- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Kelebihan dan kekurangan dari video tentang kebutuhan manusia dan sumber daya adalah:
Kelebihan
1. Cara menyampaikan materi sangat bersemangat.
2. Siswa aktif dalam kegiatan diskusi
3. Dalam mengelola kelas berjalan dengan baik
Kekurangan
1. Tidak mengabsen siswa
2. Tidak membaca doa
3. Tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
4. Tidak membuat media pembelajaran
Pernah, pada saat itu saya juga tidak menggunakan media pembelajaran tetapi karena materinya berhubungan dengan dengan pengalaman sehari-hari jadi pembelajaran bisa berjalan dengan lancar.
Langkah-langkah yang saya lakukan untuk melakukan perbaikan adalah:
1. Melakukan persiapan
Yaitu dengan mengecek kehadiran siswa, membaca doa.
2. Melakukan kegiatan pendahuluan
– memberikan pemahaman tentang mengenai materi yang akan dibahas
– memotivasi siswa
3. Melakukan kegiatan inti
-memberikan informasi tentang materi yang dibahas
-memberikan penguatan dan penyimpulan
4. Melakukan kegiatan penutup
– menyimpulkan
-menyampaikan materi pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

1.Kelebiha
.Guru dapat mengelola kelas dengan baik
.siswa aktif dalam belajar
.Kelemahan
.Tidak membaca doa sebelum belajar
.Tidak ada media dan alat/bahan
.Tidak menyampai kan tujuan.
2,Pernah, metode ini pengalaman saya ad yang aktif ad juga yang tidak aktif,karena belajar di jam teakhir sehing ga siswa tidak fress,tidak pokus dalam belajar.
3.Langkah
.Membaca doa sebelum belajar adalah awalan yang baik
.Menggunakan medi lapto lebih baik,dan menyiap kan alat lain nya sbgai contoh itu memudah kan siswa dalam mengingat
.Membahas materi dan menyampai kan tujuan materi.

Manfaat dari video pembelajaran ini adalah mendapatkan pengalaman visual tentang penggunaan model Coperative Learning tipe Think Pair Share (berpikir bersama untuk dibagikan bersama) dalam pembelajaran IPS. Gurur membagi siswa menjadi kelompok-kelompok diskusi dengan pertanyaan atau tugas yang berbeda, melalui pendekatan, strategi dan metode tersebut guru dapat mendorong siswa untuk berpikir sesuai dengan kemampuan masing-masing, dan saling berbagi ide atau jawaban ke dalam forum kelompok dan kelas.

Dalam taysngan vidio berisi tentang metode cooperatif learning tipe think pair share (berpikir bersama untuk dibagikan bersama) yang dapat mengaktifkan siswa , metode ini menjadikan siswa aktif berfikir dan tidak jenuh , pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.
Kelebihan :
1. Guru dalam menyampaikan tujuan pembelajaran sangat baik,
2. Guru telah menguasai kelas dengan baik
3. Guru melakukan apersepsi menginformasikan topik pembelajaran yang akan dibahas dengan cara memberi pertanyaan kepada siswa , meskipun siswa tersebut tidak bisa memberi jawaban
4. Guru telah menggunakan pendekatan strategi dan metode cooperatif learning melalui pembentukan kelompok diskusi
5. Dapat mendorong peserta didik untuk berfikir seuai dengan kemampuan masing-masing dan saling berbagi ide atau jawaban ke dalam forum kelompok.
6. Adanya penguatan dari guru (verbal) cukup baik.
7. Memberi motivasi peserta didik untuk belajar lebih semangat.
8. Guru menutup pembelajaran sangat bagus dengan memberikan pemantapan dan simpulan singkat tentang jenis-jenis kebutuhan manusia.
Manfaat dari melihat dan mengamati dari pembelajarn vidio adalah: menambah wawasan dalam pembelajaran dengan menggunakan metode cooperatif learning type think pair share , yang sebelumnya saya belum pernah saya lakukan dalam pembelajaran, dengan model pembelajaran tersebut.
Dengan pembentukan kelompok diskusi memungkinkan terciptanya situasi pembelajaran yang dapat memicu dan memacu partisipasi aktif siswa dalam kelompok maupun dalam kelas.
Pendekatan ini dapat dikembangkan dalam kelas nyaa guru dapat meghindarkan situasi pembelajaran yang bersifat monoton dan membosankan.
Dalam pembelajaran terutama pada saat akan dikusi kelompok , untuk lama waktu dijelaskan, Sehingga anak-anak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan.
