Video tersebut memberikan gambaran tentang bagaimana siswa mengalami kesulitan dalam membaca permulaan. Permasalahan tersebut mendorong guru berkreasi menerapkan metode yang dapat mendorong siswa mengasah keterampilam mereka dalam membaca.
1. Apakah saudara guru pernah mengalami permasalahan seperti video tersebut?
2. Bagaimana saudara guru mengatasi permasalahan siswa ketika menghadapi kesulitan membaca permulaan? Menggunakan metode yang sama dengan video atau yang lainnya?
Marilah kita berbagi cerita dari kondisi kelas saudara guru masing-masing!


1. kesulitan saat mengajar membaca yang saya alami sama dengan kasus di vidio tersebut.
2. dalam mengatasinya, saya sama persis dengan metode di vidio itu. saya mengambil cara ini karena terngat metode guru SD saya jaman dulu pun mengenalkan huruf dan suku kata serta merangkai kata dengan media gambar seperti di vidio itu. hasilnya dalam sebulan siswa saya bisa membca, tentunya yang pintar, untuk yang lainnya memang membutuhkan waktu yang agak lama.

1. Pernah
2. Pada saat saya menghadapi siswa yang kesulitan membaca pada proses pemulaan saya menggunakan metode dengan media yang mudah dipahami oleh siswa.seperti dalam video itu saya mengambil huruf atau kata yang mudah dipahami oleh siswa.

1. Pernah
2. Yaitu dengan melakukan pendekatan kepada siswa yang mengalami kesulitan membaca dan memberikan waktu eksklusif bagi siswa yang kurang bisa membaca ,diluar jam pelajaran sekolah.
Metode yang digunakan adalah metode SAS , yang mana dengan metode ini dapat membantu siswa yang kesulitan membaca dan bagi yang sudah lancar membaca tinggal di tingkatkan kembali keterampilan membacanya.

dari video tersebut diatas memnggambarkan bagaimana kesulitan anak-anak dalam membaca dan mnegenali huruf setiap kata atau perkata,seperti yang saya alami selama ini dalam menghadapi anak-anak belajar
1.mengenalkan suku kata dengan cara mengenalkan kartu huruf
1. Pernah
2. Pertama, dengan melakukan pendekatan kepada siswa dan untuk siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan menggunakan metode eja, metode abjad dan metode suku kata dan untuk siswa yang sudah lancar membaca bisa menggunakan metode kalimat dan metode SAS.

RISKA ADRYANTI
KELAS 8.22
POKJAR WAJO
1. Saya pernah mengalami permasalahan yang sama seperti di vidio.
2. Untuk mengatasi permasalahan dalam menghadapi kesulitan membaca permulaan pada siswa, awalnya saya melakukan pendekatan kepada siswa tersebut, lalu saya mencari cara yang dianggap mudah bagi siswa. saya juga memberikan pembelajaran diluar jam sekolah kepada siswa yang belum bisa membaca dan memberikan motivasi kepada siswa.
Metode yang saya lakuakan sama seperti dividio, menggunakan media gambar atau alat yang ada didalam kelas dan menggunakan kartu huruf. misalnya saya memperlihatkan buku kepada siswa dan menggunakan kartu huruf dalam penulisan kata “buku” , sehinggal siswa lebih tertarik untuk belajar dan lebih mudah dalam belajar membaca.
metode SAS dan metode kalimat juga saya berikan kepada siswa yang sudah bisa membaca.
1. Pernah terjadi didalam kelas
2. kita sebagai guru hal yang pertama kita lakukan yaitu dengan melakukan pendekatan dengan siswa,dalam proses belajar kita menggunakan media supaya siswa mudah mengerti dengan pembelajaran.
Untuk siswa yang sulit dalam membaca permulaan kita menggunakan metode eja,metode abjad,metode suku kata dan untuk siswa sudah lancar membaca kita menggunakan metode SAS.

NAMA : RANI YULIANA
NIM : 856704717
Dalam video tersebut dapat diamati beberapa masalah yang timbul yaitu sebagai berikut :
Kelebihannya
1. Memudahkan siswa dalam membaca tanpa melalui sistem mengeja baik
huruf, suku kata dan kata
2. Menarik minat belajar siswa karena media kartu kata berisi huruf dan
gambar yang menarik
3. Model pembelajaran bervariasi yang membuat siswa antusias dalam
mengikuti kegiatan pembelajaran
4, Agar siswa dengan mudah, senang dan bergairah dalam belajar
Kekurangannya
1. Proses belajar mengajar membutuhkan waktu yang lama terutama dalam
proses evaluasi membaca
2. Kondisi kelas kurang kondusif ( Suasana kelas menjadi ramai )
3. Siswa menjadi bosan
4. Kurang perhatian
Untuk itu lah maka saya mengambil judul
“UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI 236 PALEMBANG”
- Pernah
- Pada saat saya menghadapi siswa yang kesulitan membaca pada proses membaca permulaan saya menggunakan metode dengan media yang mudah dipahami oleh siswa. seperti video itu saya mengambil huruf atau kata yang bisa dipahami oleh siswa.
1. Pernah
2. Memberi motivasi kepada siswa, agar lebih semangat untuk belajar, kesulitan siswa dalam membaca pemulaan yang harus di lakukan adalah mengajar dengan menggunakan metode eja, metode abjad, metode suku kata kemudian untuk siswa yang sudah lancar membaca bisa digunakan metode kalimat dan metode SAS
- Pernah
- Kita sebagai guru yang mengajar dikelas rendah harus bisa melakukan pendekatan dengan siswa kita apalagi ini di kelas rendah. Ada sebagian siswa kita sudah lancar membaca dengan baik dan benar dan ada juga siswa kita yang belum mampu membaca dengan baik.Yang belum bisa membaca dengan baik kita ajarkan mereka dengan menggunakan metode SAS sehingga mereka lebih paham dengan metode yang kita ajarkan dan yang sudah bisa membaca dengan baik lebih ditingkatkan lagi membacanya .
Guru, kami jg pernah mengalami kesulitan seperti di video.
Cara mengatasi: guru harus lebih menguasai kelas, guru memberi perhatian lebih, dll