- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Kelebihan dan kekurangan dari video tentang kebutuhan manusia dan sumber daya adalah:
Kelebihan
1. Cara menyampaikan materi sangat bersemangat.
2. Siswa aktif dalam kegiatan diskusi
3. Dalam mengelola kelas berjalan dengan baik
Kekurangan
1. Tidak mengabsen siswa
2. Tidak membaca doa
3. Tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
4. Tidak membuat media pembelajaran
Pernah, pada saat itu saya juga tidak menggunakan media pembelajaran tetapi karena materinya berhubungan dengan dengan pengalaman sehari-hari jadi pembelajaran bisa berjalan dengan lancar.
Langkah-langkah yang saya lakukan untuk melakukan perbaikan adalah:
1. Melakukan persiapan
Yaitu dengan mengecek kehadiran siswa, membaca doa.
2. Melakukan kegiatan pendahuluan
– memberikan pemahaman tentang mengenai materi yang akan dibahas
– memotivasi siswa
3. Melakukan kegiatan inti
-memberikan informasi tentang materi yang dibahas
-memberikan penguatan dan penyimpulan
4. Melakukan kegiatan penutup
– menyimpulkan
-menyampaikan materi pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

1.Kelebiha
.Guru dapat mengelola kelas dengan baik
.siswa aktif dalam belajar
.Kelemahan
.Tidak membaca doa sebelum belajar
.Tidak ada media dan alat/bahan
.Tidak menyampai kan tujuan.
2,Pernah, metode ini pengalaman saya ad yang aktif ad juga yang tidak aktif,karena belajar di jam teakhir sehing ga siswa tidak fress,tidak pokus dalam belajar.
3.Langkah
.Membaca doa sebelum belajar adalah awalan yang baik
.Menggunakan medi lapto lebih baik,dan menyiap kan alat lain nya sbgai contoh itu memudah kan siswa dalam mengingat
.Membahas materi dan menyampai kan tujuan materi.

Manfaat dari video pembelajaran ini adalah mendapatkan pengalaman visual tentang penggunaan model Coperative Learning tipe Think Pair Share (berpikir bersama untuk dibagikan bersama) dalam pembelajaran IPS. Gurur membagi siswa menjadi kelompok-kelompok diskusi dengan pertanyaan atau tugas yang berbeda, melalui pendekatan, strategi dan metode tersebut guru dapat mendorong siswa untuk berpikir sesuai dengan kemampuan masing-masing, dan saling berbagi ide atau jawaban ke dalam forum kelompok dan kelas.

Dalam taysngan vidio berisi tentang metode cooperatif learning tipe think pair share (berpikir bersama untuk dibagikan bersama) yang dapat mengaktifkan siswa , metode ini menjadikan siswa aktif berfikir dan tidak jenuh , pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.
Kelebihan :
1. Guru dalam menyampaikan tujuan pembelajaran sangat baik,
2. Guru telah menguasai kelas dengan baik
3. Guru melakukan apersepsi menginformasikan topik pembelajaran yang akan dibahas dengan cara memberi pertanyaan kepada siswa , meskipun siswa tersebut tidak bisa memberi jawaban
4. Guru telah menggunakan pendekatan strategi dan metode cooperatif learning melalui pembentukan kelompok diskusi
5. Dapat mendorong peserta didik untuk berfikir seuai dengan kemampuan masing-masing dan saling berbagi ide atau jawaban ke dalam forum kelompok.
6. Adanya penguatan dari guru (verbal) cukup baik.
7. Memberi motivasi peserta didik untuk belajar lebih semangat.
8. Guru menutup pembelajaran sangat bagus dengan memberikan pemantapan dan simpulan singkat tentang jenis-jenis kebutuhan manusia.
Manfaat dari melihat dan mengamati dari pembelajarn vidio adalah: menambah wawasan dalam pembelajaran dengan menggunakan metode cooperatif learning type think pair share , yang sebelumnya saya belum pernah saya lakukan dalam pembelajaran, dengan model pembelajaran tersebut.
