Video tersebut memberikan gambaran tentang bagaimana siswa mengalami kesulitan dalam membaca permulaan. Permasalahan tersebut mendorong guru berkreasi menerapkan metode yang dapat mendorong siswa mengasah keterampilam mereka dalam membaca.
1. Apakah saudara guru pernah mengalami permasalahan seperti video tersebut?
2. Bagaimana saudara guru mengatasi permasalahan siswa ketika menghadapi kesulitan membaca permulaan? Menggunakan metode yang sama dengan video atau yang lainnya?
Marilah kita berbagi cerita dari kondisi kelas saudara guru masing-masing!


1. kesulitan saat mengajar membaca yang saya alami sama dengan kasus di vidio tersebut.
2. dalam mengatasinya, saya sama persis dengan metode di vidio itu. saya mengambil cara ini karena terngat metode guru SD saya jaman dulu pun mengenalkan huruf dan suku kata serta merangkai kata dengan media gambar seperti di vidio itu. hasilnya dalam sebulan siswa saya bisa membca, tentunya yang pintar, untuk yang lainnya memang membutuhkan waktu yang agak lama.

1. Pernah
2. Pada saat saya menghadapi siswa yang kesulitan membaca pada proses pemulaan saya menggunakan metode dengan media yang mudah dipahami oleh siswa.seperti dalam video itu saya mengambil huruf atau kata yang mudah dipahami oleh siswa.

1. Pernah
2. Yaitu dengan melakukan pendekatan kepada siswa yang mengalami kesulitan membaca dan memberikan waktu eksklusif bagi siswa yang kurang bisa membaca ,diluar jam pelajaran sekolah.
Metode yang digunakan adalah metode SAS , yang mana dengan metode ini dapat membantu siswa yang kesulitan membaca dan bagi yang sudah lancar membaca tinggal di tingkatkan kembali keterampilan membacanya.

dari video tersebut diatas memnggambarkan bagaimana kesulitan anak-anak dalam membaca dan mnegenali huruf setiap kata atau perkata,seperti yang saya alami selama ini dalam menghadapi anak-anak belajar
1.mengenalkan suku kata dengan cara mengenalkan kartu huruf
Putu Eka Yuniasih
859011207
Sebagai guru saya pernah mengalami hal yang sama.
Untuk mengatasi hal tersebut saya mengajak anak bermain sambil belajar mengeja huruf dengan menggunakan menggunakan kartu huruf bergambar. Misalny gambar pita disertai dengan kata Pita dalam kartu tersebut. Belajar yang menyenangkan akan disukai oleh anak dengan begitu diharapkan anak mudah mengingat huruf2 yg telah dilihat.

