- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Video ini sudah bagus dan siswa sudah memahami apa yang disampaikan oleh guru. dan media pembelaaran juga sudah membanu dengan baik

NAMA : HASPARONI
NIM :530055092
Video ini memperlihatkan bagaimana guru menggunakan strategi pembelajaran yang dalam pembuktian rumus matematika kepada siswa SMP secara menyenangkan. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok dan mengerjakan analisis berdasarkan besaran-besaran yang diperoleh kedalam tabel. Kelompok siswa kemudian mempresentasikan hasil kerja berupa tabel. Terakhir guru menyimpulkan langkah pembuktian.
Sedikit tambahan, untuk pembentukan kelompok diharapkan diataur oleh Guru, karna untuk pembagian kelompok seharusnya ada yang pintar dan ada yang lemah sehingga dalam diskusi akan aktif.

Nama : Ahmad Wahyudin
NIM : 530057168
Setelah saya menyimak video dengan judul “ Keliling Lingkaran
” durasi 6 menit 26 detik dapat saya identifikasi beberapa hal diantaranya:
Guru telah melakukan apersepsi, menyampaikan tujuan pelajaran, dan menerangkan materi yang akan dipelajari. Persiapan yang dilakukan untuk pembelajaran pada materi keliling lingkaran sudah baik. Siswa sudah membawa berbagai macam benda disekitar yang permukaanya berbentuk lingkaran. Pembelajaran menggunakan pendekatan student center sudah tepat untuk pembelajaan dengan materi keliling lingkaran. Siswa diminta aktif dalam menentukan diameter lingkaran, keliling lingkaran yang pada akhirnya siswa menemukan dari mana nilai 3,14 itu ditemukan. Ada beberapa tambahan agar pembelajaran tersebut lebih menarik diantaranya perlu adanya presentasi dari hasil siswa mengukur keliling lingkaran yang disusul dengan pemberian reward. Selanjutnya guru perlu memberikan tahapan pengukuran yang jelas kepada siswa agar konsep pengukuran yang siswa lakukan tidak terbalik balik misalnya mengukur diameter dulu atau keliling dulu. Kemudian Batasan waktu perlu diberikan agar tidak memakan waktu lama serta pembuatan kelompok sebaiknya guru yag menetukan agar persebaran antar siswa sama rata. Sekian dan terimakasih.

1. Pada prinsipnya apa yang dilakukan oleh Bapak guru dalam menerangkan keliling lingkaran sudah baik, sebelum dilakukan diskusi didahului dengan pemberian pandangan secara umum tentang materi yang akan dibahas, kelemahannya siswa tidak diberikan kesempatan kepada siswa untuk mengutarakan pengetahuannya tentang lingkaran dan pemahamannya tentang keliling lingkaran.
2. Pernah, ketika saya menjelaskan tentang lingkaran siswa sudah terpatri dalam pikirannya tentang rumus yang sudah baku,tanpa tahu proses mendapatkan hitungan tersebut.
3. Langkah yang saya ambil mungkin sama dengan apa yang dilakukan oleh Bapak guru tadi, tetapi saya akan memberikan ruang kepada siswa tentang pemahaman terhadap lingkaran, setelah siswa menyampaikan pandangan hasil kerja kelompoknya guru harusnya memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang dilakukan oleh siswa
4. Pendapat Para ahli tentang pembelajaran dalam video adalah :
Iskandarwassid dan Sunendar (2011, hlm. 56) yang mengatakan bahwa metode pembelajaran adalah cara kerja yang sistematis untuk memudahkan pelaksanaan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diinginkan atau ditentukan.
Welch mendefinisikan inquiry sebagai proses dimana manusia mencari informasi atau pengertian, maka sering disebut away of thought. Sedangkan Kidsvatter dkk menjelaskan inquiry sebagai model pengajaran dimana guru melibatkan kemampuan berpikir kritis siswa untuk menganalisis dan memecahkan persoalan secara sistematik.3
Adi/ 530057942
nama : teguh utomo
nim ;030785891
saya coba menanggapin vidio pada https://youtu.be/WVlHPLvBIOw
- Bagemana reaksi anak/ siswa terhadap kegiatan pembelajaran yg dilakukan guru? Reaksi anak/ siswa sangan antutias dalam proses pembelajaran
- Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran: seharusnya guru sudah mempersiapkan bahan ajar dari rumah sehingga disaat di sekolah sudah siap
- Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
- guru sudah melakukan urutan dalam pembelajaran dengan baik
- Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk presentasi hasil kerjanya di depan kelas sehingga dapat membiasakan peserta didik untuk bersikap aktif, kreatif dan berani menyampaikan pendapat dengan sopan.