Dengan pembentukan kelompok diskusi memungkinkan terciptanya situasi pembelajaran yang dapat memicu dan memacu partisipasi aktif siswa dalam kelompok maupun dalam kelas.
Pendekatan ini dapat dikembangkan dalam kelas nyaa guru dapat meghindarkan situasi pembelajaran yang bersifat monoton dan membosankan.
Dalam pembelajaran terutama pada saat akan dikusi kelompok , untuk lama waktu dijelaskan, Sehingga anak-anak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan.
Kelebihan dan kekurangan dari video tentang kebutuhan manusia dan sumber daya adalah:
Kelebihan
1. Cara menyampaikan materi sangat bersemangat.
2. Siswa aktif dalam kegiatan diskusi
3. Dalam mengelola kelas berjalan dengan baik
Kekurangan
1. Tidak mengabsen siswa
2. Tidak membaca doa
3. Tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
4. Tidak membuat media pembelajaran
Pernah, pada saat itu saya juga tidak menggunakan media pembelajaran tetapi karena materinya berhubungan dengan dengan pengalaman sehari-hari jadi pembelajaran bisa berjalan dengan lancar.
Langkah-langkah yang saya lakukan untuk melakukan perbaikan adalah:
1. Melakukan persiapan
Yaitu dengan mengecek kehadiran siswa, membaca doa.
2. Melakukan kegiatan pendahuluan
– memberikan pemahaman tentang mengenai materi yang akan dibahas
– memotivasi siswa
3. Melakukan kegiatan inti
-memberikan informasi tentang materi yang dibahas
-memberikan penguatan dan penyimpulan
4. Melakukan kegiatan penutup
– menyimpulkan
-menyampaikan materi pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Nama: eka agus setiawati
Nim: 044412583
Pokjar: pekanbaru
- kelebihan dalam video guru mampu melaksanakan kegiatan proses mengajar dengan baik dan sesuai dengan apa yang dapat di pahami. Kelemahan dalam video guru tidak menampilkan video dalam pembelajaran sehingga anak akan mudah jenuh, dalam kegiatan belajar guru harus mampu melaksanakan kegiatan yang baru dengan memotivasi siswa.
- dalam kegiatan ini saya pernah mengalami peristiwa seperti video saat siswa aktif bertanya dan mampu membuat suasana belajar lebih menyenangkan.
- Berikut beberapa kegiatan pembelajaran yang dapat di laksanakan agar pembelajaran lebih baik.
1. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence )
- Materi Pembelajaran
- Gambar peristiwa yang menyentuh rasa
- Pengamatan obyek
- Teks berita yang memuat peristiwa
- Metode Pembelajaran
- Tanya jawab
- Permodelan
- Demonstrasi
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan awal
Apersepsi :
F Guru meminta Peserta didik membacakan puisi yang ditulis Peserta didik NAMA SEKOLAH .
F Guru dan Peserta didik bertanya jawab tentang proses penyusunan puisi yang pernah dialami atau dikenal siswa
Memotivasi :
F Guru memotivasi Peserta didik bahwa menulis puisi itu mudah dan dapat dilakukan siapapun
F Guru memberikan keterangan tentang pilihan kata yang sesuai pada puisi yang dibacakan siswa
- Kegiatan Inti.
Eksplorasi
F mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F memfasilitasi Peserta didik mengamati berbagai penulisan puisi berdasarkan pada gambar, peristiwa yang dibaca, atau pengamatan yang ada di buku Peserta didik berdasarkan pilihan kata yang tepat.
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Peserta didik berkelompok menjadi III kelompok, kelompok I menyusun puisi dari gambar diri buku siswa, kelompok II menyusun puisi dari membaca dan merenungkan peristiwa di buku siswa, kelompok III menyusun puisi dari pengamatan peristiwa di sekitar sekolah
F Setiap kelompok menyajikan puisinya di papan tulis. Kelompok yang lain mengomentari puisi dari segi kesesuaian dengan gambar/peristiwa/ obyek atau kegiatan yang diamati.
