Video tersebut memberikan gambaran tentang bagaimana siswa mengalami kesulitan dalam membaca permulaan. Permasalahan tersebut mendorong guru berkreasi menerapkan metode yang dapat mendorong siswa mengasah keterampilam mereka dalam membaca.
1. Apakah saudara guru pernah mengalami permasalahan seperti video tersebut?
2. Bagaimana saudara guru mengatasi permasalahan siswa ketika menghadapi kesulitan membaca permulaan? Menggunakan metode yang sama dengan video atau yang lainnya?
Marilah kita berbagi cerita dari kondisi kelas saudara guru masing-masing!


1. kesulitan saat mengajar membaca yang saya alami sama dengan kasus di vidio tersebut.
2. dalam mengatasinya, saya sama persis dengan metode di vidio itu. saya mengambil cara ini karena terngat metode guru SD saya jaman dulu pun mengenalkan huruf dan suku kata serta merangkai kata dengan media gambar seperti di vidio itu. hasilnya dalam sebulan siswa saya bisa membca, tentunya yang pintar, untuk yang lainnya memang membutuhkan waktu yang agak lama.

1. Pernah
2. Pada saat saya menghadapi siswa yang kesulitan membaca pada proses pemulaan saya menggunakan metode dengan media yang mudah dipahami oleh siswa.seperti dalam video itu saya mengambil huruf atau kata yang mudah dipahami oleh siswa.

1. Pernah
2. Yaitu dengan melakukan pendekatan kepada siswa yang mengalami kesulitan membaca dan memberikan waktu eksklusif bagi siswa yang kurang bisa membaca ,diluar jam pelajaran sekolah.
Metode yang digunakan adalah metode SAS , yang mana dengan metode ini dapat membantu siswa yang kesulitan membaca dan bagi yang sudah lancar membaca tinggal di tingkatkan kembali keterampilan membacanya.

dari video tersebut diatas memnggambarkan bagaimana kesulitan anak-anak dalam membaca dan mnegenali huruf setiap kata atau perkata,seperti yang saya alami selama ini dalam menghadapi anak-anak belajar
1.mengenalkan suku kata dengan cara mengenalkan kartu huruf
Dengan video tersebut guru sudah memberikan media terbaik dengan bgitu siswa lebih mudah mengerti dan bs menarik perhatiannya untuk lebih tau lagi dgn huruf2 ataupun angka2..karna saya pun merasakan mngajar dikelas rendah terutama kelas 1 kita lebih fokus ngajar ttg angka dan huruf dibandingkan degn tema pembelajaran bagus bg siswa yg mmg sudah bs baca tulis dan hitung tp kalau siswa yg blom memasuki TK dan langsung SD mreka blom banyak tau dgn huruf2 dan angka.
Nila Khoirul Laili (837600364)
Pernah seperti ini, yg dilakukan adalah melakukan pendekatan dan memberikan perhatian khusus terhadap siswa yang masih mengalami kesulitan membaca dengan cara mengajarkan kembali di lain waktu atau menambah jam belajar dengan istilah lain les privat sepulang sekolah.

Nama:Desis Erianti
Nim:856565412
Video Kesulitan membaca huruf,suku kata ,dan kalimat.
Setelah saya perhatiakan video tersebut,cara mengajarny sudah bagus namun kita sebagai seorang guru seharusnya tahu kelemahan dan cara mengatasinya bagaimana,,saya setuju dengan metode dalam video tersebut namun kita menerapkan metode seharusnya kita lihat dulu maunya anak itu seperti apa,karan peserta didik yang ada didalam kelas kemampuannya berbeda-beda,
Cara mengatasinya
Berdasarkan pengalaman saya pada anak yang kesulitan dalam membaca,Saya Selalu menggunakan proyektor dengan menampilkan video huruf sambil bernyanyi sebelum pulang,besok saya suruh ngulangi,.
Rosita 856964942
Pernah
Yaitu dengan mendekati dan membimbing siswa dengan perlahan lahan. Mengajari dengan sabar Tampa harus memaksa siswa untuk mengerti.
Sama seperti video tersebut, karena dengan menggunakan metode seperti itu anak lebih mudah mudah memahami apa yang di ajarkan.
Nama: ISNA MAWADATUR R.
NIM: 858771713
Pokjar Ngunut Tulungagung
menurut saya pembelajaran dalam video tersebut sudah bagus. pembelajaran diawali dengan bernyanyi akan membangun motivasi anak dalm belajar. namun dalam proses pembelajarannya guru bisa menggunakan media gambar yang berwarna supaya lebih menarik perhatian siswa.
Menurut saya pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sudah baik, anak diajak bernyanyi untuk membangkitkan semangat dan motivasi belajar, dan guru juga memberikan media berupa gambar untuk menjelaskan abjad yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Untuk mengajar kelas rendah diperlukan ide kreatif dan inovasi yang tinggi dan menyenangkan agar anak didik tidak mudah bosan dan jenuh

Adakah metode ini sudah dicoba ibu?

Apakah sdh pernah dicoba bu?

sudah bu

Deden Eka Prasetya
Nim 837643141
PGSD S1 Pokjar tegaldlimo
Setelah saya mengamati video tersebut saya pernah merasakan seperti itu….dan cara mengatasinya guru harus melakukan pendekatan kepada siswa memberikan waktu eklusif bagi siswa yang kurang bisa membaca di luar jam pelajaran sekolah dan guru harus menggunakan media yang menarik perhatian siswa agar siswa tidak bosan dan malas..sehingga siswa ingin terus belajar
http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/kesulitan-membaca-huruf-suku-kata-dan-kalimat
Guru, kami jg pernah mengalami kesulitan seperti di video.
Cara mengatasi: guru harus lebih menguasai kelas, guru memberi perhatian lebih, dll