Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :
1. Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
2. Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau
3. Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.
Ditulis oleh: Eded TarmediÂ
Pesatnya perkembangan era 4.0 dalam teknologi dewasa ini membuat seorang guru memang harus cerdas dalam mengatasi situasi dan kondisi seperti pada video ini. Video ini sangatlah bagus memberikan solusi untuk guru yang kesulitan dalam mengajarkan materi kenampakan Alam yang biasanya dengan cara mengajak siswa untuk menjelaskan kenampakan alam dari negara-negara yang sangat asing bagi siswa sehingga siswa kesulitan dalam menjelaskan kenampakan alam yang ada di negara tersebut. Solusi yang ditawarkan dalam video ini dengan menggunakan pendekatan dalam lingkungan sekitar siswa yaitu meminta siswa untuk bercerita menjelaskan salah satu daerah yang pernah dikunjungi siswa sebelumnya atau bisa dengan mengajak siswa keluar sekolah langsung mengunjungi suatu daerah tertentu.
Akan tetapi, tidak semua sekolah mampu mengalokasikan dana dan menyediakan fasilitas untuk keluar sekolah berkunjung ke suatu daerah. Oleh sebab itu, seorang guru harus dituntut kreatif agar tujuan pembelajaran dapat dicapai. Apakah cara yang digunakan guru dalam video ini sudah efektif jika harus mengajak siswa untuk keluar sekolah demi membelajarkan materi kenampakan alam? Bagaimana media pembelajaran lain yang dapat digunakan untuk membelajarkan materi kenampakan alam kepada siswa jika diterapkan sesuai dengan perkembangan teknologi era 4.0 saat ini?


Salam sejahtera untuk kita semua.
Pendapat saya mengenai vidio ini sudah sangat membantu dan memberikan saya contoh untuk dapat mengajar dengan lebih baik lagi. Perihal kekurangan dalam vidio ini akan saya jadikan pelajaran agar dapat berinovasi dalam mengajar di kelas untuk hasil yang lebih baik.
Terima kasih.

Setelah menonton vidio ini saya mendapat banyak pelajaran dan cara untuk meningkatkan cara mengajar siswa agar siswa lebih memahami tentang lingkungan sekitar.

setelah menonton video ini saya mendapatkan pengetahuan mengenai pembelajaran kenampakan alam.
Pada dasarnya pembelajaran yang disampaikan guru memiliki tingkat yang terlalu tinggi sehingga guru harus lebih bisa menggunakan lingkungan sekitar kehidupan sehari-hari guna memberikan contoh Kenampakan Alam.
Media pembelajaran lain yang dapat digunakan digunakan yang mungkin sesuai dengan era teknologi saat ini guru bisa membuat Miniatur-miniatur kenampakan alam yang saat proses pembelajaran bisa sambil diputarkan musik/ lagu “Naik Gunung” atau Lagu lain yang mencakup kenampakan alam sekitar.

pembelajarannya cukup menyenangkan, tetapi sebaiknya guru harus bisa menggunakan lingkungan sekitar kehidupan sehari-hari sebagai media pembelajaran guna untuk membikan contoh kenampakan alam kepada siswa.
menurut saya konsep pembelajarannya cukup menyenangkan, media pembelajaran yang digunakan cukup membantu, tetapi alangkah baiknya apabila seorang guru menggunakan lingkungan sekitar kehidupan sehari-hari sebagai media pembelajaran agar peserta didik mampu memahami contoh kenampakan alam yang ada di sekitar siswa
Nama : Fima Gayatri
NIM:858803153
Menurut saya video pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah baik tetapi alangkah baiknya jika pembukaan pembelajaran tidak terburu buru, dan dalam hal penyampaian sebaiknya diberikan contoh agar siswa bisa lebih memahami materinya
terimakasih
Nama : Fima Gayatri
NIM: 858803153
Menurut saya video pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah baik tetapi masih alangkah baiknya jika dalam hal penyampaian sebaiknya diberikan contoh dan harus sesuai dengan apa yang diketahui siswa yang ada disekitar lingkungannya
terimakasih
Nama : Gabriel Viki Galih Prakusa
NIM : 857019585
Menurut saya video pembelajaran yang dilakukan oleh guru/pemateri tersebut sudah baik tetapi masih ada kekurangan dalam hal penyampaian contoh konkret yang diberikan, sebaiknya contoh yang diberikan haruslah sesuai apa yang diketahui siswa yang ada disekitar lingkungannya, jangan terlalu jauh sehingga siswa tidak dapat memahami apa yang dicontohkan guru tersebut, lebih baik contoh yang ada di lingkungan sekitar agar siswa paham dan mengerti yang dicontohkan oleh guru tersebut.
Sekian, terimakasih

Nama : Mansur Rizani
Nim. : 837176088
Setelah menyimak vedio ini kita dapat menggambarkan bahwa, cukup mampu menjelaskan macam-macam penampakan Alam dari negara-negara lain seperti di Negara Mesir .
Dalam hal ini tentu siswa kesulitan dalam hal menjelaskan materi penampakan alam ini dari segi tempat yang sangat jauh contoh jarak alamnya yakni dinegara Mesir.
Maka solosi yang harus kita ambil adalah dengan menjelaskan penampakan lingkungan alam yang ada disekitar para siswa tersebut, seperti lingkungan lam sekitar yang siswanya bisa terjun langsung .
Mohon ijin untuk mengirimkan komentar saya mengenai video tersebut:
- Seperti dalam analisis yang disampaikan oleh presenter, sebelum menunjukkan media atau membahas materi sebaiknya terlebih dulu melakukan pengantar pelajaran dengan menghubungkan materi sesuai pengalaman/pengetahuan siswa.
- Guru menjelaskan terlebih dahulu tentang garis besar materi, agar siswa dapat memahami tema yang akan dibahas.
- Penggunaan media sudah sangat baik, akan tetapi mungkin ukurannya lebih diperbesar. Atau bisa diakali dengan menunjukkan kearah siswa secara bergaintian perbaris/kelompok, atau menata tempat duduk secara melingkar/huruf U sehingga semua siswa dapat melihat dengan lebih baik.
- Pengelolaan kelas sudah baik, karena ada interaksi 2 arah antara guru dan siswa dimana guru memberi pertanyaan dan siswa menjawab.
- Penanganan situasi di kelas ketika siswa mengejek teman sudah cukup baik. Mungkin dapat diberi tambahan berupa nasehat agar siswa tidak mengejek ketika teman menjawab salah, sehingga semua dapat berani mencoba menjawab tanpa takut salah.
Materi yg disampaikan sangat tepat dalan pembelajaran IPS mengenai kenampakan alam.
Karena,,di usia seperi ini apa lagi kelas 5 itu lebih tepat lagi langsung dibawa ke praktek karena mereka bisa memahami dari kenampakan alam itu sendiri