

Selamat sore
Senang sekali saya dapat bergabung pada forum ini. Disini saya mendapatkan ilmu bagaimana cara membangkitkan gairah siswa belajar terutama dalam mencari informasi dalam bacaan. Selama ini saya sering mengalami kesulitan dalam mengajar terutama dalam memberikan pemahaman kepada siswa isi dari bacaan yang dibacanya. Setelah menonton video ini saya menjadi tahu bahwa permainan di luar kelas dapat dipilih untuk variasi belajar membaca dan tentunya sangat menarik bagi siswa dibandingkan dengan mereka membaca dan membayangkan apa yang ada pada bacaan tanpa mempraktekkannya. Terima kasih

Nama : Nurfathiyah
Nim. : 836308352
Dalam Vidio tersebut guru sudah memberikan metode pengajaran yang sangat menarik dan tidak membosankan, guru juga mengajarkan kekompakan dengan cara bermain bakyak secara berkelompok untuk melatih kekompakan mereka dan anak-anak juga lebih bersemangat dalam mengikuti pelajaran dan guru melatihnya untuk membaca agar mendapatkan informasi dan hasil bacaan mereka bisa dipraktekkan.
metode ini akan memperkuat ingatan bacaan mereka karena dengan mempraktekkan itu lebih berkesan dan tersimpan kuat dalam memori.

Ya memang sebagai seorang guru dituntut untuk mengetahui berbagai model pembelajaran agar tercipta suasana yang menyenangkan bagi siswa untuk mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru. Guru juga diharap kan dalam KBM menggunakan alat peraga.

Senang sekali saya dapat bergabung pada forum ini. Disini saya mendapatkan ilmu bagaimana cara membangkitkan gairah siswa belajar terutama dalam mencari informasi dalam bacaan. Selama ini saya sering mengalami kesulitan dalam mengajar terutama dalam memberikan pemahaman kepada siswa isi dari bacaan yang dibacanya. Setelah menonton video ini saya menjadi tahu bahwa permainan di luar kelas dapat dipilih untuk variasi belajar .
senang sekali saya dapat bergabung pada forum diskusi ini.Dalam video tersebut guru sudah memberikan metode pengajaran yang sangat menarik dan tidak membosankan untuk para siswa sehingga siswa menjadi antusias dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
Disini saya mendapatkan tambahan ilmu tentang bagaimana cara membangkitkan gairah siswa belajar terutama dalam mencari informasi dalam bacaan.Selama ini saya sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman kepada siswa tentang isi dari bacaan yang dibacanya.Setelah menonton video ini saya mendapat tambahan pengetahuan ternyata pembelajaran di luar kelas melalui permainan selain dapat membuat siswa menjadi antusias,materi yang ingin kita sampaikan kepada peserta didik menjadi lebih mudah dipahami dan bisa menjadi alternatif pilihan untuk variasi belajar supaya tidak membosankan.
Nama : Yetty Yulitna Raras
NIM : 822903935
Dari video pembelajaran ini dapat dilihat bahwa secara keseluruhan metode belajar yang ditampilkan di video ini sudah bagus, hanya ada beberapa hal yang mungkin perlu di tambahkan, yaitu :
- Pada awal kegiatan pembelajaran sebisanya guru bisa membangkitkan gairah atau minat belajar anak dengan kegiatan kegiatan pembuka yang bisa menjadi penyemangat anak untuk menerima materi yang akan diajarkan.
- Pada saat siswa selesai membaca, seharusnya Guru dapat menanyai siswa tentang apa yang dipahami dari bacaan tersebut.
- Sebelum melakukan lomba, guru harus menyampaikan / menentukan peraturan dalam permainan serta dapat memperhatikan siswa yang bermain dalam kegiatan.
- Pada kegiatan penutup, guru seharusnya mengevaluasi materi yang ada. Serta guru dan siswa dapat menyimpulkan secara bersama-sama materi pembelajaran
Nama : DEVI ANDRIANI
NIM : 856245754
UPBJJ : PADANG SUMATERA BARAT
Setelah melihat video yang ditayangkan, saya dapat menyimpulkan bahwa guru mengajarkan materi pelajaran tentang membaca untuk mendapatkan informasi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam kegiatan awal guru mempersiapkan alat dan bahan ajar untuk kegiatan proses belajar mengajar. Kegiatan inti guru meminta siswa membaca buku dan memahami bacaan. untuk memudahkan siswa mendapatkan informasi dari bacaan. guru mengajak siswa keluar dengan melakukan kegiatan bermain bersama. Pada kegiatan penutup guru meminta siswa menyebutkan apa saja kelebihan dan kekurangan teman-teman mereka dalam permainan. dan siswa sangat menikmati belajar sambil melakukan permainan serta mencari informasi mengenai bacaan.

