10

Video ini menguraikan tahapan demi tahapan seorang guru dalam mengajarkan teknik memainkan alat musik sederhana berupa pianika. Tahapan itu dimulai dari memberikan tanda notasi angka di alat musik masing-masing, hal ini bertujuan untuk mempermudah siswa mengingat posisi tangga nada tersebut. Selanjutnya latihan menggunakan jari dengan membaca partitur sederhana yang telah diberikan oleh guru dapat memperlancar siswa dalam bermain pianika. Tujuannya, agar siswa/i memperoleh pengalaman memainkan alat musik sederhana berupa pianika. Menurut rekan guru, yang manakah yang lebih efektif antara menghafalkan notasi angkanya terlebih dahulu baru bermain pianika atau bermain pianika sembari membaca notasi angka tanpa menghafalnya?

Answered question

kalau menurut saya Menghapal notasi angkanya terlebih dahulu baru memainkan vianika

Riatul Khofifah
836567973

Dalam tahapan belajar musik sederhana menurut saya kenali dulu kepada anak didik apa itu alat musik, bagaimana kita bisa menciptakan suasana kelas dengan ceria melalui belajar alat musik. kemudian beri notasi sederhana dan prakter langsung agar anak lebih antusias lagi.

Pppppppppp

Nama : Arif Eko Sumaryanto
NIM : 856934459

berdasarkan video tersebut, menurut saya dalam mengajarkan teknik alat musik sederhana khususnya pianika dimana didalam pianika tersebut terdapat barisan tuts seperti piano yang berisi nada tunggal seperti do re mi hingga do lagi, memang teknik yang paling tepat yaitu siswa harus hafal dulu notasi angka, atau paling tidak mengetahui dahulu notasi angka baru notasi angka tersebut dipraktekkan kedalam pianika dengan cara menekan tuts pianika sesuai dengan not angkanya, beda dengan alat musik gitar yang nota bene sedikit lebih rumit dibanding pianika, dalam memainkan gitar siswa harus mengerti dulu cara memainkannya baru setelah tahu bisa dilanjutkan dengan menghafal notnya/kuncinya

Nama: Erlina puspita sari
NIM. :856934663
Menurut pendapat saya dari pemaparan vidio tersebut dalam bermain alat musik sederhana khususnya pianika yang harus dilakukan pertama adalah menghafal notasi angkanya terlebih dahulu karena anak lebih cepat menghafal dari pada hanya membaca. Setelah anak hafal dengan notasinya maka anak akan mudah mempraktekan pianika. Karena pianika adalah jenis alat musik tiup yang biasa digunakan oleh siswa/i SD. Dan biasanya anak usia SD lebih cepat menghafal.