5

Sebelum menjawab pertanyaan berikut, silakan Anda buka video mengenai membuat slogan bergambar dengan tautan https://drive.google.com/file/d/0B5LiWb4VDwLqYUxRRzNfam9FN2s/view

  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
  6. Selamat mengerjakan
Answered question

1. Kelebihan dalam pembelajaran pada video tersebut adalah
a. Media yang digunakan cukup menarik sehingga mampu menarik perhatian peserta didik
b. Dalam proses pembelajaran peserta didik belajar berkelompok.
Kekurangan dalam pembelajaran pada video tersebut adalah
a. Dalam tahap pendahuluan guru tidak menyampaikan KD, indicator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
b. Dalam tahap kegiatan inti guru kurang melibatkan siswa dalam menjelaskan tentang pengertian slogan.
c. Guru meninggalkan peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung
d. Suasana kelas kurang kondusif.
2. Saya pernah mengalami peristiwa tersebut, hal itu terjadi karena persiapan yang saya lakukan belum matang, kurangnya pengetahuan saya tentang materi yang akan saya sampaikan sehingga tujuan pembelajaran belum bisa tercapai dengan maksimal.
3. Langkah-langkah pembelajaran :
a. Pembukaan
 Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
 Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
 Guru menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
 Guru memberikan motivasi kepada siswa
b. Kegiatan Inti
 Dengan media gambar guru memberikan beberapa contoh slogan bergambar dan meminta peserta didik mengatamati kemudian membuat pendapat tentang pengertian dari slogan dengan menggunakan kalimatnya masing-masing
 Guru meminta peserta didik untuk mengemukakan pendapatnya masing-masing tentang pengertian slogan
 Guru bersama peserta didik menyimpulkan tentang pengertian slogan
 Guru menjelaskan langkah-langkah membuat slogan
 Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4 orang
 Peserta didik dalam kelompok membuat slogan bergambar
 Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas.
c. Penutup
 Guru bersama peserta didik menyimpulkan pembelajaran yang telah berlangsung
 Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur.
4. Menurut Piaget, perkembangan kognitif merupakan suatu proses genetik, yaitu suatu proses yang didasarkan atas mekanisme biologis perkembangan sistem syaraf. Dengan makin bertambahnya umur seseorang, maka makin komplekslah susunan sel syarafnya dan makin meningkat pula kemampuannya. Ketika individu berkembang menuju kedewasaan, akan mengalami adaptasi biologis dengan lingkungannya yang akan menyebabkan adanya perubahan-perubahan kualitatif didalam struktur kognitifnya.
Teori belajar behavioristik adalah sebuah teori yang dicetuskan oleh Gage dan Berliner tentang perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman
Teori ini lalu berkembang menjadi aliran psikologi belajar yang berpengaruh terhadap arah pengembangan teori dan praktik pendidikan dan pembelajaran yang dikenal sebagai aliran behavioristik. Aliran ini menekankan pada terbentuknya perilaku yang tampak sebagai hasil belajar. Teori behavioristik dengan model hubungan stimulus-responnya, mendudukkan orang yang belajar sebagai individu yang pasif. Respon atau perilaku tertentu dengan menggunakan metode pelatihan atau pembiasaan semata. Munculnya perilaku akan semakin kuat bila diberikan penguatan dan akan menghilang bila dikenai hukuman.