Assalamualaikum
Nama ERNAWATI
NIM 042409192
Menanggapi Vidio dari GPO tentang kebutuhan manusia dan kelangkaan sumber daya
1. Kelebihan dari Vedio pembelajaran pertama mengucapkan salam sebelum memulaikan pembelajaran, meminta kepada anak untuk menyiapkan buku pelajaran, menyebutkan tujuan pembelajaran dengan jelas. Menanya kepada siswa tentang materi yang akan di pelajari. Guru menjelaskan secara singkat materi. Guru menyebutkan metode yang digunakan . Guru meminta siswa duduk berkelompok , dan mengakhiri pembelajar
2 kelemahan pembelajaran dalam Vedio ini adalah tidak memberi motivasi kepada siswa. Tidak membuat suatu kesimpulan pada akhir pertemuan. Tidak melakukan penutupan dengan baik pada akhir pembelajaran.
3. Langkah dalam memperbaiki kelemahan tersebut adalah dengan melakukan motivasi agar siswa lebih bersemangat dalam menjawab pertanyaan dari guru dan lebih bersemangat dalam berkelompok. Memberi kesempatan kepada siswa dalam membuat suatu kesimpulan yang didapat pada materi tersebut. Sebaiknya pada akhir pembelajaran guru mengucapkan salam pada akhir pertemuaan
4. Teori atau pendapat sangat baik. Melalui video ini para guru dapat memperoleh pengalaman siswa tentang penggunaan model kopertive lerning tipe think pair share ( berpikir bersama untuk dibagikan bersama ) dalam pembelajaran IPS metode ini juga dapat mengaktifkan proses berpikir siswa dalam belajar lebih menyenangkan atau tidak mejenuhkan
5. Tanggapan yang pertama saya lihat pada forum diskusi ini adalah mereka menyatakan bahwa pembelajaran tidak sesuai denganetode yang digunakan
Tanggapan yang kedua saya lihat guru tidakemberi batas waktu dalam berdiskusi
Terimakasih
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Kelebihan :
- apersepsi dengan cara menyampaikan topik pembelajaran dan mengajukan pertanyaan untuk membuka pelajaran dan menarik fokus perhatian anak kepada materi pelajaran cukup bagus
- Guru menguasai materi pelajaran dan sangat baik dalam memberikan penjelasan hubungan kebutuhan manusia dengan kelangkaan sumber daya alam.
- Guru menguasai kelas dengan baik
- Guru baik dalam membatasi waktu diskusi
- Guru memberikan penghargaan terhadap jawaban siswa dengan baik, contoh bagus jawabannya, memberi applaus tepuk tangan
- Guru sangat baik dalam memberi konfirmasi jawaban hasil diskusi kelompok.
- Menanyakan kepada siswa tentang pengalaman belajar dengan metode cooperative learning think pair share (refleksi)
- Guru mengucapkan terima kasih di akhir pembelajaran.
- Kekurangan :
- Guru tidak memeriksa kehadiran siswa
- Guru tidak memulai pelajaran dengan berdoa
- Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
- Guru tidak menggunakan media pembelajaran
- Guru tidak menunjukkan penilaian dalam proses pembelajaran (penilaian diskusi kelompok).
- Guru tidak menegaskan kembali hubungan kebutuhan manusia dengan kelangkaan sumber daya alam dalam kesimpulan.
- Pernahkah anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman anda
Sebagai guru tentu saja pernah mengalami peristiwa semacam itu. Kelebihan dan kekurangan senantiasa terjadi dalam proses kegiatan belajar. Kadang kelebihan muncul dengan sendirinya saat memberikan materi. Kadang proses pembelajaran juga tidak bisa berjalan seperti yang kita rencanakan karena sebab tertentu.
- Apabila anda akan memperbaiki pembelajaransesuai dengan kelemahan yang anda temukan pada video tersebut silahkan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Kegiatan pendahuluan
- Melakukan pendahuluan dengan salam dan berdoa.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Menyempaikan judul materi pelajaran
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
- Memeriksa kehadiran
- Memeriksa kesiapan siswa
- Kegiatan Inti
- Menayangkan materi dengan media pembelajaran berupa gambar atau video.
- Memberi penjelasan secara ringkas tentang gambar atau video yang sudah ditayangkan.
- Memberikan waktu kepada siswa untuk melihat media yang ditampilkan
- Memberi kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan atau komentar pada gambar atau video.