- 4.Keunikan: Dalam proses pembelajaran tersebut, peserta didik menggunakan alat bantu/alat peraga dan diberikan lembar kerja yang berisikan tabel pengamatan sehingga peserta didik dapat dengan mudah memahami soal yang di berikan.Masukan/saran :
- 5.Saran:
- sebelum memulai pembelajaran guru melakukan pembukaan dengan salam dan berdoa.
- Sebaiknya, guru melakukan apersepsi dengan mengaitkan materi yang dipelajari sebelumnya.
- Sebaiknya, guru juga menyampaikan tujuan pembelajaran sebelum masuk ke inti pembelajaran
Nama : Gusti Yuliana
NIM : 022122406
UPBJJ : Banjarmasin
Tutor : Dr. Endang Hermawan, M.Pd.
Judul Video : SMP53 Keliling Lingkaran
Materi : Keliling lingkaran
Kelebihan dalam video pembelajaran tersebut :
- Guru membimbing peserta didik untuk mendapatkan rumus keliling lingkaran sehingga peserta didik dapat memahami dari mana rumus keliling lingkaran itu diperoleh.
- Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk presentasi hasil kerjanya di depan kelas sehingga dapat membiasakan peserta didik untuk bersikap aktif, kreatif dan berani menyampaikan pendapat dengan sopan.
Kekurangan dalam video pembelajaran tersebut :
- Guru tidak melakukan pembukaan dengan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
- Guru tidak mengecek kehadiran siswa.
- Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dari pertemuan yang akan berlangsung.
- Guru tidak melakukan apersepsi dengan mengaitkan materi rumus keliling lingkaran dengan materi yang dipelajari sebelumnya.
- Pembagian kelompok harus diatur oleh guru supaya setiap kelompok memiliki komposisi anggota dengan kemampuan yang seimbang
Langkah yang dilakukan untuk memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang ditemukan pada video tersebut yaitu :
- Melakukan pembukaan dengan salam dan berdoa
- Mengecek kehadiran siswa
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
- Melakukan apersepsi dengan mengaitkan materi rumus keliling lingkaran dengan materi yang dipelajari sebelumnya.
- Membagi kelompok dengan anggota yang memiliki kemampuan heterogen
Teori yang mendasari langkah-langkah perbaikan adalah Menurut teori Herbart merupakan sebuah teori belajar yang berpusat pada tanggapan atau ide, dengan kata lain apersepsi adalah sebuah proses penghubungan antara tanggapan yang satu dengan tanggapan yang lainnya. Sedangkan menurut Wundt, bahwa Apersepsi bukan hanya asosiasi belaka melainkan memasukan tanggapan-tanggapan baru dalam suatu hubungan kategorial atau hubungan yang lebih umum.
Saya setuju dengan pendapat Ahmad Wahyudin tentang pemberian reward hasil diskusi siswa.
Saya setuju dengan pendapat Hasparoni tentang pembagian kelompok yang diatur oleh guru karena guru yang mengetahui tingkat kemampuan siswanya.
Nama: Auridha Nisa Fatwantika
NIM: 042693216
Pokjar: Batu
UPBJJ: Malang
Tutor: Miftahul Khoiri, S.Pd., M.Pd.
Judul Video: SMP53 Keliling Lingkaran
Materi: Keliling lingkaran
- Kelebihan dalam video pembelajaran tersebut:
- Guru membimbing peserta didik untuk mendapatkan rumus keliling lingkaran sehinga peserta didik dapat memahami dari mana rumus keliling lingkaran itu diperoleh.
- Dalam proses memperoleh rumus keliling lingkaran, guru membagi peserta didik ke dalam kelompok dan meminta peserta didik untuk menggunakan alat bantu/peraga yang dibawa dari rumah. Dengan begitu, peserta didik dapat berdiskusi dengan temannya yang lain bagaimana memperoleh rumus keliling lingkaran sehingga peserta didik berperan aktif dalam proses pembelajan.
- Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk presentasi hasil kerjanya di depan kelas sehingga dapat membiasakan peserta didik untuk bersikap aktif, kreatif dan berani menyampaikan pendapat dengan sopan.
- Kekurangan dalam video pembelajaran tersebut
- Guru tidak melakukan pembukaan dengan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Guru tidak melakukan apersepsi dengan mengaitkan materi rumus keliling lingkaran dengan materi yang dipelajari sebelumnya.
- Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dari pertemuan yang akan berlangsung
- Keunikan: Dalam proses pembelajaran tersebut, peserta didik mencari rumus keliling lingkaran dengan menggunakan alat bantu/alat peraga dan diberikan lembar kerja yang berisikan tabel pengamatan sehingga peserta didik dapat dengan mudah memperoleh rumus keliling lingkaran.
- Masukan/saran :
- Sebaiknya, sebelum memulai pembelajaran guru melakukan pembukaan dengan salam dan berdoa.
- Sebaiknya, guru melakukan apersepsi dengan mengaikan materi rumus keliling lingkaran dengan materi yang dipelajari sebelumnya.
- Sebaiknya, guru juga menyampaikan tujuan pembelajaran sebelum masuk ke inti pembelajaran
Assalamu’alikum Wr Wb. Seharusnya dalam Apersepsi, guru harus menyampaikan dulu Tujuan Pembelajarannya, guru juga harus mengkondisikan siswanya terlebih dahulu dengan Absensi Kelas dan menanyakan kondisi kelas dengan mencoba menanyakan apakah ada sampah di sekitar mereka ( penilaian sikap ) baru melakukan absensi. Setelah semua selesai baru menyampaikan tujuan pembelajaran dan materi yang akan di sampaikan dengan memberikan rangsangan berupa alat peraga atau slide power point
Nama : SISWANTI
NIM : 041777429
Prodi : FKIP Pendidikan Matematika
UPBJJ : Samarinda
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Jawaban :
- Kelebihan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah guru dapat mengajarkan strategi pembelajaran dalam materi pembuktian konsep matematika dari rumus keliling lingkaran, guru memulai membentuk kelompok diskusi dan anak-anak membawa media pembelajaran terbentuk lingkaran berupa gelas, sehingga media yang digunakan membuat siswa aktif dalam pembelajaran guru mengatur dan mengarahkan pembelajaran pada situasi yang menyenangkan bagi siswa,sehingga anak-anak semangat untuk mengikuti kegiatan diskusi ini, kemudian siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dengan penuh rasa percaya diri. Kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah guru tidak melakukan pembukaan dengan salam, pada saat pembelajaran guru kurang melakukan kegiatan apersepsi, karena apersepsi sangat penting untuk membuka pengetahuan siswa terutama pada kegiatan pembelajaran sebelumnya, guru cenderung langsung masuk kemateri dan guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah melakukan pembelajaran.
- Iya, saya pernah mengalami peristiwa semacam ini, yaitu ketika saya mengajarkan materi tentang rumus keliling lingkaran, saya menunjukan media berupa jam dinding yang ada didalam kelas dan menjelaskan cara mencari diameter dan keliling benda yang harus anak-anak pahami.
- Langkah – langkah yang akan saya lakukan untuk memperbaiki pembelajaran sesuai kelemahan yang saya temukan pada video tersebut adalah melakukan pembukaan dengan salam dan berdoa terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran, mengecek kehadiran siswa, memberikan apersepsi dengan tujuan mengingatkan kembali tentang materi sebelumnya, membagi kelompok dengan anggota yang memiliki kemampuan heterogen dan guru menyimpulkan hasil presentasi yang disampaikan dalam diskusi masing-masing kelompok.
- Teori atau pendapat pakar ( Minimal 2 ) yang mendasari langkah-langkah perbaikan adalah : Menurut Herbart, mengemukakan bahwa apersepsi adalah menerima tanggapan-tanggapan baru dengan bantuan tanggapan yang telah ada dan Iskandarwassid dan Sunendar (2011, hlm. 56) yang mengatakan bahwa metode pembelajaran adalah cara kerja yang sistematis untuk memudahkan pelaksanaan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diinginkan atau ditentukan.
- Tanggapan ( Minimal 2 ) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini: Pendapat Ibu Kasiatun : bahwa siswa tidak diberikan kesempatan kepada siswa untuk mengutarakan pengetahuannya tentang lingkaran dan pemahaman tentang keliling lingkaran. Saya setuju, karena memberikan kesempatan bertanya akan menambah wawasan siswa. Pendapat Ibu Nur Rosidah : bahwa guru langsung memberikan cara menghitung diameter dari alat peraga berupa lingkaran dari gelas. Saya setuju, karena sebaiknya guru memberikan penjelasan konsep terlebih dahulu, kemudian setelah anak-anak mengerti guru menggunakan alat peraga berupa lingkaran dari media gelas.
Pada video tersebut proses pembelajaran yang dilakukan guru sudah cukup baik. siswa sudah dapat memahami darimana rumus keliling lingkaran didapat. mungkin perlu perbaikan pada kelompok diskusinya saja.