Video tersebut memberikan gambaran tentang bagaimana siswa mengalami kesulitan dalam membaca permulaan. Permasalahan tersebut mendorong guru berkreasi menerapkan metode yang dapat mendorong siswa mengasah keterampilam mereka dalam membaca.
1. Apakah saudara guru pernah mengalami permasalahan seperti video tersebut?
2. Bagaimana saudara guru mengatasi permasalahan siswa ketika menghadapi kesulitan membaca permulaan? Menggunakan metode yang sama dengan video atau yang lainnya?
Marilah kita berbagi cerita dari kondisi kelas saudara guru masing-masing!


1. kesulitan saat mengajar membaca yang saya alami sama dengan kasus di vidio tersebut.
2. dalam mengatasinya, saya sama persis dengan metode di vidio itu. saya mengambil cara ini karena terngat metode guru SD saya jaman dulu pun mengenalkan huruf dan suku kata serta merangkai kata dengan media gambar seperti di vidio itu. hasilnya dalam sebulan siswa saya bisa membca, tentunya yang pintar, untuk yang lainnya memang membutuhkan waktu yang agak lama.

1. Pernah
2. Pada saat saya menghadapi siswa yang kesulitan membaca pada proses pemulaan saya menggunakan metode dengan media yang mudah dipahami oleh siswa.seperti dalam video itu saya mengambil huruf atau kata yang mudah dipahami oleh siswa.

1. Pernah
2. Yaitu dengan melakukan pendekatan kepada siswa yang mengalami kesulitan membaca dan memberikan waktu eksklusif bagi siswa yang kurang bisa membaca ,diluar jam pelajaran sekolah.
Metode yang digunakan adalah metode SAS , yang mana dengan metode ini dapat membantu siswa yang kesulitan membaca dan bagi yang sudah lancar membaca tinggal di tingkatkan kembali keterampilan membacanya.

dari video tersebut diatas memnggambarkan bagaimana kesulitan anak-anak dalam membaca dan mnegenali huruf setiap kata atau perkata,seperti yang saya alami selama ini dalam menghadapi anak-anak belajar
1.mengenalkan suku kata dengan cara mengenalkan kartu huruf
Nama : Yuni Fitria
NIM : 855828719
Sebagaimana video yang ditampilkan diatas , video tersebut menampilkan mengahdapi siswa dalam kesulitan menulis dan membaca. Dan di video tersebut menampilkan beberapa solusi terutama cara menulis pada siswa yang mengalami kesulitan.
- Menurut pendapat saya, reaksi anak atau siswa saat KBM berlangsung di video tersebut anak kurang fokus terhadap guru yang sedang menjelaskan materi. penyebab kesulitan anak saat menulis yaitu: anak malas dan bosan, kurang konsentrasi, kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajaran, anak tergolong slow learner, kelainan motorik halus dan kurang latihan menulis.
- guru tidak mampu menguasai kelas di saat KBM berlangsung.
- Sabar, memberi perhatian yang lebih kepada siswa seperti sentuhan atau memegang tangan siswa.
- kreatif dalam menginovasi model pembelajaran agar lebih memotivasi anak dalam menulis, contoh: menulis dipasir, di buku gambar dan di angkasa.
- menggunakan media pembelajaran, metode belajar yang bervariasi dan meningkatkan interaksi guru dan siswa
Nama : Elvi ismaini sinaga
Nim : 855883367
Dari Vidio yang sudah saya lihat saya pernah mengalaminya dan cara saya mengatasi masalah siswa ketika menghadapi kesulitan membaca permulaan yaitu dengan media kartu kata dengan media ini sangat membantu siswa yang kesulitan membaca, dan memberikan waktu luang saya untuk mengajarkan membaca di luar jam sekolah
Nama : Surya Isra
NIM : 858612477
ijin bertanya admin terkait identitas pada video tersebut:
Nama tokoh : ?
Nama Sekolah : ?
Nama Penulis : ?
Sutradara / Pengembang Video : ?
1. Pernah
2. Yaitu dengan melakukan pendekatan kepada siswa yang mengalami kesulitan membaca dan memberikan waktu eksklusif bagi siswa yang kurang bisa membaca ,diluar jam pelajaran sekolah.
Metode yang digunakan adalah metode SAS , yang mana dengan metode ini dapat membantu siswa yang kesulitan membaca dan bagi yang sudah lancar membaca tinggal di tingkatkan kembali keterampilan membacanya.
- kesulitsan saat mengajar membaca yang saya alami sama dengan vidio
cara mengatasi nya
saya mengambil kertas karton dan saya mengenalkan huruf dan suku kata media gambar seperti dividio dan hasil dalam 1 bulan siswa saya sudah bisa membaca walaupun belum bisa selancar yang sudah pandai membaca
Guru, kami jg pernah mengalami kesulitan seperti di video.
Cara mengatasi: guru harus lebih menguasai kelas, guru memberi perhatian lebih, dll