- Jika tidak ada pertanyaan atau komentar, guru memberikan apersepsi dengan tanya jawab langsung kepada siswa
- Mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok
- Membuat pertanyaan terkait media yang sudah ditampilkan
- Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi ubtuk menjawab sesuai pertanyaan yang sudah diberikan
- Mengorganisasi dan membimbing siswa dalam mengumpulkan informasi dan menyelesaikan masalah
- Memandu jalannya diskusi dan memberikan konfirmasi jawaban hasil diskusi siswa
- Mengarahkan siswa untuk sharing/berbagi
- Kegiatan Penutup
- Membimbing siswa dalam memberikan kesimpulan dan mengaskan kembali kesimpulan pada hasil kegiatan pembelajaran
- Melakukan refleksi dan umpan balik
- Menyampaikan materi pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
- Menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa Bersama
- Tuliskan teori dan pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Dr. A.Qasas Rahman (pernah menjabat guru besar di Universitas Negeri Makasar dan Mantan Kepala LPMP Sulawesi Selatan) mengatakan seorang guru jangan langsung member materi belajaran sebelum memberi motivasi dan apperesepsi ,siswa harus dirangsang untuk menerima pelajaran dengan senang,gembira dan enjoy, barulah guru memasuki pada materi pelajaran dengan performan dalam memuai pembelajaran dengan ramah, elegan sehingga siswatersebut.menerima dengan senang hati. (https://lpmpsulsel.kemdikbud.go.id/artikel/guru-siswa-serta-motivasi-dalam-pembelajaran)
- Alma (2008:79) mengemukakan: Dalam menampilkan keterampilan-keterampilan mengajar secara tepat termasuk pemilihan metode mengajar”. Pemilihan pola mengajar inipun biasanya dilakukan atas pertimbangan: “(1) tujuan pengajaran; (2) karakteristik bahan yang diajarkan; (3) alokasi waktu yang tersedia; (4) karakteristik siswa; (5) kemampuan guru itu sendiri. (http://eprints.uny.ac.id/65967/3/Bab%20II.pdf)
- Berikan tanggapan (minimal dua) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi ini
- Saya sepakat dengan pendapat yang dikeukakan oleh Muhammad Syahrisan Syah, guru dalam video pembelajaran ini tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Saya juga sepakat pada kelebihan guru dalam video ini seperti pendapat Intan Pandika bahwa guru menginformasikan topik pembelajaran yang akan dibahas dan didiskusikan, yang kemudian dilanjutkan dengan mengajukan pertanyaan
NAMA : ROS INDRIAWATI
NIM : 043306678
UPBJJ : JAYAPURA
POKJAR : MAPPI
Ringkasan Vidio :
Didalam video tersebut seorang guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan materi pembelajaran yang akan dibahas kemudian dilanjutkan dengan bertanya kepada 2 siswa tentang kebutuhan primer. Guru menjelaskan tentang kebutuhan manusia dan kelangkaan sumber daya alam dan metode pembelajaran yang akan dilakukan yaitu Cooperatif Learning Tipe Think Share (berpikir bersama untuk dibagikan bersama) dan membagi siswa dalam 4 kelompok siswa, kemudian mengemukakan hasil diskusi masing-masing kelompok. Guru menutup pembelajaran dengan memberikan ringkasan tentang jenis-jenis kebutuhan manusia.
Kelebihan Vidio :
1.Cukup menarik, baik dari sisi visualisasi maupun suaranya.
2.Ada interaksi yang aktif antara guru dan siswa.
3.Guru menjelaskan materi pembelajaran dengan baik.
Kekurangan Vidio :
1.Guru belum menjelaskan tentang materi, siswa ditanya tentang kebutuhan primer sehingga siswa tidak paham.
2.Guru tidak menentukan batas waktu dalam diskusi kelompok.
Hal Unik Dalam Vidio :
Ketika siswa diberikan pertanyaan diawal pembelajaran siswa dengan lantang menjawab tidak tahu
FITRIA MARTASARI
Link video : https://www.youtube.com/watch?v=Kylbvcgkx0c
Kegiatan Ekonomi – Video PJJ IPS Kelas 7
kelemahan : terlalu cepat dalam menjelaskan,
kelebihan : teori sangat jelas, proses pembuatan video yang unik sehingga siswa mudah memahami, memberikan contoh seperti keadaan sekarang
Nama : Vetty Kharisma
NIM: 530072493
Kelebihan:
- Guru dapat mengelola kelas dengan baik, sehingga suasana kelas kondusif.
- Guru menerapkan pembelajaran secara berkelompok, sehingga guru bisa mengontrol kelas dengan baik.
Kekurangan:
- Guru tidak menjelaskan tujuan dan manfaat pembelajaran yang akan dilakukan.
- Guru perlu mengaitkan materi pembelajaran yang akan disampaikan dalam kehidupan sehari-hari.
- Guru perlu membagi kelompok secara jelas dan tidak membiarkan siswa yang memilih kelompoknya sendiri.
- Pembelajaran masih berpusat pada guru, bukan kepada siswa.
Saran:
- Guru perlu menginstruksikan dengan jelas mengenai langkah-langkah dalam pembelajaran kelompok.
- Guru perlu memberikan lembar diskusi kelompok.
- Guru perlu memberikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk menyampaikan dan menjelaskan hasil diskusi kelompok didepan kelas.