F Peserta didik berlatih secara individu menyusun puisi dengan mengamati kegiatan diberbagai tempat umum di daerahnya.(penulisan dijadikan tugas di rumah).
F Setiap Peserta didik menampilkan hasilnya di papan tulis / di dinding kelas
F Peserta didik mengambil hasil karya yang ditempelkan di papan tulis dan menyunting puisi berdasarkan komentar yang diterimanya
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar; membantu menyelesaikan masalah; memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi; memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh; memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F Guru menjelaskan proses publikasi puisi yang dihasilkan siswa
5.Sumber Belajar
- Novel remaja
- Buku Sumber
- Penilaian
- Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung Indikator PencapaianKompetensi Penilaian Teknik Penilaian Bentuk Penilaian instrument
- Mampu mendata objek yang akan dijadikan bahan menulis puisi
- Menulis puisi dengan menggunakan pilihan kata yang tepat Portofolio Lembar penilaian protofolio
- Tulislah sebuah puisi berdasarkan objek tertentu dengan pilihan kata yang tepat!
- Suntinglah puisimu sehingga menjadi lebih puitis!
- Cermatilah komentar gurumu dan atau temanmu untuk perbaikan puisi yang kamu hasilkan!
Rubrik penilaian
No Aspek Skor Skor maksimum
- Keunikan puisi 2
- Keindahan Kata 2
- Gaya bahasa 1
- Kesesuaian isi puis 3 5 Keindahan perulangan bunyi 2 Jumlah Skor Maksimum 10
- Menurut Usman (1994:3)
Mengajar ialah membimbing siswa dalam aktivitas belajar & mengajar atau denagn kata lain bahwa mengajar adalah suatu usaha mengorganisasi lingkungan dalam hubungannya dengan anak didik yang mana bahan pengajaran yang menimbulkan terjadinya proses belajar.
Menurut Gage, 1978
Mengajar adalah seni, tetapi itu hanya terdapat di prakteknya saja untuk dapat memperindah estetika dalam penampilannya, contohnya adalah seni di dalam berinteraksi dan melakukan komunikasi dengan sis, seni dalam mengatur lingkungan untuk membuat siswa menjadi senang berlajar, seni dapat membangkitkan motivasi dan lain-lainnya.
- Berpendapat pada lembar nuning cristiana dan Berpendapat pada lembar muhamad abdi
Pendapat beliau dapat di pahami dan jelas dalam penggunaan katanya.
kelebihan :
- guru mampu menguasai kelas dengan baik
- membuka pembelajaran dengan pertanyaan yang menimbulkan rasa penasaran siswa
- menerapkan metode diskusi dalam pembelajaran
kekurangan:
- tidak mengabsen kehadiran siswa
- guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
saran:
- memberi kesempatan siswa membaca materi pelajaran sebelum diskusi sehingga ada kesiapan atau pengetahuan dasar sebelum melakukan diskusi
- memberi apresiasi kepada siswa yang menjawab pertanyaan dan mengajak siswa lain untuk memberi apresiasi

Saya setuju dengan pernyataan bapak Muhammad Abdi
Dari video tersebut sangat terlihat bahwa guru tersebut mampu mengkondisikan siswa dan sangat menguasai materi
Untuk kekurangan nya mungkin karena video ini vokus pada proses pembelajaran jadi untuk pembukaan seperti motivasi, absensi dan doa jadi tidak dilaksanakan
Maaf jika ada salah kata
Terimakasih

Saya sepakat dengan pernyataan ini dan sebagai pembelajran saya juga dalam penerapan nanti di dalam kelas
terima kasih

Nama: eka agus setiawati
Nim: 044412583
Pokjar: pekanbaru
saya sependapat guru mampu melaksanakan mengajar dengan baik dan menjadi motivasi bagi rekan-rekan yang lain.
