- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.

- Kelebihannya :
Dalam menyampaikan materi yang diajarkan dalam pembelajaran , guru sudah baik, dengan menggunakan media yang sesuai dan memberikan contoh-contoh yang mudah dipahami.
Dalam hal ini guru menyampaikan materi kepada para peserta didik tentang bagaimana cara berkerjasama secara berkelompok sehingga peserta didik dapat berdiskusi dan bekerja sama satu sama lain dengan baik sehingga mereka dapat mudah menyelesaikan tugas yang diberikan dengan benar.
Guru selalu mendampingi siswa selama melakukan proses belajar mengajar agar siswa tidak bercanda dan serius mengerjakan tugasnya.
Kelemahannya :
Guru:
Guru menyampaikan materinya terlihat tidak sebaiknya dalam kegiatan membuka pelajaran dengan memberikan sebuah apresiasi agar peserta didik dapat memahami materi dengan mudah.
- Pernah,saya pernah mengalami hal tersebut keluar kelas pada saat jam pelajaran berlangsung karena ada keperluan yang mendadak untuk pergi kekantor karena ada panggilan dari kepala Sekolah. tetapi sangat tidak efektif karna dapat membuat peserta didik ribut bila dalam pembelajaran tidak diawasi .
3.Langkah langkah yang sebaiknya di ambil oleh guru jika dalam pembelajaran peserta didik tidak efektif dalam proses belajar yaitu dengan hal:
memberikan tugas dulu kepada siswa yang membuat siswa sibuk dengan tugasnya, agar tidak ricuh saat ditinggal.Namun alangkah aiknya jika guru tidak keluar dari kelas barang sesaatpun ketika sedang pembelajaran.
4.Metode pembelajaran yang dapat dilakukan untuk kegiatan ini adalah menggunakan metode Problem Based Learniang (PBL) yang dikenalkan oleh( Duch, 1995) atau pembelajaran berbasis masalasah (PBM) adalah metode pengajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata sehingga konteks untuk para peserta didik belajar berfikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah dan memperoleh pengetahuan .
Finkle dan Trop (1995) menyatakan bahwa PBM merupakan pengebangan kurikulum dan sistem pembelajaran yang mengembangkan secara simultan strategi pemecahan masalah dan dasar-dasar pengetahuan dan keterampilan dengan menempatkan para peserta didik dalam peran aktif sebagai pemecahan masalah sehari-hari yang tidak terstruktur dengan baik
NAMA : AGUNG MULYANI
NIM : 030436545
1.Kelebihannya :
Guru tersebut menyampaikan materi yang diajarkan dalam pembelajaran dengan baik dengan menggunakan media yang sesuai dan memberikan contoh-contoh yang mudah dipahami.
Guru mengajarkan kepada para peserta didik cara berkerjasama secara berkelompok sehingga peserta didik dapat berdiskusi dan bekerja sama satu sama lain dengan baik sehingga mereka dapat mudah menyelesaikan tugas yang diberikan dengan benar.
guru selalu mendampingi para siswa selama melakukan proses belajar mengajar agar siswa tidak bercanda dan serius mengerjakan tugasnya.
Kelemahannya :
Guru yang terdapat dalam video tersebut
dalam penyampaian materinya terlihat tidak sebaiknya dalam kegiatan membuka pelajaran dengan memberikan sebuah apresiasi agar peserta didik dapat memahami materi dengan mudah.
2. Pernah,saya pernah mengalami hal tersebut keluar kelas pada saat jam pelajaran berlangsung karena ada keperluan yang mendadak untuk pergi ke toilet tetapi sangat tidak efektif karna dapat membuat peserta didik ribut tidak diawasi dalam proses belajar tapi lebih baik pergi ke toilet sebelum pembelajaran dimulai.
3.Langkah langkah yang sebaiknya di ambil oleh guru jika dalam pembelajaran peserta didik tidak efektif dalam proses belajar yaitu dengan hal:
Langkah yang akan saya lakukan untuk memperbaikinya sama dengan guru tersebut memperbaiki kesalahannya dengan cepat dan mudah.
4. Finkle dan Trop (1995) menyatakan bahwa PBM merupakan pengebangan kurikulum dan sistem pembelajaran yang mengembangkan secara simultan strategi pemecahan masalah dan dasar-dasar pengetahuan dan keterampilan dengan menempatkan para peserta didik dalam peran aktif sebagai pemecahan masalah sehari-hari yang tidak terstruktur dengan baik.
Teori belajar kognitif lebih mementingkan proses belajar daripada hasil belajarnya. Pengertian belajar menurut teori kognitif adalah perubahan persepsi dan pemahaman, yang tidak selalu berbentuk tingkah laku yang dapat diamati dan dapat diukur. Asumsi teori ini adalah bahwa setiap orang telah memiliki pengetahuan dan pengalaman yang telah tertata dalam bentuk struktur kognitif yang dimilikinya. Proses belajar akan berjalan dengan baik jika materi pelajaran atau informasi baru beradaptasi dengan struktur kognitif yang elah dimiliki seseorang.
1.Kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video
Kekurangan dalam penyampaian materi yang saya lihat di video adalah sebaiknya kegiatan membuka pelajaran yaitu dengan memberikan apresiasi dan rangsangan agar peserta didik dapat memahami materi yang berlangsung dengan mudah.
