Video ini menguraikan tahapan demi tahapan seorang guru dalam mengajarkan teknik memainkan alat musik sederhana berupa pianika. Tahapan itu dimulai dari memberikan tanda notasi angka di alat musik masing-masing, hal ini bertujuan untuk mempermudah siswa mengingat posisi tangga nada tersebut. Selanjutnya latihan menggunakan jari dengan membaca partitur sederhana yang telah diberikan oleh guru dapat memperlancar siswa dalam bermain pianika. Tujuannya, agar siswa/i memperoleh pengalaman memainkan alat musik sederhana berupa pianika. Menurut rekan guru, yang manakah yang lebih efektif antara menghafalkan notasi angkanya terlebih dahulu baru bermain pianika atau bermain pianika sembari membaca notasi angka tanpa menghafalnya?


Riatul Khofifah
836567973
Dalam tahapan belajar musik sederhana menurut saya kenali dulu kepada anak didik apa itu alat musik, bagaimana kita bisa menciptakan suasana kelas dengan ceria melalui belajar alat musik. kemudian beri notasi sederhana dan prakter langsung agar anak lebih antusias lagi.

Pppppppppp

Nama : Arif Eko Sumaryanto
NIM : 856934459
berdasarkan video tersebut, menurut saya dalam mengajarkan teknik alat musik sederhana khususnya pianika dimana didalam pianika tersebut terdapat barisan tuts seperti piano yang berisi nada tunggal seperti do re mi hingga do lagi, memang teknik yang paling tepat yaitu siswa harus hafal dulu notasi angka, atau paling tidak mengetahui dahulu notasi angka baru notasi angka tersebut dipraktekkan kedalam pianika dengan cara menekan tuts pianika sesuai dengan not angkanya, beda dengan alat musik gitar yang nota bene sedikit lebih rumit dibanding pianika, dalam memainkan gitar siswa harus mengerti dulu cara memainkannya baru setelah tahu bisa dilanjutkan dengan menghafal notnya/kuncinya