Assalamualaikum
Nama : DINDA MARDIAH
NIM : 043884131
Menanggapi Vidio dari GPO tentang kebutuhan manusia dan kelangkaan sumber daya
- Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ? Reaksi mereka menurut saya begitu canggung. Siswa dan siswi tersebut terlihat sangat kurang nyaman.
- Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
- Tidak mengabsen siswa
- Tidak membaca doa
- Tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
- Tidak membuat media pembelajaran
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
- Cara menyampaikan materi sangat bersemangat
- Siswa aktif dalam kegiatan diskusi
- Dalam mengelola kelas berjalan dengan baik
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran
Para siswa dan siswi diberikan pertanyaan diawal pembelajaran, namun siswa dengan lantang menjawab tidak tahu.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
upaya yg akan saya lakukan yaitu dengan membuat proses mengajar lebih tearatur dan terarah. seperti adanya kegiatan pendahuluan, inti dan penutup di saat saya mengajar siswa dan siswi di kelas.
Assalamualaikum
Nama ERNAWATI
NIM 042409192
Menanggapi Vidio dari GPO tentang kebutuhan manusia dan kelangkaan sumber daya
1. Kelebihan dari Vedio pembelajaran pertama mengucapkan salam sebelum memulaikan pembelajaran, meminta kepada anak untuk menyiapkan buku pelajaran, menyebutkan tujuan pembelajaran dengan jelas. Menanya kepada siswa tentang materi yang akan di pelajari. Guru menjelaskan secara singkat materi. Guru menyebutkan metode yang digunakan . Guru meminta siswa duduk berkelompok , dan mengakhiri pembelajar
2 kelemahan pembelajaran dalam Vedio ini adalah tidak memberi motivasi kepada siswa. Tidak membuat suatu kesimpulan pada akhir pertemuan. Tidak melakukan penutupan dengan baik pada akhir pembelajaran.
3. Langkah dalam memperbaiki kelemahan tersebut adalah dengan melakukan motivasi agar siswa lebih bersemangat dalam menjawab pertanyaan dari guru dan lebih bersemangat dalam berkelompok. Memberi kesempatan kepada siswa dalam membuat suatu kesimpulan yang didapat pada materi tersebut. Sebaiknya pada akhir pembelajaran guru mengucapkan salam pada akhir pertemuaan
4. Teori atau pendapat sangat baik. Melalui video ini para guru dapat memperoleh pengalaman siswa tentang penggunaan model kopertive lerning tipe think pair share ( berpikir bersama untuk dibagikan bersama ) dalam pembelajaran IPS metode ini juga dapat mengaktifkan proses berpikir siswa dalam belajar lebih menyenangkan atau tidak mejenuhkan
5. Tanggapan yang pertama saya lihat pada forum diskusi ini adalah mereka menyatakan bahwa pembelajaran tidak sesuai denganetode yang digunakan
Tanggapan yang kedua saya lihat guru tidakemberi batas waktu dalam berdiskusi
Terimakasih

jawaban yang menarik sehingga bisa saya jadikan sebgai refrensi untuk pembelajran kedepan
terima kasih
1. Kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video
• Kelebihan video
Kelebihan guru dalam video tersebut adalah guru sangat baik dalam mengelola kelas sehingga siswa tidak ada yang ribut, aktif dalam kegiatan diskusi dan tanya jawab sehingga pembelajaran berlangsung kondusif.
Dalam menyampaikan pembelajaran, sikap guru bersemangat sehingga membuat siswa ikut bersemangat juga.
• Kelemahan video
Sedangkan kelemahan guru dalam video tersebut adalah guru tidak menuliskan judul dan tujuan pembelajaran, serta tidak menggunakan media yang sesuai dengan materi pada saat itu.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda!
