0
  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Answered question

WIMBO DWI ANTORO
NIM 530056808

1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan: Guru mengajak siswa untuk membuktikan teori untuk menguatkan konsep dengan melakukan percobaan
Kekurangan: Guru tidak mengecek kehadiran siswa dan kondisi siswa
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Pernah, karena terburu-buru saya masuk kelas dan langsung memulai pelajaran
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Hendaknya ketika masuk kelas guru mengondisikan kelas untuk siap melaksanakan pembelajaran agar lebih efektif, hal itu bisa dilakukan dengan menanyakan kabar siswa dan memberi motivasi kepada siswa untuk mengikuti pelajaran
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Menurut Suharsimi Arikunto pengelolaan adalah penyelenggaraan atau pengurusan agar yang dikelola dapat berjalan dengan lancer, efektif dan efisien. Sedangkan kelas menurut Oemar Hamalik yang dikutip oleh Syaiful Bahri Djamaran dan Aswan Zain adalah suatu kelompok orang yang melakukan kegiatan belajar bersama, yang mendapat pengajaran dari guru. Pengertian ini jelas meninjaunya dari segi anak didik, karena dalam pengertian tersebut ada frase kelompok orang. Secara umum tujuan pengelolaan kelas menurut Sudirman N yang dikutip oleh Noer Rochmah adalah penyediaan fasilitas bagi bermacam-macam kegiatan belajar peserta didik dalam lingkungan sosial, emosional, dan intelektual dalam kelas. Fasilitas yang disediakan itu memungkinkan peserta didik belajar dan bekerja, terciptanya suasana sosial yang memberikan kepuasan, suasana disiplin, perkembangan intelektual, emosional dan sikap serta apresiasi pada peserta didik.
5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Saya sependapat dengan Sdr. Wahyudi yang juga menyoroti tentang pengondisian awal. Dengan pengondisian kelas yang baik diharapkan siswa lebih siap dan termotivasi dalam menerima pelajaran. Hal tersebut juga di ungkap oleh Sdr. Efriyadi, yang juga menambahkan tentang kurangnya bimbingan terhadap siswa ketika melakukan praktik

mohon ijin memberikan tanggapan. Guru mengajak siswa untuk membuktikan teori untuk menguatkan konsep dengan melakukan percobaan dan melakukan bimbingan.
Kekurangan: Guru tidak mengecek kehadiran siswa dan kondisi siswa.

Tanggapan Forum Diskusi :
Judul “Jumlah Ukuran Sudut dalam Segitiga”

1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan : (1) Proses pembelajaran telah menggunakan alat peraga, (2) proses penemuan besaran sudut sudah di lakukan dan di temukan oleh siswa sendiri sehingga konsep pembelajaran menjadi lebih melekat dalam ingatan anak.
Kelemahan : (1) guru tidak mengadakan apersepsi, (2) guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, Guru tidak mengadakan evaluasi

2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah mengalami hal tersebut, pada saat saya menyampaikan pembelajaran tersebut saya saja yang memberikan materi dan mencobakannya anak hanya sebagai penonton.

3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Langkah-langkah pembelajaran :
(1) Guru mengadakan apersepsi terlebih dahulu untuk merangsang ingatan anak
(2) Guru harus menyampaikan tujuan dari pembelajaran
(3) Guru harus menyampaikan materi pembelajaran terlebih dahulu
(4) Guru meminta siswa membentuk kelompok secara heterogen
(5) Guru meminta anak untuk mengeluarkan alat peraganya dan mencoba menenukan besar sudut dengan arahan guru
(6) Guru meminta siswa untuk menyampaikan hasil kerja kelompoknya.
(7) Guru memberikan pujian kepada siswa yang telah berani menyampaikan hasil kerja kelompoknya.
(8) Siswa dengan bantuan guru menyimpulkan hasil belajar
(9) Guru memberikan evaluasi sebagai penguji tingkat keberhasilan siswa

4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
(1) Amir Hamzah, 1981 bahwa Alat Peraga adalah adalah alat-alat yang dapat dilihat dan didengar untuk membuat cara berkomunikasi menjadi efektif”
(2) Sumad, 1972, mengemukakan bahwa alat peraga atau AVA adalah alat untuk memberikan pelajaran atau yang dapat diamati melalui panca indera. Alat peraga merupakan salah satu dari media pendidikan adalah alat untuk membantu proses belajar mengajar agar proses komunikasi dapat berhasil dengan baik dan efektif.

5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
(1) Saya setuju dengan pendapat Bu Gusti Ayu Sri Mahartini bahwa kelebihan dari proses pembelajaran pada vidio tersebut adalah Pembelajaran berlangsung secara aktif, kreatif, dan menyenangkan, hal ini karena proses pembelajaran di lakukan oleh siswa itu sendiri dan untuk siswa itu sendiri sedangkan guru hanya sebagai fasilitator, siswa terlibat secara utuh dalam menemukan hasil dari besar sudut segitiga.
(2) Saya setuju dengan pendapat Bu Solip Yani bahwa guru telah memberikan bimbingan secara langsung. Karena dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung guru berperan aktif dalam memberikan bimbingan kepada masing-masing kelompok yang mengalami kesulitan belajar, sehingga siswa menjadi lebih fokus lagi dalam menerima materi ajar.