ACHMAD ABIV SYAUQI ZAIN ALI 834929686
Dashboard
Profile
Grades
Messages
Preferences
Log out
Skip to main content
Pemantapan Kemampuan Mengajar – PDGK4209.713751.A71001406
Dashboard
My courses
PDGK4209.713751.A71001406
Sesi 3
DISKUSI SESI 2
DISKUSI SESI 2
Search
×
Your post was successfully added.
You have 30 mins to edit it if you want to make any changes.
DISKUSI SESI 2
DISKUSI SESI 2
Subscribe
Display mode
Picture of Feri Tirtoni, S.Pd., M.Pd 71001406
DISKUSI SESI 2
by Feri Tirtoni, S.Pd., M.Pd 71001406 – Friday, 6 November 2020, 12:24 AM
Number of replies: 1
Silahkan Klik URL di bawah ini (lalu lihat video dengan seksama)
1. Klik Link Video pertama : http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/kesulitan-membaca-huruf-suku-kata-dan-kalimat
2. Klik Link Video kedua : http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/kesulitan-menulis-huruf-Suku-kata-dan-kalimat
Coba berikan komentar terhadap pelaksanaan PBM yang dilakukan oleh Guru di video tersebut, berikan komentar (mengenai strategi pembelajarannya, skill pedagogis (kemampuan mengajar), media pembelajaran yang dilakukan) beri penjelasan !
Picture of YOSELLA RICA ROFIDA 834929496
In reply to Feri Tirtoni, S.Pd., M.Pd 71001406
Re: DISKUSI SESI 2
by YOSELLA RICA ROFIDA 834929496 – Monday, 16 November 2020, 8:26 PM
Video 1
1. Reaksi siswa sangat senang dengan kegiatan awal yang guru lakukan.
2. Kelemahannya guru harus benar-benar sabar dan telaten dalam menjelaskan karena siswa kesulitan belajar.
3. Kelebihannya dengan berbagai macam media yang digunakan sangat membantu siswa untuk lebih paham.
4. Media yang digunakan sangat beragam.
5. Menggunakan metode membaca pemula terlebih dahulu.
Video 2
1. Reaksi siswa sangat senang dengan kegiatan awal yang guru lakukan.
2. Kelemahannya guru harus benar-benar sabar dan telaten dalam menjelaskan karena siswa kesulitan belajar.
3. Kelebihannya dengan berbagai macam media yang digunakan sangat membantu siswa untuk lebih paham.
4. Media yang digunakan sangat beragam.
5. Menggunakan metode menulis pemula terlebih dahulu.
Picture of ACHMAD ABIV SYAUQI ZAIN ALI 834929686
Re: DISKUSI SESI 2
by ACHMAD ABIV SYAUQI ZAIN ALI 834929686 – Monday, 16 November 2020, 9:30 PM
Video pertama
Siswa sangat antusias dan semangat dalam mengikuti pembelajaran, guru menjelaskan sekaligus menggunakan media dalam pembelajaran sehingga siswa dapat lebih tanggap dalam menerima pembelajaran, guru kurang memperhatikan siswa sehingga ada sebagian siswa yang terlihat malas – malasan, seharusnya guru lebih bisa memperhatikan dan mendorong siswa untuk lebih aktif dalam pelajaran.
Nama: Switling Abigael Karim
Nim: 838359694
1. Iya, saya pernah mengalami masalah seperti yang ada di video itu.
2. Cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan media dan alat peraga, seperti yang ada di dalam video itu.
Dan ada beberapa langkah yang bisa digunakan untuk membantu anak dalam mengatasi masalah sulit membaca yaitu dengan cara :
* Huruf dijadikan bahan nyanyian.
* Menampilkan huruf dan mendiskusikan bentuk huruf yang sama.
* Menggunakan bacaan yang mudah dulu dan tidak sulit.
* Anak disuruh menulis kalimat dan membaca dengan keras.
* Jika kesulitan ini disebabkan kurangnya penguasaan kosakata, Maka perlu dilakukan pengayaan kosakata.
Dan juga kita sebagai guru jangan dengan mudah menghukum anak karena susah untuk membaca. Sebaiknya kita harus lebih mencintai dan memotivasinya agar anak itu tidak berhenti untuk belajar membaca walaupun dia sangat merasa sulit untuk membaca. Terakhir adalah kita harus lebih sabar dalam mengajarkan anak belajar membaca dan berusaha selalu membuatnya tertarik dengan apa yang kita ajarkan.

Nama : Tia Rahmasari
Nim : 834862595
Dari video tersebut menggambarkan kesulitan anak-anak dalam membaca dan mengenal huruf sebaiknya kita sebagai guru yang mengajar di kelas rendah harus bisa melakukan pendekatan kepada siswa dan ditingkatkan lagi dalam hal keterampilan membaca.