Salam sejahterah
Saya Erita Dewi, Nim : 53004266, UT JAKARTA, memberikan tanggapan terhadap video ” Membuat Slogan Menggambar”.
1. Kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan guru saat menyampaikan materi, pendekatan, metode, dan langkah-langkah pembelajaran yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan siswa yang terlihat dalam simulasi pembelajaran part ke-2. Namun kelemahan terdapat pada pada simulasi penerapan pembelajaran membuat slogan pada part 1, guru hanya memberikan penjelasan megenai slogan dan cara pembuatannya kemudian guru meninggalkan ruangan tanpa mendampingi dan menfasilitatori siswa. Seperti yang terlihat pada video, murid akan bermalas-malasan, bercerita dan tugas tidak selesai.
2. Ya, saya pernah mengalami hal tersebut, saya memberikan penjelasan tentang kerangka karangan dan memberikan penugasan kepada siswa, kemudian meninggalkan kelas karena ada rapat dadakan yang harus dihadiri oleh guru kelas.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Sebaiknya guru harus:
– Membuka kelas dengan Doa, absensi, dan memberikan pertanyaan terkait slogan
– Memberikan contoh-contoh slogan melalui video atau gambar langsung melalui video atau mengajak anak memperhatikan slogan yang terdapat dilingkungan sekolah
– Dari pengamatan tersebut siswa sudah memiliki gambaran tentang slogan, oleh karena itu siswa dapat duduk dalam kelompok untuk membuat slogan secara Bersama dengan ketentuan bersama.
– Guru memonitoring pekerjaan siswa dengan memberikan arahan supaya setiap siswa terlibat aktif dalam kelompok.
– Siswa mempresentasikan hasil karyanya didepan kelas dan guru memberikan penilaian dan menutup pembelajaran dengan memberi penguatan terhadap pemberlajaran dan doa pulang.
4. teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
– Kajian tentang dampak penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar telah menarik minat pendidik sejak awal abad 20. Hal ini ditandai dengan adanya rekomendasi penggunaan gambar sebagai alat instruksi. Rekomendasi ini diberikan oleh penggagas teori connectionism yaitu Edward L. Thorndike.
– Teori belajar kognitif lebih mementingkan proses belajar daripada hasil belajarnya. Pengertian belajar menurut teori kognitif adalah perubahan persepsi dan pemahaman, yang tidak selalu berbentuk tingkah laku yang dapat diamati dan dapat diukur. Asumsi teori ini adalah bahwa setiap orang telah memiliki pengetahuan dan pengalaman yang telah tertata dalam bentuk struktur kognitif yang dimilikinya. Proses belajar akan berjalan dengan baik jika materi pelajaran atau informasi baru beradaptasi dengan struktur kognitif yang elah dimiliki seseorang.

Terimakasih 😊

NAMA : HARIYANTO
NIM : 030500443
POKJAR : MADIUN
UPBJJ : SURABAYA
PRODI : BAHASA DAN SASTRA INDONESIA S1

1. kelebihan video tersebut siswa dapat melihat contoh-contoh slogan melalui media proyektor yang dapat menimbulkan daya tarik untuk lebih dalam ingin mengetahui apa itu slogan. kekurangan video tersebut seharusnya seorang guru tidak meninggalkan kelas yang dapat membuat gaduh kelas. kemudian kurangnya penjelasan dari materi yang diberikan siswa karna diliat siswa yang masih kurang faham.

– Kekurangan dalam pembelajaran pada video tersebut adalah
a. tahap pendahuluan guru tidak menyampaikan KD, indicator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
b. Dalam tahap kegiatan inti guru kurang melibatkan siswa dalam menjelaskan tentang pengertian slogan.
c. Guru meninggalkan peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung
d. Suasana kelas kurang kondusif.
2. Saya juga pernah mengalami peristiwa yang sama, namun seiring berjalannya waktu jam mengajar, disitulah saya memberikan ulasan tambahan semacam tanya jawab yang pertanyaannya mengandung kesemangatan siswa untuk giat menjawabnya
3. Langkah-langkah pembelajaran :

a. Pembukaan
– Pendidik membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
– Absensi ketidak hadiran siswa.
– Menanyakan kondisi siswa
– Pendidika menyampaikan matyeri yang akan di bahas.
pendidik menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.

b. Kegiatan Inti
– Dengan media gambar guru memberikan beberapa contoh slogan bergambar dan meminta peserta didik mengatamati kemudian membuat pendapat tentang pengertian dari slogan dengan menggunakan kalimatnya masing-masing
– Pendidik meminta peserta didik untuk mengemukakan pendapatnya masing-masing tentang pengertian slogan

c. Penutup
– pendidik bersama peserta didik menyimpulkan pembelajaran yang telah berlangsung
– pendidik beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur.
4. teori atau pendapat pakar yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
– Kajian tentang dampak penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar telah menarik minat pendidik sejak awal abad 20. Hal ini ditandai dengan adanya rekomendasi penggunaan gambar sebagai alat instruksi. Rekomendasi ini diberikan oleh penggagas teori connectionism yaitu Edward L. Thorndike.
– Teori belajar kognitif lebih mementingkan proses belajar daripada hasil belajarnya. Pengertian belajar menurut teori kognitif adalah perubahan persepsi dan pemahaman, yang tidak selalu berbentuk tingkah laku yang dapat diamati dan dapat diukur. Asumsi teori ini adalah bahwa setiap orang telah memiliki pengetahuan dan pengalaman yang telah tertata dalam bentuk struktur kognitif yang dimilikinya. Proses belajar akan berjalan dengan baik jika materi pelajaran atau informasi baru beradaptasi dengan struktur kognitif yang elah dimiliki seseorang.