemecahan masalah sehari-hari pada saat pembelajaran