4

Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan konsep perkalian dengan alat peraga berupa gambar buah-buahan dan bola-bola plastik. Dengan alat peraga bola-bola ini guru memperagakan jual beli yang merupakan kejadian sehari-hari sehingga anak-anak lebih mudah memahami konsep perkalian.

Ditulis oleh: Vera Maya Santi, M.Si

Soal cerita pada pelajaran matematika masih menjadi beban bagi siswa, masih ditemukan juga kesalahan konsep dalam menyelesaikan soal cerita terkait konsep perkalian.

  1. Apa yang saudara guru lakukan agar tidak terjadi kesalahan konsep dalam menyelesaikan soal cerita?
  2. Bagaimana membuat siswa tertarik menyelesaikan soal cerita atau soal pemecahan masalah pada pembelajaran matematika?
Answered question

Agar tidak terjadi kesalahan konsep dalam menyelesaikan soal cerita mengajar pada hakikatnya suatu proses mengatur dan mengorganisasikan .Mengatasi kesulitan dan kesalahan siswa dalam matematika :
a. Identifikasi, yakni suatu kegiatan yang diarahkan untuk menemukan siswa yang mengalami kesulitan belajar
b. Diagnosis adalah keputusan atau penentuan mengenai hasil dari pengolahan data tentang siswa yang mengalami kesulitan belajar.
Cara agar siswa tertarik belajar matematika ?
a. Menciptakan penyajian materi yang bervariatif dan menarik.
b. Menerjemahkan soal matematika dalam bentuk permainan.

Halo!
Menurut saya, sebagai seorang guru dan calon guru. Alangkah lebih baik nya kita memperkenalkan terlebih dahulu bagaimana sebenarnya konsep dasar perkalian dengan cara yang mudah dipahami peserta didik. Agar kita selaku pendidik tidak mengalami kesalahan dalam menerapkan konsep hitung perkalian pada peserta didik.
Setelah mereka paham, barulah kita sebagai pendidik mengembangkan nya dalam soal cerita yang sering terjadi dalam kehidupan mereka sehari hari dengan menggunakan media pembelajaran, tentunya dalam tahap yang mudah dan ringkas terlebih dahulu.

Nama : Valentina Laras Gita Andaru
NIM : 857801497

Menyelesaikan soal cerita matematika memang merupakan tantangan bagi siswa. Karena mereka melalui 2 kali proses berpikir. Yang pertama membaca cerita dan berusaha memahaminya dan yang kedua mulai menalar angka dan konsepnya.
Nah yang saya lakukan untuk mempermudah anak-anak memahami perkalian soal cerita, maka saya menyediakan ilustrasi berupa gambar yang menarik dan juga alat peraga yang bisa mereka pegang, misalnya kerikil atau lidi.
Selanjutnya, anak-anak juga harus membaca soal ceritanya minimal 2 kali hingga benar-benar mengerti apa yang dimaksud dalam soal cerita tsb.
Terima kasih.

selamat malam teman forum diskusi,saya ingin bertanya bagaimana cara melihat vidio pembelajarannya ya

Nama : Sri Mulyati
Nim : 857674506
Kelas : 2 c BI
Pokjar : Pati
Menurut saya sebaiknya guru harus menekankan konsep perkalian terlebih dahulu supaya tidak terjadi salah konsep. Dengan cara menjelaskan perkalian sebagai penjumlahan berulang dengan menggunakan buah jeruk misalnya. Contohnya 2×3=6, siswa disuruh mengelompokkan jeruk sebanyak 3,3.kemudian siswa disuruh menjumlahkankannya sehingga diperoleh hasilnya yaitu 6.Secara matematis dapat ditulis 2×3=3+3=6.Sehingga anak bisa memahami konsep perkalian tersebut dengan lebih mudah.