Kelebihan dalam menyampaikan materi yang diajarkan lebih baik menggunakan media yang sesuia dari contoh-contoh yang mudah dipahami, yang sering mereka jumpai atau mereka lihat. Metode/ teknik pembelajaran yang Guru terapkan kepada siswa adalah kerjasama kelompok sehingga peserta didik dapat berdiskusi dan bekerja sama satu sama lain sehingga dengan mudah dapat menyelesaikan tugas yang diberikan.
Sebagai Tambahan guru sebaiknya berada didalam kelas selama melakukan proses belajar mengajar agar siswa tidak ribut karena di awasi, untuk siswa yang nakal lebih baik dipindahkan tempat duduk paling depan.
2.Tentu saja saya pernah mengalami hal yang serupa yaitu keluar saat jam pelajaran berlangsung, tetapi dalam hal mengambil barang yang tertinggal di kantor, sangat tidak efektif karna dapat membuat peserta didik ribut tidak diawasi dalam proses jam mengajar, tapi lebih baik jika menyuruh salah satu peserta didik membantu mengambil, sisi positifnya yaitu peserta didik dapat menghargai guru sebagai orang tua yang perlu di bantu.
3.Langkah langkah yang sebaiknya di ambil oleh guru jika dalam pembelajaran peserta didik tidak efektif dalam proses belajar yaitu dengan hal:
Kegiatan Pendahuluan:
Orientasi
Pendidik melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran (PPK:Religius)
Selanjutnya memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
Kegiatan Pembuka
Apersepsi
Pendidik menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan materi sebelumnya yang masih menyangkut materi yang akan dibahas pada saat itu.
Motivasi
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung, dimulai dari peserta didik dapat mengenali materi, mengidentifikasi, serta dapat memberikan penjelasan kembali setelah pendidik menjelaskan.
Pemberian Acuan
Pendidik memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok
Kegiatan Inti
Pengenalan Materi Sebagai Landasan Teori
Mengamati
Peserta didik diberikan rangsangan untuk memusatkan perhatian materi
Pendidik memberikan contoh puisi yang ada di buku pembelajaran
Menyimak
Peserta didik dimintak untuk menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara besar/global tentang materi pembelajaran mengenai puisi
Penyampain Masalah
Peserta didik dikelompokan dan masing-masing diberikan LKPD
Peserta didik diarahkan untuk mengidentifikasi masalah seperti diketahui dan ditanya dri setiap soal yang ada dalam LKPD
Diskusi Penyelesaian Masalah
Peserta didik diminta keluar kelas untuk mengamati alam sekitar sekolah agar lebih mudah menjawab soal di LKPD
Pendidik sebagai motifator dan fasilitator
Presentasi Hasil Diskusi
Setiap Kelompok mempresentasikan hasil diskusi
Pendidik sebagai moderator, motivator, dan fasilitator
Penarikan Kesimpulan dan Evaluasi
Peserta didik menarik kesimpulan tentang materi menulis puisi dengan mengamati keindahan alam.
Peserta didik diberikan kuis sebagai latihan
Peserta didik mengerjakan soal kuis dengan jujur
Kegiatan Penutup
Pendidik dan peserta didik melakukan refleksi
Pendidik memberikan tugas kepada peserta didik untuk dikerjakan dirumah yaitu membaca serta mempelajari materi dibuku siswa yang akan disampaikan pada pembelajaran berikutnya
Pendidik menutup pertemuan dengan salam penutup dan berdoa untuk mengakhiri pembelajaran (PPK:Religius)
5.Problem Based Learniang (PBL) atau pembelajaran berbasis masalasah (PBM) adalah metode pengajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata sehingga konteks untuk para peserta didik belajar berfikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah dan memperoleh pengetahuan (Duch, 1995).
Finkle dan Trop (1995) menyatakan bahwa PBM merupakan pengebangan kurikulum dan sistem pembelajaran yang mengembangkan secara simultan strategi pemecahan masalah dan dasar-dasar pengetahuan dan keterampilan dengan menempatkan para peserta didik dalam peran aktif sebagai pemecahan masalah sehari-hari yang tidak terstruktur dengan baik
Nama: KISTIANA
NIM:031354637
Komentar
1.kelebihan
Guru memberikan penjelasan kepada siswa tentang menulis puisi dan memakai alat peraga berupa lukisan.guru mengajarkan kerja sama yang bagus dan melakukan pendampingan agar siswa serius mengerjakan tugas.
Kelemahan
Guru tidak memakai pembukaan pada saat pembelajaran, dan seharusnya guru mengajak siswa keluar ruangan untuk melihat alam sekitar .
2. Pernah , saya pernah mengajak siswa keluar ruangan untuk mengamati alam sekitar tetapi setelah pengamatan selesai ada siswa yang minta menulis puisi di luar kelas,ada juga siswa yang minta menulis didalam kelas,dan waktu pembelajaran agak berkurang karena hal itu.
3.langkah untuk perbaikan
Guru harus mampu melihat kondisi kelas,dan memperbaiki pengelolaan kelas.
4. Setiap kelompok mempresentasikan hasil belajar nya didepan kelas.serta guru memberikan motivasi kepada siswa agar siswa dapat serius belajar.
5. Finkle dan Trop menyatakan bahwa PBM merupakan pengembangan kurikulum dan sistem pembelajaran dan strategi pemecahan masalah sehari-hari pada saat pembelajaran