

Risma Dwi Prakasiwi 837493066
Ya cara guru di vidio adalah cara memberi pemahaman ber ulang-ulang agar anak mau menikuti dan memahami materi yang di terap kan guru dengan cara memberi kertas dan pensil untik mengungkapkan pemikiran anak tersebut

Nama : Suci Deswita
Nim : 835461175
menurut pendapat saya, berdasarkan video yang telah saya lihat guru mengajar sudah baik, menggunakan media pembelajaran, serta dalam pembelajaran guru tidak tergesa-gesa memberikan materi kepada siswa, memberikan arahan dan bimbingan kepada siswa yang agak lambat, tetapi alangkah baiknya dalam belajar menulis siswa jangan diminta untuk mengikuti tulisan yang dibuat oleh guru, berikan dia keleluasaan dulu dalam menulis, setelah itu baru kita memperbaiki kesalahan nya,perkenalkan huruf dengan baik, jika murid sudah mengenal huruf dengan baik, maka murid tidak akan kewalahan saat belajar menulis kalimat, mantapkan dulu pengenalan huruf kepada siswa, setelah itu guru baru mengajar menulis secara perlahan kepada siswa. kesimpulannya, kenalkan dulu huruf secara mantap kepada siswa.

Sri wulandari835455949
Berdasarkan video yg sudah kita tonton, metode pembelajaran sudah sangat baik..
Mengajarkan menulis permulaan itu tidaklah mudah.

Nama : Suci Deswita
Nim : 835461175
menurut pendapat saya, berdasarkan video yang telah saya lihat, guru sudah mengajar dengan baik, menggunakan media pembelajaran, mengajar dengan perlahan tidak tergesa-gesa, membimbing dan menuntun siswa yang agak lambat, dan juga menguasai kelas dengan baik. menurut pendapat saya, alangkah baiknya jika dalam menulis kita perlu mengetahui apakah siswa kita sudah menguasai huruf dengan baik? karna penguasaan huruf adalah inti untuk bisa menulis, di sini juga saya lihat anak tidak diberikan keleluasaan dalam menulis, siswa harus mengikuti tulisan yang ada di papan tulis, berikan dulu keleluasaan kepada siswa, setelah itu baru kita perbaiki dan arahkan kesalahannya tersebut, kesimpulannya mantapkan dulu pengenalan huruf kepada siswa dengan cara menggunakan alat dan media yang dekat dengan kesehariannya, maka siswa akan berhasil dalam pembelajaran ini.
Nama : Putri Lestari
Nim : 837293216
Menurut saya, berdasarkan vidio di atas yang saya lihat, guru sudah mengajar dengan baik, dengan menggunakan Media pembelajaran. serta guru tidak tergesa-gesa. Namun, alangkah baiknya jika hendak membuka / mengawali pembelajaran akan lebih baik lagi untuk memberikan sapaan, Salam dan bero,a terlebih Dahulu.
Dalam video pembelajaran ini apersepsi yang diberikan guru sudah bagus. Diawal pembelajaran guru mengajak siswa untuk bernyanyi sehingga semua siswa senang mengikuti pembelajaran ini. Dalam video ini seharusnya guru memperkenalkan huruf konsonan terlebih dahulu. Karena tidak semua murit mengenal huruf dengan baik terkadang siswa hanya bisa menghafal huruf abjad namun tidak mengenalnya, meskipun tidak semua murit. Dalam pembelajaran ini, guru membimbing dan mengarahkan siswa dengan sabar dan telaten sehingga siswa bisa mengikuti pembelajaran dengan baik.

