Video dimulai dengan gambaran suasana kelas TK/PAUD dimana anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema. Untuk menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, saat didepan anak-anak Guru dapat mengatakan kepada anak  untuk berkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak dapat berterus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugasnya. Kegiatan yang dilakukan tersebut dapat dilakukan untuk menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan Guru membantu menempelkan penjepit di bajunya.
Begitu juga saat Guru meminta anak untuk memperhatikan arahan Guru saat Guru menunjukkan cara membentuk suatu benda misal bunga dari plastisin. Anak dapat diarahkan untuk menunjukkan sendiri hasil kerjanya, bukan hasil kerja temannya, sehingga Guru dapat mengecek hasil kerja anak didiknya dan memberikan pujian atau arahan dengan kata-kata yang mudah dipahami anak.
Nah, setelah melihat video dan membaca sinopsis di atas, marilah teman-teman mendiskusikan bersama pertanyaan berikut terkait dengan tayangan video tersebut.
1. Menurut Anda tuliskan apakah kekurangan dan kelebihan dari video penggunaan penjepit untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini? Apakah Anda pernah melakukan hal yang sama dengan yang ada dalam video tersebut untuk mengajarkan kejujuran pad AUD?
2. Menurut Anda, bagaimana cara untuk memperbaiki kekurangan dari video tersebut? Jelaskan alasan dari solusi yang Anda sarankan tersebut? Jelaskan alasannya secara singkat dan jelas!
3. Jelaskan, menurut Anda, selain menggunakan penjepit, media lain apa saja yang dapat digunakan guru untuk menanamkan kejujuran pada murid anak usia dini Anda? Langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan guru saat menggunakan media yang Anda sarankan tersebut untuk menanamkan kejujuran kepada anak didik PAUDnya? Jelaskan dengan contoh.
4. Menurut Anda apakah lebih mudah mengajarkan cara menanamkan kejujuran dibandingkan dengan mengajarkan aspek pengembangan lain seperti kognitif dan bahasa? Apakah alasan dari jawaban anda? Jelaskan pendapat Anda dengan contoh.
5. Tuliskan satu kegiatan belajar yang pernah atau akan Anda lakukan untuk menanamkan kejujuran pada anak didik Anda yang berusia dini, bisa seperti suatu perencanaan mengajar.
6. Menurut Anda hal apa saja yang dapat membantu menanamkan kejujuran pada anak didik Anda di sekolah?
Terima kasih atas jawaban dan partisipasi Anda dalam forum diskusi ini. Selamat mengerjakan!


1. kekurangan video tersebut adalah guru kurang memperhatikan hasil kerja anak dan kelebihan nya adalah guru dapat menjelaskan dengan baik tentang tugas yang di berikan. saya mengajarkan hal yang sama untuk megerjakan tugas yang harus di selesaikan dan tidak boleh di kumpulkan sebelum selesai.
2. untuk memperbaiki kekurangan video tersebut, guru dapat lebih kreatif dengan tugas anak yang di berikan sesuai dengan minat anak, agar anak lebih antusias dalam mengerjakan tugas nya.
3. untuk menanamkan kejujuran pada anak kita sebagai guru bisa menggunakan media yang lain seperti boneka yaitu dengan cara :
Kegiatan: Panggung boneka
– Guru memainkan boneka tangan dengan tokoh si jujur dan si pembohong.
– Tokoh si jujur mencerminkan perilaku yang tidak berbohong, menghargai miliki teman, mengembalikan benda yang bukan miliknya, mengakui kesalahannya, meminta izin bila menggunakan benda orang lain.
– Setelah selesai bersama anak mendiskusikan
ï‚§ Pengertian jujur menurut anak
ï‚§ Mengapa harus jujur
ï‚§ Contoh perilaku jujur dan tidak jujur
Penanaman sikap tidak sekedar memberi pengetahuan baik dan buruk tetapi lebih pada menumbuhkan kesadaran dan menerapkan akan nilai baik dan buruk dalam perilaku sehari-hari. Oleh karena itu penanaman sikap harus dilakukan secara lembut dan menyenangkan. Suasana dan lingkungan yang aman dan nyaman, perlu diciptakan dalam proses penanaman nilai-nilai sikap.
Untuk memperdalam pemahaman sikap yang diharapkan, setiap nilai sikap yang telah dimasukan ke dalam rencana pembelajaran harus diterapkan secara berkelanjutan.
