- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Assalamualaikum, saya akan mencoba menanggapi pertanyaan dalam video ini:
1. Kelebihan dan Kelemahan dalam video
a. Kelebihan Video tersebut adalah pada tayangan kedua video tersebut menceritakan solusi bagaimana kalau ada siswa yang datang terlambat, tidak mengerjakan tugas, dan berpakaian tidak rapi dengan membuat kontrak kerja setiap siswa. apabila ada siswa yang tidak mematuhi kontrak kerja tersebut maka siswa diberikan sanksi pengurangan poin. Kontrak kerja tersebut harus dibuat bersama-sama siswa dan guru. Jadi ketika ada pelanggaran kontrak kerja maka siswa sudah mengetahui apa yang akan diterimanya.
b. Kelemahan guru dalam video tersebut adalah sebagai berikur:
1) Pada waktu ada siswa yang datang terlambat guru langsung menanyakan kepada siswa dengan intonasi bahasa yang kuat dan didengar oleh seluruh siswa.
2) Banyak siswa yang tidak mengumpulkan tugas disebabkan metode pembelajaran yang diberikan guru tidak disukai siswa.
3) Guru melihat siswa laki-laki dan perempuan yang tidak berpakaian rapi, lamgsung diberikan teguran di tempat dan di muka umum yang menyebabkan siswa malu.
2. Saya pernah mengalami peristiwa semacam ini pada saat saya mengajar pelajaran matematika di jam siang, ada seorang anak yang baru masuk kelas padahal saya sudah memulai pelajaran. Setelah saya tanya baik-baik ternyata anak tersebut lama di dalam toilet, karena katanya ia sakit perut. Mendengar penjelasan anak tersebut terus saya tanya gimana keadaannya sekarang apakah masih sakit perut, ia menjawab tidak lagi. Jadi anak tersebut saya suruh duduk untuk mengikuti pembelajaran.
3. Langkah-langkah untuk memperbaiki kelemahan pada video tersebut adalah
a. Guru harus membuka diri dan berkompromi dengan siswa jika perlu untuk menyelesaikan permasalahan, kenapa banyak siswa tidak mematuhi peraturan sekolah.
b. Guru dan sekolah dalam hal ini kepala sekolah dengan mengajak perwakilan beberapa siswa bila perlu siswa yang sering melanggar peraturan untuk membahas kenapa peraturan sekolah sering dilanggar.
c. Selain dengan membuat kontrak nilai sikap sebaiknya dari awal masuk siswa kesekolah tersebut sudah ada perjanjian mengenai apabila ada pelanggaran peraturan sekolah.
4. Teori atau pendapat pakar yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut adalah:
a. Teori Kognitivisme bahwa anak pada usia SMP sudah masuk dalam tahap operasional formal, jadi anak pada usia ini sudah dapat memahami dan mengerti dengan pembicaraan dengan menggunakan kalimat-kalimat atau kata-kata yang baik dan tidak kasar.
b. Teori Behaviorisme bahwa apabila ada siswa yang salah dalam berprilakunya di sekolah misalnya melakukan pelanggaran peraturan sekolah maka harus di beri hukuman supaya anak tersebut tidak mengulangi kembali prilakunya, begitu juga dengan anak yang berprilaku baik maka sebaiknya di berikan penguatan positif supaya anak tersebut selalu berprilaku baik.

Mahoney dan Thoresen mengemukakan ciri yang diharapkan bagi
efektifnya behavior contract (kontrak perilaku), diantaranya adalah sebagai
berikut:
a. Harapan yang jelas.
b. Mengkhususkan tingkah laku dan konsekuensinya.
c. Sistem monitoring.
d. Sistem sanksi.
e. Tujuan yang dapat dicapai.
f. Sistem bonus.9
Agar behavior contract (kontrak perilaku) dapat digunakan secara
efektif hendaknya melibatkan siswa dalam merencanakan dan
memutuskannya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pelibatan siswa
8 Munawir Yusuf dan Edy Legowo, Mengatasi Kebiasaan Buruk Anak Dalam Belajar
Melalui Pendekatan Modifikasi Perilaku, (Jakarta: tnp, 2007), h. 176
9 Taufik, Pendekatan Dalam Konseling…, h. 198.
untuk sistem managemen behavior contract (kontrak perilaku), diantaranya
adalah:
a. Pemilihan tingkah laku sasaran.
b. Pemahaman terhadap tingkah laku khusus yang akan diubah
melalui diskusi dengan guru, memberikan contoh dan penjelasan
serta pendefinisian tingkah laku.
c. Pemilihan reinforcement.
d. Mengevaluasi sistem tersebut dari sudut pandang siswa.10
Berdasarkan pendapat di atas dapat dirincikan bahwa semua syarat dari
behavior contract (kontrak perilaku) harus dinyatakan dengan jelas dan objektif
dan semua harapan dan tujuan dinyatakan secara positif.

