0
  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Answered question

Pada video tersebut proses pembelajaran yang dilakukan guru sudah cukup baik. siswa sudah dapat memahami darimana rumus keliling lingkaran didapat. mungkin perlu perbaikan pada kelompok diskusinya saja.

Video ini sudah bagus dan siswa sudah memahami apa yang disampaikan oleh guru. dan media pembelaaran juga sudah membanu dengan baik

NAMA : HASPARONI
NIM :530055092
Video ini memperlihatkan bagaimana guru menggunakan strategi pembelajaran yang dalam pembuktian rumus matematika kepada siswa SMP secara menyenangkan. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok dan mengerjakan analisis berdasarkan besaran-besaran yang diperoleh kedalam tabel. Kelompok siswa kemudian mempresentasikan hasil kerja berupa tabel. Terakhir guru menyimpulkan langkah pembuktian.
Sedikit tambahan, untuk pembentukan kelompok diharapkan diataur oleh Guru, karna untuk pembagian kelompok seharusnya ada yang pintar dan ada yang lemah sehingga dalam diskusi akan aktif.

Nama : Ahmad Wahyudin
NIM : 530057168
Setelah saya menyimak video dengan judul “ Keliling Lingkaran
” durasi 6 menit 26 detik dapat saya identifikasi beberapa hal diantaranya:
Guru telah melakukan apersepsi, menyampaikan tujuan pelajaran, dan menerangkan materi yang akan dipelajari. Persiapan yang dilakukan untuk pembelajaran pada materi keliling lingkaran sudah baik. Siswa sudah membawa berbagai macam benda disekitar yang permukaanya berbentuk lingkaran. Pembelajaran menggunakan pendekatan student center sudah tepat untuk pembelajaan dengan materi keliling lingkaran. Siswa diminta aktif dalam menentukan diameter lingkaran, keliling lingkaran yang pada akhirnya siswa menemukan dari mana nilai 3,14 itu ditemukan. Ada beberapa tambahan agar pembelajaran tersebut lebih menarik diantaranya perlu adanya presentasi dari hasil siswa mengukur keliling lingkaran yang disusul dengan pemberian reward. Selanjutnya guru perlu memberikan tahapan pengukuran yang jelas kepada siswa agar konsep pengukuran yang siswa lakukan tidak terbalik balik misalnya mengukur diameter dulu atau keliling dulu. Kemudian Batasan waktu perlu diberikan agar tidak memakan waktu lama serta pembuatan kelompok sebaiknya guru yag menetukan agar persebaran antar siswa sama rata. Sekian dan terimakasih.

1. Pada prinsipnya apa yang dilakukan oleh Bapak guru dalam menerangkan keliling lingkaran sudah baik, sebelum dilakukan diskusi didahului dengan pemberian pandangan secara umum tentang materi yang akan dibahas, kelemahannya siswa tidak diberikan kesempatan kepada siswa untuk mengutarakan pengetahuannya tentang lingkaran dan pemahamannya tentang keliling lingkaran.
2. Pernah, ketika saya menjelaskan tentang lingkaran siswa sudah terpatri dalam pikirannya tentang rumus yang sudah baku,tanpa tahu proses mendapatkan hitungan tersebut.
3. Langkah yang saya ambil mungkin sama dengan apa yang dilakukan oleh Bapak guru tadi, tetapi saya akan memberikan ruang kepada siswa tentang pemahaman terhadap lingkaran, setelah siswa menyampaikan pandangan hasil kerja kelompoknya guru harusnya memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang dilakukan oleh siswa
4. Pendapat Para ahli tentang pembelajaran dalam video adalah :
Iskandarwassid dan Sunendar (2011, hlm. 56) yang mengatakan bahwa metode pembelajaran adalah cara kerja yang sistematis untuk memudahkan pelaksanaan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diinginkan atau ditentukan.
Welch mendefinisikan inquiry sebagai proses dimana manusia mencari informasi atau pengertian, maka sering disebut away of thought. Sedangkan Kidsvatter dkk menjelaskan inquiry sebagai model pengajaran dimana guru melibatkan kemampuan berpikir kritis siswa untuk menganalisis dan memecahkan persoalan secara sistematik.3
Adi/ 530057942