4. menurut saya menamkan sifat kejujuran adalah hal yang lumayan sulit di tanamkan ke anak, karena jujur merupakan karakter yang harus terus menerus di lakukan sepanjang kehidupan manusia dari lahir sampai ke liang lahat. Di bandingkan pembelajaran kognitif seperti berhitung, membaca, dan menulis. Sifat jujur harus di lakukan berdasarkan dengan hati nurani, bahwa jujur adalah prilaku terpuji dan berpahala.
5. contoh kegiatan belajar bermain peran, masuk di tema pekerjaan, dalam tema pekerjaan banyak profesi-profesi untuk mencari nafkah atau uang agar menyambung hidup.
Dalam tema pekerjaan harus di jelaskan pekerjaan yang boleh di lakukan dan tidak boleh di lakukan.
Pekerjaan yang boleh di lakukan antara lain seperti polisi,tentara, guru, bidan, perawat, dokter,petani dll.
Pekerjaan yang tidak boleh di lakukan adalah mencuri, merampok, menipu.
6. 1. Berikan pemahaman mengenai pentingnya bersikap jujur
2. Jadilah contoh yang baik
3. Ajarkan kejujuran melalui kisah-kisah orang lain
4. Jangan langsung memberi hukuman jika anak berbohong
5. Tanamkan pendidikan agama
6. Dorong mereka untuk mencari teman yang jujur

1.kekurangan dari vidio diatas guru sudah mampu menguasai kelas dengan baik
2.sebagai guru kita dapat menjelaskan apa yg dimaksud denngan kejujuran agar anak lebih paham mengapa harus anak di tanamkan nilai kejujuran sejak dini
3.melatih kejujuran AUD dapat menggunakan berbagai media contonya degan menggunakan stempel berbintang
4.tidaklah mudah…perlu adanya kerja sama antara guru dan orang tua siswa
5.sebelum guru memulai pembelajaran guru menanyakan kepada anak siapa yang tadi malam belajar,dsini akan dilihat anak sikap keju juran terhadap anak
6.jika anak tidak menyelesaikan kegiatan pembelajarannya.bimbinglah anak tersebut dgn baik jangalah memarahinya

1. kekurangan video tersebut adalah guru kurang memperhatikan hasil kerja anak dan kelebihan nya adalah guru dapat menjelaskan dengan baik tentang tugas yang di berikan. saya mengajarkan hal yang sama untuk megerjakan tugas yang harus di selesaikan dan tidak boleh di kumpulkan sebelum selesai.
2. sebagai guru kita dapat menjelaskan apa yang dimaksud dengan kejujuran agar anak lebih pahama mengapa harus anak di tanamkan nilai kejujuran sejak dini
3. dapat menggunakan stempel bintang
4. tidaklah mudah, perlu adanya kerja sama antara guru dan orang tua
5. sebelum guru memulai pelajaran guru menanyakan kepada anak siapa yang tadi malam belajardisini akan dilihat sikapa kejujuran anak.
6. jka anak tidak menyelesaikan kegiatan pembelajarannya bimbinglah anak tersebut dengan baik janganlah memarahinya.

1. A. Kekurangan video penjepit jemuran tersebut adalah ketika memberikan apersepsi atau pembuka cakrawala tentang kejujuran kepada anak belum mendalam. Bisa diawali dengan makna kejujuran itu sendiri dan contoh dalam kehidupan sehari-hari kita.
Kelebihan video tersebut adalah tujuan pembelajaran tercapai yaitu jujur ketika selesai mengerjakan kegiatan.
B. Saya belum pernah melakukannya seperti yang divideo tersebut.
2. Cara memperbaikinya adalah
A. Memulai kegiatan dengan berdoa.
B. Setelah persiapan lingkungan main, kita mulai kegiatan dengan apersepsi/pembuka cakrawala mengenai kejujuran dengan memberikan contoh sederhana misalnya bertanya kepada anak, sebelum pergi ke sekolah sudah salaman/pamit sama orang tua atau belum.
C. Informasi mengenai tema, kegiatan inti, aturan bermain dan lamanya waktu bermain.
D. Saat kegiatan mewarnai dengan berfokus pada anak, guru mengawasi dan memberikan stimulus pada anak secara bergiliran.
E. Mendokumentasikan kegiatan anak dapat berupa anekdot, memfoto atau video anak sesuai kebutuhan atau memberikan penjepit jemuran sebagai tanda selesai mengerjakan.
