29

Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar, kemudian membagi kelas menjadi beberapa kelompok siswa, meminta masing-masing kelompok untuk mengamati objek yang diminati dan guru memberikan bimbingan mereka agar bisa membagi informasi dengan kelompok lain.

Ditulis Oleh: Rusdianto

Suana kelas akan mempengaruhi kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung. Pada saat  ini, siswa akan lebih tertarik jika menggunakan media-media interaktif atau sebagainya.

  1. Bagaimana saudara guru membuat suasana belajar menjadi aktif?
  2. Bagaimana saudara guru membuat pembelajaran menjadi interaktif?
  3. Bagaimana saudara guru menbuat pembelajaran menyenangkan?
  4. Bagaimana tips untuk menemukan inovasi pembelajaran yang aktif, interaktif dan menyenangkan?
Answered question

Agar suasana pembelajaran menjadi aktif
1. Berikan stimulus kepada anak agar anak termotivasi dan merespon
2. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan
3. Gunakan alat peraga semaksimal mungkin
4. Libatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran

Saya belum pernah menggunakan media-media yang interaktif untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan,tetapi akan saya praktekkan pada pembuatan tugas saya.

Saya belum pernah menggunakan media-media yang interaktif yang dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan,tetapi akan saya coba pada pembuatan tugas saya.

Saya belum pernah menggunakan media-media interaktif atau sebagainya untuk
membuat suasana belajar menjadi aktif
Dan menyenangkan,namun akan saya akan mencoba nya pada tugas saya

Menurut saya membuat suasana menjadi aktif guru harus memberikan media belajar yang inovatif dan memberikan media pembelajaran yang menarik sehingga membuat siswa menjadi menarik untuk menjadi lebih aktif