Video tersebut memberikan gambaran tentang bagaimana siswa mengalami kesulitan dalam membaca permulaan. Permasalahan tersebut mendorong guru berkreasi menerapkan metode yang dapat mendorong siswa mengasah keterampilam mereka dalam membaca.
1. Apakah saudara guru pernah mengalami permasalahan seperti video tersebut?
2. Bagaimana saudara guru mengatasi permasalahan siswa ketika menghadapi kesulitan membaca permulaan? Menggunakan metode yang sama dengan video atau yang lainnya?
Marilah kita berbagi cerita dari kondisi kelas saudara guru masing-masing!


1. kesulitan saat mengajar membaca yang saya alami sama dengan kasus di vidio tersebut.
2. dalam mengatasinya, saya sama persis dengan metode di vidio itu. saya mengambil cara ini karena terngat metode guru SD saya jaman dulu pun mengenalkan huruf dan suku kata serta merangkai kata dengan media gambar seperti di vidio itu. hasilnya dalam sebulan siswa saya bisa membca, tentunya yang pintar, untuk yang lainnya memang membutuhkan waktu yang agak lama.

1. Pernah
2. Pada saat saya menghadapi siswa yang kesulitan membaca pada proses pemulaan saya menggunakan metode dengan media yang mudah dipahami oleh siswa.seperti dalam video itu saya mengambil huruf atau kata yang mudah dipahami oleh siswa.

1. Pernah
2. Yaitu dengan melakukan pendekatan kepada siswa yang mengalami kesulitan membaca dan memberikan waktu eksklusif bagi siswa yang kurang bisa membaca ,diluar jam pelajaran sekolah.
Metode yang digunakan adalah metode SAS , yang mana dengan metode ini dapat membantu siswa yang kesulitan membaca dan bagi yang sudah lancar membaca tinggal di tingkatkan kembali keterampilan membacanya.

dari video tersebut diatas memnggambarkan bagaimana kesulitan anak-anak dalam membaca dan mnegenali huruf setiap kata atau perkata,seperti yang saya alami selama ini dalam menghadapi anak-anak belajar
1.mengenalkan suku kata dengan cara mengenalkan kartu huruf
GUNARIYANTI_858648915
jawaban !
1. Apakah saudara guru pernah mengalami permasalahan seperti video tersebut?
Saya guru KB (Kelompok Bermain) Pernah mengalaminya di kelompok usia 3-4 tahun dilembaga saya. Kesulitan saat mengajar mengenalkan huruf abjad saya alami .
Dalam mengatasinya, saya sama persis dengan metode di vidio itu. saya mengambil cara mengenalkan huruf dan suku kata serta merangkai kata dengan media kartu huruf.
2. Bagaimana saudara guru mengatasi permasalahan siswa ketika menghadapi kesulitan membaca permulaan? Menggunakan metode yang sama dengan video atau yang lainnya?
Seletah mengamati video guru mengajar sudah baik , tetapi guru kurang benambahkan media yang menarik sehingga anak mudah bosan dalam kegiatan pembelajaran.
untuk mengatasi permasalahan siswa ketika menghadapi kesulitan membaca permulaan dilembaga saya yaitu dengan :
a. menggunakan kartu huruf a, ba, ca, …dst
b. mengenalkan huruf vokal dengan lagu (a, i, u, o)
c. menyebutkan suku kata pada huruf dengan mengajak anak bernyanyi sambil tepuk tangan misal, mengabsen nama anak dengan bergantian, akan menambah perbendaharaan kata anak juga, anak senang dan antusias melakukannya.
ya saya guru,,,menurut pengalaman saya menciptakan suasana kelas yang kondusif itu langkah pertama,,menggunakan media kartu huruf harus secara kontinu karna tarap serap siswa berbeda beda..menggunakan analisis keberhasilan setiap pelaksanaan pembelajaran adalah salah satu cara untuk mengetahui kebehasilan dalam pembelajaran. mencoba metode yang bervariatif dengan media tersebut dalam hal ini kontekstual dan demonstrasi saya rasa cocok dengan media kartu huruf ini.
- Dari video yang saya tonton saya pernah mengalami permasalahn yang sama pada kelas 1 di ana anak peserta didik sulit untuk mnulis dan membaca permulan , siswa mudah bosan dan sulit menghapal huruf, dan kurangnya murid memperhatikan guru
- Sebagai guru dalam mengatasi maslah tersebut di atas, saya akan menciptakan permaslahan yang menarik , misalnya memberikan media berupa animasi yang menarik, dan menyenangkan sehingga anak dapat belajar sambil bermain tetapi bermakna,
Nama : asri wahyuni
nim: 856332896
Seletah mengamati video guru mengajar sudah baik , tetapi guru kurang benambahkan media yang menarik sehigga anak mudah bosan dalam kegiatan pembelajaran.
Nama : adinda
nim:856332524
pokjar : jebus (bina ilmu )
Saya pernah mengalami seperti hal tersebut pada anak yg kesulitan mengenal hutuf dan membaca, yang saya lakukan ialah pertma memperkanalkan anak dengan media huruf yang bergambar sehingga menarik minat anak.. selalu melakukaknnya setiap hari / berulang-ulang agar anak bisa mengingatnya .. seletah anak sudah hafal akan semua huruf baru sediki demi sedikit saya mulai menggabungkan kata bersebut menjadi sebuah kalimat yang sederhana
Guru, kami jg pernah mengalami kesulitan seperti di video.
Cara mengatasi: guru harus lebih menguasai kelas, guru memberi perhatian lebih, dll