0
  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Answered question

Nama : Sri Intan Gustina
NIM : 530054076
Mata Kuliah : Filsafat Pendidikan Dasar
UPBJJ-UT Bandung
Banyak sekali manfaat yang saya peroleh dari video pembelajaran ini. Mulai dari pembawaan mengajar guru dengan Bahasa dan intonasi yang tepat dan mudah dipahami, pemberian contoh yang jelas, pola lantai yang sangat optimal, kontak mata dengan peserta didik sangat baik, dan penggunaan penyisipan Bahasa yang “kekinian” sehingga siswa SMP menjadi lebih berantusias. Secara keseluruhan pembelajaran sangat interaktif dan kondusif. Sehingga meskipun pembelajaran hanya dipaparkan secara verbal, namun karena pembawaannya sangat baik, sehingga siswa dan para penyimak pun merasa tertarik untuk mengobservasi dengan seksama. Begitu hal nya dengan tayangan video non cetak berupa audio visual sangat sesuai dengan yang terjadi disekitar lingkungan kehidupan siswa, bahkan konten terkait “rokok” yang kerap kali terjadi pada siswa usia SMP ditayangkan dalam video tersebut sebagai salahsatu contoh bentuk penyimpangan sosial. Disebabkan tayangan yang menarik, siswa pun menjadi aktif dalam kegiatan diskusi kelompok. Kemudian saya sangat mengapresiasi bentuk media cetak yang dibagikan oleh guru. Dimana didalam kumpulan kertas tersebut didalamnya tidak didominasi oleh teks yang mudah mendatangkan kejenuhan belajar, namun media cetak tersebut berisi sekumpulan gambar terkait dengan topik penyimpangan sosial. Ini memberikan kesempatan seluas- luasnya kepada siswa untuk mengkontruktivis secara mandiri dalam kelompoknya mengenai pengertian dan makna dari penyimpangan sosial. Terlihat dari tahap siswa mempresentasikan hasil pengamatannya pada media cetak, dengan Bahasa sendiri siswa mampu mendeskripsikan hal- hal yang berkaitan dengan penyimpangan hingga kemudian ditarik kesimpulan oleh guru sebagai bentuk konfirmasi. Hanya sedikit saran dari saya, alangkah lebih baik gambar pada media cetak dibuat berwarna saja, tidak hitam putih agar siswa lebih terbangkitkan kembali antusiasnya. Dan untuk menjembatani antara pemberian media non cetak ke media cetak guru sebaiknya memgulas terlebih dahulu secara singkat hal- hal terkait video yang ditayangkan melalui tanya jawab yang bersifat mengkonstruksi, barulah kemudian siswa dibagikan media cetak.