3

Video ini berisi pemecahan masalah bagaimana guru mengajarkan siswa/i berlatih musik ensambel secara klasikal tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik terlebih dahulu. Pada awal pertemuan guru membagikan partitur lagu Burung Tantina dari daerah Maluku dan mempersiapkan alat peraga berupa partitur lagu serta penulisan pola ritmik lagu tersebut untuk ditempel di papan tulis. Pada pembelajaran topik ini guru sering menyuruh anak langsung memainkan lagu dalam partitur tersebut, tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik tersebut.

Akan tetapi, kelemahannya di lapangan adalah tidak semua siswa/i mampu membeli alat musik ritmis maupun melodi. Begitu juga dengan sekolah, tidak semua sekolah mampu menyediakan alat musik tersebut. Oleh sebab itu, seorang guru harus dituntut kreatif agar tujuan pembelajaran tetap dapat dicapai.

Apa yang Saudara lakukan jika di sekolah tempat Saudara mengajar ditemukan kondisi seperti itu?Bagaimana proses pembelajaran yang Saudara terapkan agar siswa/i tetap memperoleh pengalaman memainkan alat musik ritmis dan melodi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ada?

Ditulis oleh: –

Answered question

pada dasarnya alat musik ristis adalah alat musik yang tidak bernada, guru bisa berkreasi dengan meminta siswa untuk memanfaatkan benda-benda yang ada di dalam kelas untuk dijadikan alat musik ritmis. misalnya adalah meja bisa di pukul-pukul dengan ketukan sesuai irama, buku yang di pukul-pukul dengan pensil dan lain-lain. untuk alat musik melodi, pemerintah sudah memberikan dana BOS kepada sekolah-sekolah, yang mana dana tersebut bisa dimanfaatkan untuk pengadaan bahan ajar untuk siswa. Jadi sekolah dapat membeli alat musik melodi sebagai beberapa unint untuk media pengajaran, dan bisa di pakai untuk siswa-siswa yang lain. guru juga bisa mengenalkan alat musik melodi melalui slide dengan menampilkan gambar jenis-jenis alat musik. tidak semua siswa dapat membeli alat musik, untuk siswa yang tidak dapat membeli alat musik, guru bisa mengelompokkan siswa menjadi beberapa kelompok, jadi satu kelompok paling tidak ada alat musik yang bisa di mainkan secara bergantian, sehingga tujuan pembelajaran tetap dapat dicapai.

Beni Sanjaya (856934584)

Pada dasarnya alat musik ritmis ialah sebuah alat musik yang tidak bernada atau nadanya tidak tetap, jadi disini guru dituntut untuk harus kreatif dengan memanfaatkan benda benda yang ada disekitar untuk dijadikan alat musik ritmis seperti dengan memukul meja dengan pensil dan lainnya sedangkan Alat musik melodis adalah alat musik yang biasanya membunyikan melodi di suatu lagu, biasanya alat musik ini tidak dapat memainkan kord secara sendirian. Jadi untuk alat musik melodis biasanya tidak semua siswa mampu membeli alat musik melodis, dan tentunya beberapa sekolah masih minim dengan alat musik melodi, dalam hal ini tentunya guru bisa memanfaatkan dengan sistem pemebelajaran kelompok, dimana tiap kelompok paling tidak ada satu diantaranya yang memiliki alat musik melodis dan dimainkan secara bergantian , sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Pada dasarnya alat musik ritmis ialah sebuah alat musik yang tidak bernada atau nadanya tidak tetap, jadi disini guru dituntut untuk harus kreatif dengan memanfaatkan benda benda yang ada disekitar untuk dijadikan alat musik ritmis seperti dengan memukul meja dengan pensil dan lainnya sedangkan Alat musik melodis adalah alat musik yang biasanya membunyikan melodi di suatu lagu, biasanya alat musik ini tidak dapat memainkan kord secara sendirian. Jadi untuk alat musik melodis biasanya tidak semua siswa mampu membeli alat musik melodis, dan tentunya beberapa sekolah masih minim dengan alat musik melodi, dalam hal ini tentunya guru bisa memanfaatkan dengan sistem pemebelajaran kelompok, dimana tiap kelompok paling tidak ada satu diantaranya yang memiliki alat musik melodis dan dimainkan secara bergantian , sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Menurut saya apabila disekolah tidak ada alat musik ritmis dan melodia
Pertama yang saya lakukan adalah a
:menyiapakan alat dan bahan ajar yg tidak ada disekolah seperti gitar.kemudian menjelaskan perbedaan atara pengertian alat musik ritmis dan melodis .setelah menjelaskan perbedaaan nya kita bisa memberikan contoh langsung dengan benda. Benda yg ada di sekitar kita contoh alat musik ritmis meja, pena dan tepuk tangan . Sedang kan untuk alat musik yg melodis kita bisa menyiapkan gitar dan contoh gambar

Alat melodis lainnya ,kemudian menjelaskan bagaimana cara memainkannya. Setelah penjelassan selesai kita bisa membentuk beberapa kelompok anak untuk belajar memainkan alat musik melodis dan ritmis secara bergantian .sehingga tujuan pembelajaranpun tercapai .

Yang pertama kita menjelaskan kepada siswa apa perbedaan alat musik ritmis dan melodis agar siswa tau perbedaannya dan menggunakan media seadanya yang ada dsekitar untuk melakukan praktek pengenalan alat musik ritmis dan melodis