F. Melakukan penilaian secara sederhana dengan memberikan lambang bintang 12 atau 3.
G. Membereskan peralatan yang sudah digunakan bersama-sama.
G. Kegiatan penutup, recalling kegiatan, memberikan pujian kepada anak yang tertib dan motivasi kepada anak yang belum selesai dalam kegiatan.
Alasan dari cara yang saya paparkan adalah diharapkan runtutan kegiatannya tersusun sesuai dengan standar operasional.
3. Selain penjepit, media yang dapat digunakan guru untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini adalah dapat berupa lambang bintang atau senyuman ☺ï¸ðŸ˜Š.
Langkah-langkah menggunakan media tersebut adalah memberikan lambang bintang/senyuman kepada anak yang sudah selesai mengerjakan tugas dengan menempel gambar tersebut pada pakaian/tangan anak tersebut.
4. Belum tentu mudah atau sulit mengajarkan cara menanamkan kejujuran kepada anak.
Alasannya adalah karakteristik anak berbeda-beda sesuai dengan latar belakang ekonomi, sosial, lingkungan juga kelemahan dan kelebihan anak tersebut sehingga anak pun berbeda-beda menerima pembelajarannya. Selanjutnya kejujuran merupakan salah satu kemampuan perilaku yang berkaitan dengan sosial emosional seorang anak maka pembentukan rasa kejujuran ini juga membutuhkan proses secara bertahap sesuai perkembangan anak.
Contohnya ketika ada anak yang menumpahkan air, kita dapat melihat kejujuran dari mereka, siapa yang menumpahkannya.
5. Kegiatan belajar yang akan direncanakan/ dilaksanakan pada anak usia dini untuk menanamkan kejujuran adalah membersihkan lingkungan sekitar kelas atau membereskan peralatan juga mengakui kesalahan bila mengganggu/membuat teman tidak nyaman.
6. Hal yang dapat membantu menanamkan kejujuran pada anak adalah
A. Selalu memotivasi anak bahwa bila kita jujur akan disayang Allah Dan mendapat pahala.
B. Dalam bersosialisasi disukai teman-teman.
C. Selalu memberi pujian bila anak melakukan kejujuran.
Yulianti
Nim:859131877
1.kekuranganya adalah guru kurang memperhatikan hasil kerja anak
Kelebihanya adalah Guru dapat menjelaskan tugas atau kegiatannya denga baik,serta menguasai kelas
2.sebagai guru kita harus menjelaskan tentang apa itu kejujuran.
3.media lainya dapat menggunakan media stiker binatang
4.menurut saya…tidaklah mudah untuk menanamkan kejujuran terhadap anak.
5.memberikan contoh yg bisa termotivasi pada anak melalui bercerita.
Nama Sri wijiati
NIM: 857675063
– menurut saya kegiatan pada Vidio tersebut cukup menarik untuk menumbuhkan sikap kejujuran pada anak usia dini. Melalui penjepit jemuran anak akan lebih tertarik dan memiliki antusias untuk bersikap jujur, karena pada anak usia dini belum memahami tentang arti kejujuran itu sendiri.
– guru dapat mengajarkan anak tentang kejujuran secara sederhana, dengan contoh-contoh yang sederhana, serta memberikan gambaran sederhana kepada anak bagaimana akibat jika seseorang tidak memiliki sikap kejujuran.
-guru dapat menggunakan media lain untuk melatih kejujuran anak. Misalnya guru dapat menggunakan stempel bergambar bintang, setelah anak dapat menyelesaikan pekerjaan nya guru dapat memberikan stempel pada tangan anak.
– mengajarkan sikap kejujuran pada anak usia dini tidak mudah. Karena harus dapat bekerja sama dengan pihak keluarga, wali murid khususnya orang tua di rumah.
-setiap awal kegiatan guru selalu bertanya kepada anak, sudahkah anak melakukan kegiatan rutin sebelum berangkat ke sekolah seperti,mandi, godok gigi, sarapan pagi,dan pamit kepada orang tua sebelum berangkat ke sekolah.
-guru setiap awal kegiatan menyakan kepada anak sudahkah anak mandi, gosok gigi, sarapan pagi,dan pamit kepada orang tua.
