33

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :

1. Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,

2. Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau

3. Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.

Ditulis oleh: Eded Tarmedi 

Pesatnya perkembangan era 4.0 dalam teknologi dewasa ini membuat seorang guru memang harus cerdas dalam mengatasi situasi dan kondisi seperti pada video ini. Video ini sangatlah bagus memberikan solusi untuk guru yang kesulitan dalam mengajarkan materi kenampakan Alam yang biasanya dengan cara mengajak siswa untuk menjelaskan kenampakan alam dari negara-negara yang sangat asing bagi siswa sehingga siswa kesulitan dalam menjelaskan kenampakan alam yang ada di negara tersebut. Solusi yang ditawarkan dalam video ini dengan menggunakan pendekatan dalam lingkungan sekitar siswa yaitu meminta siswa untuk bercerita menjelaskan salah satu daerah yang pernah dikunjungi siswa sebelumnya atau bisa dengan mengajak siswa keluar sekolah langsung mengunjungi suatu daerah tertentu.

Akan tetapi, tidak semua sekolah mampu mengalokasikan dana dan menyediakan fasilitas untuk keluar sekolah berkunjung ke suatu daerah. Oleh sebab itu, seorang guru harus dituntut kreatif agar tujuan pembelajaran dapat dicapai. Apakah cara yang digunakan guru dalam video ini sudah efektif jika harus mengajak siswa untuk keluar sekolah demi membelajarkan materi kenampakan alam? Bagaimana media pembelajaran lain yang dapat digunakan untuk membelajarkan materi kenampakan alam kepada siswa jika diterapkan sesuai dengan perkembangan teknologi era 4.0 saat ini?

Answered question

Materi yg disampaikan sangat tepat dalan pembelajaran IPS mengenai kenampakan alam.
Karena,,di usia seperi ini apa lagi kelas 5 itu lebih tepat lagi langsung dibawa ke praktek karena mereka bisa memahami dari kenampakan alam itu sendiri

Salam sejahtera untuk kita semua.
Pendapat saya mengenai vidio ini sudah sangat membantu dan memberikan saya contoh untuk dapat mengajar dengan lebih baik lagi. Perihal kekurangan dalam vidio ini akan saya jadikan pelajaran agar dapat berinovasi dalam mengajar di kelas untuk hasil yang lebih baik.
Terima kasih.

Setelah menonton vidio ini saya mendapat banyak pelajaran dan cara untuk meningkatkan cara mengajar siswa agar siswa lebih memahami tentang lingkungan sekitar.

setelah menonton video ini saya mendapatkan pengetahuan mengenai pembelajaran kenampakan alam.
Pada dasarnya pembelajaran yang disampaikan guru memiliki tingkat yang terlalu tinggi sehingga guru harus lebih bisa menggunakan lingkungan sekitar kehidupan sehari-hari guna memberikan contoh Kenampakan Alam.
Media pembelajaran lain yang dapat digunakan digunakan yang mungkin sesuai dengan era teknologi saat ini guru bisa membuat Miniatur-miniatur kenampakan alam yang saat proses pembelajaran bisa sambil diputarkan musik/ lagu “Naik Gunung” atau Lagu lain yang mencakup kenampakan alam sekitar.

pembelajarannya cukup menyenangkan, tetapi sebaiknya guru harus bisa menggunakan lingkungan sekitar kehidupan sehari-hari sebagai media pembelajaran guna untuk membikan contoh kenampakan alam kepada siswa.