0

Simaklah video dengan mengklik link: http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/live-oral-story-telling

Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam menghadapi rasa bosan atau tidak fokus siswa Sekolah Menengah Pertama dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Dalam penggalan video pertama, nampak siswa bosan dan tidak fokus dengan metode pembelajaran yang diberikan guru (meminta siswa membaca cerita secara bergantian). Kemudian dalam penggalan video selanjutnya, terlihat bagaimana guru memberikan variasi kegiatan baik dengan metode maupun suasana kelas yang baru. Guru mendongengkan cerita dan memberikan latihan yang menarik untuk siswa.

Selanjutnya, berilah tanggapan Anda mengenai video yang telah Anda tonton dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Answered question

kelebihan :
– guru cukup ekspresif dalam bercerita.
-posisi duduk dengan cara lesehan melingkar bagus untuk metode story telling ini.
– dalam kegiatan avaluasi guru memberikan tugas menyusun gambar sesuai dengan cerita yang diberikan.

kekurangan ;
– dalam kegiatan pendahuluan guru tidak menyampaikan tujuam materi pembelajaran.
– guru tidak mempersilahkan siswa nya untuk berdoa terlebih dahuluu sebelum belajar.
– kurang tepatnya beberapa pronounciation dalam bercerita.

Pendapat saya setelah saya melihat video pembelajaran dengan judul diatas, adalah :
Dilihat di awal pembukaan , guru memberikan salam dan menanyakan kabar kepada siswa adalah sangat baik, dimana siswa sangat membutuhkan perhatian guru. Penyampaian materi berupa cerita menurut saya adalah hal yang efektif dan menyenangkan dimann seperti kita ketahui bersama bahwa sebagian besar anak didik sangat menyukai dongeng.
Kreatifitas guru dalam mengkondisikan kelas patut di banggakan, dengan duduk memutar dan mendemonstrasikan isi cerita dengan di ikuti bahasa tubuh dan gerak yang dinamis sesuai dengan isi cerita. Dengan demikian guru lebih mengetahui satu persatu wajah dan expresi anak anak pada saat proses pembelajaran berlangsung guna mengetahui apakah mereka memahami materi yang sedang disampaikan.
Kegiatan evaluasi juga sudah baik, denganmenayakan isi cerita melalui work sheet dan menyusun gambar sesuai dengan susunan cerita ( layaknya permainan puzzle ). Kita ketahui belajar sambil bermin pun masih sangat di sukai di usia anak didik di bangku SMP.
Kekurangan dalam video ini adalah tidak berdoa di awal pembelajaran, tidak ada ulasan atas pelajaran yang di sajikan sebelumnya. Hal ini penting untuk selalu mengingatkan pelajaran apa saja yang sudah mereka dapat agar anak didik semakin ingat dan memahami.
Saran saya tentang cerita yang disampaikan ke anak didik hendaklah yang isi ceritanya mengandung pesan edukatif dan pilihlah cerita yang tidak terlalu panjang, hal ini untuk menghindari rasa bosan siswa. Memilih cerita yang penggunaan bahasanya sesuia dengan level mereka agar dapat di pahami.
Adanya tampilan slide atau video yang di sajikan kesiswa akan sangat menyenangkan lagi. Atau pada saat bercerita , guru menggunakan boneka tangan atau alat peraga lain guna lebih menarik perhatian siswa terhadap isi cerita dan memahami materi yang disampaikan.
Di penghujung cerita meminta anak didik untuk menyusun kosa kata apasaja yang belum mereka tahu artinya dan tugas guru untuk mengartikan , atau siswa di minta mencarinya di kamus, dsb. pembelajaran jangan lupa untuk menanyakan pemahaman siswa atas pelajaran yang sudah disampaikan dan akhirilah dengan doa , agar setiap proses pembelajaran menghasilkan ilmu yang manfaat.
Demikian pendapat saya, mohon maaf bila ada saran dan kritik yang kurang berkenan .
Salam semangat mencerdaskan kehidupan bangsa. Terimakasih.

Ya saya setuju dengan ibu sulis rini, bahwa di video live oral story telling guru sudah sangat baik dalam pembukaan pembelajaran ada nya pertanyaan kondisi apa kabar . Murid akan merasa di perhatikan guru dan ketika membaca dongeng body language pun ikut berekspresi.