Nama : Rahmayanti
NIM : 837994667
Menurut saya pribadi, cara guru di atas mengajar sudah baik, namun ada beberapa hal yang masih perlu diperhatikan yaitu :
1. Membuka pelajaran dengan apersepsi
2. membuat siswa bersemangat untuk belajar,
3. sebagaimana yang saya perhatikan guru di atas jarang tersenyum dan terlalu serius, dan cenderung tidak bersemangat
4. Tidak memberi motivasi kepada siswa untuk semangat dalam pembelajaran
5. Guru meminta siswa untuk membaca namun tidak menanyai siswa tentang apa yang dipahami dari bacaan tersebut.
6. pada saat akan melakukan lomba, guru tidak menentukan peraturan dalam permainan.
7. Tidak menutup pelajaran dengan mengevaluasi hasil pembelajaran yanhg telah dipelajari.

Nama : Eltifrita Nababan
Nim : 856067924
menurut saya, video pembelajaran tersebut sudah bagus, namun ada beberapa hal masih perlu diperhatikan yaitu pada saat kegiatan pendahuluan, guru tersebut belum melakukan apersepsi , yang seharusnya dilakukan supaya meningkatkan semangat siswa dalam belajar, bisa dengan bernyanyi atau berdoa. guru tersebut langsung ke tujuan pembelajaran, dan kelihatannya sangat tegang, guru tersebut bisa mengarahkan siswa membaca bacaan secara bergantian dan acak. kemudian mengarahkan siswa keluar untuk langsung memperagakan apa yang dibaca.sehingga siswa mampu dan paham akan apa yang dibacanya. kemudian guru seharusnya menutup pembelajaran dan mengevaluasi hasil pembelajaran hari ini.
Nama : Masita Mokoagow
NIM : 825806901
Menurut saya, secara keseluruhan metode belajar yang ditampilkan divideo ini sudah bagus, hanya ada beberapa hal yang mungkin perlu di tambahkan.
Pada pembukaan pembelajaran sebisanya guru membangkitkan gairah atau minat belajar anak dengan kegiatan kegiatan pembuka yang bisa menjadi penyemangat anak untuk menerima materi yang akan diajarkan.
Anak anak bisa diajak membaca diluar ruangan sehingga anak anak lebih rileks dan santai sehingga ketika kita memberikan materi anak anak akan termotivasi untuk belajar dan menanggapi sehingga pembelajaran tidak hanya berlangsung satu arah.
Belajar membaca sambil bermain diluar ruangan membuat anak anak lebih bersemangat untuk membaca.
Nama : Rahadianti Ayu Lestari
NIM : 858720953
Dari video pembelajaran “Membaca untuk Mendapatkan Informasi”, menurut saya guru sudah menerapkan variasi pembelajaran dengan baik. Ketika pelajaran Bahasa Indonesia membaca, mayoritas siswa akan cepat merasa bosan, kurang tertarik dengan pembelajaran dan mengakibatkan materi tidak dapat tersampaikan dengan baik. Dengan adanya variasi seperti pada video, siswa akan merasa senang dan semangat mengikuti pelajaran serta siswa akan mudah memahami materi yang disampaikan atau yang telah dibacanya tadi. Dari sini kita tahu bahwa variasi dalam pembelajaran itu diperlukan agar suasana pembelajaran tidak cepat bosan dan pembelajaran juga dapat dipahami siswa dengan baik asalkan variasi tersebut tidak menyimpang jauh dari pembelajaran/tujuan pembelajaran.
1. Pernah
2. saya persis menggunakan media dan metode yang ada dalam vidio ini. saya terinspirasi pada guru saya saat kelas 1 SD dulu, beliau mengajar kami membaca persis seperti di vidio ini, maka saya pun menerapkannya. hasilnya cukup memuaskan