Saya mengomentari pendapat dari Dewi Ratna Sari, bahwa disitu belum dikemukakan kelemahan guru. Saya setuju dengan komentar beliau mengenai kontrak nilai sikap, yaitu siswa akan berlomba-lomba mendapatkan skor terbanyak. Karena dalam pembuatan kontrak nilai sikap tersebut, siswa dapat terpicu semangatnya untuk berperilaku yang sesuai sehingga teori bihaviorisme dapat terlaksana dengan baik.

dalam proses mengajar ,saya pernah mengalami hal demikian terkait dengan sikap para siswa dalam proses belajar mengajar untuk diawal pertemuan pertama saya meberikan kontrak sikap agar siswa memahami hal-hal yang tidak boleh dilakukan dalam proses belajar
jika terjadi seperi peristiwa di bawah ini :
1. Keterlambatan siswa untuk mengikuti pelajaran, Jika menghadapi permasalahan tersebu, saya akan meberikan nasehat sebagai peringatan pertama namun kalau sudah sering dilakukan maka saya memberikan sanksi dan teguran sampai memanggil orang tua siswa
2. Siswa bermain saat guru menerangkan, jika peristiwa tersebut terjadi saya akan menyuruh siswa tersebut menjawab pertanyaan terkait mata pelajaran tersubut sebagai efek jerah dan conoh bagi teman-temannya
1. Kelebihan dan Kelemahan pada video tersebut :
Kelebihan video tersebut menjelaskan pemecahan masalah bagaimana jika ada siswa yang melanggar kesepakatan yang telah dibuat bersama maka mereka akan dikenakan sanksi sesuai dengan kesepakan yang telah mereka buat. Kelemahan guru dalam video tersebut adalah guru menegur siswa yang melanggar di depan orang lain dengan nada yang kasar
2. Saya pernah mengalami persitiwa serupa yakni siswa tidak mengumpulkan tugas. yang saya lakukan adalah mencari alasan mengapa ia tidak mengumpulkan tugassnya, dengan alasan yang ia kemukakan maka saya menanyakan hal apa yang akan ia lakukan untuk menebus kelasalahnnya, maka anak tersebut memilih untuk menyelesaikan tugas tersebut pada jam istirahat.
3. Untuk memperbaiki video tersebut maka:
Bersama-sama dengan siswa menentukan pilihan jika hukuman apa yang diberikan jika ada anak yang melanggar peraturan sekolah/kelas dan memberikan beberpa opsi sebagai perbaikan kesalahan mereka.
Di awal video tersebut ada siswa yang terlambat, namun tidak ada tanggapan lebih lanjut dari guru. Jika ada kejadian seperti itu, diharapkan guru bisa meminta siswa untuk melakukan refleksi serta membuat kesepakatan agar tumbuh kesadaran pada diri siswa untuk bersikap disiplin. Dengan adanya kesepakatan yang dibuat siswa dan guru tersebut, maka akan memudahkan guru jika di lain waktu siswa tersbeut kembali melanggar kesepakatan yang sudah dibuat.
Begitu juga saat ada 5 siswa di kelas tidak mengerjakan tugas yang diberikan, guru bisa meminta siswa secara terbuka menceritakan kesulitan yang dihadapi, dan memberi kesempatan pada diri siswa untuk memutuskan bagaimana akan memperbaiki kesalahan. Dengan datangnya solusi dari siswa itu sendiri, maka akan mudah bagi guru mengingatkan jika siswa tersebut kembali melanggar. Dan dengan adanya kesepakatan yang dibuat oleh siswa secara mandiri akan memunculkan sikap tanggung jawab pada diri siswa.