1. Menurut saya dalam kegiatan tersebut sangat menarik untuk anak menumbuhkan sikap jujur anak melalui penjepit jemuran anak akan lebih semangat dalam hal apapun dan sangat bagus untuk anak
2. Menurut sayq guru harus lebih mengajarkan kepada anak-anak tentang kejujuran
3. Selain penjepit jemuran bisa menggunakan tutup botol yang di berikan gambar senyuman dalam tutup botol itu anak akan lebih tertarik dan dapat mengekspresikan perasaannya serta akan mencerminkan sikap jujur nua jika anak tersebut mengambil tutup botol yang sedang tersenyum
4. Menurut saya menanamkan sikap jujur itu sangat sulit untuk anak, karena hal itu merupakan karakter anak yang harus terus menerus dilakukan sepanjang kehidupan.
5. Dalam bermain peran sebagai profesi misalkan anak dikenalkan dengan pekerjaan yang boleh dan tidak boleh dilakukan
6. -Mengenalkan dan menceritakan malaikat yang mencatat amal yang baik dan buruk
– mencerminkan sikap percaya diri
– serta jangan sering memarahi anak
Kelebihannya yaitu pembelajaran sudah sesuai dengan tema. Punya guru telah menerangkan atau menjelaskan dengan baik sehingga anak mudah memahami tugas yang akan dikerjakannya.
Kekurangannya yaitu guru kurang melakukan pendekatan terhadap anak pada saat pembelajaran. Selain itu terdapat terlalu banyak anak dalam satu kelas sehingga pembelajaran kurang efektif.
Solusi atau cara memperbaiki kekurangannya yaitu seharusnya guru lebih mendampingi anak secara dekat sehingga dapat membantu anak yang kesulitan dalam mengerjakan tugas. Selain itu juga harus mengurangi jumlah volume anak dalam satu kelas yaitu 1:15
Media lain selain penjepit yang dapat digunakan guru untuk menanamkan kejujuran pada anak bisa menggunakan stempel Bintang.
Langkahnya yaitu bagi anak yang jujur akan mendapat stempel bintang sebagai penghargaan.
Menurut saya lebih mudah menanamkan aspek pengembangan lain seperti kognitif dan bahasa karena menanamkan kejujuran merupakan aspek pengembangan moral yang mana pengembangan moral merujuk pada tindakan atau perilaku seseorang yang memiliki nilai positif dengan harapan moral dapat menjadi kemampuan untuk hidup secara harmonis dengan manusia dan makhluk lainnya.
Guru Setiap awal kegiatan menanyakan pada anak sedangkan anak mandi dan menggosok gigi sebelum berangkat?
Menurut saya hal yang dapat membantu menanamkan nilai kejujuran pada anak yaitu membuang sampah pada tempatnya, ketika ada anak yang menumpahkan air kita dapat melihat kejujuran dari mereka siapa yang menumpahkannya, mengakui kesalahan jika mengganggu teman.

1. kekurangan video tersebut adalah guru kurang memperhatikan hasil kerja anak dan kelebihan nya adalah guru dapat menjelaskan dengan baik tentang tugas yang di berikan. saya mengajarkan hal yang sama untuk megerjakan tugas yang harus di selesaikan dan tidak boleh di kumpulkan sebelum selesai.
2. sebagai guru kita dapat menjelaskan apa yang dimaksud dengan kejujuran agar anak lebih pahama mengapa harus anak di tanamkan nilai kejujuran sejak dini
3. dapat menggunakan stempel bintang
4. tidaklah mudah, perlu adanya kerja sama antara guru dan orang tua
5. sebelum guru memulai pelajaran guru menanyakan kepada anak siapa yang tadi malam belajardisini akan dilihat sikapa kejujuran anak.
6. jka anak tidak menyelesaikan kegiatan pembelajarannya bimbinglah anak tersebut dengan baik janganlah memarahinya.

kelebihan dari video tersebut dengan tujuan untuk melatih kejujuran anak guru sangat kreatif menggunakan media sederhana yaitu penjepit jemuran, kekurangannya dalam video tersebut ketika bermain membentuk permainan 3 dimensi menggunakan lilin mainan kenapa guru harus memberikan contoh cara membentuknya, kenapa tidak membiarkan anak berimajinasi senidiri membentuk karya sesuai dengan keinginannya masing-masing,dan tentunya dengan tema yang sudah di tetapkan.
