- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.

Mohon ijin untuk menanggapi video pembelajaran yang berjudul “ Mari Contoh Yang Baik”. Tanggapan yang saya sampaikan terkait dengan tagihan dari mata kuliah.
Hal-hal yang dapat saya pelajari dari video tersebut adalah penerapan metode pembelajaran bermain peran format talk show ketika siswa belajar mengenai topik fenomena sosial dan permasalahannya, khususnya mengenai peredaran narkotika di kalangan remaja. Nampak dalam video tersebut anak-anak sangat antusias dan kreatif ketika bermain peran. Dari segi penyampaian pun nampak anak-anak dapat memahami materi pelajaran yang sedang mereka pelajari. Dalam video tersebut guru memberikan kesempatan pada anak untuk menampilkan kreativitasnya saat sedang berperan baik sebagai orang tua, polisi, maupun pemakai narkoba.
Manfaat yang saya dapat setelah mengamati video pembelajaran tersebut adalah tentang langkah-langkah yang baik dilaksanakan ketika akan mengajak anak-anak untuk menerapkan metode pembelajaran bermain peran. Dengan penerapan metode ini nantinya di sekolah saya mengajar diharapkan mampu membuat suasana belajar menjadi lebih hidup dan menyenangkan.
Adapun masukan yang bisa saya sampaikan terkait video tersebut terkait pembentukan kelompok agar guru memberi arahan yang jelas.
Nama : Ni Putu Evi Yupani
NIM : 530058073
Setelah mencermati video tentang “Mari Contoh yang Baik” ada beberapa hal yang saya pelajari dan sangat bermanfaat menambah wawasan dan pengetahuan seperti bagaimana cara guru untuk mengatasi kesulitan dalam mengajarkan materi IPS khususnya tentang fenomena social dan permasalahannya adalah dengan menggunakan strategi bermain peran. Dimana menggambarkan seorang guru melakukan persiapan dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok sesuai dengan perannya. Melalui metode bermain peran, para siswa diajak untuk memahami topik fenomena sosial dan permasalahannya, khususnya mengenai peredaran narkotika di kalangan remaja. Dengan metode bermain peran, siswa dapat lebih menyelami dan memahami topik tersebut. Dalam tayangan video, guru menggunakan format talk show yang diperankan oleh para siswa sebagai orangtua, pelaku narkoba dan pengedar, dan ada satu siswa yang menjadi moderator untuk mengarahkan jalannya talk show tersebut. Setelah session talkshow guru memberi simpulan bahwa jauhi narkoba, tingkatkan belajar sehinga kita tahu mana baik dan buruk, lakukan hal hal yang bermanfaat serta jangan lupa beribadah. Dengan bermain peran, pembelajaran IPS dapat lebih hidup dan tidak membosankan.
Saran dan masukan, sebaiknya guru melakukan apersepsi untuk mengaitkan apa yang telah diketahui siswa dengan apa yang akan dipelajari siswa, serta memotivasi siswa untuk semangat mengikuti pembelajaran.
Terima kasih.