Kontrak nilai sikap yang ditampilkan di akhir video sudah cukup bagus, namun semua hal dalam kontrak tadi masih berasal dari guru. Kenapa tidak dimulai dari siswa ? Biarkan siswa memebrikan usulan- usulan agar kontrak tersebut berasal dari buah pemikiran merak. Untuk siswa SMP perlu dibangun sikap berpikir kritis serta berani berpendapat, karena ini menjadi salah satu sarana untuk melatihnya menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab.

Widuri Tyas A
530074236
1) Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
kelebihannya yaitu guru nya sabar menghadapi siswa yang beretika kurang.
Kelemahannya guru tidak menggunakan media untuk menarik perhatian siswa.
2) Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
pernah,,dan saya telah membuat kesepakatan bersama kelas di awal tahun pertemuan
Nama : SETIYAWATI, S.Pd.SD.
NIM : 530073377
Setelah melihat tayangan video sampai selesai, saya sependapat dengan isi video tersebut. Untuk membuat anak selalu bersikap santun di sekolah, kita perlu membuat kontrak atau perjanjian yang disusun bersama peserta didik. Apalagi pada siswa SMP. Dimana mereka sudah di usia yang bukan lagi ditahap \”diatur\” tetapi mereka sudah ada pada tahap menentukan dan memutuskan apa yang akan mereka lakukan.
Kontrak nilai sikap sama halnya dengan konttrak belajar, kita susun bersama peserta didik di awal semester dan disepakati serta dijalankan bersama.
Setelah menyimak video “Kontrak Nilai Sikap”, hal yang bisa saya pelajari adalah guru untuk meningkatkan nilai sikap siswa dengan kontrak penilaian sikap. Tujuannya agar siswa taat terhadap aturan sekolah.
Saran dan masukan:
Guru lebih baik dalam membuat kontrak nilai sikap siswa dengan mendiskusikan bersama siswa dan orang tua pada awal tahun ajaran. Guru, siswa, dan orang tua bersama-sama berpendapat untuk menentukan langkah yang baik. Sebaiknya bukan cuma kesalahan yang dihukum, tetapi siswa yang paling baik dalam mematuhi aturan juga mendapatkan penghargaan
Kelemahan yang terdapat pada tayangan guru tidak konsisten ketika menemukan siswa yang berperilaku tidak baik. Guru tidak memberikan bentuk teguran atau hukuman atas sikap siswa yang kurang baik tersebut. ini dapat dicontoh siswa lain
Kelebihan dari dalam penerapan kontrak nilai. Guru menghargai kedisiplinan siswa dalam menaati aturan dengan reward poin sehingga dapat memotivasi dan menanamkan kebiasaan baik.
Jika hal ini terjadi dalam kelas yang saya ampu hal yang dapat saya lakukan yaitu
- Pertama menyusun kesepakatan bersama peserta didik terkait peraturan-peraturan yang akan diterpakan didalam kelas
Menentukan reward dan sanksi terkait peraturan
1. Kelebihan guru pada video tersebut adalah guru menggunakan kontrak nilai sikap, yaitu anak akan diberi skor 4 apabila anak tidak terlambat. sedangkan kekurangannya adalah pada guru pertama yang tidak memberikan sanksi bagi siswa yang datang terlambat.
2. Saya pernah mengalami masalah seperti pada video. Yang saya lakukan adalah memberi sanksi anak tersebut untuk menjelaskan materi pelajaran terakhir. Jika siswa tersebut tidak dapat menjawab, maka saya izinkan anak tersebut ikut belajar tapi duduk di lantai di depan kelas.
3. langkah-langkah perbaikan berdasarkan video tersebut sangat baik untuk diterapkan. Dengan kontrak nilai sikap diharapkan siswa akan berlomba-lomba mendapat skor terbanyak. Tentu saja banyak sikap-sikap yang dapat dinilai dengan kontrak nilai tersebut.
4. Teori yang mendukung langkah-langkah perbaikan tersebut adalah 1) teori behaviorisme, dimana kebiasaan baik mendapat pujian/ penguatan sedangkan kebiasaan buruk mendapatkan hukuman/ sanksi. 2) teori kognitivisme yang menekankan aspek perilaku yang diwujudkan dengan cara merespon stimulus. Anak diharapakan ingat bahwa setiap tindakannya akan menimbulkan respon baik positif maupun respon negatif. 3) Teori humanisme, yang menekankan pada cara siswa berinteraksi dengan individu lain danlingkungannya.