2

Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut.  Setelah itu guru menjelaskan materi sedikit, disertai contoh berupa gambar tokoh utama yaitu  Timun Mas, dengan tokoh lainnya yang menjadi lawannya yaitu Raksasa yang Jahat. Selanjutnya…

Guru terlihat sedikit mengatur siswa yang agak ribut, tidak memperhatikan pelajaran karena sibuk dengan mainannya sendiri.  Setelah itu guru menyita mainan yang dimiliki siswa tersebut. Guru pun melanjutkan penjelasan mengenai materi. Pembelajaran diakhiri dengan beberapa nasihat dari guru kepada siswa-siswanya.

Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!

Ditulis oleh: Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.

Answered question

Nama; Dewa Ayu Km Wina Andriani . W
Nim: 834766447

Belum pernah mengalaminya , karna saya mengajar kelas tinggi (kelas4)
menurut saya , metode yang guru berikan di vidio ini lebih cocok diterapkan dikelas tinggi.. kenapa??
karna di vidio ini diterangkan bahwa susana belajar mengajar kelas 1sd disebuah sekolah …
untuk memberikan pelajaran menyimak kepada kelas rendah , hal yang harus kita lakukan adalah menarik perhatian mereka .. ajak mereka ikut serta di dalam sebuah cerita itu .. misalnya jadikan salah beberapa siswa menjadi tokoh dalam cerita tersebut dengan begitu siswa akan lebih fokus untuk memperhatikan kita saat menceritakan di depan kelas … suasana belajar di dalam kelaspun akan lebih menyenangkan menurut saya …
Terimakasih…… 🙂

Ya..kita dituntut mampu menguasai kelas secara ptofedional dan humanistik..tidak dengan cara cara refresif

Menurut saya guru kurang menguasai kelas shingga siswa di dlam kelas sibuk dengan mainannya shngga klas tdak dlat di kendalikan. Sbiaknya guru mmbari kan arahan atau seacam mereview atau motivasi blajar atau bsa jga guru mambrikan sdikit prhatian pada siswa yg tdak mmprhatikannya saat mngajar
Itu mnrut sya terimakasih

Saya jg prnah mengalami hal serupa pada saat saya menerangkan trlihat ada siswa yg bermain di saat saya menerangkan. Saya pun mendekatix dn duduk dekat siswa trsebut sambil saya memegang pundakx dgn kasih syg dn memberi perhatian dn sediki nasehat dgn hati hati. Ahirx diapun ikut menyimak pelajaran yg saya terangkan.

Dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan metode ceramah sebelum mulai pelajaran harus mengendalikan siswa untuk dapat fokus dalam mengikuti pelajaran dengan cara memberi motivasi terlebih dahulu supaya siswa lebih tertarik dan lebih mengetahui apa yang kita sampaikan dengan membuat kesepakatan sebelum menyampaikan materi. Dengan demikian siswa dapat fokus dalam mengikuti proses belajar dan materi bisa tersampaikan dengan efektif.