18

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Ditulis oleh: Muchtar M Noor

Masih banyak ditemukan siswa yang mempunyai kesalahan konsep terkait matematika, atau biasa disebut miskonsepsi matematika. Jika konsep  salah yang siswa miliki tidak perbaiki maka akan menjadi pengetahuan dasar yang sulit untuk dihilangkan.

  1. Bagaimana usaha yang saudara guru lakukan agar siswa terhindar dari miskonsepsi perkalian?
  2. Jika ditemui siswa sudah memiliki konsep perkalian yang benar, kemudian siswa dihadapkan pada soal pemecahan masalah mereka akan bingung dan bahkan sampai menghasilkan konsep yang salah. Apa yang saudara guru lakukan agar hal ini tidak terjadi?

 

Answered question

Melakukan pendekatan pada siswa kemudian mencari masalah kemudian mealkukan konsultasi secara pribadi.

Konsep perkalian sudah diajarkan mulai kelas 2 untuk kurikulum 2013, agar anak tidak mengalami miskonsepsi perkalian maka sejak kelas 2 sudah diajarkan konsep perkalian yang benar. Untuk level 2 untuk mengajarkan konsep matematika, maka guru bisa menggunakan benda konkret terdahulu. Ditekankan bahwa perkalian adalah pertambahan yg diulang jadi anak tidak akan bingung apabila lupa akan hasil perkalian. Mereka dapat menggunakan gambar untuk menghitung perkalian. Di level ini sudah diajarkan konsep perkalian untuk memecahkan masalah secara sederhana. Untuk membuat pelajaran matematika lebih menyenangkan maka dapat dibuat bahan manipulatif sebagai media pembelajaran
Untuk level kelas atas yaitu mulai kelas 4, anak-anak sudah mempunyai memori yang kuat akan perkalian. Disini diajarkan konsep perkalian untuk memecahkan problem masalah yang lebih tinggi levelnya. Bahkan harus sering dilakukan latihan menggunakan konsep matematika untuk pemecahan masalah.
Anak yang sudah paham konsep perkalian dengan benar harus juga kita perhatikan, jangan sampai konsep perkalian yang kita kenalkan membingungkan siswa yang sudah paham. Perlu dirancang rencana pembelajaran yang memfasilitasi semua siswadari yang belum paham sama sekali sampai yang sudah paham

1.Menanamkan konsep perkalian berupa penjumlaham berulang-ulang yg dpt ditulis dipapan tulis ataupun menggunakan benda konkret dengan bahasa yg mudah di fahami anak-anak.
2. Untuk soal pemecahan masalah sebaiknya meminta siswa memahami isi dan maksud dari soal terlebih dl.. agar tdk salah konsep,, kalaupun ada sebaiknya guru memberikan pemahaman.

ARIFAN DIAN GUSTAF
NIM 836750171

1.yang akan saya lakukan adalah menanamkan pemahaman konsep yang mudah dipahami dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari karena anak sd terutama kelas rendah lebih cepat memahami hal hal yang bersifat secara langsung dilakukan atau dihitung secara langsung contoh : jika ada soal ayah membeli 2 kantung buah jeruk masing masing kantung terdapat 3 buah jeruk kita sebagai guru ambil inisiatif secara langsung ambil kantung plastik kemudian ambilah batu yang dibaratkan jeruk sejumlah 3 buah maka anak langsung bisa menghitung jumlah keseluruhan
Atau bisa dengan penjumlahan berulang

2.sebaiknya kita sebagai guru membimbing anak tersebut agar tidak salah pemahaman dalam memahami konsep yang kita ajarkan dan jika ada yang salah kita memberitahu secara langsung kepada anak didik kita

ARIFAN DIAN GUSTAF
NIM 836750171

1.yang akan saya lakukan adalah menanamkan pemahaman konsep yang mudah dipahami dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari karena anak sd terutama kelas rendah lebih cepat memahami hal hal yang bersifat secara langsung dilakukan atau dihitung secara langsung contoh : jika ada soal ayah membeli 2 kantung buah jeruk masing masing kantung terdapat 3 buah jeruk kita sebagai guru ambil inisiatif secara langsung ambil kantung plastik kemudian ambilah batu yang dibaratkan jeruk sejumlah 3 buah maka anak langsung bisa menghitung jumlah keseluruhan
Atau bisa dengan penjumlahan berulang

2.sebaiknya kita sebagai guru membimbing anak tersebut agar tidak salah pemahaman dalam memahami konsep yang kita ajarkan dan memberitahu secara langsung jika terdapat kesalahan dalam mengerjakan serta membenarkannya