- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.

Mencermati Video pembelajaran yang berjudul “Mari Contoh yang Baik”
Hal- hal yang dapat dicermati dari video tersebut adalah :
1). Kelebihan/kekurangan guru yang terdapat dalam video tersebut :
Kelebihan :
- Guru sudah membagi siswa ke dalam empat kelompok . Masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang anggota sesuai dengan perannya.
- Guru menggunakan format talk show atau metode bermain peran yang diperankan oleh para siswa sebagai orang tua, pelaku narkoba dan pengedar sehingga siswa terlibat langsung dalam lingkungan sekitar serta permasalannya.
- Dalam proses PBM sudah terjadi interaksi yang sangat baik antara guru dan siswa sehingga suasana kelas sangat menyenangkan dan sangat menarik perhatian siswa dalam mempelajari fenomena sosial yang terjadi dalam kehidupan siswa.
- Dengan metode bermain peran, siswa dapat memahami mengenai materi dan kejadian di lingkungan sekitar serta permasalahannya, khususnya mengenai peredaran narkotika di kalangan remaja.
- Dengan metode bermain peran, pesan/materi pembelajaran lebih cepat dimengerti oleh siswa.
Kekurangan :
– Guru belum menyampaikan apersepsi dalam pembelajaran.
– Guru belum menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa dengan tujuan agar siswa memiliki gambaran kemampauan yang harus dikuasi dalam pembelajaran tersebut.
2) Manfaat dari mencermati video tersebut adalah :
– Dapat meningkatkan pengetahuan kita sebagai pendidik untuk mengimplementasikan penggunakan metode bermain peran pada pembelajaran IPS khususnya di sekolah dasar. Metode tersebut kelihatan lebih hidup dan tidak membosankan karena siswa sudah terlibat langsung dalam perannya sehingga siswa dapat mengetahui fenomena alam dan permasalahannya di lingkungan sekitarnya.
– Dapat memberikan pengalaman kepada peserta didik untuk merasakan suatu keadaan tertentu/ fenomena social serta permasalahannya.
3) Masukan/Saran :
-Seharusnya guru menyampaikan apersepsi terlebih dahulu kepada siswa yaitu mengaitkan apa yang telah diketahui atau di alami dengan apa yang akan dipelajari.
– Sebelum penyampaian materi pokok, guru sebaiknya menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa agar siswa memiliki gambaran kemampuan yang harus dikuasi dalam pembelajaran tersebut.
Sekian dan terima kasih.
Nama : Ni Putu Evi Yupani
NIM : 530058073
Setelah mencermati video tentang “Mari Contoh yang Baik” ada beberapa hal yang saya pelajari dan sangat bermanfaat menambah wawasan dan pengetahuan seperti bagaimana cara guru untuk mengatasi kesulitan dalam mengajarkan materi IPS khususnya tentang fenomena social dan permasalahannya adalah dengan menggunakan strategi bermain peran. Dimana menggambarkan seorang guru melakukan persiapan dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok sesuai dengan perannya. Melalui metode bermain peran, para siswa diajak untuk memahami topik fenomena sosial dan permasalahannya, khususnya mengenai peredaran narkotika di kalangan remaja. Dengan metode bermain peran, siswa dapat lebih menyelami dan memahami topik tersebut. Dalam tayangan video, guru menggunakan format talk show yang diperankan oleh para siswa sebagai orangtua, pelaku narkoba dan pengedar, dan ada satu siswa yang menjadi moderator untuk mengarahkan jalannya talk show tersebut. Setelah session talkshow guru memberi simpulan bahwa jauhi narkoba, tingkatkan belajar sehinga kita tahu mana baik dan buruk, lakukan hal hal yang bermanfaat serta jangan lupa beribadah. Dengan bermain peran, pembelajaran IPS dapat lebih hidup dan tidak membosankan.
Saran dan masukan, sebaiknya guru melakukan apersepsi untuk mengaitkan apa yang telah diketahui siswa dengan apa yang akan dipelajari siswa, serta memotivasi siswa untuk semangat mengikuti pembelajaran.
Terima kasih.