ACHMAD ABIV SYAUQI ZAIN ALI 834929686
Dashboard
Profile
Grades
Messages
Preferences
Log out
Skip to main content
Pemantapan Kemampuan Mengajar – PDGK4209.713751.A71001406
Dashboard
My courses
PDGK4209.713751.A71001406
Sesi 3
DISKUSI SESI 2
DISKUSI SESI 2
Search
DISKUSI SESI 2
DISKUSI SESI 2
Subscribed
Display mode
Picture of Feri Tirtoni, S.Pd., M.Pd 71001406
DISKUSI SESI 2
by Feri Tirtoni, S.Pd., M.Pd 71001406 – Friday, 6 November 2020, 12:24 AM
Number of replies: 4
Silahkan Klik URL di bawah ini (lalu lihat video dengan seksama)
1. Klik Link Video pertama : http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/kesulitan-membaca-huruf-suku-kata-dan-kalimat
2. Klik Link Video kedua : http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/kesulitan-menulis-huruf-Suku-kata-dan-kalimat
Coba berikan komentar terhadap pelaksanaan PBM yang dilakukan oleh Guru di video tersebut, berikan komentar (mengenai strategi pembelajarannya, skill pedagogis (kemampuan mengajar), media pembelajaran yang dilakukan) beri penjelasan !
Picture of YOSELLA RICA ROFIDA 834929496
In reply to Feri Tirtoni, S.Pd., M.Pd 71001406
Re: DISKUSI SESI 2
by YOSELLA RICA ROFIDA 834929496 – Monday, 16 November 2020, 8:26 PM
Video 1
1. Reaksi siswa sangat senang dengan kegiatan awal yang guru lakukan.
2. Kelemahannya guru harus benar-benar sabar dan telaten dalam menjelaskan karena siswa kesulitan belajar.
3. Kelebihannya dengan berbagai macam media yang digunakan sangat membantu siswa untuk lebih paham.
4. Media yang digunakan sangat beragam.
5. Menggunakan metode membaca pemula terlebih dahulu.
Video 2
1. Reaksi siswa sangat senang dengan kegiatan awal yang guru lakukan.
2. Kelemahannya guru harus benar-benar sabar dan telaten dalam menjelaskan karena siswa kesulitan belajar.
3. Kelebihannya dengan berbagai macam media yang digunakan sangat membantu siswa untuk lebih paham.
4. Media yang digunakan sangat beragam.
5. Menggunakan metode menulis pemula terlebih dahulu.
Picture of ALEX PRADANA AB 834929733
In reply to Feri Tirtoni, S.Pd., M.Pd 71001406
Re: DISKUSI SESI 2
by ALEX PRADANA AB 834929733 – Monday, 16 November 2020, 9:21 PM
Vedeo pertama
Dalam mengajar membaca huruf suku kata dan kalimat guru memberikan motivasibdan terus langsung memasukkan materi sehingga murid mudah memahami materi dan lansun paham dengan ajaranya
Kelemahannya guru kurang memerhatikan siswa
Vedeo kedua
Guru mempergakan gambar beserta tulisan nama bacaan gambar setelah itu guru langsung memibta siswanya untuk melakukan tes soal tetapi sebagian murid ada yang masihbelum bisa menulis.
Picture of ACHMAD ABIV SYAUQI ZAIN ALI 834929686
In reply to Feri Tirtoni, S.Pd., M.Pd 71001406
Re: DISKUSI SESI 2
by ACHMAD ABIV SYAUQI ZAIN ALI 834929686 – Monday, 16 November 2020, 9:30 PM
Video pertama
Siswa sangat antusias dan semangat dalam mengikuti pembelajaran, guru menjelaskan sekaligus menggunakan media dalam pembelajaran sehingga siswa dapat lebih tanggap dalam menerima pembelajaran, guru kurang memperhatikan siswa sehingga ada sebagian siswa yang terlihat malas – malasan, seharusnya guru lebih bisa memperhatikan dan mendorong siswa untuk lebih aktif dalam pelajaran.
1. Reaksi siswa sangat senang dengan kegiatan awal yang guru lakukan.
2. Kelemahannya guru harus benar-benar sabar dan telaten dalam menjelaskan karena siswa kesulitan belajar.
3. Kelebihannya dengan berbagai macam media yang digunakan sangat membantu siswa untuk lebih paham.
4. Media yang digunakan sangat beragam.
5. Menggunakan metode membaca pemula terlebih dahulu.

Mohamad Kelvin Kurniawan
834862549
Didalam video tersebut guru sudah bagus dalam menyampaikan materi. Karena guru menggunakan metode pembelajaran yang tepat, contohnya menggunakan alat peraga, alat peraga sangat penting di gunakan dalam metode pembelajaran siswa Sekolah Dasar (SD), karena ada sebagian siswa yang hanya bisa mengerti materi yang di sampaikan guru ketika guru menggunakan alat peraga. Namun ada sedikit kekurangan dalam video tersebut, yaitu guru tidak mengajak siswa berdo’a sebelum pembelajaran di mulai, karena berdo’a sebelum di lakukannya pembelajaran sangatlah penting, supaya apa yang di ajarkan guru dapat bermanfaat di kemudian hari. Mungkin itu saja yang dapat saya tuliskan, kurang dan lebihnya saya mohon maaf.

Misnawati
837728287
Kelemahan : seharusnya guru tidak hanya berada di depan, guru bisa berada di bagian tengah siswa ketika menunjukkan gambar(media). Dan ketika mengajukan pertanyaan harusnya memberikan siswa, adakah siswa yg tidak menjawab, atau bahkan ada siswa yg bermain2
Kelebihan : ya benar dengan mengajal sisws menyanyi sebelum belajar atau ditengah tengah pembelajaran akan membuat siswa tidak merasa bosan
Siswa terlihat senang dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, guru menjelaskan sekaligus menggunakan media dalam pembelajaran sehingga siswa dapat lebih tanggap dalam menerima pembelajaran, guru kurang memperhatikan siswa sehingga ada sebagian siswa yang terlihat kurang semangat dan mengantuk untuk mengikuti pembelajaran
Nama : SYARIFAH
NIM. : 834929679
video sesi pertama strategi pembelajaran yang digunakan sesuai dengan kegiatan belajar mengajar serta kemampuan mengajarnya sudah bagus sehingga menarik minat belajar siswa Dan media yang digunakan sudah tepat sehingga memudahkan anak dalam membaca huruf,suku kata dan kalimat.
pada video sesi ke dua
strategi dan kemampuan mengajar guru semakin terlihat dimana guru memberi perhatian lebih.
Guru, kami jg pernah mengalami kesulitan seperti di video.
Cara mengatasi: guru harus lebih menguasai kelas, guru memberi perhatian lebih, dll