23

Answered question

Judul Video Pembelajaran: Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi (2011).

Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut, ada banyak hal-hal yang harus diperhatikan oleh seorang  guru dalam proses belar-mengajar di dalam kelas, seperti langkah-langkah dalam pembelajaran; mulai dari Pendahuluan, Kegiatan Inti, dan Penutup.
-Dalam video tersebut, terlihat guru tidak melakukan pendahuluan ,seperti berdoa sebelum belajar dimulai, memberi salam, menyapa kabar siswa dan kondisi kesehatan siswa/siswinya. Selain itu juga, Guru tidak membuat yel yel sebelum belajar. Ini juga mempengaruhi anak-anak sehingga tidak bersemangat dalam belajar. Guru tidak melakukan kembali pelajaran yang sebelumnya dipelajari dan tidak mengaitkannya dengan pelajaran yang akan disampaikan. Guru tidak menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan juga tujuan kegiatan belajar.
-Pada kegiatan inti, guru tidak membuat alat peraga seperti media dalam pembelajaran sehingga anak-anak tidak tertarik dan mudah bosan. Guru tidak menjelaskan apa pengertian karangan terlebih dahulu baru kemudian langkah-langkahnya. Dalam menjelaskan langkah-langkah mengembangkan karangan, guru tidak menjelaskan keseluruhannya hanya 2 saja, anak-anak langsung diberi tugas yang berjudul Tamasya ke Pantai. Seharusnya dijelaskan dulu sampai siswa-siswi mengerti. Guru hanya memperhatikan sebagian siswa saja, seharusnya guru memperhatikan semua siswa dalam menulis juga contoh-contohnya. Guru tidak memberi kesempatan untuk bertanya, apakah anak-anak sudah mengerti atau belum.
-Pada Akhir Pembelajaran, Guru tidak mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan tidak meminta siswa melakukan refleksi kegiatan pada saat itu. Selain itu Guru tidak membuat kesimpulan juga tidak berdoa & salam sebelum mengakhiri pembelajaran.
Dari kesulitan tersebut, Ada baiknya guru harus menyadari kesalahannya dan juga segera memperbaikinya, dengan tujuan agar membuat siswa-siswi lebih aktif dalam proses belajar berlangsung.

Penjelasannya sudah cukup bagus. Hanya saja guru tidak melakukan pendahuluan seperti menyanyi,berdoa,atau menjelaskan materi apa yang akan dipelajari. Sehingga ada sebagian siswa yang tampak bingung. Dan guru tidak memberikan gambar terlebih dahulu tentang apa yang dimaksud dengan karangan tetapi langsung memberikan tugas. Sehingga penilaian saya dalam video tersebut siswa membayang-bayangkan video tersebut. Kalo menurut saya seharusnya dimulai dengan pembuka agar siswa tidak kaku, kemudian menjelaskan materi apa yang akan dibawa, atau menggambarkan sebuah materi tersebut kemudian pemberian tugas. Tetapi dalam video siswa dibere tugas terlebih dahulu kemudian baru diberi gambaran-gambaran bagaimana karangan tersebut dibuat. Trimakasih

Penjelasannya sudah cukup bagus. Hanya saja guru tidak melakukan pendahuluan seperti menyanyi,berdoa,atau menjelaskan materi apa yang akan dipelajari. Sehingga ada sebagian siswa yang tampak bingung. Dan guru tidak memberikan gambar terlebih dahulu tentang apa yang dimaksud dengan karangan tetapi langsung memberikan tugas. Sehingga penilaian saya dalam video tersebut siswa membayang-bayangkan video tersebut. Kalo menurut saya seharusnya dimulai dengan pembuka agar siswa tidak kaku, kemudian menjelaskan materi apa yang akan dibawa, atau menggambarkan sebuah materi tersebut kemudian pemberian tugas. Tetapi dalam video siswa diberi tugas terlebih dahulu kemudian baru diberi gambaran-gambaran bagaimana karangan tersebut dibuat. Trimakasih

Menurut saya video tersebut masih memiliki kekurangan. Ya itu diawal pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan pembuka, sehingga ada beberapa siswa yang terlihat belum siap atau masih bermain dengan temannya. Guru tidak mengucapkan salam, ataupun menanyakan kabar. Kemudian guru langsung masuk dipembelajaran inti dan memberikan tugas tanpa menjelaskan apa itu karangan,bagaimana membuat karangan sehingga anak-anak sulit untuk menjawab tugas tersebut karena masih bingung seperti apa. Kemudian cara menjelaskannya menurut saya cukup baik. Karena dapat cepat dipahami oleh siswa. Trimakasih

Nama : Erni yusnita
Nim : 835462027
Setelah mengamati vidio pembelajaran dengan tema kesulitan menulis karangan cerita/narasi. Komentar dari saya adalah:
1. Guru dalam pembelajaran tadi saat menyampaikan pembelajaran Tidak berpedoman kepada RPP yang sudah dirancangnya,karena saya melihat guru dalam melaksanakan pembelajaran tidak jelas atau tidak nampak mana kegiatan pendahuluan, mana kegiatan inti dan mana kegiatan penutup.
2. Dalam pembelajaran guru tidak menjelas materi pembelajaran hanya langsung pada tugas saja, jadi siswa kebingungan saat mengerjakan tugas yang diberikan guru
3. Sebaik guru dalam melaksanakan pembelajaran berpedomanlah pada RPP yang sudah dirancang