seharusnya guru tidak memberikan contoh apapun dalam pembuatan karya anak seperti di video tersebut bermain dengan membentuk karya 3 dimensi , solusi nya , kita kenalkan tema terlebih dahulu kepada anak,dan membawa anak melihat langsung tumbuhan atau bunga-bunga yang ada di sekitar lingkungan sekolah, biarkan anak berimajinasi dengan media yang disediakan oleh guru untuk membuat hasil karya nya sesuai dengan keinginan anak
selain menggunakan penjepit jemuran untuk melatih kejujuran anak, masih banyak media yang bisa guru berikan terhadap anak contoh nya seperti menggunakan buku cerita “kelinci yang jujur” bisa diperaktikan dengan menggunakan jari tangan dan boneka jari, langkahnya dengan bercerita tentang kelinci yang jujur dalam buku cerita yang akan guru bacakan.dengan mendengarkan cerita tersebut diharapkan nilai-nilai kejujurannya melekat dalam diri anak.
untuk menanamkan kejujuran pada anak ataupun menanamkan aspek perkembangan lainnya itu akan terasa mudah jika guru mempunyai perencanaan yang sistematik dalam kegiatan yang akan dikembangkan, dengan menyiapan media yang akan di gunakan,bagaimana cara penggunaannya, dan tahap-tahap persiapan itu harus guru rencanakan terlebih dahulu .
kegiatan menanamkan sikap jujur kepada anak yang pernah dilakukan di lembaga saya salah satunya yaitu dengan bercerita tentang “kelinci yang jujur” menggunakan media buku cerita, dan boneka jari yang berbentuk binatang. karena itu disesuaikan dengan tema pembahasan yaitu binatang.
cara menanamkan sikap jujur terhadap anak yang saya lakukan diantaranya adalah, memperkenalkan sikap kejujuran,jadi role model,apresiasi kejujuran,hindari memberi label “pembohong” , ajarkan anak untuk berprilaku sopan santun untuk menghargai kejujuran
Menurut saya cara menanamkan kejujuran pada anak dengan menggunakan penjepit jemuran sebagai hadia itu sudah baik, sebuah penjepit akan memotivasi anak agar terus semangat mengikuti pelajaran dan arahan yang diberikan guru di sekolah saat belajar.
Anak adalah seorang peniru sebaiknya guru juga harus bisa menjadi sosok pemberi contoh yang baik bagi anak.
Media yang bisa digunakan dalam penanaman kejujuran di tk, bisa menggunakan buku cerita, mainan, kalung, dan stiker dengan berbagai gambar.
Menurut saya menanamkan kejujuran itu lebih sulit dari pada mengembangkan aspek-aspek yang lain, karna kejujuran itu adalah hal yang paling penting bagi seseorang, contoh ketika kita jujur orang pasti banyak yang suka, tetapi ketika satu kali saja kita berbohong lalu kita jujur orang pasti tidak akan percaya lagi.
Salah satu kegiatan penanaman kejujuran disekolah kami dengan menggunakan buku cerita tentang para nami, anak-anak sangat menyukainya.
Memberikan contoh yang baik pada anak, memberikan motivasi-motivasi lewat cerita dan hadiah, jangan di hujat jika anak salah, berikanlah pengertian yang baik.
-Menurut saya kegiatan pada vieo tersebut cukup menarik untuk menumbuhkan sikap kejujuran pada anak usia dini.Melalui penjepit jemuran anak akan lebih tertarik dan memiliki antusias untuk bersikap jujur,karena pada anak usia dini blm memahami tentang arti kejujuran itu sndri.
-Guru dapat mengajarkan anak tentang kejujuran secara sederhana,dengan contoh contoh yang sederhana,serta memberikan gambaran sederhana kepada anak bagaimana akibat jika seseorang tidak memiliki sikap kejujuran.
-Guru dapat menggunakan media lain untuk media lain untuk melatih kejujuran anak. Misalnya guru dapat mengguakan stampel bergambar bintang,setelah anak dapat menyelesaikan pekerjaannya guru dapat memberi stampel pada tangan anak.
-Mengajarkan sikap kejujuran kepada anak usia dini tidak mudah.karena harus dapat bekerja sama dengan pihak keluarga,wali murid khususnya orang tua dirumah.
-Setiap awal kegiatan guru selalu bertanya kepada anak,sudahkah anak melakukan kegiatan rutin sebelum berangkat ke sekolah seperti, mandi,gosok gigi,sarapan pagi,dan pamit kepada org tua sblm berangkat sekolah.
-Guru setiap awal kegiatan menanyakan pada anak sudahkan anak mandi,gosok gigi,sarapan pagi dan pamit pada keluarga sebelum berangkat sekolah.