Nama: Erlina puspita sari
NIM. :856934663
Menurut pendapat saya dari pemaparan vidio tersebut dalam bermain alat musik sederhana khususnya pianika yang harus dilakukan pertama adalah menghafal notasi angkanya terlebih dahulu karena anak lebih cepat menghafal dari pada hanya membaca. Setelah anak hafal dengan notasinya maka anak akan mudah mempraktekan pianika. Karena pianika adalah jenis alat musik tiup yang biasa digunakan oleh siswa/i SD. Dan biasanya anak usia SD lebih cepat menghafal.
Nama: Jumiati
Nim:858392819
Pokjar:Tunas mandiri
Menurut saya materi memainkan musik sederhana yaitu alat pianika ini sangat menarik perhatian anak-anak dari awal pembelajaran guru sangat mengapresiasikan siswa , dan langsung mengintruksikan siswa untuk membuka buku musik yang berisi partitur lagu yang sudah diberikan dan langsung memainkan sebuah lagu tanpa diberikan contoh terlebih dahulu, sehingga beberapa siswa terlihat kebingungan.untuk pembahasan nya menurut saya yang lebih efektif harus mengajar kepada siswa tentang tangga nada terlebih dahulu, dan menghafal notasinya terlebih dahulu sehingga siswa bisa lebih mudah dan cepat bermain pianika
Nama : Afifatul Munawwaroh
NIM : 836179263
pertanyaan : Yang manakah yang lebih efektif antara menghafalkan notasi angkanya terlebih dahulu baru bermain pianika, atau bermain pianika sembari membaca notasi angka tanpa menghafalkannya ? Jawab : Menurut pendapat saya adalah, perserta didik sd lebih efektif bermain pianika sembari membaca notasi angka tanpa menghafal. karena pada dasarnya apa yang peserta didik lakukan dan kerjakan akan lebih mudah di ingat dibandingkan dengan apa yang peserta didik hafalkan.
Dalam hal tersebut menurut pendapat saya, pada awal pembelajaran terlihat bahwa guru belum memberikan apersepsi, namun langsung menginstruksikan siswa untuk membuka buku musik yang berisi partitur lagu yang sudah diberikan dan langsung memainkan sebuah lagu tanpa diberikan contoh terlebih dahulu, sehingga beberapa siswa terlihat kebingungan. Sebaiknya, guru memberikan apersepsi terlebih dahulu, misalnya dengan menyanyikan tangga nada ataupun bermain games yang berhubungan dengan tangga nada. Selain itu, guru juga sebaiknya memberikan contoh terlebih dahulu kepada siswa mengenai cara bermain pianika yang benar sebelum menginstruksikan kepada siswa untuk memainkan sebuah lagu.
Dan Ketika masuk ke dalam kegiatan pembelajaran, guru kurang memberikan penjelasan dan contoh pada materi “nilai/ketukan pada nada”, sehingga siswa terlihat kebingungan. Sebaiknya, guru memberikan penjelasan yang lebih lengkap beserta dengan contohnya. Adapun pada materi teknik penjarian dalam bermain alat musik pianika, guru sudah cukup memberikan penjelasan dan contoh langsung, sehingga siswa dapat mempraktekkan teknik tersebut dengan baik dan jelas
Pada akhir video pembelajaran, guru meminta siswa untuk memainkan sebuah lagu. Pada proses ini, guru terlihat berkeliling kelas untuk mengecek siswa. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, agar guru dapat mengecek sejauh mana siswa memahami materi “Memainkan Alat Musik Sederhana” dan juga guru dapat mengoreksi langsung praktek yang sudah dilakukan oleh siswa dengan panduan guru
Selamat siang perkenalkan saya YUSANTI ANDRIYANI NIM 823953101 ingin turut mengomentari video pembelajaran seri Pengembangan Seni SD dengan materi “Memainkan Alat Musik Sederhana”.
Menurut pendapat saya, pada awal pembelajaran terlihat bahwa guru belum memberikan apersepsi, namun langsung menginstruksikan siswa untuk membuka buku musik yang berisi partitur lagu yang sudah diberikan dan langsung memainkan sebuah lagu tanpa diberikan contoh terlebih dahulu, sehingga beberapa siswa terlihat kebingungan. Sebaiknya, guru memberikan apersepsi terlebih dahulu, misalnya dengan menyanyikan tangga nada ataupun bermain games yang berhubungan dengan tangga nada. Selain itu, guru juga sebaiknya memberikan contoh terlebih dahulu kepada siswa mengenai cara bermain pianika yang benar sebelum menginstruksikan kepada siswa untuk memainkan sebuah lagu.
Ketika masuk ke dalam kegiatan pembelajaran, guru kurang memberikan penjelasan dan contoh pada materi “nilai/ketukan pada nada”, sehingga siswa terlihat kebingungan. Sebaiknya, guru memberikan penjelasan yang lebih lengkap beserta dengan contohnya. Adapun pada materi teknik penjarian dalam bermain alat musik pianika, guru sudah cukup memberikan penjelasan dan contoh langsung, sehingga siswa dapat mempraktekkan teknik tersebut dengan baik.
Pada akhir video pembelajaran, guru meminta siswa untuk memainkan sebuah lagu. Pada proses ini, guru terlihat berkeliling kelas untuk mengecek siswa. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, agar guru dapat mengecek sejauh mana siswa memahami materi “Memainkan Alat Musik Sederhana” dan juga guru dapat mengoreksi langsung praktek yang sudah dilakukan oleh siswa.
Nama : seri Herdiyanti
NIM : 856332398
Pokjar : jebus
Menurut saya Vidio nya menarik,hanya saja menurut saya sebelum ke materi seorang guru harus membuka pelajaran terlebih dahulu contohnya seperti salam,kenanyakan kabar siswa,mengabsen dan lain2nya.
Untuk pembahasan nya menurut saya yg lebih efektif harus mengajarkan kepada siswa tentang tangga nada terlebih dahulu, dan menghafalkan notasi nya terlebih dahulu sehingga siswa bisa lebih mudah dan cepat bermain pianika.
kalau menurut saya Menghapal notasi angkanya terlebih dahulu baru memainkan vianika