- Guru perlu mengajak semua siswa untuk mengapresiasi kelompok yang sudah memberikan hasil diskusinya.
1. Kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video
• Kelebihan video
Kelebihan guru dalam video tersebut adalah guru sangat baik dalam mengelola kelas sehingga siswa tidak ada yang ribut, aktif dalam kegiatan diskusi dan tanya jawab sehingga pembelajaran berlangsung kondusif.
Dalam menyampaikan pembelajaran, sikap guru bersemangat sehingga membuat siswa ikut bersemangat juga.
• Kelemahan video
Sedangkan kelemahan guru dalam video tersebut adalah guru tidak menuliskan judul dan tujuan pembelajaran, serta tidak menggunakan media yang sesuai dengan materi pada saat itu.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda!
Saya pernah mengalami peristiwa tersebut dimana ada saat siswa aktif dalam belajar dikarenakan jam pelajaran pertama sehingga masih fresh. Sehingga saya pun menjadi bersemangat dalam mengajar dikarenakan juga sesuai dengan basic pendidikan saya. Kemudian ada juga saya dalam mengajar tidak menggunakan media, sehingga siswa kurang memahami apa yang saya sampaikan.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Langkah langkah yang sebaiknya di ambil oleh guru jika dalam pembelajaran peserta didik tidak paham yaitu dengan hal:
1. Pra kegiatan (persiapan/orientasi)
• Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
• Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya
• Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
• Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran
2. Kegiatan Pendahuluan
• Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
• Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
• Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
• Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang Kebutuhan Manusia dan Kelangkaan Sumber Daya.
• Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
3. Kegiatan Inti
• Thingking/berpikir
 Guru memberikan pertanyaan kepada siswa misalnya “apa saja faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia?â€
 Guru memberikan waktu beberapa menit kepada siswa untuk memikirkan jawabannya.
• Pairing/berpasangan
 Guru memberikan perintah kepada siswa untuk membentuk kelompok dengan cara berpasangan dengan temannya.
 Siswa mendiskusikan pertanyaan yang sudah diberikan guru pada tahap pertama dengan teman pasangannya.
• Sharing/berbagi
 Guru meminta siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya kepada teman-temannya dan di tanggapi oleh kelompok lain.
 Guru meluruskan jawaban dari siswa dan menyimpulkan materi.
4. Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa menyimpulkan materi kebutuhan manusia dan kelangkaan sumber daya.
• Guru merefleksi siswa
• Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan datang
• Menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut!
Menurut Frank Lyman sebagaimana dikutip oleh Arends (1997), think pair share merupakan suatu cara yang efektif untuk membentuk variasi suasana diskusi kelas. Beberapa keunggulan model ini adalah think pair share meningkatkan kemampuan siswa karena siswa mengingat dan menyampaikannya kepada siswa lain yang masih dalam kelompokya. Siswa saling menyampaikan idenya dalam menyelesaikan permasalahan bersama dengan teman kelompoknya.
Menurut Trianto (2010:81) adalah :†Think Pair Share (TPS) atau berpikir berpasangan berbagi adalah merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi interaksi siswaâ€. Sedangkan menurut Suyatno (2009: 54) mengatakan bahwa : “TPS adalah model pembelajaran kooperatif yang memiliki prosedur ditetapkan secara eksplinsit memberikan waktu lebih banyak kepada siswa untuk memikirkan secara mendalam tentang apa yang dijelaskan atau dialami (berfikir, menjawab, dan saling membantu satu sama lain)â€.
Langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) menurut Trianto (2007:61) adalah sebagai berikut :
Langkah 1 : Berpikir (Thinking)
Guru mengajukan suatu pertanyaan atau masalah yang dikaitkan dengan pelajaran, dan meminta peserta didik menggunakan waktu beberapa menit untuk berpikir sendiri jawaban atau masalah. Siswa membutuhkan penjelasan bahwa berbicara atau mengerjakan bukan bagian berpikir.
Langkah 2 : berpasangan (Pairing)
Selanjutnya guru meminta siswa untuk berpasangan dan mendiskusikan apa yang telah mereka peroleh. Interaksi selama waktu yang disediakan dapat menyatukan jawaban jika suatu pertanyaan yang diajukan atau menyatukan gagasan apabila suatu masalah khusus yang diidentifikasi. Secara normal guru member waktu tidak lebih dari 4 atau 5 menit untuk berpasangan.
Langkah 3 : berbagi (Sharing)
Pada langkah akhir, guru meminta pasangan-pasangan untuk berbagi dengan keseluruhan kelas yang telah mereka bicarakan. Hal ini efektif untuk berkeliling ruangan dari pasangan ke pasangan dan melanjutkan sampai sekitar sebagian pasangan mendapat kesempatan.