ACHMAD ABIV SYAUQI ZAIN ALI 834929686
Dashboard
Profile
Grades
Messages
Preferences
Log out
Skip to main content
Pemantapan Kemampuan Mengajar – PDGK4209.713751.A71001406
Dashboard
My courses
PDGK4209.713751.A71001406
Sesi 3
DISKUSI SESI 2
DISKUSI SESI 2
Search
DISKUSI SESI 2
DISKUSI SESI 2
Subscribed
Display mode
Picture of Feri Tirtoni, S.Pd., M.Pd 71001406
DISKUSI SESI 2
by Feri Tirtoni, S.Pd., M.Pd 71001406 – Friday, 6 November 2020, 12:24 AM
Number of replies: 4
Silahkan Klik URL di bawah ini (lalu lihat video dengan seksama)
1. Klik Link Video pertama : http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/kesulitan-membaca-huruf-suku-kata-dan-kalimat
2. Klik Link Video kedua : http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/kesulitan-menulis-huruf-Suku-kata-dan-kalimat
Coba berikan komentar terhadap pelaksanaan PBM yang dilakukan oleh Guru di video tersebut, berikan komentar (mengenai strategi pembelajarannya, skill pedagogis (kemampuan mengajar), media pembelajaran yang dilakukan) beri penjelasan !
Picture of YOSELLA RICA ROFIDA 834929496
In reply to Feri Tirtoni, S.Pd., M.Pd 71001406
Re: DISKUSI SESI 2
by YOSELLA RICA ROFIDA 834929496 – Monday, 16 November 2020, 8:26 PM
Video 1
1. Reaksi siswa sangat senang dengan kegiatan awal yang guru lakukan.
2. Kelemahannya guru harus benar-benar sabar dan telaten dalam menjelaskan karena siswa kesulitan belajar.
3. Kelebihannya dengan berbagai macam media yang digunakan sangat membantu siswa untuk lebih paham.
4. Media yang digunakan sangat beragam.
5. Menggunakan metode membaca pemula terlebih dahulu.
Video 2
1. Reaksi siswa sangat senang dengan kegiatan awal yang guru lakukan.
2. Kelemahannya guru harus benar-benar sabar dan telaten dalam menjelaskan karena siswa kesulitan belajar.
3. Kelebihannya dengan berbagai macam media yang digunakan sangat membantu siswa untuk lebih paham.
4. Media yang digunakan sangat beragam.
5. Menggunakan metode menulis pemula terlebih dahulu.
Picture of ALEX PRADANA AB 834929733
In reply to Feri Tirtoni, S.Pd., M.Pd 71001406
Re: DISKUSI SESI 2
by ALEX PRADANA AB 834929733 – Monday, 16 November 2020, 9:21 PM
Vedeo pertama
Dalam mengajar membaca huruf suku kata dan kalimat guru memberikan motivasibdan terus langsung memasukkan materi sehingga murid mudah memahami materi dan lansun paham dengan ajaranya
Kelemahannya guru kurang memerhatikan siswa
Vedeo kedua
Guru mempergakan gambar beserta tulisan nama bacaan gambar setelah itu guru langsung memibta siswanya untuk melakukan tes soal tetapi sebagian murid ada yang masihbelum bisa menulis.
Picture of ACHMAD ABIV SYAUQI ZAIN ALI 834929686
In reply to Feri Tirtoni, S.Pd., M.Pd 71001406
Re: DISKUSI SESI 2
by ACHMAD ABIV SYAUQI ZAIN ALI 834929686 – Monday, 16 November 2020, 9:30 PM
Video pertama
Siswa sangat antusias dan semangat dalam mengikuti pembelajaran, guru menjelaskan sekaligus menggunakan media dalam pembelajaran sehingga siswa dapat lebih tanggap dalam menerima pembelajaran, guru kurang memperhatikan siswa sehingga ada sebagian siswa yang terlihat malas – malasan, seharusnya guru lebih bisa memperhatikan dan mendorong siswa untuk lebih aktif dalam pelajaran.
Video kedua
Siswa sangat antusias dan senang dalam memulai pembelajaran,
Guru menjelaskan dan menggunakan media dalam pembelajaran, guru memberikan contoh cara menulis huruf dengan benar, siswa kurang latihan dalam menulis disekolah maupun dirumah, guru harus lebih bisa memberi mitivasi teehadap siswa agar lebih rajin belajar menulis.
nama : paoziah
nim : 859136281
setelah saya menonton video itu, seorang guru berusaha dan terus berusaha untuk menjelaskan materi yang sudah disampakan dengan baik dan benar. supaya siswa mudah mengerti dan memahami. maka guru tersebut menggunakan metode ceramah dan media gambar. karena dengan menggunakan media gambar maka siswa bersemangat dan termotivasi di dalam pembelajaran tersebut. karena seorang guru akan terud membimbing siswanya untuk menjadi siswa yang pandai.
1.Kelebihan guru dalam vidio tersebut adalah guru yang mengajar dalam vidio tersebut sudah sangat baik mengajar dengan sangat lembut dan dapat menguasai lepas dengan sangat baik.
2. kekurangan dalam video tersebut adalah guru dalam vidio tersebut tidak melakukan pendahuluan seperti berdoa sebelum memulai belajar.
3.saran alangkah baiknya sebelum menulis guru perlu mengetahui apakah siswa sudah dapat memahami huruf dengan baik..? karena penguasa huruf adalah inti dari anak” bisa menulis hiruf

Nama : murni ambarwati
Nim : 836116595
berdasarkan video yang telah saya lihat, guru sudah mengajar dengan baik, interaksi guru dan murid sangat baik, menggunakan media pembelajaran, mengajar dengan perlahan tidak tergesa-gesa, membimbing dan menuntun siswa yang agak lambat, dan juga menguasai kelas dengan baik. menurut pendapat saya, alangkah baiknya jika dalam menulis kita perlu mengetahui apakah siswa kita sudah menguasai huruf dengan baik? karna penguasaan huruf adalah inti untuk bisa menulis, di sini juga saya lihat anak tidak diberikan keleluasaan dalam menulis, siswa harus mengikuti tulisan yang ada di papan tulis, berikan dulu keleluasaan kepada siswa, setelah itu baru kita perbaiki dan arahkan kesalahannya tersebut, kesimpulannya mantapkan dulu pengenalan huruf kepada siswa dengan cara menggunakan alat dan media yang dekat dengan kesehariannya, maka siswa akan berhasil dalam pembelajaran ini
Nama : Switling Abigaael Karim
Nim : 838359694
Dari vidio yang diamati kelebihan nya
* Kelebihan dalam pembelajaran tersebut sangat bagus , sangat membantu siswa dalam membaca dan menulis.
* Guru sangat telaten dalam pembelajaran tersebut, mengulang – ulang materi pembelajaran agar siswa paham
*Di dalam vidio tersebut guru menggunakan media gambar menjadikan siswa aktif dan tidak mudah bosan.
Kelemahan pembelajaran dalam vidio
*Tidak ada pembukaan dan penutup , seharusnya di awal dan akhir pembelajaran siswa di ajak berdoa terlebih dahulu.
Dalam vidio tersebut guru berusha menjelaskan dengan cara berulang” untuk menarik perhatian murit agar mau mengikuti penjelas”yang sedang di terapkan supaya guru dan murit saling berinteraksi terhadap perkembangan anak atau pemahaman anak