Saya pernah mengalami peristiwa tersebut dimana ada saat siswa aktif dalam belajar dikarenakan jam pelajaran pertama sehingga masih fresh. Sehingga saya pun menjadi bersemangat dalam mengajar dikarenakan juga sesuai dengan basic pendidikan saya. Kemudian ada juga saya dalam mengajar tidak menggunakan media, sehingga siswa kurang memahami apa yang saya sampaikan.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Langkah langkah yang sebaiknya di ambil oleh guru jika dalam pembelajaran peserta didik tidak paham yaitu dengan hal:
1. Pra kegiatan (persiapan/orientasi)
• Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
• Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya
• Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
• Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran
2. Kegiatan Pendahuluan
• Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
• Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
• Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
• Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang Kebutuhan Manusia dan Kelangkaan Sumber Daya.
• Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
3. Kegiatan Inti
• Thingking/berpikir
 Guru memberikan pertanyaan kepada siswa misalnya “apa saja faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia?â€
 Guru memberikan waktu beberapa menit kepada siswa untuk memikirkan jawabannya.
• Pairing/berpasangan
 Guru memberikan perintah kepada siswa untuk membentuk kelompok dengan cara berpasangan dengan temannya.
 Siswa mendiskusikan pertanyaan yang sudah diberikan guru pada tahap pertama dengan teman pasangannya.
• Sharing/berbagi
 Guru meminta siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya kepada teman-temannya dan di tanggapi oleh kelompok lain.
 Guru meluruskan jawaban dari siswa dan menyimpulkan materi.
4. Kegiatan Penutup
• Guru bersama siswa menyimpulkan materi kebutuhan manusia dan kelangkaan sumber daya.
• Guru merefleksi siswa
• Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan datang
• Menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut!
Menurut Frank Lyman sebagaimana dikutip oleh Arends (1997), think pair share merupakan suatu cara yang efektif untuk membentuk variasi suasana diskusi kelas. Beberapa keunggulan model ini adalah think pair share meningkatkan kemampuan siswa karena siswa mengingat dan menyampaikannya kepada siswa lain yang masih dalam kelompokya. Siswa saling menyampaikan idenya dalam menyelesaikan permasalahan bersama dengan teman kelompoknya.
Menurut Trianto (2010:81) adalah :†Think Pair Share (TPS) atau berpikir berpasangan berbagi adalah merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi interaksi siswaâ€. Sedangkan menurut Suyatno (2009: 54) mengatakan bahwa : “TPS adalah model pembelajaran kooperatif yang memiliki prosedur ditetapkan secara eksplinsit memberikan waktu lebih banyak kepada siswa untuk memikirkan secara mendalam tentang apa yang dijelaskan atau dialami (berfikir, menjawab, dan saling membantu satu sama lain)â€.
Langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) menurut Trianto (2007:61) adalah sebagai berikut :
Langkah 1 : Berpikir (Thinking)
Guru mengajukan suatu pertanyaan atau masalah yang dikaitkan dengan pelajaran, dan meminta peserta didik menggunakan waktu beberapa menit untuk berpikir sendiri jawaban atau masalah. Siswa membutuhkan penjelasan bahwa berbicara atau mengerjakan bukan bagian berpikir.
Langkah 2 : berpasangan (Pairing)
Selanjutnya guru meminta siswa untuk berpasangan dan mendiskusikan apa yang telah mereka peroleh. Interaksi selama waktu yang disediakan dapat menyatukan jawaban jika suatu pertanyaan yang diajukan atau menyatukan gagasan apabila suatu masalah khusus yang diidentifikasi. Secara normal guru member waktu tidak lebih dari 4 atau 5 menit untuk berpasangan.
Langkah 3 : berbagi (Sharing)
Pada langkah akhir, guru meminta pasangan-pasangan untuk berbagi dengan keseluruhan kelas yang telah mereka bicarakan. Hal ini efektif untuk berkeliling ruangan dari pasangan ke pasangan dan melanjutkan sampai sekitar sebagian pasangan mendapat kesempatan.